4erfgbnmbbbv Pada zaman kerajaan masyarakat juga belum mengenal Pancasila tetapi mereka sudah mengamalkan unsur-unsur

Pancasila, seperti hidup saling tolong menolong dan mengamalkan kebudayaan-kebudayaan yang ada. Dimana masyarakat pada zaman ini sudah memiliki sistem pemerintahan yang kuat. Nilai-nilai Pancasila telah ada pada bangsa Indonesia sebelum bangsa Indonesia menjadi sebuah negara. Pada waktu itu sudah ada nilai-nilai budaya dan nilai-nilai agama yang penerapannya masih belum utuh, seperti kerajaan yang pertama di Indonesia yaitu Kutai. Dilihat dari rasa kebersamaan yang tumbuh dalam suatu kerajaan, begitu juga kerajaan-kerajaan yang muncul setelah kerajaan kutai. Setelah kerajaan majapahit mulai hilang maka berkembanglah kerajaankerajaan Islam seperti Demak dan lain-lain. Pada saat itu mulailah berdatangan orangorang Eropa ke Indonesia dan ingin mencari pusat tanaman rempah-rempah. Pada awalnya bangsa Portugis menunjukkan peranannya dalam bidang perdagangan yang meningkat menjadi praktek penjajahan. Pada zaman kemerdekaan, Pancasila sudah dirumuskan pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan mengamalkan isi Pancasila, masyarakat Indonesia berhasil merumuskan Pancasila dengan cara bermusyawarah. Zaman setelah proklamasi Indonesia RIS dibentuk. Berdirinya RIS adalah sebagai tak tik secara politis untuk tetap konsisten terhadap deklarasi proklamasi yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 yaitu negara persatuan dan kesatuan.

PANCASILA DALAM SEJARAH PERJUANGAN BANGSA
Nilai –nilai pancasila telah ada pada bangsa indonesia sejak zaman dulu kalasebelum bangsa indonesia mendirikan negara. Proses terbentuknya negara indonesia melalui proses sejarah yang cukup panjang yaitu sejak zaman batu hingga munculnya karajaankerajaan pada abad ke-IV. A. Zaman Kutai Pada zaman ini masyarakat kutai yang membukai zaman sejarah indonesia pertama kalinya ini menampilkan nilai-nilai sosial politik, dan ketuhanan. B. Zaman Sriwijaya Cita-cita tentang kesejahteraan bersama dalam sesuetu negara tlah tercemin pada kerjaan sriwijaya yang berbunyi yaitu ”marvuat vanua criwijaya siddhayara subhika”{suatu citacita negara yang adil&makmur} C. Zaman Kerajaan-Kerajaan Sebelum Kerajaan Majapahit Pada zaman ini diterapkan antara lain/ raja aiar langgi sikap tolerensi dalam beragama nilai-nilai kemanusiaan (hubungan dagang&kerjasama dengan benggala, chola, dan chompa) serta perhatian kerjahteraan pertanian bagi rakyat dengan dengan membangun tanggul&waduk. D. Zaman Kerajaajn Majapahit

E. A. persatua. Selain itu. Bersama dengan itu maka berkambang pula kerajaan-karajaan islam seperti kerajaan denak. Dalam kenyataannya secara objektif tlah di miliki/bangsa indonesia sejak dahulu kala. Adanya penjajahan membuat perlawanan dari rakyat indonesia di berbagai wilayah nusantar. disebut. berdatangan juga bangsa-bangsa eropa di nusantara. sidang BPUPKI kadua. Ketuhanan. namun karena tidak adanya kesatuan& persatuan di antara mereka maka perlawanan tersebut senantiasa sia-sia. moral dan budaya masyarakatnya sendiri.kerakyatan serta keadilan. Sumber semangat ideologi terbuka itu . Bangsa asing yang masuk ke indonesia pada awalnya berdangan. Sejarah perjuangan bangsa indonesia/membentuk negara sangat erat kaitannya dengan jati diri bangsa indonesia. bidang panitia 9. kemanusiaan. G. F. ARTI IDEOLOGI TERBUKA Ideologi terbuka ialah bahwa nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar. Zaman Penjajahan Jepang Jepang menjanjikan kamardekaan tanpa syarat kapada bangsa indonesia. Ideologi terbuka adalah ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal. namun kamudian berubah menjadi praktek penjajahan. Zaman Penjajahan Setelah majapahit runtuhan maka berkambanglah agama islam dengan pesatnya di idonesia.Sumpah palapa / gajmada berisi cita-cita untuk mempersatukan seluruh nusantara. Kebangkitan Nasional Pada masa ini banyak berdiri gerakan-gerakan nasional / mewujudkan suatu bangsa yang memiliki kehormatan akan kemerdekaan dan kekuataannya sendiri. Bahkan / mendapatkan simpati & dukungan dari bangsa indonesia maka sebagai realisasi janji tersebut maka di bentuklah suatu badan yang bertugas / menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan indonesia yaitu badan penyelidik usaha-usaha kemerdekaan indonesia {BPUPKI} KESIMPULAN Nilai-nilai pancasila diangkat dan di rumuskan secara formal/para pendiri negara/di jadikan sebagai dasar negara RI. serta akhirnya di sah kan secara yuridis sebagai dasar negara RI. Proses cara formal tersebut di lakukan dalam sidangsidang bpupki pertama. melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani.

sebenarnya terdapat dalam Penjelasan Umum UUD 1945. FAKTOR PENDORONG KETERBUKAAN IDEOLOGI PANCASILA Faktor yang mendorong pemikiran mengenai keterbukaan ideologi Pancasila adalah sebagai berikut : a. B. Karena itu adalah pilihan dan hasil konsensus bangsa yang disebut kaidah pokok dasar negara yang fundamental (Staatsfundamentealnorm). terutama bagi negara baru dan negara muda.norma dasar Pancasila yang terkandung dan tercermin dalam Pembukaan UUD 1945. b. Kenyataan menunjukkan. . Pengalaman sejarah politik kita di masa lampau.. Kenyataan dalam proses pembangunan nasional dan dinamika masyarakat yang berkembang secara cepat.. Nilai atau norma dasar yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 ini tidak boleh berubah atau diubah. Tekad untuk memperkokoh kesadaran akan nilai-nilai dasar Pancasila yang bersifat abadi dan hasrat mengembangkan secara kreatif dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan nasional. yang menyatakan. sedangkan aturan-aturan yang menyelenggarakan aturan pokok itu diserahkan kepada undang-undang yang lebih mudah cara membuatnya. nilai instrumental sebagai sarana mewujudkan nilai dasar yang dapat berubah sesuai keadaan dan nilai praktis berupa pelaksanaan secara nyata yang sesungguhnya. c. Nilai-nilai Pancasila dijabarkan dalam norma . “. mengubahnya dan mencabutnya“. Keterbukaan ideologi Pancasila terutama ditujukan dalam penerapannya yang berbentuk pola pikir yang dinamis dan konseptual dalam dunia modern. lebih baik hukum dasar yang tertulis itu hanya memuat aturan-aturan pokok. Kita mengenal ada tiga tingkat nilai. bahwa bangkrutnya ideologi yang tertutup dan beku dikarenakan cenderung meredupkan perkembangan dirinya. d. yaitu nilai dasar yang tidak berubah.

C. keterbukaan ideologi Pancasila ada batas-batasnya yang tidak boleh dilanggar. yaitu sebagai berikut : a. Larangan terhadap ideologi marxisme. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang mengelisahkan kehidupan masyarakat. leninisme dan komunisme. Stabilitas nasional yang dinamis.Perwujudan atau pelaksanaan nilai-nilai instrumental dan nilai-nilai praktis harus tetap mengandung jiwa dan semangat yang sama dengan nilai dasarnya. b. d. c. BATAS-BATAS KETERBUKAAN IDEOLOGI PANCASILA Sungguhpun demikian. Mencegah berkembangnya paham liberal. . Penciptaan norma yang baru harus melalui konsensus. e.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful