RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER PERTEMUAN KE

: SMK SWASTISARI : Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) : XI/1 :4

STANDAR KOMPETENSI : Mengoperasikan Sistem Operasi Software KOMPETENSI DASAR INDIKATOR : Mengoperasikan Software (perangkat lunak) Pengolahan Kata. : 1. Menjelaskan Fungsi software (Perangkat Lunak) Pengolah Kata Dengan Benar. 2. Menjalankan software pengolah kata melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau ikon. 3. Mengoperasikan software pengolah kata sesuai dengan SOP 4. Menjalankan perintah-perintah pengolahan file dokumen seperti: membuat dokumen, membuka dokumen, menyimpan dokumen dengan nama lain, dan keluar dari program aplikasi dengan benar. 5. Menyimpan file dokumen dengan menggunakan berbagai format antara lain : sxw(teks dokument), doc (microsoft word), rtf (rich teks format ), txt (plain teks), odt (open dokument), html (web page). 6. Menjalankan file dokumen dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain: mengetik dan menyelipkan huruf/kata/ kalimat, mengformat huruf /font, text alignment, nubering, bullet, page break, penggunaan kolom, paragraf, border dan shading, format painter, edit, paste, cat, mail marge. 7. Mengatur file dokument dengan perintah-perintah pengaturan antara lain: ukuran kertas, orientasi kertas (potraid atau landscap), margin.

 Menjalankan program microsoft word  Elemen-elemen dasar microsotf word: 1) Title Bar / baris judul adalah program aplikasi dari file yang aktif. penomoran isian berulang pada file dokumen. Tujuan Pembelajaran . Materi Pembelajaran. Pengenalan microsoft word: Memulai microsotf word  Pengertian microsofd word Ms. Setelah mempelajari software (perangkat lunak) pengolahan kata. Word adalah perangkat lunak pengolah kata. . Mengaplikasikan header dan footer. siswa memahami tentang:  Pengertian mikrosof word  Memahami fungsi menu dan ikon dapat  Mengoperasikan microsoft word  Menyimpan file dokument dengan berbagai format  Menjalankan file dokumen dengan perintah-perintah editing sederhana  Mengatur file dokumen dengan perintah-perintah pengaturan  Mengaplikasikan perintah-perintah pencetakan  Mencetak file dokumen dengan parameter standar B.pemberian halaman.8. Aplikasi software pengolah kata: 1. ALOKASI WAKTU : 12jam x 45 menit A.

copy. print. 3) Menu Bar / Bar Menu. cut. 5) Formating toolbar 6) Rulers lines / baris penggaris 7) Drawing toolbar / baris gambar 8) View layout toolbar 9) Status bar 10) Vertical scroll bar 11) Horizontal scroll bar 12) Restore down 13) Task pane bar 14) Insertion point 2.  Standar Toolbar merupakan kumpulan icon-icon standar yang disediakan oleh microsoft word secara otomatis. berisi perintah berupa menu-menu perintah yang terdapat dalam microsoft word dimulai dari menu file sampai dengan help. berisi perintah-perintah shortcut (singkat) yang membentuk ikon-ikon berupa ikon new.2) Icon Control Menu adalah menu yang digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. paste.  Fungsi menu dan icon pada perangkat lunak pengolahan kata • Menu bar .  Drawing toolbar merupakan kumpulan icon-icon yang di sediakan oleh microsft word untuk membuat dan memberikan efek gambar. redo. save. undo. dst. 4) Standar Toolbar. open.  Formatingg toolbar merupakan kumpulan ikon-ikon yang di sediakan oleh microsoft word untuk mengformat pada dokumen yang sedang aktif. Menu dan icon  Menu bar merupakan kunci utama dalam mengolah data.

dll  Menu table. berisi perintah-perintah yang di gunakan untuk membuat dan melakukan pengaturan table serta perintah yang berkaitan dengan manipulasi table. Misalnya : normal. compare side by side with. Misalnya : draw table. print layout. berisi perintah-perintah yang digunakan untuk menyisipkan pengaturan halaman dokumen yang sedang di kerjakan. split. outline. misalnya : new. dll  Menu edit. copy. autotext. arrange all. bullets and numbering. berisi perintah-perintah yang digunakan untuk bantuan apabila kita menemui kesulitan dalam pemakaian microsoft word. web layout. word count. Misalnya : undo move object. berisi perintah-perintah yang digunakan untuk pengaturan tampilan di layar dan pengaturan letak menu dan icon tambahan. Misalnya : font. delete. insert. save. berisi perintah-perintah yang di gunakan untuk pengaturan. dll • Standard Toolbar . paragraph. show the office asistant. dll  Menu Formar. toolbars. berisi perintah-perintah yang di gunakan untuk pengolahan file. dll  Menu View. open. language. Misalnya : Break. dll  Menu tools. close. coloums.  Menu help. page numbers. microsoft office online. date and time. berisi perintah-perintah yang di gunakan untuk penyuntingan (editing) dokumen. dll  Menu Windows. berisi perintah-perintah yang di gunakan untuk menggunakan jendela aktif. Misalnya : spealing and grammer. dokument. Berisi perintah-perintah yang digunakan untuk pengaturan format dokumen. Menu file. redo move object. Misalnya : new window. save as. Misalnya : microsoft office word help. save as web page. cut. select. dll  Menu insert.

perintah untuk menebalkan huruf. perintah untuk membuat bentuk bidang  Line. perintaah untuk membuat kotak  Oval. Dll • Drawing toolbar  Draw. Perintah untuk membuat anak panah  Rectangle. New. perintah untuk membuat garis  Arrow. perintah untuk membuka file  Save. perintah untuk menentukan jenis huruf  Font size. perintah untuk menentukan ukuran huruf  Bold. perintah untuk mengatur objek  Select objects. Perintah untuk menentukan izin akses dokumen  E-mail.  Style.  Textbox. perintah untuk mencetak dokumen  Print previw. perintah untuk membuat tulisan dalam kotak. dll • Formatting toolbar  Styles and formatting. Perintah untuk membuat E-mail  Print. perintah untuk memilih dan menyelesaikan objek  Autoshapes. perintah untuk membuat dokumen baru  Open. perintah untuk menyimpan file  Permission. perintah untuk menampilkan task pane tentang style dan formatting. Dll . perintah untuk melihat tampilan dokumen. perintah untuk membuat lingkarang oval. perintah untuk memilih gaya/ style pada paragraf yang dipilih  Font.

d) Penggunaan menu dan icon pada drwing toolbar: Dapat dilakukan dengan cara:  Arahkan pointer mouse pada icon perintah .  Maka perintah yang dilakukan adalah membuat dokumen baru.  Sebagai contoh. Menggunakan menu dan icon pokok pada perangkat lunak pengolah kata: a) Penggunaan menu dan icon pada menu bar: Dapat digunakan dengan 2 cara. arahkan pointer mouse pada icon new pada standar toolbar. yaitu:  menggunakan mouse.  Klik dengan menggunakan tombol mouse sebelah kiri.3.  Klik dengan menggunakan tombol mouse sebelah kiri.  Arahkan pointer mouse pada icon perintah. arahkan pointer mouse pada icon Bold pada tombol formatting.  menggunakan fungsi tombol keyboard: menggunakan fungsi tombol ALT dan Control (CTRL) b) penggunaan icon pada standar toolbar: dapat dilakukan dengan cara:  arahkan pointer mouse pada icon perintah  sebagi contoh. c) Penggunaan menu dan icon pada formatting toolbar: Dapat dilakukan dengan cara:  Block terlebih dahulu kata atau kalimat yang akan diformat.  Maka perintah yang dilakukan adalah untuk menebalkan kata / huruf yang diblok tadi.

Pilih menu file b.  Klik dengan menggunakan tombol mouse sebelah kiri. Maka akan keluar lembar kerja microsoft word  Membuka dokumen / file yang telah tersimpan Langkah-langkahnya : . Klik new c. 4. Menjalankan perintah-perintah pengolahan file dokumen:  Membuat Dokumen pengolah kata sederhana:  Memulai mengoperasikan microsoft word Membuka jendela microsoft word:  Klik start  Klik all program  Klik microsoft office  Klik microsoft word 2003  Jika di dekstop terdapat shortcut Microsoft office word 2003 dapat pula langsung melakukan doble klik pada shortcutnya. Sebagi contoh.  Tunggu sampai jendela microsoft word ditampilkan uadan siap untuk menerima perintah  Membuat dokumen baru Langkah-langkahnya : a. arahkan pointer mouse pada icon WordArt pada tombol drawing.  Maka perintah yang dilakukan adalah untuk membuat tulisan artistik.

untuk menutup file. maka microsoft word akan menutup file dokumen yang sedang aktif . pilih dan klik drive/ folder yang di inginkan. Klik tombol perintah save/enter untuk menyimpannya. Klik tombol close. Klik open. Pilih file yang ingin kita buka dengan terlebih dahulu menentukan letak folder tempat dokumen/ file yang kita simpan e. Pada tombol daftar pilihan save in. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin. Klik menu file b. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog save as d. pada jendela microsoft word. pilih menu file b. Setelah menyimpan file dokumen. Klik pada nama file yang akan di buka f. Klik save/save as c. f. g. Maka akan tampil kotak dialog open d. maka file yang tadi dipilih akan di buka oleh microsoft word  Menyimpan dokumen Langkah-langkahnya : a. e. ketikan nama file dokumen. untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak. Pada kotak isian file name. Klik open c.a. Klik menu file b.  Menutup file Dokumen Langkah-langkahnya : a.

2.bullet.c. Menjalankan file dokumen dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain: mengetik dan menyelipkan huruf/kata/kalimat.cat. Bisa dilakukan dengan menekan X ( close ) pada baris menu.html(web page). Metode Pembelajaran  Metode ceramah  Tanya jawab  Unjuk kerja(praktek)  Penugasan D.mengformat huruf /font.menu dan icon. rtf (rich teks format ).border dan shading.pemberian halaman. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran 1.  Menutup Jendela Microsoft Word Langkah-langkahnya : a. . Klik exit. pilih menu file b. Kegiatan Inti 1) Menjelaskan pengertian Microsoft word. maka jendela microsoft word akan tertutup 5.mail marge. odt(open dokument).paragraf.nubering. Kegiatan Pendahuluan .penomoran isian berulang pada file dokumen. Menyimpan file dokumen dengan menggunakan berbagai format antara lain : sxw(teks dokument). 7.edit. doc (microsoft word).paste.page break.  Absen  Mengingatkan kembali materi atau pembelajaran sebelumnya tentang menjalankan program Microsoft word. C. 6. txt (plain teks). Mengaplikasikan header dan footer.penggunaan kolom.text alignment. Pastikan dokumen telah tersimpan.format painter.

Standard toolbar c. rtf (rich teks format ). Sumber Belajar  Modul KKPI  Buku Microsoft Office  Internet F. txt (plain teks). Perintah yang digunakan untuk menyalin dokumen atau naskah disebut : a. Penilain Soal Objektif Berilah tanda silang X pada jawaban yang paling benar! 1. Icon control b. doc (microsoft word). Kegiatan Penutup. 3. odt(open dokument). 5) Menjelaskan cara menyimpan file dokumen dengan menggunakan berbagai format antara lain : sxw(teks dokument). 3) Menjelaskan fungsi dari menu dan icon pada software. 4) Menjelaskan cara menjalankan perintah-perintah pengolahan file dokumen. Paste special .html(web page).pemberian halaman. 6) Menjelaskan cara menjalankan file dokumen dengan perintah-perintah editing sederhana. penomoran isian berulang pada file dokumen. 7) Menjelaskan cara mengatur file dokument dengan perintah-perintah pengaturan. 8) Menjelaskan cara Mengaplikasikan header dan footer.2) Menjelaskan elemen-elemen dasar microsoft word. E. Penguatan dengan bertanya secara lisan tentang apa yang sudah dijelaskan. Insertion Point 2. Di bawah ini yang tidak termasuk elemen dasar microsoft word adalah: a. Print Previw d. Ruler Lines e.

c. e.a. d. Perintah Untuk Menutup dokument D. Select all Paste special 3. b. minimal 10 elemen! 2) Apa yang dimaksud dengan Drawing Toolbar ! 3) Ada 2 cara dalam penggunaan menu bar. Menu yang berisi perintah-perintah yang digunakan untuk menyisipkan pengaturan halaman dokumen yang sedang dikerjakan atau sedang aktif. Menu tools d. Paste as hyperlink Find d. Menu view b. Menu File e. Menu insert c. c. e. c. Berder . Paste B. di sebut : a. sebutkan ! 4) Sebutkan langkah-lamgkah dalam membuka dan menutup jendela Microsoft Word! 5) Sebutkan langkah-langkah dalam mengcopy text dengan menggunakan keyboard : Jawaban Objektif : 1) 2) 3) 4) 5) C. d. Fungsi dari Ctrl + W : Perintah untuk menutup dokumen Perintah untuk membuka dokumen Perintah untuk membuat huruf miring Perintah untuk mengurangi ukuran huruf Perintah untuk mencetak dokumen 5. b. Apa nama icon dari gambar tersebut : Font Style Bullets Border Highlight Soal subjektif Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 1) Sebutkan elemen-elemen dasar lembar kerja microsoft word . Menu Table 4. a. Menu Insert A. Paste e. Print previw D. b.

PENUGASAN Buat keliping tentang KKPI .Hoizontal Scroll bar Restor down .  Atau bisa dilakukan dengan menekan X ( close) pada baris menu. 5)langkah-langkah dalam mengcopy text dengan menggunakan keyboard :  Blok teks atau data yang mau di copy  Ctrl + C  Pindahkan kursor ke alamat tujuan  Ctrl + V G.  Kilck tombol close.Title bar Icon control .Task pane bar Insertion point 2) Drawing toolbar adalah Kumpulan icon-icon yang disediakan oleh microsoft word untuk membuat dan memberi efek pada gambar 3) Dua cara dalam penggunaan menu bar yaitu dengan :  Menggunakan mouse  Menggunakan fungsi tombol keyboard 4)langkah-lamgkah dalam:  membuka jendela microsoft word :  klik start  klik all program  klik microsoft office  klik microsoft office 2003  Jika di dekstop terdapat shortcut Microsoft office word 2003.Menu bar Standard Toolbar .Formating toolbar Ruler Lines . Word pilih menu file. Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif.Status bar Vertcal Scroll bar . untuk menutup file pada jendela Ms.Subyektif 1)Elemen-elemen dasar lembar kerja microsoft word : .Drawing Toolbar View Layout toolbar . dapat pula langsung melakukan double klick pada shortcutnya. maka Ms. Word:  Setelah menyimpan file dokumen.  Tunggu sampai jendela Ms. Word ditampilkan dan siap untuk menerima perintah.  Menutup jendela Ms.

H.Bobot nilai Objektif: No soal 1 2 3 4 5 Jumlah Subjektif No soal 1 2 3 4 5 Jumlah Skor (1-10) Bobot 1 1 1 1 1 5 Nilai Skor (1-10) Bobot 10 5 2 10 4 30 nilai .

Jumlah nilai objektif NA= Jumlah nilai subjekt X 100 % Kupang. 26 September 2011 Praktikan ( Deflorince A. 08510005 . Koilhar ) NIM.

S. Siprianus Garak.Pd ) (Drs.Pd ) .Sc ) Mengesahkan Kepala Sekolah ( Bonefasius Kia. S. M.Menyetujui Guru Pamong Dosen Pembimbing ( Antonius Muda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful