P. 1
Anggaran Rumah Tangga HAMDA

Anggaran Rumah Tangga HAMDA

4.25

|Views: 538|Likes:
Published by api-3800158

More info:

Published by: api-3800158 on Oct 17, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

ANGGARAN RUMAH TANGGA HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 MEDAN

BAB I KEANGGOTAAN Pasal 1 Jenis Anggota 1. Anggota biasa adalah semua alumni muslim SMAN 2 Medan. 2. Anggota Kepengurusan adalah anggota biasa yang berada dalam struktur kepengurusan. Pasal 2 Syarat Keanggotaan Kepengurusan 1. 2. 3. 4. Terdaftar dalam stuktur kepengurusan. Memiliki akhlak Islami. Komitmen dalam menjalankan amanah kepengurusan. Telah mengikuti tahapan kaderisasi. Pasal 3 Hak Anggota 1. Anggota biasa berhak :  Mengikuti kegiatan untuk seluruh alumni muslim yang diselenggarakan Organisasi.  Menjadi pengurus Organisasi.  Memberikan masukan berupa saran dan kritik terhadap kepengurusan. 2. Anggota kepengurusan berhak:  Terlibat aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan organisasi. Pasal 4 Kewajiban Anggota Anggota kepengurusan berkewajiban : 1. Mematuhi AD/ART, ketetapan MUBES, dan ketetapan lainnya yang mengikat anggota serta menjaga nama baik organisasi. 2. Menjalankan ketetapan yang disahkan dalam rapat kerja pengurus. 3. Mengikuti tahapan pola kaderisasi. Pasal 5 Berakhirnya Keanggotaan 1. Anggota biasa : ➢ Murtad. ➢ Meninggal/ Berhalangan tetap. 2. Anggota Kepengurusan: ➢ Telah selesai menjalani masa jabatan kepengurusan. ➢ Mengundurkan diri. ➢ Bertindak merugikan dan mencemarkan nama baik organisasi. ➢ Melakukan tindakan yang bertentangan dengan ketetapan-ketetapan organisasi. BAB II MUSYAWARAH BESAR Pasal 6 Fungsi Musyawarah Besar Musyawarah besar adalah pemegang kekuasaan tertinggi organisasi.

DRAFT ANGGARAN RUMAH TANGGA HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN

1

Pasal 7 Waktu 1. Musyawarah besar diselenggarakan 1 kali dalam 2 tahun. 2. Dalam keadaan luar biasa dapat diselenggarakan musyawarah Istimewa. 3. Ketentuan ayat 2 dapat diselenggarakan atas persetujuan pengurus inti. Pasal 8 Kekuasaan dan Wewenang 1. Meninjau dan menetapkan AD/ ART. 2. Meminta dan menilai Laporan pertanggungjawaban pengurus. 3. Mensahkan pengurus inti (ketua umum,sekretaris umum, bendahara umum, dan kepala departemen). BAB III GAMBARAN KERJA PENGURUS ORGANISASI Pasal 9 Ketua Umum Memimpin jalannya organisasi agar sinergis dalam mencapai visi dan misi organisasi. Berusaha mewujudkan visi dan misi-nya sebagai ketua pada periode kepengurusannya. Berperan sebagai pengambil keputusan tertinggi pada tataran operasional organisasi. Menjadi wakil dan juru bicara organisasi dengan pihak internal dan eksternal. Menjadi penggerak untuk membangun kesolidan dan ukhuwah antara pengurus. Memiliki kedekatan secara hati dan pikiran dengan seluruh pengurus. Menjalin komunikasi, silaturrahim, lobi dan negoisasi secara internal dan eksternal. Melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan organisasi. Bekerja sama dengan sekretaris umum untuk mengadakan dan mengendalikan rapat. Pasal 10 Sekretaris Umum 1. Membantu dan memback up fungsi ketua umum. 2. Mengontrol departemen-departemen di bawahnya secara struktural. 3. Melaksanakan tugas-tugas internal organisasi mencakup kesekretariatan serta membentuk tim khusus organisasi saat diperlukan. 4. bertanggung jawab kepada ketua umum dalam menjalankan tugas-tugasnya. 5. dalam menjalankan tugas-tugasnya sekretaris umum dibantu oleh staf (khusus) administrasi. Pasal 11 Bendahara Umum mengelola keuangan organisasi secara jujur, terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan. membuat anggaran dan mengatur pengeluaran serta pemasukan dana di kas HAMDA. mencari sumber pendanaan dan potensi sumber pendanaan bagi hamda. bertanggung jawab kepada ketua umum dalam menjalankan tugas-tugasnya. Pasal 12 Departemen Mentoring menangani kegiatan mentoring yang ada di sekolah. mutaba’ah mentoring. regrouping mentoring per satu semester. bertanggung jawab terhadap follow up mentoring. melakukan koordinasi dengan pihak sekolah demi berlangsungnya kegiatan mentoring agama islam sman 2 medan. melakukan koordinasi dengan pengurus bkm demi kelancaran mentoring agama islam sman 2 medan. Menyempurnakan buku panduan mentoring. pembentukan mentoring baru (saat dauroh rekruitmen). manajemen sistem pelaksanaan mentoring dan ditribusi mentor dan mentee berdasarkan data base.

1. 2.
3.

4. 5. 6. 7. 8. 9.

1. 2. 3. 4.

1. 2. 3. 4. 5. 6.
7.

8. 9.

DRAFT ANGGARAN RUMAH TANGGA HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN

2

10. 11. 12. 13.

pembuatan muwasofat peserta mentoring. mengawasi dan mengadakan evaluasi terhadap kegiatan mentoring agama islam sman 2 medan. melakukan berbagai upaya agar mentoring agama islam dapat diterima siswa/i muslim sman 2 medan. bertanggung jawab kepada ketua umum dalam menjalankan tugas-tugasnya. Pasal 13 Departemen Dauroh mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kafa’ah diniyah dan kafa’ah dakwah pengurus serta anggota hamda. mengeluarkan program yang dapat meningkatkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan pengurus serta anggota hamda. memfasilitasi pelaksanaan dauroh-dauroh hamda maupun sman 2 medan. melakukan berbagai upaya yang mendukung terlaksananya dauroh yang terencana dan profesional. bertanggung jawab kepada ketua umum dalam menjalankan tugas-tugasnya. Pasal 14 Departemen Humas pembangunan dan pemeliharaan jaringan informasi dan komunikasi alumni. memfasilitasi penyebaran informasi melalui surat menyurat. silaturrahim lembaga dakwah sejenis. silaturrahim guru, alumni, ustadz, dan pihak lain yang terkait dengan kepentingan dakwah. kerjasama-kerjasama dengan eksternal hamda. menyediakan data akurat mencakup data umum dan data tarbiyah yang berguna bagi kebijakan divisi lain dalam organisasi, meliputi:  data base pengurus hamda.  data base alumni.  data base kader.  data base ustadz.  data base sponsor dan donatur.  data base organisasi kesiswaan sejenis.  data base lain yang dianggap perlu. bertanggung jawab kepada ketua umum dalam menjalankan tugas-tugasnya. Pasal 15 Departemen Keputrian melaksanakan fungsi syiar kemuslimahan di hamda dan sman 2 medan. pembinaan muslimah di sman 2 medan dan peningkatan life skill kewanitaan. menggali potensi dasar wanita berkaitan dengan perannya sebagai wanita. mengelola dan mengadakan acara forum “annisa“ secara rutin, optimal dan profesional. bertanggung jawab kepada ketua umum dalam menjalankan tugas-tugasnya.

1. 2. 3. 4. 5.

1. 2. 3. 4. 5. 6.

7.

1. 2.
3.

4. 5.

BAB IV ATRIBUT ORGANISASI Pasal 16 Atribut Organisasi Atribut organisasi seperti lambang, kartu anggota, dan lain-lain ditetapkan melalui ketetapan organisasi. BAB V PERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 17 Perubahan Anggaran Rumah Tangga Anggaran rumah tangga hanya dapat dilakukan melalui Musyawarah Besar.

DRAFT ANGGARAN RUMAH TANGGA HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN

3

BAB VI KETENTUAN LAIN Pasal 18 Ketentuan Lain Hal-hal yang belum tercantum dalam anggaran rumah tangga dimuat dalam ketentuan lain yang tidak bertentangan dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Himpunan alumni muslim sman 2 medan. BAB VII PENUTUP Pasal 19 Penutup Anggaran rumah tangga ini sebagai suatu penyempurnaan anggaran dasar dan disahkan oleh musyawarah besar pada tanggal 04 juli 2006 dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan tersebut.

Ditetapkan di : Komplek SD 100 Jl. SM. Raja Medan Tanggal : 04 juli 2006 Waktu : 12.00 WIB

PRESIDIUM RAPAT MUSYAWARAH BESAR HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN

(...........................) Pimp. Sidang tetap I

(............................) Pimp. Sidang tetap II

(............................) Pimp. Sidang tetap III

DRAFT ANGGARAN RUMAH TANGGA HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN

4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->