KATA PENGANTAR

Dengan ucapan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, hidayah dan perkenan-Nya, kami dapat menyelesaikan penyusunan buku yang berjudul “TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI”, guna membantu proses belajar secara praktis pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang merupakan mata pelajaran baru dalam kurikulum 2004 untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pemanfaatan media komputer merupakan suatu keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi, seiring dengan kemajuan era komunikasi yang semakin maju dan selalu mengalami perkembangan. Maka dari itu pemahaman tentang komputer baik hardware maupun software harus segera mendapat perhatian khusus bagi para guru pengampu maupun para siswa. Buku ini disusun secara sistematis yang disesuaikan dengan pengembangan silabus berbasis kompetensi mata pelajaran teknologi dan komunikasi kelas VII, dengan penyajian bahasa yang instruktif dan praktis sehingga memudahkan bagi para guru pembimbing maupun para siswa dalam proses belajar mengajar. Dalam kurikulum 2004 disebutkan bahwa visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya, sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru dilingkungannya. Untuk itu dalam penyusunan buku ini kami sesuaikan dengan tingkatan siswa SMP yang merupakan tingkatan pemula dalam mengenal komputer, maupun program-program aplikasi didalamnya. Dengan telah selesainya penyusunan buku ini diharapkan dapat memperluas cakrawala, menambah ilmu pengetahuan dan memperlancar siswa dalam memahami bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

1

Akhirnya kami sangat menyadari bahwa penyusunan buku ini jauh dari sempurna, banyak kekurangan, untuk itu kami sangat mengarap kritik dan saran yang membangun dari rekan guru, penasehat maupun masyarakat pembaca, untuk kesempurnaan edisi berikutnya. Terima kasih. Penyusun

MASKUR

2

BAB I KOMPUTER SEBAGAI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A. Pendahuluan Dalam pengembangan kurikulum 2004 untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menitikberatkan pada kemampuan kompetensi dasar yang dimiliki oleh siswa, terdiri dari pengembangan kognitif, afektif maupun psikomotor yang harus dimiliki oleh siswa yang telah lulus. Secara umum siswa dituntut untuk menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum 2004. Untuk menunjang keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi dasar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi lulusan Sekolah Menegah Pertama (SMP), maka Komputer merupakan media belajar yang harus

dikuasai oleh siswa. Untuk itu materi penyajian dalam buku ini disesuaikan dengan silabus mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang diharapkan dapat memperlancar proses belajar mengajar baik untuk guru pembimbing maupun siswa. Komputer yang merupakan produk kemajuan/perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diunggulkan sebagai media informasi dan komunikasi yang berkembang secara pesat baik hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak) untuk menjawab tantangan jaman yang semakin modern. Komputer diciptakan manusia tidak lain sebagai alat bantu untuk mempermudah / mempercepat pekerjaan manusia dalam memecahkan berbagai masalah yang rumit dan komplek dalam masa globalisasi sekarang ini. Beberapa bidang persoalan baik administrasi publik maupun administrasi bisnis yang banyak memerlukan komputer antara lain bidang keuangan, perbankkan, asuransi,

pertahanan, medis, komunikasi dan masih banyak lagi. B. Pengertian Teknologi Informasi, Komunikasi dan Komputer. Informasi adalah suatu bentuk keterangan/ berita hasil pengolahan data baik huruf, angka, suara maupun gambar yang dapat di konsumsi oleh publik.

3

Informasi

yang

semakin

dibutuhkan

kecepatan,

keakuratan

maupun

penampilannya pada masa sekarang ini, membutuhkan tenaga-tenaga yang profesional dan handal, sehingga dapat menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Komunikasi adalah suatu cara berhubungan antara sumber informasi dengan penerima informasi. Komunikasi dapat terjadi bila ada kesamaan pengertian/ bahasa yang digunakan, baik bahasa isyarat, gambar, lesan maupun bahasa tulis. Asal kata Komputer dari bahasa Yunani “Computare” atau bahasa Inggris “ to Compute” yang artinya hitung. Secara lugas kata komputer dapat diartikan alat hitung atau mesin hitung. Tetapi istilah komputer tidak bisa disamakan dengan kalkulator, karena komputer menyajikan fasilitas lebih lengkap dari pada kalkulator, antara lain komputer dapat mengolah data-data berupa angka, huruf, gambar, suara dan masih banyak lagi. Komputer adalah merupakan serangkaian perangkat elektronik yang bekerja bersama-sama yang berfungsi sebagai alat untuk menghitung atau mengolah data baik secara matematik maupun secara logika dan mempunyai kemampuan untuk menyimpan program maupun data yang akan diolah serta bekerja berdasarkan intruksi-intruksi program untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. C. Sistem pengolahan data dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi. Komputer sebagai alat pengolah data dapat dilihat pada gambar bagan berikut ini

DATA

KOMPUTER (ALAT PEMROSES)

INFORMASI

Gambar Bagan Sistem Pengolah Data

4

dimasukkan ke komputer melalui piranti input kemudian diproses oleh Central Processing Unit (CPU) sehingga menghasilkan informasi yang disajikan/tampilkan oleh piranti output. programmer ataupun analis. 3.Keterangan gambar : Data Komputer Informasi : merupakan bahan yang akan diproses. sebagaimana gambar bagan dibawah ini : 5 . dan dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat bekerjasama dalam melaksanakan tugasnya. : merupakan perangkat yang memproses data. E. D. Software merupakan perangkat lunak komputer yang terdiri dari programprogram maupun perintah-perintah yang secara nyata tidak dapat dilihat wujudnya. Hardware merupakan perangkat keras komputer yang terdiri dari komponenkomponen peralatan yang secara nyata dapat dilihat bentuk dan wujudnya. Hardware (Perangkat keras) komputer Hardware komputer terbagi menjadi 3 bagian. Brainware adalah orang yang menggunakan perangkat komputer baik sebagai operator. Jadi prinsip kerja komputer sebagai pengolah data adalah : Data yang merupakan bahan. 2. : merupakan hasil dari proses. dan berfungsi sebagai perantara antara hardware dengan brinware. Komponen utama komputer sebagai media Teknologi Informasi dan Komunikasi Komponen utama komputer terdiri dari 3 unsur pokok yaitu : 1.

pemilih data dan lain-lain. artinya apabila aliran listrik diputuskan maka data ataupun program akan hilang. Bagian CPU ini terbagi menjadi 3 sub bagian yaitu : a. maupun bagian output. ALU (Arithmetic dan Logical Unit) berfungsi untuk penghitungan. mengontrol dan mengendalikan semua bagian baik bagian input. 2. Memori yang ada didalam komputer (Internal Memory) ada 2 macam yaitu : ROM (Read Only Memory) yang berfungsi menyimpan data dan program secara permanen. pemindah. penyatu. c. ALU. meskipun aliran listrik diputuskan/ matikan program dan data yang ada pada ROM tidak akan hilang.I N P U T CPU ALU CONTROL UNIT MEMORI Gambar Bagan Bagian Komputer Unit O U T P U T Keterangan gambar : 1. b. pembanding. Memori berfungsi untuk menyimpan data maupun program-porogram komputer. Control Unit berfungsi untuk mengkoordinir. Bagian Input yaitu bagian dari perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukan data. Bagian CPU (Central Processing Unit) yaitu bagian dari perangkat komputer yang berfungsi untuk memproses data. 6 . RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan data sementara.

Enter. e. huruf. baik berupa angka. berfungsi untuk menggulung layar naik. digunakan untuk pengetikan huruf. d. Peralatan Input Peralatan masukan atau input device merupakan perangkat keras dari komputer untuk memasukkan data. c. Merk keyboard antara lain : Logitec. terdiri dari : Caps lock. suara maupun kode-kode lainnya ke dalam sistem komputer. digunakan untuk mengakses fasilitas-fasilitas khusus. Shift.3. BELL dll. Keyboard atau Papan ketik Keyboard yaitu alat untuk memasukan data atau perintah pada komputer dengan menggunakan tombol atau kunci yang ada pada keyboard. untuk bekerja secara cepat. Packard. Keypad numeric. b. Terdiri dari tombol : ♦ ♦ ♦ ♦ Home End Page Up Page Down berfungsi untuk mengembalikan kursor ke awal baris. Tombol fungsi. gambar. Tombol-tombol fungsi lainnya. angka dan tanda baca lainnya. untuk mengaktifkan tombol nomor kalkulator. Genius. 7 . berfungsi untuk menggulung layar ke bawah. Dell. Bagian Output yaitu bagian dari perangkat komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan informasi (data yang telah diproses). Keypad navigasi. Tombol ketik. Backs Space. F. Tipe keyboard antara lain : Standard 101 Key. Macam-macam peralatan input antara lain : 1. Adapun tombol keyboard terdiri dari : a. num lock. berfungsi untuk menempatkan kursor ke akhir baris. Standard 110 Key dan Non Standard.

Jenis mouse antara lain : Standard. antara lain : ♦ Point adalah cara menempatkan pointer mouse pada area/ icon tertentu. Merk mouse antara lain : Genius. ♦ Drag and drop adalah cara menekan dengan ditahan tombol mouse kiri Gambar Mouse kemudian geser dan letakkan pada area yang diinginkan lalu lepaskan. karena dengan alat ini pekerjaan menjadi praktis dan cepat.Gambar Keyboard 2. Logitec. ♦ Shotcut adalah cara menekan tombol kanan satu kali. ♦ Dobel klik adalah cara menekan tombol mouse kiri dua kali secara cepat. ♦ Klik adalah cara menekan tombol kiri mouse satu kali. Track Ball dan Scroll. Untuk mengoperasikan program aplikasi yang berbasis windows. Hal-hal yang perlu kita ketahui dalam teknik penggunaan mouse. 8 . Mouse Suatu alat bantu untuk menempatkan atau mengatur posisi cursor / pointer pada suatu bidang atau icon. peranan mouse sangatlah penting. Pada umumnya mouse mempunyai 3 buah tombol yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. tetapi sekarang banyak beredar mouse dengan 2 tombol. Compac dan Microsoft.

Gambar Scanner 9 . Pada umumnya kapasitas keping CD yang beredar dipasaran adalah 700 MB. Scanner merupakan alat pendeteksi elektronik yang berfungsi untuk menangkap/mengkopi tulisan. 4. dan Genius. Gambar CD ROM 5. Scanner. Jenis scanner antara lain : BW scanner (hitam-putih) dan Color (warna) Merk scanner antara lain : Canon. gambar maupun kode dan memindahkan kesuatu program dalam CPU melalui rangkaian transmisi. Disk Drive Disk drive merupakan alat penggerak disket yang berfungsi sebagai alat input maupun output.44 MB. HP.3. Logitec. CD Drive CD drive merupakan alat penggerak CD yang berfungsi untuk membaca isi CD ROM dengan kecepatan (speed) antara 8 x sampai 52 x. Kapasitas disket yang sekarang banyak beredar di pasaran adalah 1.

Peralatan CPU 1. Misalnya program Gambar Camera Digital G. tertentu. Motherboard Motherboard adalah tempat merangkai perangkat keras utama dan perangkat keras pelengkap. Intel. Merk-merk motherboard yang beredar dipasaran antara lain : Asus. Gambar Matherboard dan Proccesor 10 . Sharp. Kamera digital Kamera digital merupakan alat yang berfungsi untuk menangkap dan menyimpan gambar serta dapat menampilkan pada layar monitor. Seagate dsb. Gigabyte. Vesta. Merk Kamera digital antara lain : Canon.6. Fuji dll. JVC. selanjutnya dapat dimodifikasi dengan program-program aplikasi foto canvas dll.

AMD dan Cyrix. Processor Processor adalah rangkaian chip yang merupakan otak dari CPU yang berfungsi sebagai pengolah data. program maupun perintah-perintah yang diberikan pada waktu proses. Tipe processor yang dulu berkapasitas hanya 256 KB sekarang sudah keluar produksi Pentium I. dst. Memori Memori adalah bagian dari CPU yang berfungsi untuk menyimpan sementara data. Kapasitas memori (RAM) misalnya : 8 MB. Bentuk box/ chasing CPU ada 2 macam yaitu : Tower yaitu chasing CPU dalam bentuk vertical/ berdiri. 11 . 16 MB. Siapkan gambar VGA Card 4. Sedangkan merk processor mesalnya : Intel. Siapkan gambar Processor 3. VGA Card VGA Card adalah perangkat pelengkap CPU yang berfungsi untuk mengubah data digital menjadi data analog yang ditampilkan pada layar monitor. Siapkan gambar RAM 5. sampai dengan IV.2. dan sekarang pada komputer Pentium IV sudah mencapai lebih dari 256 MB. 32 MB. Kotak / Box / Chasing CPU Box CPU pada umumnya telah dilengkapi dengan power suplly atau adaptor. Box CPU berfungsi untuk menempatkan atau merakit peralatan-peralatan CPU. Desktop yaitu chasing CPU dalam bentuk horizontal/ tidur.

berupa tabung CRT dengan ukuran yang besar. Alat-alat pengatur yang biasanya ada pada monitor antara lain : o Tombol power untuk menyalakan monitor o Tombol/ potensiometer pengatur pencahayaan layar o Tombol/ potensiometer pengatur kontras gambar o Tombol/ potensiometer pengatur lebar layar (horizontal) o Tombol/ potensiometer pengatur tinggi layar (vertical) o Tombol/ potensiometer menggeser layar ke kiri dan ke kanan o Tombol/ potensiometer menggeser layar naik dan turun Gambar Monitor warna 12 . merah.H. Monitor color. gambar dan kode-kode lainnya. Peralatan Output. LG. Monitor Monitor adalah peralatan out yang menampilkan tulisan. Pada mulanya layar monitor. Polytron dll. Merk monitor antara lain : Samsung. yaitu monitor dengan menggunakan tiga warna dasar. yaitu jenis monitor dengan warna tunggal. biru dan hijau yang dikombinasi sehingga dapat diperoleh warna yang indah. Biasanya hiajau atau putih dengan warna dasar hitam. Jenis monitor CRT ada 2 yaitu : Monochrome. 1. namun sekarang sudah banyak diproduksi layar LCD (Lyquit Cristal Display) monitor layar datar yang biasanya dipakai pada laptop atau note book.

Printer laser yaitu printer yang cara kerjanya dengan menyemprotkan serbuk tinta pada kertas. FX 1050 dll Printer tinta ( ink jet ) yaitu printer yang bekerja dengan cara menyemprotkan tinta pada kertas. 2100. Media penyimpan ada 2 golongan : Media penyimpanan Internal yaitu berupa RAM dan ROM yang ada di dalam CPU (lihat peralatan CPU nomor G. Gambar printer Deskjet 3. HP 3535. Contohnya : HP laser 51. Printer adalah alat pencetak informasi dari CPU pada kertas. LX 800. Epson C 43 dll. Contohnya Epson LX 300. Media penyimpanan Media penyimpan adalah piranti untuk menyimpan program-program maupun data-data pada komputer.2. Media penyimpan eksternal yaitu alat penyimpan data maupun program yang terpisah dari CPU. Printer. S 200. Media eksternal ada 2 macam : 13 . antara lain : Printer dot metrik yaitu printer dengan alat pengetuk.4 tentang memori). Macam-macam printer yang banyak pasaran. Contohnya : Canon S 100.

Hardisk merupakan alat penyimpan yang paling banyak digunakan dan terpasang didalam kotak/ box CPU.2 MB. 1.Drive A> dihubungkan dengan disk drive.Drive C> dan D> dihubungkan dengan hardisk.a.b. Kapasitas hardisk yang banyak beredar sekarang sudah mencapai 80 GB. .3. Disket yang ada dipasaran untuk ukuran : 5.25” dengan kapasitas : 360 KB. Media penyimpanan optik. misalnya : . sedangkan untuk ukuran : 3. .44 MB. Media penyimpan magnetic.Drive E> dihubungkan dengan CD-ROM drive. antara lain : Hardisk adalah media penyimpan yang terbuat dari piringan keras (metal) yang bersifat elektromagnetik.Drive F> dihubungkan dengan CD-RW drive. . 720 KB dan 1.2 MB dan 1.5 “ berkapasitas : 720 KB. Siapkan Gambar Hardisk Disket adalah media penyimpan yang terbuat dari plastik tipis dengan dilapisi lapisan magnetic yang dapat digunakan berulangkali. antara lain : CD (Compact Disc) dan CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) yaitu media penyimpan data berbentuk piringan dimana pembacaan dengan menggunakan sinar laser dan hanya dapat digunakan untuk merekam satu kali (sekali bakar). Pada umumnya motherboard komputer Pentium III dan IV terdapat beberapa terminal / slot drive. Kapasitas CD dan CD-ROM antara 600 MB sampai 700 MB 14 . Siapkan gambar disket 3.

Kapasitas CD-RW antara 600 MB sampai 700 MB. DVD Drive yaitu alat untuk membaca DVD. Siapkan gambar disket.Hardisk. Modem yaitu alat untuk merubah data analog (telpon) menjadi digital. Speker aktif yaitu alat untuk mengubah sinyal suara menjadi bunyi. atau sebaliknya. sound card dan speker 15 . CD-RW Drive yaitu alat untuk membaca dan merekan pada CD / CD-ROM. TV tuner yaitu alat untuk menangkap sinyal dari televisi diubah menjadi digital. CD-ROM 4. DVD (Digital Video Disc) yaitu media penyimpan sejenis CD / CD-ROM tetapi berkapasitas lebih besar sampai 17 GB. Siapkan gambar-gambar CD drive. yang digunakan untuk jaringan internet. Multimedia Multimedia merupakan peralatan-peralatan tambahan pada unit komputer. antara lain : CD Drive yaitu alat untuk membaca CD atau CD-ROM. (berfungsi seperti disket). Sound Card yaitu alat untuk membaca program menjadi sinyal suara.CD-RW yaitu media penyimpan data berbentuk piringan dimana pembacaan maupun perekamannya menggunakan sinar laser dan dapat digunakan berulangkali. Macam-macam peralatan multimedia. DVD-RW Drive yaitu alat untuk membaca dan merekan pada DVD.

yaitu : 1. Termasuk perangkat peripheral antara lain sound card. o manajemen data. Fungsi utama dari sistem operasi ada 3 yaitu sebagai : o manajemen proses. Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak utama untuk mengendalikan semua sumber daya komputer. ♦ Language translator ( penterjemah bahasa ) merupakan program penterjemah bahasa antara bahasa pemrograman dengan bahasa mesin sehingga operator dapat menjalankan program-program komputer secara langsung. Windows dan Linux. Perangkat lunak sistem terdiri dari 4 macam yaitu : ♦ Sistem Operasi atau Operating Sistem merupakan perangkat lunak dasar yang berfungsi untuk mengendalikan semua sistem komputer. ♦ Device driver merupakan program yang membantu komputer untuk mengendalikan perangkat peripheral. USB card. Contoh perangkat lunak sistem operasi yang banyak dipakai pada PC (Personal Computer) antara lain : DOS (Disk Operating Sistem). monitor dll. mengatur dan mengendalikan proses pengolahan data. ♦ Utilitas merupakan program yang digunakan secara langsung oleh operator untuk mengendalikan sumber daya dalam sistem komputer. mengendalikan proses kerja perangkat input. CPU dan output. Contoh bahasa program antara lain Basic.I. Cobol. Pascal dll. Fortran. Misalnya untuk scandisk dan format disk. Penggunaan Device driver adalah untuk menginstal peralatan peripheral sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. printer. Perangkat lunak (Software) Pererangkat lunak pada komputer terdiri dari 2 macam. baik internal maupun eksternal. mengatur data yang masuk sampai keluar menjadi informasi. Modem card. o manajemen hardware (perangkat keras). 16 .

Perangkat lunak aplikasi adalah program yang digunakan oleh pemakai komputer untuk mengolah data dengan fungsi tertentu. o Microsoft Outlook untuk mengolah data elektronis. 17 .2. Misalnya Program aplikasi : o Microsoft Word untuk mengolah kata o Microsoft exel untuk mengolah angka o Microsoft Power Point untuk mengolah bahan presentasi.

kita rapikan kembali kursi dan peralatan lainnya. ♦ Arahkan layar monitor kira-kira dibawah pandangan mata. Tegakkan punggung dan usahakan jangan menekan meja atau keyboard. Gunakan komputer sesuai petunjuk yang benar. Lapangkan dada sehingga tegak dan bersandar pada kursi. disket dari luar ke dalam ruang komputer Betulkan letak monitor. Setelah selesai. maka perhatikan aturan-aturan ataupun langkah-langkah berikut ini : 1. sehingga kita dapat bekerja menggunakan komputer dengan lancar dan nyaman.BAB II KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3 ) A. CPU. keyboard maupun perangkat lainnya dengan posisi yang semestinya. Tinggalkan laboratorium/ ruang komputer dengan tertib. Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pada mata pelajaran Tehnologi informasi dan kominikasi. Usahakan kaki dapat menjangkau sampai lantai. Sesuaikan posisi kursi dengan jangkauan tangan pada keybord sehingga nyaman. 2. • • • • Tempatkan kursi anda pada posisi yang benar. Langkah – langkah persiapan : a. Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama kita menggunakan peralatanperalatan yang ada di dalam laboratorium/ ruang komputer. maka sewaktu kita menggunakan komputer perlu kita perhatikan kesehatan dan keselamatan kita. komputer merupakan media atau sarana yang paling utama. 18 . Peraturan menggunakan laboratorium/ ruang komputer : • • • Masuklah ke ruang laborat dengan tertib Dilarang membawa masuk tas. Posisi duduk selama menggunakan komputer : ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ Duduklah dengan benar dan tepat di depan layar monitor Aturlah jarak antara mata dengan monitor lebih kurang 40 cm – 50 cm.

d e Arahkan layar monitor pada arah yang sesuai dengan posisi duduk kita. Hidupkan komputer sesuai dengan tata cara yang benar yaitu tekan tombol power pada CPU kemudian tombol power monitor. Menghidupkan komputer Setelah dilakukan pengecekan pada kabel-kabel hubungan antar beberapa piranti komputer. Langkah-langkah menghidupkan komputer : Tekan tombol power pada CPU Tekan tombol power pada monitor Tunggu sampai proses booting selesai sehingga tampil jendela desktop pada layar monitor. Periksalah kabel-kabel penghubung antara peralatan yang satu dengan yang lainnya.♦ Beristirahatkan ♦ Hindari sejenak bila telah merasa penat mengetik dengan posisi berdiri b c Mintalah / tunggulah tugas yang diberikan oleh guru. kemudian hidupkanlah komputer. Kerjakan tugas sesuai dengan petunjuk guru. Icon Shortcut Menu Star Program aktif Layar Desktop Gambar Tampilan Desktop 19 . B. tunggu sampai proses booting selesai. f g Aturlah pencahayaan pada layar monitor.

windows (lihat Klik Shut down Klik OK Gambar Kotak Dialog Shut Down D. Jangan mencoba-coba membuka program-program pada komputer sebelum tahu maksudnya Hindarkan tertumpahnya air. maka muncul gambar shut down Gambar dibawah) Pilih shut down dengan klik pada shut down Klik OK Matikan/ tekan tombol minotor. Mematikan komputer Setelah semua jendela aplikasi ditutup. 20 . maka kita dapat mematikan komputer dengan langkah-langkah : Klik start Klik shut down. Hindarkan pula tertumpahnya air maupun cairan lainnya pada ruang laboratorium komputer. Hal-hal yang perlu kita hindari dalam menggunakan komputer/ ruang laborat : Jangan bercanda didalam ruang laborat Jangan mamainkan tombol-tombol yang tidak perlu atau tidak dimengerti. minyak atau cairan lainnya pada perangkat komputer.C.

hibahkan ataupun diwasiatkan sesuai dengan perjanjian tertulis dari si pencipta. Hak cipta juga dianggap sebagai benda bergerak yang dapat diwariskan. Selama etika dan moral itu selalu ditaati dan dijaga maka penggaraan hak cipta tidak akan terjadi dan kita akan merasa hidup damai dan saling menghargai. Baik Hak cipta dibidang seni budaya maupun bidang tekbologi lainnya. Untuk menciptakan kedamaian dan ketertiban dibidang Hak Cipta maka di negara kitapun telah ada Undang-undang yang lebih dikenal dengan HAKI (hak atas kekayaan intelektual) yaitu UU No. Untuk itu dalam hal pemakaian hasil ciptakan orang lain kita perlu mengerti etika dan cara menghargainya. Pengertian Indonesia yang merupakan salah satu dari sekian negara di dunia yang mempunyai landasan hukum juga mengikuti peraturan yang berlaku di dunia internasional. 19 tahun 2002 dan sudah diberlakukan sejak tanggal 29 Juli 2003. 21 . sehingga hasil ciptakan dari bangsa kita ini juga diakui moleh dunia internasional. Tidak terkecuali dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya dibidang komputer. Sedangkan Moral adalah sikap yang harus dijaga dalam menggunakan hasil karya atau hasil ciptaan orang lain. Etika yang merupakan aturan-aturan yang berlaku yang harus ditaati oleh setiap warga negara. Kekayaan intelektual di negara kita ini juga memerlukan perlindungan yahukum seperti di negara-negara lain. Kita selaku warga negara yang baik juga ikut mendukung adanya hal tersebut dengan cara menghargai hak cipta orang lain. Indonesia yang memiliki beraneka ragam suku bangsa yang kaya akan budaya dan seni maka sangat memerlukan akan adanya perlindungan hak cipta yang merupakan kekayaan intelektual.BAB III ETIKA DAN MORAL DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI A. Untuk itu Indonesia telah ikut menjadi salah satu anggota dari berbagai konvensi atau perjanjian internasional.

Sebagaimana dijelaskan dalam pasal 24 yang menyebutkan bahwa : Pencipta atau 22 . pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa : “Hak Cipta adalah hak Eklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku” dalam hal ini si pencipta yang mempunyai hak penuh atas hasil karyanya berhak menuntut apabila ada yang memperbanyak ataupun membajak sesuai dengan peraturan dan hokum yang berlaku bila pelakunya tidak seijin sipenciptanya. telah dijelaskan dalam pasal 1 ayat 8 bahwa : Program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa. Etika dan Moral pengggunakan program-program komputer Berdasarkan pada UU no 19 tahun 2002. Sebagaimana dijelaskan dalam pasal 30 ayat 1 disebutkan bahwa masa berlakunya adalah selama 50 tahun. yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus. (Sebagaimana dimuat dalam pasal 12 HAKI ). seni dan sastra yang mencakup antara lain : Penciptaan buku. pamflet.Dalam Undang-undang Hak Cipta Nomor 19 tahun 2002 dimuat beberapa bidang ciptaan yang dilindungi yaitu bidang ilmu pengetahuan. ataupun bentuk lain. program komputer. skema. Demikian juga Hak Cipta yang dilaksanakan oleh suatu Penerbit buku juga mempunyai batas waktu sampai 50 yahun sejak pertama diterbitkan. diundangkan. kode. perwajahan. karya tulis yang diterbitkan dan semua hasil karya tulis lainnya. sedangkan hasil karyanya ada yang membajak/ melanggar. tentang HAKI. B. Apabila belum sampai 50 tahun si pencipta telah meninggal dunia. Mengenai ciptaan program komputer. maka ahli warisnya berhak untuk menuntutnya. Masa berlakunya perlindungan Hak Cipta juga dibatasi hingga 50 tahun. termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut. Artinya orang lain bebas menggunakan hak cipta seseorang setelah berumur 50 tahun sejak pertama kali diterbitkan atau di umumkan.

Hindarilah dari mengubah. 500. Menghargai hasil karya orang lain Perangkat teknologi komputer yang merupakan hasil karya orang lain terutama tentang perangkat lunak yang paling banyak dibajak harus kita hargai diantaranya dengan cara-cara sebagai berikut : Hindarilah penggunaan perangkat lunak bajakan. menggandakan perangkat lunak komputer tanpa seijin si pencipta atau pabrik atau Penerbit yang mengeluarkannya. menambah ataupun mengurangi tanpa seijin si pencipta/ Penerbit. mesalnya untuk tindak kriminal dan sejenisnya. Ketentuan Pidanai pelanggar UU HAKI Ketentuan pidana pelanggaran atas Hak Cipta orang lain khususnya mengenai program komputer telah dimuat dalam pasal 72 ayat 3 UU HAKI yang menyebutkan bahwa : “Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer. D.000. C. Janganlah ikut-ikutan membajak. Menghindari penyalahgunaan yang bersifat negatip.ahli warisnya berhak menuntut Pemegang Hak Cipta supaya nama Pencipta tetap dicantumkan dalam ciptaannya.00 (lima ratus juta rupiah). mengkopi. dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan /atau denda paling banyak Rp. 23 . Janganlah menggandakan serta memperjualbelikan secara illegal.000.

Menurut klasifikasinya jaringan dapat di golongkan menjadi 3 yaitu : LAN ( Local Area Network ) adalah jaringan komputer dalam satu gedung atau satu area perkantoran. 2.BAB IV SISTEM OPERASI A. Pengertian Sistem operasi merupakan pengatur semua proses dari sistem yang ada dalam komputer. Pada saat komputer dinyalakan (booting) maka komputer akan membaca instruksi yang ada dalam command. Sistem operasi yang banyak dipakai antara lain : 1. Macam – macam sistem operasi. perangkat lunak maupun perangkat keras.com yang selanjutnya dimasukkan ke dalam memori komputer. program aplikasi maupun perangkat keras seperti printer. Sistem Operasi Jaringan Sistem operasi jaringan merupakan sistem yang sekarang banyak dipakai dan dikembangkan untuk jaringan komputer. Suatu program aplikasi tidak dapat dijalankan tanpa adanya sistem operasi. DOS juga berisikan sistem yang mengatur masukan ( input ) maupun keluaran (output ). Jaringan LAN ini banyak dipasang pada 24 . Sistem Operasi DOS Sistem operasi DOS (Disk Operating Sistem) adalah suatu sistem operasi yang berada didalam disket. CD-Rom. Suatu jaringan pada umumnya terdiri dari sebuah server dan beberapa client (workstation). baik program. Client (Workstation) adalah komputer-komputer yang memerlukan pelayanan dari server. Server adalah sebuah komputer induk yang mengendalikan semua jaringan dan berfungsi untuk melayani kebutuhan dari client. misalnya meminta data. B. scanner dsb. Jaringan komputer adalah hubungan beberapa komputer dalam suatu sistem sehingga dapat saling berkomunikasi dalam menggunakan sumber daya.

MAN ( Metropolitan Area Network ) adalah jaringan komputer dalam satu kota yang berjarak antara 10 – 45 km. antar propinsi bahkan antar negara. Dengan sistem ini komputer lebih mudah. perkantoran. C. Setelah komputer dinyalakan (booting) maka layar monitor akan menampilkan tampilan desktop sebagai tampilan pertama dari keseluruhan menu program yang sangat luas. Sistem Operasi Windows Sistem operasi windows merupakan sistem operasi berbasis grafik dengan tampilan program berupa jendela-jendela. Jaringan WAN banyak digunakan untuk menghubungan antar ATM (Anjungan Tunai Mandiri). dan instansi – instansi pemerintah. Dalam buku ini akan dibahas secara praktis tentang operasi windows untuk perangkat PC ( Personal Computer ). kampus. 3. Cara mengoperasikan komputer pada sistem operasi windows. Tampilan jendela dilengkapi dengan menu dan gambar (icon) yang mudah dipahami dan dijalankan secara cepat.labratorium komputer pada sekolahan. antar bank dan jaringan internet. WAN ( Wide Area Network ) adalah jaringan yang menghubungkan antar kota. efektif dan efisien untuk dioperasikan. Jaringan MAN ini digunakan untuk menghubungkan antar kantor / bank dalam satu kota. sebagaimana gambar dibawah ini : Icon Program Layar Desktop Taskbar Menu Start Gambar Bagian Layar Desktop 25 .

Mengaktifkan program aplikasi windows. dibagi dalam dua bagian yaitu: a.Layar desktop di atas memiliki dua bagian yaitu: 1. Doble klik pada icon program apabila dilayar desktop tampil icon program. Icon program mewakili program aplikasi pada windows 2. Layar desktop/ background merupakan latar belakang destop. Start Menu untuk membuka menu pilihan utama b. Untuk menjalankan program aplikasi pada sistem operasi windows dari layar destop dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu : 1. Klik menu start + program pilihan yang kita inginkan. Taskbar merupakan tempat program aktif D. Menggunakan mouse Hal-hal yang perlu kita ketahui dalam teknik penggunaan mouse. Perhatikan tampilan gambar bagian dari desktop dibawah ini : Sub Menu Program Menu Program Menu Start Gambar Mengaktifkan Program Aplikasi E. 2. dibagi dua bagian yaitu: a. antara lain : ♦ Point adalah cara menempatkan pointer mouse pada area/ icon tertentu. b. Layar. 26 . Baris status.

Doble klik adalah cara menekan tombol mouse kiri dua kali secara cepat. sehingga kita dapat bekerja dengan cepat dan efektif. 27 .♦ ♦ ♦ Klik adalah cara menekan tombol kiri mouse satu kali. Drag and drop adalah cara menekan dengan ditahan tombol mouse kiri kemudian geser dan letakkan pada area yang diinginkan lalu lepaskan. Demikian kemudahan yang disajikan oleh sistem operasi windows. ♦ Shotcut adalah cara menekan tombol kanan satu kali.

Cara menjalankan program windows explorer pada Sistem operasi windows 95/98 adalah sebagai berikut : Klik Start ♦ Klik Program ♦ Klik Windows explorer Sementara yang menggunakan Sistem operasi windows 2000/ Me /XP: ♦ Klik Start ♦ Klik Program ♦ Klik Accessories ♦ Klik Windows explorer. Dengan windows explorer kita dapat mengatur manajemen disk. sehingga kita dapat dengan mudah untuk mengenali posisi file-file yang kita buat. Windows Explorer. Tampilan jendela windows explorer dari windows ME seperti di bawah ini : ♦ Menu Pulldows Menu Popup Menu Tool Bar Menu Button Panel Folder Panel File Program aktif Gambar Bagian Jendela Windows Explorer 28 . Untuk itu kita harus mengenal program aplikasi windows explorer. B. folder (direktori) dan file. Pengertian Manajemen file merupakan istilah dalam mengelola file secara menyeluruh dalam operasi windows.BAB V MANAJEMEN FILE A. Windows explorer merupakan program aplikasi untuk menjelajah seluruh windows beserta program-program aplikasi yang ada bersamanya.

Move digunakan untuk memindahkan jendela dari satu tempat ke tempat lain. Menu bar windows explorer terdiri dari : Gambar Menu Bar 29 . Menu popup yang terletak pada kiri atas (judul) bila di klik maka akan menampilkan menu : Restore digunakan untuk mengembalikan ukuran jendela ke ukuran semula. Close digunakan untuk menutup jendela windows explorer. Size digunakan untuk mengubah ukuran jendela.Jendela explorer di atas terbagi menjadi 2 yaitu : Jendela sebelah kiri disebut Panel Folder berisi folder dan nama folder berikut nama drive atau direktori yang ada dalam hardisk. 3. Jendela sebelah kanan disebut Panel File berisi nama file atau sub folder C. Close digunakan untuk menutup jendela windows explorer. 2. Minimize digunakan untuk meminimalkan ukuran jendela hingga terletak pada taskbar (paling bawah) Menu Popup Maximize digunakan untuk memperbesar ukuran jendela hingga sama dengan ukuran desktop. Menu-menu yang ada pada windows explorer antara lain : 1. Menu Button terletak di kanan atas terdiri dari : Menu Button Minimize digunakan untuk meminimalkan ukuran jendela hingga terletak pada taskbar (paling bawah) Maximize digunakan untuk memperbesar ukuran jendela hingga sama dengan ukuran desktop.

Dalam menu ini terdiri dari : 30 . ♦ ♦ Propertis digunakan untuk menampilkan pilihan lain Close digunakan untuk menutup jendela windows explorer Dalam keadaan ada pointer mouse disebelah kanan / pada nama file. Gambar Menu File ♦ Renames digunakan untuk mengganti nama item. ♦ Delete digunakan untuk menghapus item sesuai pilihan anda. Delete digunakan untuk menghapus item sesuai pilihan anda. antara lain : o Folder digunakan untuk membuat folder baru o Shortcut digunakan untuk membuat icon shortcut o Text dokumen digunakan untuk membuat icon dokumen. Create shortcut digunakan untuk membuat icon shortcut baru. Propertis digunakan untuk menampilkan pilihan lain Close digunakan untuk menutup jendela windows explorer Edit. Renames digunakan untuk mengganti nama item. terdiri dari : ♦ New digunakan untuk membuat item baru. pada pilihan ini untuk memindah item yang dipilih. maka menu dibawah file terdiri dari : ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ ♦ Explorer digunakan untuk mencari file yang dikehendaki Open digunakan untuk membuka item yang dipilih Send to digunakan untuk mengirim folder yang dipilih ke media lainnya. ♦ Create shortcut digunakan untuk membuat icon shortcut baru.File Dalam keadaan normal atau sebelum ada penempatan pointer mouse.

♦ Invert selection digunakan untuk memilih semua item. View Menu ini digunakan untuk menambah / menampilkan fasilitas icon yang dikehendaki. kecuali yang diaktifkan di jendela sebelah kanan. ♦ Select all digunakan untuk memilih semua item yang ada di daerah jendela sebelah kanan. ♦ List digunakan untuk menampilkan folder atau program dalam bentuk icon berkolom. ♦ Small icon digunakan untuk menampilkan folder atau program dalam bentuk icon kecil. ♦ Status bar digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan garis status. Gambar Menu Edit ♦ Paste shortcut digunakan untuk menampilkan shortcut item yang telah disalin dan memindahkan ke daerah kerja yang telah dikehendaki. dan menu view ini terdiri dari : ♦ Tool bar digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan menu tool bar. ♦ Cut digunakan untuk memindahkan file/ folder ♦ Copy digunakan untuk menyalin file/ folder ♦ Paste digunakan untuk menampilkan item yang telah dipindah/ copy dan meletakkan pada daerah yang dikehendaki. ♦ Large icons digunakan untuk menampilkan folder atau program dalam bentuk icon besar. Gambar Menu View 31 .♦ Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir.

♦ Arrange icons digunakan untuk menyortir/ mengurutkan icon file atau folder pada jendela sebelah kiri. Membuat Folder/ Sub-folder Misalnya kita akan membuat sub folder / folder baru pada drive C. ♦ Line up icons digunakan untuk mengatur icon pada kolom dalam bentuk garis. ♦ Options digunakan untuk membuka kotak dialog options. Manajemen File dengan Windows Explorer Fasilitas windows explorer untuk manajemen file antara lain : 1. ♦ Refresh digunakan untuk merevisi isi jendela dengan tampilan terakhir yang ditampilkan. maka langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut : Klik drive C Klik file Klik new Klik folder Kemudian gantilah nama folder sesuai keinginan anda. tipe. kapasitas dan tanggal. D. sesuai urutan nama.♦ Detail Digunakan untuk menampilkan keterangan icon yang dipilih dalam bentuk lengkap. Perhatikan gambar di bawah ini : 32 .

maka langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut : Klik My Dokument pada jendela sebelah kiri Klik “LATIHAN-1” pada jendela sebelah kanan Klik Edit Klik copy Klik drive A Klik Edit Klik paste Perhatikan Gambar berikut ini : 33 . Copy file Misalnya kita akan menyalin file “LATIHAN-1” pada My Dokument ke drave A.Klik File Klik folder Klik Drive C Klik New Gambar Jendela Explorer untuk membuat folder/ Sub Folder 2.

memindah. maka langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut : Klik My Dokumen Klik LATIHAN-1 Klik Edit + Cut Klik drive A Klik Edit + Paste 4.Gambar Jendela Windows Explorer untuk menyalin. Misalnya kita akan menghapus folder/ dokumen/ file yang ada pada My dokumen . Memindahkan folder/ dokumen/ file Untuk memindal folder atau document hampir sama dengan mengkopi. Misalnya kita akan memindah dokumen LATIHAN-1 dari My Dokument ke drive A. kalau memindah klik Edit + Cut. dan menghapus file 3. maka langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut : Klik My dokumen 34 . Menghapus dokumen/file Sebelum kita melakukan penghapusan suatu dokumen/ file pada My Dokument sebaiknya kita pertimbangkan dulu sehingga kita tidak kecewa. bila menmgkopi klik pada edit + copy.

Gambar Kotak Dialog Format Disk Drive A 35 . Memformat Disket Misalnya kita akan memformat disket yang ada pada drive A. tunggu sampai proses format selesai.Klik nama folder/ file yang akan dihapus Klik menu File Klik delete 5. maka langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut : Klik My Dokument Klik nama file yang akan diganti Klik file Klik rename Klik ketik nama file/ folder yang diinginkan. E. Mengganti nama file/ folder Misalnya kita akan mengganti nama folder/ file pada My Dokumen . maka langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut : Masukkan disket yang akan diformat pada drive A Klik My Computer pada jendela kiri Klik 3 ½ floppy A: pada jendela sebelah kanan Klik file Klik format Klik Start.

yang tampil pada sudut C. misalnya dimodifikasi dengan MS excel.. Paint dan lainnya. Misalnya program akuntasi. Mengidentifikasi Perangkat lunak pengolah kata Perangkat lunak aplikasi yang biasa digunakan oleh operator dalam menyelesaikan pekerjaan. Perangkat lunak bisnis digunakan untuk aplikasi bisnis. presentasi grafik. Misalnya program pengolah kata. Perangkat lunak produktivitas digunakan untuk membantu mempercepat proses pekerjaan. Perangkat lunak hiburan digunakan untuk hiburan bagi operator. Misalnya permainan game. manajemen data dll. Selanjutnya kita akan membahas tentang salah satu program pengolah kata dalam windows yaitu Microsoft Word. inventaris barang. insiklopedi. 3.BAB VI MICROSOFT WORD A. dll 4. Microdoft Word mempunyai lambang icon kiri atas jendela Microsoft Word. media player dll. 2. Penggolongan perangkat lunak aplikasi yaitu : 1. pengolah angka. Microsoft Word Microsoft Word atau MS Word merupakan program pengolah kata ( Word Processing ) yang banyak dipakai di negara kita. banyak macam dan ragamnya. Perangkat lunak pendidikan digunakan untuk membantu kita dalam mempelajari suatu pengetahuan. simulasi dll. MS Word pada windows telah dikemas satu paket dengan Microsost office sehingga MS word dapat menerima atau digabung dengan program-program aplikasi lainnya. Menjalankan Program Microsoft Word Untuk memulai atau membuka jendela Microsoft word. klik start 36 . lakukanlah langkah-langkah sebagai berikut: 1. Dari tampilan desktop. Misalnya program kamus. karena program ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. winamp. B.

Size digunakan untuk mengubah ukuran jendela. Maka akan tampil jendela Microsoft Word seperti dibawah ini : D. Close digunakan untuk menutup jendela MS Word.2. Klik program aplikasi Microsoft Word. Move digunakan untuk memindahkan jendela dari satu tempat ke tempat lain. Gambar Control Menu dan Title Bar digunakan ukuran untuk jendela ke 37 . Klik program 3. apabila kita klik pada maka muncul pilihan : Restore mengembalikan ukuran semula. Control menu yang ada disudut kiri atas dan yang merupakan title bar. Mengenal menu Microsoft Word a. Minimize digunakan untuk meminimalkan mengecilkan ukuran jendela hingga terletak pada taskbar (paling bawah) Maximize digunakan untuk memperbesar ukuran jendela hingga sama dengan ukuran desktop.

membuat header dan footer. Windows merupakan pilihan menu untuk membuat duplikat dokumen dan memecah lembar kerja.b. Menu standart. simbol. Menu toolbar yang sering kita gunakan antara lain : c. Menu bar atau menu pulldown merupakan menu pilihan dari jendela MS Word terdiri dari : File merupakan menu pilihan untuk mengolah file. Help merupakan menu bantuan apabila kita mengalami kesulitan dalam menggunakan lembar kerja MS-Word. file dan obyek/ dokumen dari aplikasi lainnya. menambah. c. Keterangan: • New • Open • Save : membuka jendela baru : membuka dokumen lama : menyimpan dokumen 38 . Menu toolbar Menu toolbar yaitu sekumpulan icon yang melambangkan shortcut dari perintah pada MS-Word untuk mempercepat suatu proses. Edit merupakan menu pilihan untuk mengedit/mengubah dokumen View merupakan menu pilihan untuk menampilkan menu tool bar. Table merupakan pilihan untuk membuat/ menyisipkan tabel. menghapus dll.1. dan mengatur ukuran tampilan layar. Insert merupakan menu pilihan untuk menyisipkan halaman. Format merupakan menu pilihan untuk memodifikasi/ memformat / mengatur tampilan dokumen. Tools merupakan pilihan menu untuk memperbaiki fasilitas MS-Word. gambar.

2.• Print • Print Preview • Spelling • Cut • Copy • Paste • Format pointer • Undo • Redo • Insert hyperlink • Web toolbar • Tables and borders • Insert table • Colums : mencetak dokumen : menampilkan bentuk cetakan dilayar : memeriksa ejaan : menghapus : menyalin ke tempat lain : menyisipkan/ meletakkan salinan/ pindahan : menyalin format : membatalkan perintah terakhir : mengembalikan perintah terakhir : untuk membuat tampilan alamat pada internet : menampilkan icon internet : menampilkan toolbar untuk table : menyisipkan table : membuat dokumen dalam bentuk kolom c. Menu format Keterangan • • • • • • • • • • • Style Font Font size Bold Italic Underline Align left Centre Align right Justify Numbering : mengganti style paragraph : memilih jenis huruf : memilih ukuran huruf : mempertebal teks : memiringkan teks : memberikan garis bawah : menbuat teks rata kiri : membuat teks rata tengah : membuat teks rata kanan : membuat teks rata kanan-kiri : memberi nomor paragraph 39 .

Dash style 16. Text box : memutar objek gambar : pilihan gambar bentuk garis : membuat garis : membuat tanda panah : membuat kotak empat persegi panjang : membuat lingkaran : menulis naskah dalam kotak 10. Rectangle 8. Fill color 12. Arrows 7. Oval 9. Font color 14. Untuk menyimpan naskah yang telah dibuat dengan langkah. Insert wordArt : menyisipkan tulisan artistik/ tulisan indah 11. Shadow 18. 3-D : memberi warna isian : memberi warna garis : memberi warna huruf : memilih tebal garis : memilih bentuk garis : memilih bentuk panah : memberi bayangan gambar : memberi bayangan gambar 3 dimensi E. Menu drawing Keterangan 1. Line color 13. Auto shape 5. Menyimpan dokumen/ file. Select objects : memilih obyek gambar 3.langkah : o Klik file o Klik save 40 . Draw : mengatur obyek gambar 2. Arrow style 17.• • • • • • Bullets Decrease indent Increase indent Outside border Highlight Font color : memberi tanda paragraph : menggeser ke kiri : menggeser kanan : toolbars baris : mempertajam teks : memberikan warna teks c. Free rotate 4. Line 6.3. Line style 15.

Mengakhiri atau menutup jendela MS-Waord ada 2 cara : Klik file Klik exit atau Klik tanda pada pojok kanan atas 41 .o Ketik nama file o Klik save Atau dengan cara : o Klik icon o Ketik nama file o Klik save F. Menutup/ mengakhiri MS-Word.