. TUGAS MAKALAH: BIOLOGI DOSEN: Abd MALIK ASIKIN,S.Pi,M.

KES

REKAYASA GENETIKA DAN MANFAATNYA D I S U S U N
OLEH KELOMPOK 4 ; 1. EVIS AMALIA 2. SADRIANI 3. FARDI RUSTAM 4. ASRUL SANI 5. IRMANSYAH TINGKAT : 1A PROGRAM STUDI : S1 KEPERAWATAN

SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN GUNUNG SARI MAKASSAR TAHUN AKADEMIK 2011/2012

Karena manusia sulit dipakai sebagai objek atau bahan percobaan genetis. anatomi. embriologi. Demikian pula penerapan mutasi buatan tanpa target dapat pula dimasukkan. serta variasi yang mungkin timbul didalamnya. fiosiologi. Masyarakat ilmiah sekarang lebih bersepakat dengan batasan yang lebih sempit. juga pada tumbuhan dan hewan. agar kita dapat mengetahui sifat-sifat keturunan kita sendiri serta setiap makhuk hidup yang berada dilingkungan kita. Lagi pula prinsip-prinsip genetika itu dapat disebut sama saja bagi seluruh makluk. Karena itu selain kita harus mengetahui sifat-sifat menurun dalam tubuh kita. Sebagai ilmu pengetahuan terapan ia menunjang banyak bidang kegiatan ilmiah dan pelayanan kebutuhan masyarakat. yaitu penerapan teknik-teknik genetika molekular untuk mengubah susunan genetik dalam kromosom atau mengubah sistem ekspresi genetik yang diarahkan pada kemanfaatan tertentu. yang berarti asal mula kejadian.Pendahuluan Genetika disebut juga ilmu keturunan. Secara “Etimologi”kata genetika berasal dari kata genos dalam bahasa latin. Dengan pengertian ini kegiatan pemuliaaan hewan atau tanaman melalui seleksi dalam populasi dapat dimasukkan. Sebagai ilmu pengetahuan murni ia harus ditunjang oleh ilmu pengetahuan dasar lain seperti kimia. Rekayasa genetika dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk kepentingan manusia. maka dengan singkat dapat pula dikatakan bahwa genetika adalah ilmu tentang pewarisan sifat . Namun. Oleh karena cara berlangsungnya alih informasi hayati tersebut mendasari adanya perbedaan dan persamaan sifat diantara individu organisme. artinya suku bangsa-bangsa atau asal-usul.Dalam ilmu ini dipelajari bagaimana sifat keturunan (hereditas) itu diwariskan kepada anak cucu. histologi. kita mempelajari hukum-hukumnya lewat sifat menurun yang terkandung dalam tubuh-tumbuhan dan hewan sekitar. taksonomi dan evolusi. . fisika dan metematika juga ilmu pengetahuan dasar dalam bidang biologi sendiri seperti bioselluler. biokimia. genetika bukanlah ilmu tentang asal mula kejadian meskipun pada batas-batas tertentu memang ada kaitannya dengan hal itu juga. Genetika bisa sebagai ilmu pengetahuan murni. Genetika perlu dipelajari. bisa pula sebagai ilmu pengetahuan terapan. Genetika adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk alih informasi hayati dari generasi ke generasi. Kita sebagai manusia tidak hidup autonom dan terinsolir dari makhuk lain sekitar kita tetapi kita menjalin ekosistem dengan mereka. berasal dari kata genos (bahasa latin).

sehingga biaya untuk ekstraksi dan purifikasi dari jaringan sangat tinggi. baik pro. jadi membatasi penggunaan medis dalam profilaksis (pencegahan) dan terapeutis (penyembuhan) penyakit. Rekayasa genetika juga diartikan sebagai perpindahan gen. Dan juga dari buah-buahan impor di supermarket. protein-protein komplemen (bagian dari sistem imun) dan substansi lainnya untuk memperbaiki penyakitpenyakit defisiensi genetik. Untuk pemaparan lebih lanjut akan dibahas pada Bab selanjutnya. Negara kita mengimpor kedelai transgenik dari Amerika yang harganya cukup ekonomis di pasar. boleh jadi ada diantaranya yang merupakan produk transgenik namun tidak diberi informasi mengenainya. Proteinprotein ini diproduksi dalam jumlah yang begitu sedikit dalam tubuh manusia. Contohnya adalah kedelai. menyebabkan mikroba itu menjadi pabrik-pabrik kecil untuk membuat (dalam jumlah yang relatif besar) protein-protein yang mempunyai kepentingan ekonomi seperti hormon (insulin. sehingga dijadikan bahan baku tempe dan tahu yang dikonsumsi sehari-hari. Pengertian Rekayasa Genetika Rekayasa genetika merupakan transplantasi atau pencangkokan satu gen ke gen lainnya dimana dapat bersifat antar gen dan dapat pula lintas gen sehingga mampu menghasilkan produk. Melalui rekayasa genetika. murah. asal menguntungkan. Teknologi Rekayasa Genetika . Pembahasan 1. Untuk masyarakat awam. mereka tidak peduli apakah hasil dari rekayasa genetika seperti makanan yang dimakanannya produk transgenik apa tidak. kontra maupun tidak peduli. dan isinya kurang lebih sama dengan produk yang bukan transgenik.Penggunaan Rekayasa Genetika atau Teknologi DNA rekombinan mendominasi ilmu genetika pada saat memasuki era baru yaitu pada akhir tahun 1970-an yang digunakan untuk menghasilkan bentuk-bentuk kehidupan baru yang tidak ditemukan di alam. Namun banyak reaksi yang ditimbulkan masyarakat terhadap pemunculan rekayasa genetika ini. dimungkinkan untuk memproduksi berbagai faktor pembeku darah. hormon pertumbuhan) dan interferon (protein limfosit yang mencegah replikasi berbagai virus). memungkinkan untuk memindahkan gen-gen dari mamalia ke dalam bakteri. Melalui teknologi ini.

jamur. Coli yang bertujuan untuk mendapatkan insulin. plasmidnya dipotong dengan menggunakan enzim Restriksi Endonuklease 2. penundaan kematangan buah. yang dapat menembus rintangan reproduksi dan rekombinasi alami. perubahan pigmentasi. termasuk DNA rekombinan dan injeksi langsung DNA ke dalam sel atau organel. 3. Bakteri yang masih mempunyai plasmid. gen dari sel pankreas manusia yang kemudian diklon dan dimasukkan ke dalam sel E. . Misalnya. bakteri. Gen yang diselipkan dan organisme penerima dapat berasal dari organisme apa saja. tahan terhadap herbisida. mikroba prebiotik untuk makanan olahan). Bakteri dibiarkan berkembang biak dalam wadah fermentasi sehingga dihasilkan insulin. Prinsip dasar teknologi rekayasa genetika adalah memanipulasi atau melakukan perubahan susunan asam nukleat dari DNA (gen) atau menyelipkan gen baru ke dalam struktur DNA organisme penerima. Tahap Pembuatan Insulin Tahapan pembuatan Insulin adalah sebagai berikut: 1. peningkatan kandunagn gizi. tahan terhadap serangan hama dan penyakit tertentu (serangga. Kemudian gen insulin dari sel pankreas juga dipotong dengan menggunakan enzim restriksi 3. toleransi terhadap pendinginan. Lalu gen insulin ini di sisipkan pada plasmid bakteri dengan menggunakan enzim ligase sehingga disebut dengan ADN rekombinan 4. atau virus). dan bukan teknik yang digunakan dalam pemuliaan dan seleksi tradisional. 2. kualitas aroma dan nutrisi. pengikat nitrogen udara. Tujuan Rekayasa Genetika Rekayasa genetika pada tanaman mempunyai target dan tujuan antara lain peningkatan produksi. sterilitas dan fertilitas serangga jantan (untuk produksi benih hibrida). Rekayasa Genetika pada mikroba bertujuan untuk meningkatkan efektivitas kerja mikroba tersebut (misalnya mikroba untuk fermentasi. dan untuk menghasilkan bahan obat-obatan dan kosmetika. mempercepat proses kompos dan pembuatan makanan ternak. atau fusi sel di luar keluarga taksonomi. peningkatan mutu produk supaya tahan lama dalam penyimpanan pascapanen. meningkatkan kesuburan tanah.merupakan inti dari bioteknologi yang didefinisikan sebagai teknik in-vitro asam nukleat. Setelah itu ADN rekombinan itu dimasukkan ke dalam tubuh bakteri baru 5.

perkembangan di bidang biostatistika. antara lain: 1. Penerapan Rekayasa Genetika Penerapan Rekayasa Genetika pada berbagai bidang. Ditemukannya pengatur ekspresi DNA yang diawali dengan penemuan operon laktosa pada prokariota 3. Bidang kesehatan dan farmasi .Diproduksinya insulin dengan cepat dan murah . Ditemukannya enzim pemotong DNA yaitu enzim restriksi endonuklease 2.Diproduksinya interferon . Penyebab Berkembangnya Rekayasa Genetika Pada akhir tahun 1970-an. Ditemukannya perekat biologi yaitu enzim ligase 4.Ditemukannya tanaman ber-pestisida . Ditemukannya medium untuk memindahkan gen ke dalam sel mikroorganisme Sejalan dengan penemuan-penemuan penting itu. 5. Penyebab berkembangnya Rekayasa Genetika antara lain: 1. bioinformatika dan robotika/automasi memainkan peranan penting dalam kemajuan dan efisiensi kerja bidang ini.Diproduksinya beberapa hormon pertumbuhan .Adanya terapi genetic .Ditemukannya vaksin penyakit mulut dan kuku .4.Jagung dengan protein tinggi 2.Ditemukannya tomat Flavr Savr yang tahan .Ditemukannya kopi super . Bidang pertanian dan bahan pangan .Ditemukannya sapi dengan produksi susu meningkat 20% . genetika memasuki suatu era baru yang didominasi oleh penggunaan teknologi DNA rekombinan atau rekayasa genetika untuk menghasilkan bentukbentuk kehidupan baru yang tidak ditemukan di alam.

Tomat Flavr Savr diketahui mengandung gen resisten terhaap antibiotic. Bahan pangan transgenic yang tidak berlabel juga membawa konsekuensi bagi penganut agama tertentu. Bidang Industri . transfer penanda antibiotik. Susu sapi yang disuntik dengan hormone BGH disinyalir mengandung bahan kimia baru yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Dampak di bidang sosial ekonomi Dampak ekonomi yang tampak adalah paten hasil rekayasa. Hal ini bertentangan dengan banyak nilai-nilai budaya yang mengghargai nilai intrinsic makhluk hidup. b.Bakteri yang dapat mengubah bahan tercemar menjadi bahan tidak berbahaya .3. niscaya akan menggusur peternak kecil. Dampak di bidang etika dan moral Menyisipkan gen makhluk hidup kepada makhluk hidup lain memiliki dampak etika yag serius. melawan sistem alamiah karena mencampurkan gen berbagai spesies. Kontroversi Produk Transgenik memiliki dampak terhadap kesehatan manusia: alergi. Menyisipkan gen makhluk hidup lain yang tidak berkerabat dianggap sebagai pelanggaran terhadap hukum alam dan sulit diterima manusia. Produk bioteknologi dapat merugikan petani kecil. memberikan pengaruh yang sangat luas pada masyarakat. dan efek potensial yang tidak diketahui. c. Kontroversi tanaman transgenik seperti pelanggaran nilai intrinsik organisme alami. Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal di Inggris. Dampak di bidang kesehatan Produk rekayasa di bidang kesehatan ini memang sudah ada yang menimbulkan masalah yang serius. Penerapan hak paten pada organism hasil rekayasa merupakan pemberian hak pribadi atas organism. Dampak Rekayasa Genetika a. swastanisasi dan konsentrasi bioteknologi pada kelompok tertentu.Bateri pembuat aspartanik 6. Penggunakan hormon pertumbuhan sapi dapat meningkatkan produksi susu sapi sampai 20%. Dominasi produksi pangan dunia oleh beberapa perusahaan.Terciptanya bakteri yang mampu membersihkan lingkungan tercemar . .

Menurut Nijs.”ujar Paus Yohannes Paulus II dalam The Washington Post. polemik yang sebelumnya hanya riak-riak kecil saja. Polemik mengenai teknologi kloning itu semakin bertambah panas. yang berlokasi di propinsi tempat diumumkannya . Direktur Tim Roslin Institute. Disaat Dr. Contoh-contoh Rekayasa Genetika dab Berbagai Polemiknya dalam Masyarakat 1. Menyusul kemudian : Dr. mempublikasikan keberhasilannya dalam mengkloning sel kelenjar susu domba ras dorset asal Finlandia menjadi seekor domba normal. Ian Walmut. Hall. direktur Church Of Scotland. Kloning dan berbagai polemik dalam masyarakat Menjelang New Millenium. tepat pada 9 Maret 1997. yang pertama berhasil melakukan percobaan Kloning. Konon. sampai masing-masing bagian tersebut berhasil dibiakkan menjadi embrio yang sama. rubbish. ketika Dr. reaksi masyarakat dunia begitu keras menyoroti dampak. Mayoritas masyarakat dunia memandang ide tersebut sebagai sesuatu yang buruk. Ia ditengarai berhasil “membantu” Maureen Ott melahirkan seorang anak perempuan yang dinamai Emma Ott. bukan hanya digunakan untuk memuaskan nafsu tertentu saja. Proses kembang biak yang dikenal dengan istilah Kloning itu dinyatakan bisa menghasilkan anakan yang persis sama dengan induknya secara aseksual (tanpa melalui pembuahan). efek pada mikroba tanah. peneliti medik asal Belgia.” tambah Douglas Bruce. “Teknologi kloning memperlihatkan betapa kita sudah kehilangan rasa hormat kepada makhluk hidup. ketika ia mempublikasikan hal tersebut. Martine Nijs. Professor Jerry L. serta mempertanyakan etika teknologi rekayasa genetika. peneliti dari Washington University ini pernah membelah embrio manusia menjadi beberapa bagian. 7. penyerbukan silang. klon bocah kembar itu masih terus mengalami masa pertumbuhan. Dampak pada lingkungan Dampak pada lingkungan: transfer gen yang tidak dikehendaki. dunia dikejutkan oleh ditemukannya sebuah cara baru dalam hal proses berkembang-biaknya mahluk hidup. Seperti yang terjadi pada Copernicus dan Galileo. setelah sebelumnya melalui proses pengkloningan. mengaku telah berhasil mengkloning bocah kembar sejak tahun 1993. dan mencampuri wilayah otoritas Tuhan. Tim Cohen dari Inggris. serta penyusutan keanekaragaman hayati flora dan fauna. “Ada banyak makhluk hidup yang perlu dihormati.d. berubah meluap ke permukaan.

“Kalau kita berandai kloning diterapkan pada manusia. “Keberhasilan kloning manusia akan mengakibatkan sendi kehidupan keluarga menjadi terancam hilang atau hancur. Oleh karena manusia yang lahir melalui proses kloning tidak dikenal siapa ibu dan bapaknya. dari Worcester. Masyarakat dunia pun masih tetap apriori terhadap teknologi kloning ini. maka menurut hemat saya ia merupakan suatu keberhasilan yang besar dan agung untuk kemaslahatan manusia. ataupun figur keduanya. dan kemanusiaan dengan pandangan agama menyangkut teori ilmiah tentang kloning. sikap kontra terhadap teknologi kloning inipun sempat mengemuka. menabukan rekayasa genetika. menunjukkan sentimen negatif. atau CNN Television. tak diketahui siapa ibunya. Dan kloning hendak mengotorinya. atau dia adalah percampuran antara dua wanita atau lebih. ”Agama tidak mungkin mengharamkan atau melarang ditemukannya satu teori ilmiah baru yang dapat mengantar kepada . Dari kalangan cendekiawan ataupun ulama-ulama dunia Islam. Sehingga.”ujarnya. Dan di Amerika Serikat. sosial. opini masyarakat barat. jika teknologi kloning ini dinyatakan halal untuk diterapkan. Rata-rata mereka mengkhawatirkan keruntuhan institusi perkawinan dan putusnya rantai keturunan. dan akan sulit dilacak keberadaan bapaknya. Salah satunya adalah Sayyid Muhammad Hasan Al-Amin. Pandangan agama secara umum dalam hal ini sejalan dengan pandangan agama terhadap semua keberhasilan ilmiah yang besar dan yang dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan manusia. Newsweek. BBC. Amerika Serikat. khususnya Amerika dan Eropa. Massachusetts. Meskipun pihak perusahaan bioteknologi itu berusaha meyakinkan masyarakat luas bahwasanya teknologi kloning bisa berguna untuk theurapeutic ( proses penyembuhan penyakit). kendati Advanced Cell Tecnology (ACT) Inc. Ian Walmut.” tulis pernyataan itu. Kita harus membedakan sisi moral. dalam percobaannya berhasil membiakkan sel tunas (sel stem) menjadi sel tertentu pengganti jaringan tubuh yang rusak sebab penyakit kronis. Hampir 90 % responden majalah Time. ada juga sebagian ulama dan kaum cendekiawan yang sangat antusias mendukung diterapkannya teknologi kloning. Disamping pendapat yang menentang. “Manusia diciptakan dari citra Tuhan. dunia tetap memandang sinis terhadap ide rekayasa genetika tersebut. mengeluarkan press release dalam The Detroit News. Sesaat setelah Gereja Vatikan Roma mengeluarkan kecaman atas upaya pengkloningan manusia yang marak dilakukan di negara-negara maju pasca publikasi Dr. ketika anak hasil pengkloningan itu membutuhkan salah satu dari figur ayah atau ibu.penemuan domba kloning Dolly. Gereja Katholik Detroit.

alzheimer bisa berharap banyak dari pengembangan kloning untuk maksud kesehatan. Ada dua draft resolusi yang satu sama lain memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Kofi Annan. Fatwa dari Majma’ Buhus Islamiyah Al-Azhar. parkinson. Sebab. memberikan pengecualian untuk therapeutic cloning. Mesir. “ Para penderita kanker.” Secara pribadi saya mendukung pengembangan therapeutic cloning.”ujarnya pula. manusia. Kendati fatwa yang ditanda-tangani oleh Syaikh Tanthawi itu kurang lebih berbunyi : ”kloning manusia itu haram dan harus diperangi serta dihalangi dengan berbagai cara. proses kloning tersebut hanya akan menguntungkan negaranegara besar saja.” demikian pendapat Sekretaris Jenderal PBB.” tambah ulama yang juga Hakim Agung di Mahkamah Tinggi al-Ja’fariyah Lebanon itu. AIDS. Lagipula. fatwa itu menimbang : manfaatnya lebih besar daripada mudharatnya. agama mengundang manusia untuk berpikir. . delegasi Belgia mengajukan draft resolusi yang mengijinkan kloning untuk maksud penelitian yang bakal berkontribusi untuk kesehatan (therapeutic cloning). maka dipersilahkan untuk menempuh prosedur tersebut. Karena. baik untuk tujuan reproduksi atau untuk maksud kesehatan. sidang Komite VI Majelis Umum PBB belum juga menetapkan larangan terhadap pencangkokan sel pada manusia. yang berkedudukan di Kairo. menganalisis. dan mengambil kesimpulan. Menyimak berbagai polemik seputar teknologi kloning.”. dan alam raya. Sampai dengan Oktober 2008 tahun lalu. berkenaan dengan batasan larangan pengembangan kloning. Sebaliknya pun demikian. ada kecenderungan mayoritas opini memberi dukungan pada pengembangan kloning untuk kesehatan (therapeutic cloning).pengungkapan rahasia dari sekian banyak rahasia kehidupan. namun fatwa tersebut membedakan antara pengembangan kloning untuk maksud reproduksi pada manusia dengan pengembangan kloning untuk maksud pembaharuan terhadap organ tubuh manusia yang rusak. Dengan pengawasan yang ketat. Prediksi mereka : akan ada penyimpangan dalam pengembangan kloning yang tidak bisa dikontrol sepenuhnya. Delegasi Costa Rica mengajukan draft resolusi yang melarang seluruh bentuk kloning. Menurut delegasi-delegasi negara pendukung draft resolusi tersebut. therapeutic cloning tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara etika. Bertolak belakang dengan draft resolusi yang diajukan oleh delegasi Costa Rica. mengamati. therapeutic cloning bisa dikembangkan demi menyelamatkan kehidupan manusia. Jika kerusakan organ tubuh bisa diatasi dengan kloning. Hampir sepuluh tahun dunia berpolemik soal teknologi kloning.

atau sejak hewan awal sudah itu dari hewan-hewan dan antibodi. ternyata malah membuat sel telur primata cacat.Terlepas dari pro dan kontra seputar rekayasa genetik pada manusia yang populer dengan istilah kloning itu. seperti dikutip oleh Harian Kompas. yang sehat seratus persen. bioteknologi modern. Padahal protein tersebut sangat dibutuhkan demi keberlangsungan hidup embrio. protein kunci malah ikut terangkat. kendati upaya kloning primata ini telah diujikan pada 700 sel telur monyet selama periode enam tahun ini.” ucap Prof. Waktu nukleus sel telur diangkat untuk diganti dengan DNA sel lain. 2. domba ras dorset Finlandia itu.yang paling dekat susunan genetiknya dengan manusia. karena Lung Disease yang parah. olahan untuk dari bahan-bahan tanaman Namun. cukup diperlukan . kesehatan keamanan lebih-lebih setuju saja produk-produk terhadap dengan tidak keamanan kemajuan karena keanekaragaman ilmu. Keterangan itu menjelaskan kematian domba Dolly. vaksin bioteknologi hasil modern rekayasa seperti tanaman pangan dan tanaman diagnostik. Tanaman Transgenik dan Berbagai Polemik dalam Masyarakat Produk-produk industri. Gerald Schatten. Itulah sebabnya. Metode kloning yang diterapkan oleh Dr. saya ilmiah transgenik perdagangannya bioteknologi menimbulkan segi hayati. “Teknik kloning yang digunakan saat ini memusnahkan unsur protein dalam sel telur primata. tidak ada hasil kloning yang berumur panjang. termasuk etika "Sebagai ilmuwan. Ian Walnut ketika mengkloning Dolly. Namun. dan budidaya polemik dan tanaman/hewan tentang lingkungan.pada 14 Februari 2003. menjadi genetika. belum ada ilmuwan yang berhasil mengkloning primata -kloning yang dianggap bisa menjadi jembatan menuju kloning manusia. dan tidak mengalami kerusakan genetic . produk-produk komoditas baru transgenik. Prof. sampai saat ini. Gerald Schatten dari Pittsburgh University mengemukakan bahwasanya belum terdapat kemajuan berarti dalam proses kloning primata. perluasan telah konsumen.yang dianggap monumental dalam Today History Of Science.

jagung. Bila padi. maka tanaman-tanaman tersebut akan menghasilkan racun yang mampu membunuh serangga. sehingga tanaman tadi akan bebas dari Namun. tentang faktor." lain yang menggantungkan terjadi. tanaman bakteri racun. Diungkapkan. kontroversi yang timbul tentang keamanan organisme/pangan transgenik hayati tentang perbedaan terhadap disebabkan bioteknologi perspektif kesehatan beberapa modern. hidup Kalau tumbuhan hal yang ini ada. menghasilkan serangga. serta perbedaan perspektif kepentingan dan lingkup aman. serangan keberadaan hama gen dan tidak serbuk sari memerlukan tanaman lagi juga pestisida. Menurut Hari Hartiko. mampu cry pada transgenik membunuh serangga lain. dalam Pakar "Organisme/Pangan Hasil Rekayasa Genetika: Biarkan Konsumen Memilih" untuk memperingati Hari Hak-hak Konsumen Sedunia Tahun 2000. produk bioteknologi dan produk ikutannya. Manager Bioteknologi Regional Asia Tenggara PT Monagro Kimia menyatakan bahwa dibandingkan pemuliaan tanaman . Hari akan Hartiko.yang Antar memihak Universitas kepentingan (PAU) orang banyak. yang Contohnya. yang secara alami tidak ada di jasad hidup itu. walaupun demikian konsumen perlu tahu kemungkinan apa yang dapat terjadi apabila seseorang menggunakan teknologi atau produk teknologi itu. thuringiensis berada ini di mengandung pencernaan saluran serangga mematikan genetika ke disisipkan kentang. kedelai. dengan kacang teknologi dan rekayasa kapas. "Perlu diakui bahwa pada hakikatnya tidak ada teknologi tanpa risiko. jasad hidup produk rekayasa genetika mengandung gen asing. seperti serangga penyerbuk yang bukan hama. Saat ini justru dirasakan adanya ketidakterbukaan atau transparansi masalah pemanfaatan bioteknologi. adanya konteks dan antara keamanan lain keanekaragaman familiarity ilmiah. Gen asing inilah yang menentukan Bacillus apabila gen cry ciri/kemampuan yang baru jasad transgenik gen cry akan terkait. Hal ini tentu mengganggu oleh kelangsungan serangga. penyerbukan mengganggu benar-benar ujar ekosistem alam Sementara itu Dr Kartika Adiwilaga. dan kurangnya kebenaran kesenjangan aman (safe)." kata Dr Hari Hartiko dari Pusat Diskusi Bioteknologi Universitas Gadjah Mada.

bakteri yang mampu membersihkan lingkungan yang tercemar. bakteri yang mampu mengubah bahan tercemar menjadi bahan lain yang tidak berbahaya. transfer penanda antibiotik. Mikroorganisme yang berperan ini disebut makluk transgenik. ditemukannya enzim ligase. 4. Dengan rekayasa genetika. dan sebagainya. Dampak terhadap kesehatan manusia: alergi.konvensional. efek pada mikroba tanah. penyerbukan silang. 2. Hal ini dapat menjawab kebutuhan pangan akibat pertumbuhan penduduk dunia. dan efek potensial yang tidak diketahui. serta penyusutan keanekaragaman hayati flora dan fauna. 5. Penutup Kesimpulan Adapun yang menjadi kesimpulan dari makalah ini adalah : 1. jagung yang memiliki kandungan protein tinggi. ditemukannya medium untuk memindahkan gen ke dalam sel mikroorganisme . tomat yang tahan lama. 3. Rekayasa genetika adalah upaya pencangkokan gen dengan teknik rekombinan DNA pada mikroorganisme tertentu. Dominasi produksi pangan dunia oleh beberapa perusahaan. maka pemuliaan tanaman dengan rekayasa genetika terbukti lebih cepat dan tepat untuk menciptakan tanaman pangan dengan sifat-sifat yang dikehendaki. Contoh makhluk hidup transgenik adalah bakteri yang mampu menambang tembaga. Dampak pada lingkungan: transfer gen yang tidak dikehendaki. ditemukannya pengatur ekspresi DNA. Sederet Kontroversi Produk Transgenik: 1. Rekayasa Genetika berkembang setelah ditemukannya enzim restriksi endonuklease. 2. manusia dapat memuat organisme yang tidak dapat menghasilkan bahan tertentu menjadi mampu menghasilkan bahan tertentu yang dibutuhkan manusia. Pelanggaran nilai intrinsik organisme alami. 3. Melawan sistem alamiah karena mencampurkan gen berbagai spesies.

netsains.com/showthread.kulinet.com/baca/pro-kontra-rekayasa-genetika/609/ (diakses 1/8/2010) http://www. Polemik kloning dan tanaman transgenik pada rekayasa genetika memiliki pro kontra. edisi kedua.D.yahoo. (1991).com/2007/11/ketika-rekayasagenetika%E2%80%9Cmenghiasi%E2%80%9D-peradaban-modern/ (diakses 1/8/2010) http://forumm. Jakarta: Penerbit Erlangga.com/group/mmaipb/message/3472 (diakses 1/8/2010) http://forumm. 6.com/group/mmaipb/message/3472(diakses 1/8/2010) http://groups.4. Namun masalah muncul ketika produk rekayasa sudah menimbulkan masalah yang serius.wgaul. Penyembuhan Penyakit menurun ini dilakukan dengan jalan menyisipkan gen yang kurang pada penderita. Genetika.php?p=1037482003(diakses 1/8/2010) http://cibeureum. W.php?p=1037482003 (diakses 1/8/2010) http://groups. Susu sapi yang disuntik dengan hormone BGH disinyalir mengandung bahan kimia baru yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia. Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal di inggris. Proses ini disebut terapi genetik. Tomat Flavr Savr diketahui mengandung gen resisten terhadap antibiotic. Selain produk.wordpress.wgaul. dengan bioteknologi modern banyak pula penyakit menurun yang dapat disembuhkan. DAFTAR PUSTAKA http://www.com/2009/09/02/pro-kontra-rekayasa genetika(diakses 1/8/2010) Stansfield. 5.com/showthread.yahoo. .

7 ./.794 /.3 47.3.7 &3.0789.3820.7 !:8..  .9 39.  /.. 050393.8 .3 202.7  7..3 -./.9. 7 . .2 8:8 !.0789.8 !&  490344 &3.

9 . .3 438:203 02 :39: 2025073.3 0. 438:203 $0/:3.2.794  43974.078 .3.8 #0.3 47. 0309.3 92-: 9039.3.8.3 . .7.!..:3    03:7:9 . %.7 .7 .3820.

5.  :3./ . 784  ..2.3 . .39.3  . / .3./. 203.9.3 /. 90344 9.3 907.3 .3 203039:.3 203:3./ /:5 9:  03 . 9/.3 1../.3.502. .3.3 -490344 50785091 -0-07.2.30.. 0-03.: 574/: 90344 9:  $.33.: -.3 ..2./.8.93. 5.9.33.3 438:203 507: 9./.7.7.8.3 574/: :9. 808047.3.. 43908 /.5.3 3:5 .5 080.9.10  8079.83  .  /.3.3 50785091 050393.8.2 9/.:8 ..9.79 2.9 3 :897: /7. ..7.7.3 97.7.3803 .3-490344 574/: -490344 /. . 507-0/.: 02:33.-..3.907-:.3 90344 .3 /.3 8.9 907.3 .3  !07: /.3 507-0/.947  .382.3/:3 03 . 24/073  9039./.3.385. 0.5.. .3 80.83 3.8.5..8. 0309./ /:5 574/: 70..:5:3 /02.3 ./.31..3 1.. .3 0803.09/.3 :7.-.:97.7.35....5.2.2.9 9039.3 0..5.3 /80-.

.907 7.3  805079 807.3: 40 0..8  2.3.32.3.7 :.8.7 807.3./. /.3.3.3 .2.3/:3 .3 .2 .  .25:202-:3:807.9  .74 2.3  .8.79.. -07.7: ..7 9..39:3. 20207:..3803 03 .3 /03.3 203./. 803.3.3 . /-.02.7 -03.3 -. 0309.8.3 .7 .3 /.2. 807-: 8.8.3 $02039../.5.7 907.8 /.25: 202-:3: 807.9.3 .39.3. 3 .3.3.9..7. %03..:7.3 -.3 -:.3 90344 70.  039.3 97.2.3.3.3 9.:3.3 807..7 3 /885.2.3203.3 .3 .07 490344 #043.3 503.3. 203. 9.38:3.3 9/. /./  . 3 9039: 203.2./.2:3  0-07.3 .  ./ 97.  /:5 .  .  .. .-..3 5.  203. 2.5. 8.3/3.794  50307-:.:3  9:730388 203.25:.073.3 202. / 8.3 ..7 0488902 .3 -.3803 :.: 9:2-:.9.2.3 203. 50307-: .. !% 43./.37..3-0-.3 502:.3 90780-:9 .7.3 9.3.3:   -03.3.3 807. 9: 7 ./  . ..:3  0/0. 03 .3 907.2.2.7 5.3 03 .  .3 43943.. 50898/. 0 9.3 807..

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

  !402433/.3  47.3 /8:39 /03.3 574/:  /03. -. $:8:8.3 2.0309.3:7.3 5:3.-..  $0.: 09.9 203:7:3 . / 378 %42.. 8:/.70.3 20385..7/09../..9 /802-:.3 2033.8 70.39.9.8.39-49.38035.8.3/:3037088903907.32.2..3 03 . 503..3/:3 -.5.:.3 /. 2032-:.8. 5:.3.7 203.:203. .3 807:8  43943./.503/079.7$..9. .. !748083/80-:9907.3 38:3 .50309    . 503:3..5.35.3 !03..080.-. 574/: 70.397.3 2. 2:3./. 549038 -07-.5.3 472430  /83.     %#!&$%   995./.3  !0302-:.8.2:3 2.3:8.3.2025744397.3 /03.. 2030-.8..7: .9 203:7:3 3 /.3 .3 -490344 24/073 -.

.

 :309 .42.

-.

.574 4397. 70.8. 0309.

 .

808. /.

.

    995.

.

 3098.42.38 .

 .

.

 203./. 0309.09..-.8.3 24/073.8  507. 70.

808. /.

.

    995.

.

147:22 .: .42.

808./ 555   /.84970.

.

    995.

.

44 .42.74:58 .

74:5.

5-.22.

0.2088.

808. /.

.

    995.

.

44 .42.74:58 .

74:5.

5-.22.

0.2088.

 /.808.

.

   995.

.

: .147:22 .42.

808.84970./ 555   /.

.

    995.

.

42..-0:70:2 47/57088 .

 .

.

.

. /.0309. 70.808.574 4397.8.

.

0/80/:. ..    $9.!0307-97.79.      .3.3810/     0309.

 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful