MAKALAH Semua Tentang Kerucut

 Pengertian Kerucut  Ciri-ciri Kerucut  Rumus Menghitung Seputar Kerucut (Luas Alas, Luas Selimut, Luas Permukaan & Volume)  Contoh Soal

Disusun oleh Jemmy Gunawan secara garis besar dan didukung oleh rekan Kelompok 2 Pembimbing : Arief Yudhistira

1|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut

dan segenap Kelompok 2 ingin berterima kasih kepada pembimbing kami sendiri. Beliau dengan gigih nya mengajarkan kita ilmu pasti yang begitu berguna dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Pak Arief Yudhistira. makalah ini dapat di buat dengan lancar. Pembuatan makalah ini berdasarkan keinginan pembimbing saya . yaitu Pak Arief Yudhistira. kritik dan saran di terima secara hangat. Semoga apa yang telah di ulaskan di makalah ini dapat mencerahkan siswa. Saya . senantiasa berguna di saat mana saja dan kapan saja. Kami juga ingin berterima kasih kepada seluruh murid kelas 9. Beliau juga tidak jenuh-jenuh nya menghimbau kita untuk mempelajari ulang apa yang telah di ulaskan Nya. Batam September 2011 Jemmy Gunawan . Kelompok 2 2|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut . Semoga makalah ini dapat menemani siswa saat di perlukan. Siswa dituntut untuk memahami isi makalah yang telah dijelaskan.1 yang telah mengisi hari kami dengan momen indah. Saya dan Kelompok 2 mengetahui makalah ini masih memiliki poin-poin kekurangan .KATA PENGANTAR Sebelumnya marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. karena atas berkah nya lah .

... 6 3|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut ....................... 3 Pengertian dan Ciri-ciri Kerucut ...............................................................Daftar Isi Halaman Depan ................................... 5 Kuis/Soal ............ 2 Daftar Isi ................................................................................................................................................................................. 1 Kata Pengertian ........................................ Garis Pelukis dan Volume ...................................................................... 4 Rumus Menghitung Luas........

* • Pengertian dan Ciri-Ciri Kerucut Kerucut adalah sebuah limas istimewa yang beralas lingkaran. Kerucut memiliki 2 sisi dan 1 rusuk. jari jari alas menyatakan ukuran dari setengah diameter . Perhatikan Gambar berikut ini ! Keterangan :      t s r : Tinggi Kerucut : Garis Pelukis : Jari. garis pelukis menyatakan ukuran sisi miring nya. Sisi tegak kerucut tidak berupa segitiga tapi berupa bidang lengkung yang disebut selimut kerucut.jari Alas : Diameter Alas : Selimut Kerucut Tinggi kerucut menyatakan tinggi dari permukaan alas s/d puncak nya. diameter alas menyatakan 4|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut .

ukuran alas secara lurus dan sejajar. 2 .tinggi. Kuis dan Soal ini di tujukan kepada pembaca untuk melatih kemampuan menghitung luas.dan jari-jari dapat dicari dengan rumus berikut:    s2 = √ r2 = √ t2 = √ Berikut adalah rumus volume dan tinggi kerucut:   V= t= . jadi para pembaca di persilakan untuk menutup halaman ini dan melanjutkan ke halaman berikut nya. hafal lah berulang-ulang ! Karena selanjutnya adalah sesi kuis / soal. Garis Pelukis dan Volume Luas Alas pada Kerucut =  2 Luas Selimut  Luas Permukaan   = = Luas Alas (Lingkaran) + Luas Selimut 2 + (INGATLAH ! ) Alas pada kerucut adalah Lingkaran .t Tidaklah sulit untuk menghafal rumus di atas . Garis Pelukis. garis pelukis . Selimut Kerucut adalah permukaan yang menyelimuti atau sebagai ruang sehingga terbentuk lah kerucut ini Rumus Menghitung Luas. volume dll ! Semoga Sukses ! 5|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut .

Di ketahui kerucut dengan r=7 cm. hitunglah luas alas kerucut tersebut ! Di ketahui alas kerucut dengan d=21 cm. hitunglah luas alas kerucut tersebut ! Di ketahui kerucut dengan r=2 cm. hitunglah luas selimut kerucut tersebut ! Di ketahui kerucut dengan s=4 cm. 3. 9. s=7 cm. 2. Di ketahui alas kerucut dengan d=12 cm . 7. tinggi=4 cm. luas selimutnya = 88 cm2 . tinggi 9 cm . hitunglah garis lukisnya ! 10. hitunglah volume nya ! Jawaban di sini ! ( boleh di belakang halaman) 6|Halaman Makalah Semua Tentang Kerucut . hitunglah jari-jari alas ! Di ketahui kerucut dengan luas selimutnya = 110 cm2 . 8. s=5 cm. hitunglah luas permukaannya ! Di ketahui kerucut dengan r=7 cm. 4.Kuis / Soal untuk Latihan 1. hitunglah luas alas kerucut tersebut ! Di ketahui alas kerucut dengan d=28 cm. hitunglah luas permukaannya ! Di ketahui kerucut dengan r=3 cm. r=35 cm . 5. hitunglah garis pelukis kerucut! Di ketahui kerucut dengan luas selimutnya = 110 cm2 dan luas alas nya = 154 cm2 . 6.