Apa itu Flash?

Sejak diperkenalkan pada tahun 1996, Flash atau Macromedia Flash menjadi sangat populer dan langsung mendapat tempat di hati masyarakat dunia web karena dapat membuat menampilkan animasi dan interaksi di web. Tetapi sejak bulan Desember 2005, perusahaan Macromedia dibeli oleh Adobe dan kini berganti nama menjadi Adobe Flash sejak versi 9 atau CS3. Demo Karya Flash Di mana saya bisa mendapatkan hasil karya yang dibuat dengan Flash? Di Babaflash.com sendiri banyak hasil karya orang Indonesia yang dibuat dengan Flash seperti:
   

Ecards atau Kartu Ucapan Elektronik Coolsites atau Situs Bagus Game atau Permainan Animasi Kartun

Kelebihan dan Kemampuan Flash
   

Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak. Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat permainan (game), aplikasi web dan handphone. Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.

Teknologi Flash Flash sekarang bukan hanya sebagai software saja dengan nama Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web. Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe Flash, tetapi bisa menggunakan software lain seperti SwishMax, Vecta 3D, Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak lagi. Versi Macromedia atau Adobe Flash
       

Macromedia Flash 2 (1997) Macromedia Flash 3 (1998) Macromedia Flash 4 (1999) Macromedia Flash 5 (2000) Macromedia Flash 6 (2002) atau Macromedia Flash MX Macromedia Flash 7 (2003) atau Macromedia Flash MX 2004 Macromedia Flash 8 (2005) Adobe Flash 9 (2007) atau Adobe Flash CS3

Anda tidak usah bingung untuk menggunakan versi yang mana, kalau hanya untuk keperluan menggambar atau animasi, Flash versi 4 atau 5 pun lebih dari cukup kalau komputer Anda Pentium 3. Jadi silahkan menggunakan versi yang tidak memberatkan komputer Anda, tidak usah memaksa harus menggunakan versi terbaru. Kini adalah suatu kebutuhan atau keharusan (seperti menulis) untuk belajar suatu software perkantoran. Minimal bisa mengoperasikan produk Microsoft seperti Windows, Microsoft Word, Excel dan Power Point. Atau produk Open Source seperti Linux, Star Office. Jadi setelah itu, silahkan memilih Flash untuk pilihan selanjutnya :) Lebih lengkapnya di http://en.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash Posted by Mohje Bukris at 6:39 AM 8 comments Labels: Pengenalan Flash

Dasar Actionscript Flash (Bag. 1)
Actionscript adalah bahasa pemrograman yang ada di Flash. Jadi selain bisa menggambar dan animasi, Flash juga mempunyai kemampuan untuk pemrograman. Jadi sebelum mendownload eBook atau Tutorial ini, pastikan Anda sudah mempunyai dasar menggambar dan animasi Flash. Bila belum, silahkan terlebih dahulu mempelajarinya. [ Klik di Sini untuk mempelajari Dasar Animasi Flash ] Kalau sudah mempunyai dasar menggambar dan animasi Flash. Silahkan lanjut ke bawah... -oO0Berikut ini adalah Preview Bab 1 tentang Actionscript dari buku "123 Tip & Trik Actionscript Flash MX 2004" karangan Zeembry. Sengaja tidak dipublish semuanya karena penulis masih terikat kontrak dengan Penerbit. Dan buku tersebut masih beredar di toko-toko buku. Semoga dengan sedikit tutorial di bawah ini bisa membuka wawasan pemula tentang Actionscript yang kalau dipelajari dan dipahami dengan benar tidak begitu sulit. Dan setelah itu bisa didiskusikan di forum dan milis Babaflash supaya pengetahuan ini bisa berkembang. [ Download Ebook ] Posted by Mohje Bukris at 6:23 AM 0 comments Labels: Pengenalan Flash

Dasar Animasi Flash (Bag. 1)
Tutorial ini akan mengawali Anda untuk mempelajari Flash. Konsep dan teknik dasar dijelaskan secara mendetail sehingga dapat dengan mudah dimengerti, dicoba dan dipahami. Tutorial ini menggunakan Macromedia Flash MX. Tetapi tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa menggunakan Macromedia Flash MX 2004 karena konsepnya hampir sama.

Fill & Object . Jadi Anda harus mempunyai Winzip untuk membuka kompresi tersebut dan Adobe Acrobat Reader untuk melihat tutorialnya.Merubah Objek menjadi Symbol .Membuat Bola Memantul .Melihat Symbol di Library . Stroke. .Insert Blank Keyframe .Insert Keyframe .Membuat Symbol Baru .Pembahasan dalam Tutorial ini adalah: .Animasi .Merubah Instance .Movieclip Tutorial ini dalam bentuk PDF yang dikompresi dengan format ZIP.Lingkungan Flash MX .Arrow & Sub Selection Tool .Merubah Master Symbol .Motion Tweening .Shape.Property Inspector .

KATEGORI : MACROMEDIA / [Adobe] FLASH Tutorial belajar membuat Animasi dengan menggunakan macromedia Adobe Flash Proffesional dari dasar hingga mahir MACROMEDIA [ADOBE] FLASH |1| |2| Animasi Burung Terbang Publish: 17 April 2010 | Author & Copyright: Miko | Status: FREE tutorial Dalam Tutorial kali ini akan membahas bagaimana membuat animasi sederhana dengan mode Frame by frame yaitu animasi dengan membuat gambar perframe beda halnya dengan Motion Tweening teknik frame by frame memerlukan waktu yang cukup banyak karma dalam setiap frame kita harus membuat gambar yang tidak sama. pada tutorial kali ini objek yang akan kita gunakan yaitu sebuah ilustrasi burung dan aplikasi yang digunakan yaitu Macromedia Flash MX Professional 2004 Langkah pertama yaitu buatlah gambar ilustrasi burung sebanyak 3 kali dengan menggunakan Toolbox Brush Tool Untuk membuatnya perhatikan gambar dibawah ini Buatlah ilustrasi gambar burung dengan brush tool bisa juga menggunakan Pen Tool Sebelum menginjak langkah selanjutnya copy gambar yang sudah dibuat tadi. tujuannya yaitu agar kita tidak usah repot-repot membuat badan burung lagi jadi pada akhirnya kita tinggal .

pada bagian ini kita sedang membuat gambar 1 Masuk ke pembuatan gambar kedua buatlah bentuk sayap di bawah .paste gambar setelah itu nanti hanya menambah bentuk sayap yang berbeda saja buatlah sayap pada bagian atas .

Untuk gambar yang terakhir buatlah sayap diatas punggung burung tetapi agak rendah sedikit. atur posisi gambar sesuai keinginan anda asal semua gambar harus di 1 posisi yang sama semua . jika sudah selesai tinggal pewarnaan pada gambar burung langkah selanjutnya yaitu pembuatan animasinya pada gambar 1 letakkan dikeyframe pertama .

Kemudian Paste ke frame selanjutnya Hasilnya bisa dilihat dengan cara pilih Menu Control >> pilih Play atau Ctrl+Enter .buatlah Keyframe dengan cara klik kanan frame kedua >> pilih Insert Keyframe. setelah itu masukan Gambar 2 buatlah Keyframe dan masukan gambar 3 keposisi yang sudah kita tentukan tadi langkah selanjutnya blok semua Frame yang telah kita buat >> klik kanan dan pilih Copy Frame.

Hasilnya: Animasi Burung Terbang :) salam kreatif by MIKO IG Selamat Belajar Flash. SEMOGA BERMANFAAT .

Untuk Pengaturan gunakan Style: Polygon. sudah lama kita tak jumpa dalam kategori Tutorial Flash.. 2. kerusuhan di mana-mana.. intermezo aja) maka di rumah saya selalu memakai kipas angin untuk mendinginkan suasana. kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat animasi berputar pada Flash. Melihat dunia yang semakin panas. Siapkan Kipas angin. Nyalakan komputer dan buka program Flash.. Buat Object 2 buah segitiga + 1 Buah object lingkaran di Lembar kerja flash Caranya: Untuk membuat Segitiga gunakan PolyStar Tool pada toolbar . bagaimana kita membuat kipas angin atau animasi berputar di Flash? ikuti langkah berikut ini :) 1. dll (wah ini tutorial apa berita gan?? wkwkwk. wkwkwk. Number Of Side: 3 Untuk membuat Lingkaran gunakan Oval Tool dan tekan dan tahan tombol shift agar lingkaran bulat sempurna . Maklum klo pakai AC listriknya kagak kuat.. musim yang tidak menentu. Tutorial kali ini tak lepas dari Kipas angin.. Disini saya memakai Adobe Flash CS 4 3. Lihat arah berputarnya.KATEGORI : MACROMEDIA / [Adobe] FLASH Tutorial belajar membuat Animasi dengan menggunakan macromedia Adobe Flash Proffesional dari dasar hingga mahir MACROMEDIA [ADOBE] FLASH |1| |2| Membuat Animasi Berputar (Kipas Angin) Publish: 02 Oktober 2010 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial Hai kawan semua. duitpun tak cukup jd pakai AC yang lain alias (AC) Angin Cendela. Hal ini bisa diterapkan pada semua program Flash mulai dari macromedia Flash (versi lama) sampai Adobe Flash (versi baru). jangan lama-lama nanti pusing.

Atur gambar sehingga membentuk Sebuah baling baling kipas dan seleksi semuanya lalu tekan CTRL + G (Group) untuk menggabungkan 3 object tersebut menjadi 1 kesatuan Petunjuk Gambar IG 5. Sekarang waktunya membuat Frame pada Layer 1 klik Frame 50 dan pilih insert Frame .Petunjuk Gambar IG 4.

atur Tweening .Petunjuk Gambar IG 6. Masih di Frame 50. pilih Rotate: CW (Searah jarum jam) . Pada Properties. klik kanan lagi dan sekarang pilih Create Classic Tween 7.

Petunjuk Gambar IG Setelah selesai. tekan F6 di frame 50 untuk memunculkan keyframe Selesai untuk melihat hasilnya tekan CTRL + Enter Kira kira seperti ini: .

Selamat belajar Semoga Bermanfaat . kipas angin dari samping dan dari depan monitor Terima kasih.Untuk membuatnya lebih menarik tambahkan lingkaran kipas dan penyangga: Yuhuuu seger benerrrr ilmuGrafis.

belum punya mobil yang mengkilap tapi ingin membuat mobil anda jadi mengkilap tanpa biaya nah cuma di ilmugrafis kumpulan tutorial flash dengan tema mobil mengkilap bercahaya. Langkah . Masukkan (import) gambar ke dalam stage misalnya gambar mobil seperti gambar di bawah ini .. Tutorial Flash kali ini adalah membuat efek animasi shine dan membuat mobil mengkilap bercahaya.KATEGORI : MACROMEDIA / [Adobe] FLASH Tutorial belajar membuat Animasi dengan menggunakan macromedia Adobe Flash Proffesional dari dasar hingga mahir MACROMEDIA [ADOBE] FLASH |1| |2| Animasi Shine .Mobil Mengkilap Bercahaya Publish: 17 Januari 2009 | Author & Copyright: Inchan | Status: FREE tutorial Flash merupakan program untuk membuat animasi yang handal..Langkahnya: 1. Para Pembaca yang budiman.

.2. Tambahkan satu layer baru. atur besarnya stage sesuai dengan ukuran gambar yang telah di import tadi misalnya 500 px (width) dan 315 px (height) 3. Ganti nama layer1 menjadi mobil 4. kemudian ganti layer tersebut dengan nama efek. Setelah gambar berada pada stage.

seperti gambar di bawah ini. kemudian ubah warna persegi panjang seperti gambar di bawah ini 7. Klik icon rectangle tool ( tekan huruf R di keyboard ). lakukan pengaturan warna persegi panjang seperti gambar di bawah ini .5. kemudian gambar persegi panjang melebihi gambar mobil. 6. Klik gambar persegi panjang yang telah dibuat tadi. Kemudian untuk mendapatkan efek cahaya yang mengkilap.

kemudian ganti nama layer tersebut dengan animasi 9.8. Kemudian buatlah bagian yang akan dianimasikan misalnya seperti gambar di bawah ini. kemudian langkah selanjutnya. tambahkan satu layer lagi. Efek mengkilap telah selesai dibuat. . Masih di layer animasi kill icon Pen tool 10.

Klik kanan antara frame 1 – 30 pada layer efek.11. kemudian pilih menu create motion tween . kemudian tekan F6 untuk memberikan insert keyframe 13. maka langkah selanjutnya yaitu klik kanan pada layer animasi pilih menu mask 12. Klik frame 30 pada setiap layer. Setelah area yang dianimasikan selesai dibuat.

14. seperti gambar di bawah ini 15. Tekan ctrl + enter untuk melihat hasilnya… Preview in image mode . Klik frame 30 pada layer efek. kemudian pindahkan gambar persegi panjang ke sebelah kanan dari gambar mobil.

. SEMOGA BERMANFAAT . Cling... Mobil Bersinar Mengkilap ^_^ Source File: mobil bersinar *..fla Enjoy it………… OK sampai ketemu di tutorial Flash Selanjutnya.Preview in Animation Mode Cling.

.15.. Mobil Bersinar Mengkilap ^_^ . Cling. Tekan ctrl + enter untuk melihat hasilnya… Preview in image mode Preview in Animation Mode Cling.

SEMOGA BERMANFAAT ...Source File: mobil bersinar *.fla Enjoy it………… OK sampai ketemu di tutorial Flash Selanjutnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful