Kata Pengantar

Agar siawa – siswi lebih mudah memahami pelajaran ini maka kami mengerjakan makalah bahasa Indonesia, agar siswa – siswi dapat mengerti dengan jelas. Kami sangat bersyukur kepada Allah atas terselesainya makalah ini kami juga menyampaikan terima kasih pada kedua orang tua kerena telah membantu saya menyelesaikan makala ini.

Sidoarjo, Mei 2008

Penyusun

Cerpen III ……………………………………………………... Cerpen I ……………………………………………………… Cerpen II ……………………………………………………. Daftar isi ……………………………………………………. Penutup ……………………………………………………… .DAFTAR ISI Kata Pengantar……………………………………………….

A.tempat tinggal serta beberapa kebutuhanyang memang harus dicukupi. Seperti dijelaskan dalam Surat Ali Imron ayat 185 Artinya : Tiap-tiap yang berjiwa akan merasa mati dan sesunggunya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Orang zuhud tidak pernah mengutamakan kenikmatan dunia karena kenikmatan dunia hanya sementara tidak kekal dan hanya memperdaya manusia. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukan . ZUHUD Zuhud artinya menjahuhan hati dari pikiran dari kecintaan terhadap dunia (harta) sehingga harta kekayaan tidak terlalu berarti. seperti biaya sekolah anak-anaknya. Orang zuhud mengumpulkan harta hanya untuk memenuhi kebutuhan sandang. namun akan tetapi orang itu diberi rezeki banyak ia tidak pernah berfoya-foya ia juga suka membatu serta mengasihi fakir miskin dan anak-anak yatim. karena manusia tidak bisa hidup tanpa harta kekayaan. Orang zuhud selalu hidup sederhana dan mengindari kemewahan karena orang yang tenggelam dalam kemewahan akan dihinggapi sifat sombong.ZUHUD DAN TAWAKAL Zuhud dan Tawakal ialah salah satu sifat yang di senangi oleh Allah SWT / sifat yang baik. pangan. orang zuhud bukan berarti menghidari harta kekayaan.

kedalam surga.Asy-Syura : 20 ) . “ Tidak ya Allah aku lebih senang lapar sehari dan kenyang sehari.” Perilaku zuhud merupakan ajaran rusulullah SAW beliau mengharapkan agar umatnya berprilaku zuhud . Artinya : Barang siapa yang menghendaki keuntungan diakhirat akan kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya untuk kebahagian di akhirat. pak Ahmad memiliki sikap zuhud karena rasulullah SAW memberi contoh hidup zuhud rasulullah SAW adalah seorang pemimpin besar. tetapi beliau selalu hidupsederhana bahkan beliau hidup dalam kekuranagan beliau suka tidur di atas pelepah kurma sehingga membekas pada rusuk serta pinggangnya. jika kenyang aku akan memujimu dan jika aku lapar aku akan maratap dan berdo’a memohon kepada mu.beliau menyuruh umatnya untuk lebih mengutamakan kesenangan akhirat dari pada kesenangan dunia. (QS. “ Allah pernah menawarkan pasir emas yang banyak yang terdapat di saluran air bak dikota mekkah kepada rasulullah SAW tetapi beliau menolak tawaran tersebut beliau berkata. Ali Imron : 185 ) B. kemudian berhenti sejenak untuk berteduh dan tempat itu kembali kita tinggalkan untuk selamalamanya. tetapi pak Ahmad selalu hidup sederhana. maka sesunggunya ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanya kesenangan yang memperdayakan ( QS. hal itu sesuai dengan firman Allah dalam surat asy-syura ayat 20. CONTOH PERILAKAU ZUHUD Ada seorang laki-laki yang bernama Pak Ahmad dia adalah penjual buah yang sukses. Suatu ketika sahabat menawarkan sebuah tilam empuk kepada rasulullah SAW beliau menolak tawaran itu seraya berkata “ Aku tidak membutuhkan kesenangan dunia sebab kehidupan di dunia ini bagaikan berjalan pada hari yang paran dan terik.

TAWAKAL Tawakal artinya menyerahkan diri serta berlindung kepada Allah dalam berusaha.”Ya rasulullah apakah unta itu saya tambakan lebih dulu kemudian saya bertawakal ataukah saya lepaskan saja dan setelah itu saya bertawakal .Turmudzi 2517 Hadits Shobib Al-Bani Takhrij muskilah Faqr No. Setiap orang harus berusaha dan berjuang untuk mencapai keinginan seorang petani harus mengerjakan sawanya dengan sungguh-sunguh agar hasil pertanianya melimpah . Tawakal adalah sifat terpuji karena merupakan pengkuan seorang hamba terhadap kekuasaan Allah. Tawakal bukan berarti menyerah.22) . karena manusia hanya bisa berusaha dan menentukan hasilnya adalah Allah. Tentang makna tawakal yang sesungguhnya dijelaskan dalam hadis berikut : Artinya : Telah datang kepada rasulullah SAW Seorang laki-laki yang hendak meninggalkan untahnya terlepas begitu saja di pintu masjid tanpa di tambahkan lebih dulu dia bertanya .”(HR.C. karena tawakal harus didahului dengan berusaha. “ rasulullah SAW menjawab tambatkanlah lebih dahulu kemudian bertawakallah engkau. kita harus rela menerima segala ketentuan Allah karena hal itulah yang paling baik bagi kita. seorang anak harus belajar dengan tekun agar dapat mencapai nilai yang baik namun setelah berusaha harus menyerahkan hasilnya kepada Allah. dengan bertawakal berartikita menyerahkan sepenuhnya hasil usaha kita kepada kehendak Allah.

Karena itu kita harus membiasakan diri untuk bertawakal dengan bertawakal kepada Allah. Selain belajar bersama teman-temannya Faisal juga belajar sendiri di rumah ia berlatih dengan mengerjakan soal-soal dari guru Faisal hamper tidak pernah bermain karena menggunakan waktunya hanya untuk belajar agar memperoleh nilai yang baik Faisal juga selalu berdo”a kepada Allah agar diberi kemudahan dalm mejawab soal-soal ujian. ( QS. Allah akan mencukupi kebutuhan hidup kita . Ali Imron : 159 ) D. keteguan dan ketabahan. Terlepas dari bahaya syirik. seperti dijelaskan dalam surat Ali Imron ayat 159 Artinya : Apabila kamu telah membulatkan tekat maka bertawakallah kepada Allah sesungguhnya Allah menyukai orang yang bertawakal kepadanya (QS. Faisol tidak menyesal karena ia menyadari bahwa yang menghendaki dirinya sakit adalah Allah ia telah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian sebaik-baiknya tetapi ia tidak dapat mengikuti karena sakit.Al thalaq : 3 ) Dan tawakal adalah pangkal segala ketenangan. . Para nabi dan rasul berhasil melaksanakan tugasnya yang sangat berat karena selalu bertawakal kepada Allah. karena tawakal merupakan perintah Allah . Setelah sembuh Faisol mengikuti ujian susulan. Allah berfirman dalam surat al-thalaq ayat 3 Artinya : Dan orang bertawakalah kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan ( keprluan)nya. Faisol sudah rajin belajar dan berdo’a akan tetapi seminggu sebelum hari pelaksanaan ujian Faisol sakit ia harus dirawat dirumah sakit karena terserang penyakit demam berdarah untung penyakitnya tidak terlalu parah sehingga lekas sembuh meskipun demikian Faisol tetap tidak bisa mengikuti ujian karena kesehatannya belum pulih.Semua manusia harus tawakal kepada Allah . CONTOH PERILAKU TAWAKAL Kita akan menghadapi ujian nasional. semua siswa SMP Bunga Bangsa belajar dengan rajin mereka semua mengikuti program insensif belajar di sekolah. Keuntungan bertawakal ialah : a.

PENUTUP Saya sangat berterima kasih kepada Allah SWT dan kedua orang tua saya karena telah membantu saya mengerjakan makalah ini . Penyusun . semoga teman – teman dapat mengerti dengan baik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful