MAKALAH Semua Tentang Kerucut

 Pengertian Kerucut  Ciri-ciri Kerucut  Rumus Menghitung Seputar Kerucut (Luas Alas, Luas Selimut, Luas Permukaan & Volume)  Contoh Soal

Disusun oleh Jemmy Gunawan secara garis besar dan didukung oleh rekan Kelompok 2 Pembimbing : Arief Yudhistira

1|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut

Siswa dituntut untuk memahami isi makalah yang telah dijelaskan. Saya dan Kelompok 2 mengetahui makalah ini masih memiliki poin-poin kekurangan . karena atas berkah nya lah . Batam September 2011 Jemmy Gunawan . kritik dan saran di terima secara hangat. Semoga makalah ini dapat menemani siswa saat di perlukan. Beliau dengan gigih nya mengajarkan kita ilmu pasti yang begitu berguna dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Pak Arief Yudhistira. Kami juga ingin berterima kasih kepada seluruh murid kelas 9. dan segenap Kelompok 2 ingin berterima kasih kepada pembimbing kami sendiri.1 yang telah mengisi hari kami dengan momen indah. yaitu Pak Arief Yudhistira. makalah ini dapat di buat dengan lancar.KATA PENGANTAR Sebelumnya marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Beliau juga tidak jenuh-jenuh nya menghimbau kita untuk mempelajari ulang apa yang telah di ulaskan Nya. Pembuatan makalah ini berdasarkan keinginan pembimbing saya . senantiasa berguna di saat mana saja dan kapan saja. Kelompok 2 2|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut . Saya . Semoga apa yang telah di ulaskan di makalah ini dapat mencerahkan siswa.

. 5 Kuis/Soal ............................................................. 6 3|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut .................................................................... 4 Rumus Menghitung Luas........Daftar Isi Halaman Depan ...................................................................................... 3 Pengertian dan Ciri-ciri Kerucut ............................................................................................... 1 Kata Pengertian ................ 2 Daftar Isi ....... Garis Pelukis dan Volume .........................................................................................

Perhatikan Gambar berikut ini ! Keterangan :      t s r : Tinggi Kerucut : Garis Pelukis : Jari.jari Alas : Diameter Alas : Selimut Kerucut Tinggi kerucut menyatakan tinggi dari permukaan alas s/d puncak nya. Kerucut memiliki 2 sisi dan 1 rusuk. garis pelukis menyatakan ukuran sisi miring nya.* • Pengertian dan Ciri-Ciri Kerucut Kerucut adalah sebuah limas istimewa yang beralas lingkaran. diameter alas menyatakan 4|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut . Sisi tegak kerucut tidak berupa segitiga tapi berupa bidang lengkung yang disebut selimut kerucut. jari jari alas menyatakan ukuran dari setengah diameter .

garis pelukis . 2 . Garis Pelukis dan Volume Luas Alas pada Kerucut =  2 Luas Selimut  Luas Permukaan   = = Luas Alas (Lingkaran) + Luas Selimut 2 + (INGATLAH ! ) Alas pada kerucut adalah Lingkaran . jadi para pembaca di persilakan untuk menutup halaman ini dan melanjutkan ke halaman berikut nya.tinggi.t Tidaklah sulit untuk menghafal rumus di atas .ukuran alas secara lurus dan sejajar. Garis Pelukis.dan jari-jari dapat dicari dengan rumus berikut:    s2 = √ r2 = √ t2 = √ Berikut adalah rumus volume dan tinggi kerucut:   V= t= . volume dll ! Semoga Sukses ! 5|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut . Kuis dan Soal ini di tujukan kepada pembaca untuk melatih kemampuan menghitung luas. Selimut Kerucut adalah permukaan yang menyelimuti atau sebagai ruang sehingga terbentuk lah kerucut ini Rumus Menghitung Luas. hafal lah berulang-ulang ! Karena selanjutnya adalah sesi kuis / soal.

r=35 cm . hitunglah luas permukaannya ! Di ketahui kerucut dengan r=7 cm. s=7 cm. 3. 6. Di ketahui kerucut dengan r=7 cm. Di ketahui alas kerucut dengan d=12 cm . 8. 5. 4. hitunglah luas permukaannya ! Di ketahui kerucut dengan r=3 cm. hitunglah volume nya ! Jawaban di sini ! ( boleh di belakang halaman) 6|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut . 9. luas selimutnya = 88 cm2 . hitunglah garis lukisnya ! 10. s=5 cm. hitunglah luas alas kerucut tersebut ! Di ketahui alas kerucut dengan d=28 cm. tinggi=4 cm. hitunglah garis pelukis kerucut! Di ketahui kerucut dengan luas selimutnya = 110 cm2 dan luas alas nya = 154 cm2 . hitunglah luas selimut kerucut tersebut ! Di ketahui kerucut dengan s=4 cm. hitunglah jari-jari alas ! Di ketahui kerucut dengan luas selimutnya = 110 cm2 . hitunglah luas alas kerucut tersebut ! Di ketahui alas kerucut dengan d=21 cm. 2. hitunglah luas alas kerucut tersebut ! Di ketahui kerucut dengan r=2 cm. 7. tinggi 9 cm .Kuis / Soal untuk Latihan 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful