SILABUS Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester Standar Kompetensi Alokasi Waktu Kompetensi Dasar : SMK Muhammadiyah

3 Gemolong : Dasar Kompetensi Kejuruan Tata Busana :X : 1 / Ganjil : 1. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) : 36 x 45 menit Alokasi Waktu Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran 1 1.1.Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). 2  Identifikasi kesehatan di lingkungan kerja  SOP kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja  Hukum kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku secara Internasional  Prosedur keselamatan, dan keamanan yang berlaku di industri “Custom-made” 3 Menunjukkan kesadaran dalam menjaga kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja Teliti dalam melakukan/ melaksanakan pekerjaan Menjelaskan pengertian kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja Menjelaskan tujuan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja Menjelaskan Undang-undang ketenaga kerjaan Nilai KB 4 * Cinta damai * Tanggung Jawab. * Peduli lingkungan. 5  keselamatan dan keamanan diikuti secara benar sesuai dengan kebijakan perusahaan dan hukum-hukum yang berkaitan serta persyaratanpersyaratan asuransi.  Pelanggaran prosedur kesehatan, keselamatan dan Prosedur kesehatan, keamanan diindentifikasi dan dilaporkan segera. 6 * Tes lisan * Tes tertulis *Pengamatan Indikator Penilalaian TM 7 2 PS 8 3 (6) PI 9 10 Sumber /alat/bahan

P

PROGRAM BUSANA

1

 Menjelaskan prosedur bekerja dengan aman  Menjelaskan prosedur mencegah kebakaran  Merumuskan halhal yang berkaitan dengan keamanan  Menerapkan prosedur bekerja sesuai dengan SOP 1.2.Melaksanakan prosedur K3  Kebersihan personil/grooming  Konsep kesehatan jasmani  Konsep penampilan pribadi  Prinsip-prinsip bekerja dengan aman  Prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja  Menunjukkan kesadaran terhadap hygiene personal  Mengapresiasikan terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat (bahaya) kesehatan pribadi  Menjelaskan infeksi dan penyakit dan cara menghindarinya  Menjelaskan konsep kesehatan jasmani  Menjelaskan konsep penampilan pribadi  menerangkan * Cinta damai * Tanggung Jawab. * Peduli lingKungan  Setiap sikap atau kejadian yang mencurigakan dilaporkan segera kepada orang yang telah ditunjuk.  Kebersihan personil/groomin g dijaga untuk mendapatkan prestasi kerja  Konsep kesehatan jasmani dipahami dengan baik  Memahami Konsep penampilan pribadi sesuai standar industri  Melaksanakan pekerjaan dengan berpedoman pada prinsipprinsip bekerja dengan aman * Tes lisan *Pengamatan 2 5 (10) PROGRAM BUSANA 2 .

dan pemanfaatan limbah menjadi produk yang bermanfaat. Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan .4.Pencemaran lingkungan .3.Konsep lingkungan hidup .Konsep pertologan pertama pada kecelakaan . Menjelaskan konsep pertolongan pertama pada kecelakaan Menjelaskan prosedur pertolongan pertama pada  Prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja diterapkan sesuai SOP * Cinta damai * Tanggung Jawab. daur ulang.prinsip kesehatan dan keselamatan kerja Menjelaskan tentang konsep lingkungan hidup Mengatasi pencemaran lingkungan Menjelaskan tentang konsep Higyene dan sanitasi Melakukan penanganan pada limbah melalui proses kimiawi.  1.Prosedur Pertolongan pertamapada kecelakaan .Higyene dan sanitasi . * Peduli lingkungan • Konsep lingkungan hidup diterapkan sesuai kebijakan perusahaan dan peraturan yang berlaku • Tindakantindakan yang dilakukan untuk mengatasi pencemaran lingkungan • Adanya penanganan yang produktif terhadap limbah • Penanganan kecelakaan dilakukan secara benar sesui dengan prosedur perusahaan Tes lisan Pengamatan 2 5 (10) * Cinta damai * Peduli sosial * Peduli lingkungan Tes lisan Pengamatan 2 5 (10) PROGRAM BUSANA 3 .Menerapkan konsep lingkungan hidup .Penanganan situasi darurat • • prinsip bekerja dengan aman Menunjukkan penampilan pribadi sesuai standar industri Menerapkan prinsip.Penanganan limbah • • • • 1.

kecelakaan • Mengenali macammacam bahayayang perlu diberikan pertolongan pertama • Menangani situasi darurat PROGRAM BUSANA 4 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful