Aplikasi terbaru Microsoft Office 2007

Microsoft Office 2007 merupakan pengembangan dari Microsoft Office 2003 yang sudah teruji kemampuan dan kehandalannya sebagai aplikasi perkantoran yang tidak ada duanya. Penampilan Office 2007 sungguh diluar dugaan, pada versi terbarunya ini Microsoft merobak total dan tidak sedikitpun menyisakan penampilan Office yang ada pada versi sebelumnya. Semua tampilannya hampir tidak mencerminkan Microsoft Office yang penuh dengan menu dan sub menu yang merepotkan.

Memang perintah-perintah yang ada di di Office 2002 maupun di Office 2003 masih bisa digunakan. Namun kali ini Microsoft merobak total dan kalau kita ingat hampir sama ketika Microsoft merobak total Windows 3.1 dan Windows 3.11 ke Windows 95 dan Windows NT. Menurut Junita Leeman, Marketing Manager Microsoft Office Indonesia "Microsoft Office 2007 hadir dengan fasiltas yang disebut dengan Ribbon. Ribbon ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menggunakan semua features yang ada di Office 2007 dengan one klik hingga waktu pengerjaan bisa dihemat dengan sangat berarti, demikian Junita menjelasakan salah satu kelebihan Microsoft Office 2007 yang akan diluncurkan tanggal 7 Desember 2006, yang secara general akan lounching tanggal 14 Februari 2007". Sedangkan di US sendiri rencananya awal tahun 2007", katanya. Perubahan yang cukup signifikan dari Office 2007 ini antara lain User Interface. Coba perhatikan perubahan ini terlihat pada Word, Excel, dan PowerPoint. Pada aplikasi ini nyaris tidak terlihat menu-menu seperti versi sebelumnya. Di sini semua menu diganti dengan penampilan ikon yang inopatif dan informatif.Dengan sedikit menu dan nyaris tidak terlihat sub menu ini akan memudahkan bagi pemakai. Beberapa Interface yang ada di Office 2007 yang dirombak secara total antara lain tombol-tombol

menu, sehingga menu yang terdapat pada Office 2007 lebih transparan dan teratur sehingga mudah penggunaannya. Menu dropdown yang ada pada versi sebelumnya kini hampir tidak ada, pada menu home misalnya, terdapat pilihan Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing. Sedangkan untuk pilihan-pilihan yang tersedia berbentuk horizontal dan

menggabungkan teks dan icon sehingga sangat mudah dan tidak perlu masuk dari menu ke sub menu. Pada versi lama Menu File merupakan menu awal yang sangat berguna untuk melakukan setting awal, seperti untuk menentukan ukuran kertas, menyimpan file, mencetak file dan sebagainya. Pada Office 2007 menu tersebut berubah total. Menu File pada sebelumnya kini hadir dengan sebuah ikon lingkaran dengan logo Office yang terletak di pojok kiri atas. Ketika pemakai mengkliki ikon tersebut akan tampak pilihanpilihan New, Open, Convert, Save, Save As, dan lain-lain.

SmartArt

Pada Office 2007 terdapat sebuah tools yang cukup menarik bernama SmartArt. Tools ini terletak di menu insert dan grup pilihan Illustration. Kenapa diberinama SmartArt, karena tools bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan dengan menampilkan berbagai macam diagram yang berbentuk graphic, baik dengan tipe 2D ataupun 3D. Sedikitnya terdapat 80 template yang bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan Anda. Penampilan PowerPoint juga berubah, dalam hal ini terdapat tools baru bernama Photo Album yang bisa ditemukan pada menu Insert dan grup pilihan Illustration. Dengan pilihan Photo Album ini pemakai bisa leluasa membuat slide presentasi dengan menampilkan foto-foto yang sudah masukkan ke komputer Anda.

Format File

Sudah diketahui keluarga Microsoft menyediakan berbagai format file. Namun pada versi sebelumnya belum terlihat format file PDF yang dibuat oleh Microsoft Office. Bisa namun harus menggunakan tambahan aplikasi dari keluarga Adobe Acrobat.Pada Microsoft Office 2007, Microsoft sudah menyertakan fitur baru untuk menyimpan file dalam berbagai format termasuk format PDF dan XPS. Untuk bisa menggunakannya cukup pilih ikon lingkaran kemudian pilih Save As PDF or XPS. Jadi tidak perlu lagi menambahkan aplikasi lain untuk menyimpan file dalam format PDF tersebut.

Format file lainnya juga mengalami perubahan, sebagai contoh file berformat Word yang tadinya berakhiran DOC, Microroft Excel berakhir XLS, PowerPoint berakhir.PPT kini berganti dengan DOCX untuk Word, XLSX untuk Excel dan PPTX untuk PowerPoint.Perubahan yang cukup berarti juga terdapat pada Microsoft Outlook 2007. Di mana Microsoft telah menambahkan sebuah kolom pada main window-nya. Kolom yang tadinya hanya tiga bagian sekarang menjadi empat bagian. Tiga kolom yang sudah ada adalah kolom e-mail, alamat dari e-mail dan isi email yang sedang dibuka. Kolom tambahan yang keempat adalah kolom To Do Bar, di mana kolom ini akan menampilkan kalender pada saat Outlook tersebut Anda buka yang di dalamnya akan terdapat appointment dan tasks yang sudah Anda tentukan sebelumnya.Microsoft Access 2007 hampir berobah secara total, dimana berbagai penambahan baik interface maupun fitur dan fungsi pendukung lainnya. Ketika Anda mulai membuka aplikasi Access, pertama yang akan terlihat adalah interface yang sama sekali baru, berbeda dengan versi Office sebelumnya. Pada window pertama Anda akan berhadapan dengan pilihan berbagai kategori template yang sudah tersedia, baik itu kategori template yang sudah terinstal di dalam komputer Anda maupun kategori template yang harus di-download terlebih dahulu. Jika Anda ingin membuat database sendiri pilih ka tegori template "Featuring" yang di dalamnya terdapat satu buah pilihan, yaitu Blank Database. Setelah itu Anda tinggal meneruskan untuk membuat database Acces untuk data-data Anda. Selain ituMicrosoft Access 2007 juga mempunyai kemampuan untuk proses impor dan export data. Selain aplikasi standar tersebut pada Microsoft Office 2007 ini juga dibundel Microsoft Publisher 2007 yang digunakan untuk keperluan desain majalah, buku, dan lain-lain. Hadir juga InfoPath 2007, OneNote 2007, Groove 2007 dan Coomunicator 2007. Aplikasi-aplikasi yang disebutkan terakhir ini merupakan tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan perkantoran modern saat ini.Sebenarnya masih banyak fitur-fitur baru dari Microsoft Office 2007 ini. Namun demikian penilaian sesungguhnya terserah kepada Anda yang akan menggunakan aplikasi keluarag terbaru dari Microsoft Corporation ini.

Dengan demikian. Office 2007 memiliki aneka feature baru seperti antarmuka yang baru. personal information manager. dan pembuat presentasi. Microsoft Office Word 2007 Fungsi penyimpanan file juga mengalami perbaikan dimana terjadi pengecilan jumlah file yang begitu signifikan. Setiap aplikasi yang terdapat dalam Office 2007 ini sebenarnya memiliki trik tersendiri untuk digunakan. dan lainlain. Buku ini cukup bermanfaat bagi para pengguna Office 2007 serta para pemula yang sedang belajar menggunakan Office 2007. Jadi kesimpulannya overall word 2007 cukup bayak ditemukan kemajuan yang signifikan dan penulistidak mengalami masalah dalam menggunakan word 2007 ini baik itui dari segi kecepatan membuka file ataupun sewaktu mengetik tidak ada hambatan. Jumlah yang begitu kecil bukan. Namun apakah kualitas isinya menjadi berkurang? ternyata tidak. Microsoft Office Excel 2007 Pada excel 2007 ini pada umumnya memiliki penjelasan yang sama dengan word 2007 dimana aplikasi ini memiliki interface yang menarik dan efisiensi waktu kerja yang cepat karena icon yang tersedia ditampilkan di taskbar bagian atas . Kemudian perlu diingatkan bahwa office 2007 ini hanya bisa diinstal minimal di Windows XP SP 2 dengan memory minimal 256 MB (sudah di tes oleh penulis pada memory 256 masih bisa jalan meskipun dengan kecepatan buka file agak lama sekitar 1 menit. setiap bahasan trik dibagi dalam beberapa kategori berdasarkan aplikasinya. perubahan menu File menjadi tombol berlogo Office. Visio. spreadsheet. Penulis menggunakan komputer Intel Pentium 4 1. Karena itu dalam buku ini. 2. mereka bisa langsung masuk ke bagian Word untuk memanfaatkannya. yang biasanya dengan word 2003 jumlahnya 300 KB namun dengan menggunakan word 2007 jumlahnya menjadi 200 KB. Selain itu kelebihan dari word 2007 ini juga dapat menyimpan file word untuk menjadi format pdf yang nantinya apabila sudah disimpan dalam bentuk pdf dapat dibaca hasilnya di adobe reader.Microsoft Office 2007 Office 2007 merupakan sebuah produk perkantoran yang dilengkapi dengan aneka perangkat seperti pengolah kata. tapi sama saja dengan yang di word 2003. Demikian pula untuk Excel. PowerPoint. pengguna Office 2007 yang hanya ingin menggunakan trik untuk Word saja. 1. serta pengelompokkan berbagai item (ke dalam tab yang diletakkan dalam sebuah bagian lebar untuk menyimpan seluruh feature Office). Dengan bahasan yang dibuat dalam format langkah per langkah.8 GHz dengan RAM 768 MB. buku ini akan mengajak pembacanya mendayagunakan Office 2007 secara lebih baik.

Microsoft Office 2007 layak dicoba. Kelebihan Microsoft Office 2007 : Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing Formula pada Excel lebih mudah direferensikan Presentasi dengan PowerPoint kini lebih atraktif Fitur lebih mudah dieksplorasi dibanding edisi sebelumnya Outlook menambahkan fitur ‘Task and Time Management’ Perbaikan integrasi antar aplikasi dalam Office 2007 File yang korup kini lebih mudah diselamatkan Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil Kekurangan Microsoft Office 2007 : Perubahan desain yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa Antarmuka baru yang dihadirkan tidak selalu intuitif Tab kontekstual dan style gallery agak mengganggu Pengguna Office edisi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membukan file Office 2007 Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya Jika Anda adalah orang yang mementingkan style. Selain ketiga aplikasi yanga ada di dalam Office 2007 ini masih ada beberapa aplikasi lain tergantung versi Office 2007 yang mana anda beli. Jika anda membeli yang profesional maka ada beberapa yang tidak termasuk dalam paket office 2007 profesional sedangkan apabila anda beli yang versi enterpreneur maka anda akan mendapat paket aplikasi hampir semua selain yang wajib yaitu word. Dibandingkan dengan excel 2003 harus beberapalangkah dulu baru terbentuk tabel. tampilan yang indah dan fitur yang paling mutakhir.sehingga untuk membuat tabel tinggal klik 2 kali saja. Microsoft Powerpoint 2007 Pada powerpoint 2007 ini mengalami perubahan dalam hal interface dan efisiensi kerja yang sangat cepatpula dibandingkan versi sebelumnya. Untuk membuat efek transisi slide yang lembut dan bagus kita tinggal mengarahkan mouse pada task bar atas “animation” lalu pilih yang sesuai dengan keinginan dengan mengarahkan mouse pada efek animasi yang dinginkan. 3. Tetapi jika Anda tidak siap . Jika anda tertarik maka cobalah dan gunakanlah office 2007 ini. excel dan power point yang tersedia. Selain itu jika kita ingin menggunakan theme slide powerpoint yang ingin digunakan kita tinggal mengarahkan kursor mouse pada task bar design dan otomatis ia akan menampilkannya pada slide anda dan anda harusmengkonfirmasi jika ingin menggunakan theme tersebut dengan mengklik 2 kali pada theme yang diinginkan.

Aplikasi Word. Sementara Outlook 2007 menyajikan fitur Scheduling yang lebih praktis dan kompak yang menjadikannya sebagai penghubung komunikasi yang lebih handy bagi profesional yang sibuk dan menginginkan segala hal lebih praktis. Excel dan Outlook juga Office Tools . tampaknya Anda tidak perlu terburu-buru untuk upgrade ke Office 2007 . Format file baru yang dihasilkan juga terasa agak canggung bagi yang belum terbiasa. dan slideshow yang lebih menarik pada akhirnya akan mendapatkan harga yang telah Anda bayar untuk upgrade ke Office 2007 cukup sepadan. Tetapi integrasi antar aplikasi masih dirasa kurang menyeluruh. Tidak ada satu tombol yang dapat secara otomatis untuk mengkolaborasikan dengan aplikasi lain pada saat editing. tidak punya cukup waktu untuk belajar dan membiasakan diri dengan fitur dan tata letak antarmuka yang baru dan tergolong orang yang tidak sabaran sementara selama ini menggunakan Office 2000 atau 2003 sudah cukup bagi Anda. Microsoft tidak memberikan jembatan ke web untuk seluruh pengguna Office 2007. dan PowerPoint 2007 menghasilkan dokumen dan presentasi dengan tampilan yang lebih cantik. pengguna baru yang mengenal Office justru pada edisi 2007 akan lebih mudah menikmati dan menguasai kecanggihan Office 2007 dibanding pengguna lama yang sudah terbiasa dengan edisi sebelumnya. Penampilan Office 2007 ini tampak begitu tidak mirip dengan pendahulunya. maka Office 2007 akan menjadi aplikasi yang sangat menantang. bagan. Termasuk didalamnya aplikasi Word.Microsoft Office Standard 2007 yang dibangun dengan sangat ambisius menyajikan perbedaan antarmuka yang sangat drastis dibanding edisi sebelumnya. senang mencoba hal-hal baru dan tidak ada kesulitan menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru.dengan perubahan yang cukup drastis. Upgrade ini tampaknya tidak ditujukan bagi semua kalangan pengguna. Namun demikian. Excel. Hal itu hanya dapat dilakukan bila bekerja dalam lingkungan server atau dengan membeli tool Microsoft Groove Online Collaboration. meskipun Office 2007 menghadirkan Windows Live dan layanan Office Live. Tetapi agak disayangkan. Anda yang tidak enggan belajar mengenal Office lagi dari awal dan bertekad membiasakan diri. Karena hal itu juga Office 2007 termasuk aplikasi yang paling banyak menuai pro dan kontra diantara pengguna dan calon penggunanya. Edisi-edisi Office Microsoft Office Standard 2007 hadir dalam retail lengkap maupun upgrade. Office 2007 menawarkan fitur yang komplek dan mungkin tidak akan Anda temukan pada aplikasi sejenis lain. Anda yang selama ini berangan-angan membuat relasi bisnis atau tim kerja Anda terkesan dengan penyajian laporan. Hadirnya Office 2007 dibarengi dengan serangkaian kemampuan yang lebih sederhana dan mudah digunakan. Jika Anda adalah seseorang yang sabar. PowerPoint.

yang berfungsi mengelola pengaturan bahasa dan gambar. Selain itu. Pengguna rumahan yang tidak membutuhkan e-mail desktop dapat memilih versi Office Home & Student yang tidak menyediakan versi upgrade. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi catatan seputar proses instalasi Office 2007: . Microsoft tidak menyaratkan spesifikasi hardware terbaru. Namun jika Anda mempunyai waktu dan ingin mengikuti seluruh proses instalasi dengan seksama. waktu yang dibutuhkan untuk menginstal Microsoft Office Standard 2007 kurang dari 20 menit pada sistem operasi Windows XP. hadir dengan Word. Office Standard 2007 berukuran lebih kecil dari pendahulunya. Dibutuhkan memori setidaknya sebesar 512MB jika menginstal juga Outlook dengan Business Contact Manager yang terdapat pada edisi Small Business. Tidak seperti sistem operasi Vista. paling tidak dibutuhkan 40 menit untuk membaca License Agreement saja. yaitu sebesar 3GB. untuk menggunakan Office 2007 dibutuhkan prosesor berkecepatan 500MHz dan memori sebesar 256MB. Sayangnya pada saat proses instalasi ini. Hanya edisi Enterprise dan Ultimate yang menyertakan Groove Tool baru. Namun agak janggal. Sementara Microsoft Office Small Business 2007 dibandrol lebih rendah sekitar $50 dari edisi Professional yang menyertakan aplikasi Access. . Excel dan Outlook hanya tersedia dalam versi pre-install (OEM) yang menyatu dengan komputer baru dari manufaktur dengan lisensi dari Microsoft. kedua edisi paling canggih ini justru terasa kekurangan komponen Business Contact Manager pada Outlook yang mungkin dibutuhkan pengguna korporat untuk mendukung aktivitas marketing mereka.Tanpa konfigurasi lanjut pada proses instalasi yang kami coba. termasuk juga didalamnya adalah alat diagnosa yang akan berguna pada saat terjadi crash. proses yang berlangsung membutuhkan penggunanya untuk lebih terlibat.Dari seluruh proses instalasi.Anda diijinkan menginstal Office 2007 pada 2 komputer . Microsoft tidak memberikan indikasi berapa besar ukuran masing-masing aplikasi yang Anda pilih untuk diinstal pada PC Anda. Professional dan Ultimate. Ketika kami memilih ‘Customize’ selama proses instalasi pada PC lainnya.Anda setuju untuk memberikan verifikasi kode lisensi Anda sewaktu-waktu Microsoft memintanya untuk menghindarkan penggunaan Office bajakan. ‘memasukkan’ Office ke harddisk membutuhkan waktu tambahan sekitar 15 menit. Windows Server 2003 maupun Windows Vista. Setidaknya. Office 2007 dapat berjalan pada Windows XP.Anda setuju untuk melakukan download kapanpun . Produk setara dengan Office Home & Student adalah Office Student & Teacher 2003 yang hadir dengan OneNote namun tetap tanpa Outlook Paket Basic.

Fitur ini akan menghemat waktu yang Anda perlukan untuk melihat tampilan setiap Anda melakukan perubahan. Style Galleries memungkinkan Anda melihat tampilan dari perubahan font. warna dan model bagan yang Anda buat terlebih dahulu sebelum Anda mengaplikasikannya. Anda dapat menambahkan tombol ke Quick Access Toolbar. tetapi jangan dulu menyerah. Lebih terang dan kebiruan. Anda mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Seperti misalnya pada saat kami mencari tab Picture Tools Format. Sampai disini mungkin terasa menyulitkan. Jadi. Misalnya untuk Page Layout pada Word. Semua ditekankan untuk memudahkan pekerjaan dengan memanfaatkan . mestinya Office 2007 dapat menjadi aplikasi yang membumi dan digunakan oleh siapa saja. Sementara tombol jalan pintas Alt tetap berfungsi sama. Berbagai kemudahan demi kepraktisan ditawarkan oleh Office 2007. Word. Tetapi opsi Page Borders akan membawa Anda ke kotak pop-up seperti yang selama ini terdapat pada Office lama. Anda dapat menggunakannya bersama dengan huruf pertama dari menu yang ada untuk mengaktifkannya. Fitur Beberapa perubahan pada Office 2007 dapat dinikmati langsung pada tampilannya. PowerPoint dan Excel dapat menampilkan color themes dan template hanya dengan mengarahkan mouse pada area edit. kami baru sadar setelah beberapa saat bahwa tab tersebut hanya akan muncul pada saat meng-klik sebuah gambar. Dan yang akan menjadi antarmuka favorit kita semua adalah slider bar pada bagian kanan bawah yang akan memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen dengan sangat mudah. sama sekali bukan dynamic preview seperti sebelumnya. Excel dan PowerPoint menampilkan fitur-fiturnya dalam toolbar Ribbon yang menggantikan menu dropdown abu-abu dan dialog box yang telah bertahan selama hampir 25 tahun. Namun demikian dynamic preview tidak berlaku untuk semua elemen style. Program pada Office 2007 yang menggunakan enjin untuk grafis baru lebih menekankan pada mempercantik tampilan dokumen. Misalnya. Begitu banyaknya pengguna komputer yang biasa menggunakan aplikasi grafis justru akan menemukan Office 2007 sebagai aplikasi yang menyenangkan. Antarmuka memang sesuatu yang terasa paling mencolok pada Office 2007.Antarmuka Ketika Anda membuka masing-masing aplikasi dalam Office 2007. Anda akan menemukan antarmuka yang berbeda dari sebelumnya. Ini berlaku juga pada tabel dan bagan. Excel dan PowerPoint Anda untuk mengakomodasi kebiasaan dan kebutuhan Anda. Anda dapat mengkastomisasi Word.

Kini Anda dapat menemtukan tingkat kejernihan. selebaran. Anda yang menggunakan Word 2003 atau 2000 akan membutuhkan Compatibility Pack yang dapat di-download sekali saja untuk memungkinkan aplikasi Word lama Anda membaca format file baru .docx. Jika sebuah file menjadi corrupt. namun ini tidak bekerja secara otomatis. file Excel akan berekstensi . dokumen yang dihasilkan oleh Office 2007 tidak dapat dibuka dengan aplikasi Office edisi sebelumnya.Setiap aplikasi yang dibuat akan menghasilkan file dengan format baru yaitu Office Open XML. Selama 90 hari setelah aktivasi pengguna dapat memanfaatkan layanan dukungan teknis via telepon yang tersedia hingga pukul 9 malam setiap hari pada region tertentu yang akan membantu Anda memberikan solusi untuk masalah keamanan maupun virus secara gratis. Kini Office 2007 menghadirkan beberapa template seperti diagram SmartArt yang akan membantu Anda mempercantik laporan yang Anda susun. file Word akan berekstensi . Namun demikian. Tetapi tidak bekerja sebaliknya. Word 2007 menawarkan beberapa tool dasar yang biasanya hanya terdapat pada aplikasi desktop publisher seperti Microsoft Publisher dan InDesign. Dari Online Help ini Anda bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan apapun yang Anda temui . brosur dan sebagainya dengan gambar dan bagan.docx.mata penggunanya. dukungan Online Help tersedia kapan saja secara cuma-cuma dalam kondisi apapun. gambar. bagaimana jika rekan Anda masih menggunakan edisi lama dan Anda perlu mengirimkan dokumen yang Anda hasilkan dengan Office 2007? Office 2007 memungkinkan Anda menyimpan dokumen yang Anda hasilkan dalam format edisi lama. makro dan elemenelemen lain secara terpisah. Anda akan bekerja dalam Compatibility Mode dengan fitur yang dikurangi hingga Anda mengkonversi dokumen tersebut ke format yang baru.xlsx dan seterusnya. Anda tidak dapat menempatkan obyek-obyek secara presisi seperti ketika Anda menggunakan aplikasi grafis. Dokumen yang dihasilkan Office 2007 ditekan sedemikian rupa hingga berukuran lebih kecil dari yang dihasilkan oleh Office edisi sebelumnya. Bagaimanapun juga. penambahan fitur ini sungguh sangat membantu untuk pekerjaan-pekerjaan desktop publishing sederhana. Lalu. layanan ini tidak gratis lagi. Misalnya.Tapi untungnya. Edisi Layanan dan Dukungan Edisi boks Microsoft Office 2007 menyertakan 174 halaman panduan Getting Started yang akan sangat membantu terutama bagi pengguna baru. Perlu diingat bahwa ketika Anda membuka dokumen lama menggunakan aplikasi edisi 2007. Lewat masa tersebut. menambah efek 3dimensi seperti bayangan dan sinar pada gambar maupun bagan dengan lebih mudah. Anda akan dapat mengembalikan isinya jauh lebih baik dibanding sebelumnya karena Office 2007 menyimpan masing-masing elemen seperti teks.

ketikan judul halaman. Maka muncul kotak dialog Font. sekarang kita atur tabs stop. Lalu muncul kotak dialog Paragraph. klik Tabs Indent and Spacing. Setelah itu klik tanda panah disamping kanan Paragraph. Jika font telah dirubah. Kita akan membuat 3tab stop position. dan yang ketiga untuk akhir titik. Lalu klik OK. Berikut adalah langkah demi langkah pembuatan Formulir Data Mahasiswa: 1. semenjak “command” telah ditiadakan mulai edisi 2003. Yang paling menyenangkan adalah Command Reference Guides untuk Word. Sekarang kita buat tab stop position yang ketiga. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengganti tipe font dan ukurannya. pada keyboard tekan tombol CTRL+A setelah itu tekan tombol CTRL+SHIFT+F. Pada Tab stop position masukan 4 cm lalu klik Set. kita masuk ke kotak dialog Paragraph dengan cara mengklik tab/menu Page Layout. karena tipe font default dari MS WORD 2007 adalah Calibri. . Setelah membuat halaman JUDUL. rubah font menjadi Times New Roman dan ukurannya menjadi 12. pada tab stop position masukan 15 cm. lalu tekan tombol CTRL+B agar teks tersebut menjadi BOLD. Untuk merubah tipe font dan ukurannya. misal: FORMULIR DATA MAHASISWA. Untuk mengatur tabs stop. lalu pada Leader klik Radio Button no 2. Pada bagian atas halaman.25 cm. OFFICE WORD 2007 1. Excel dan PowerPoint yang dapat memandu menemukan solusi. tab stop position yang pertama untuk “:”.pada saat menemukan kesulitan selama menggunakan Microsoft Office. Setelah itu muncul halaman baru dari Microsoft Office Word 2007 3. setelah itu klik Set. Setelah itu tekan tombol OK. Setelah itu muncul kotak dialog Tabs. lalu klik tombol Tabs. yang kedua untuk awal titik. select/blok teks tersebut. Jalankan Microsoft Office Word 2007 Start_Programs_ Microsoft Office_ Microsoft Office Word 2007 2. Anda juga dapat mengirimkan pertanyaan ke Forum dan Chats yang disediakan dalam situs Microsoft untuk mendapat tanggapan dari sesama pengguna Office di seluruh dunia. Setelah itu. Tips & trik office word 2007 Membuat Formulir Data Mahasiswa Menggunakan Tab Stop Tab stop adalah tempat dimana kursor akan berhenti saat kita menekan tombol TAB. Ulangi langkah tersebut dengan Tab stop position yang berbeda yaitu 4. sekarang kita membuat Judul Halaman.

Ulangi langkah ke-13 tersebut untuk konten Tempat/Tanggal Lahir. Ketikan lagi isi konten halaman.I. setelah itu ketikan “:”. Untuk konten alamat. maka pada ruler/penggaris akan tampil seperti dibawah ini: Sekarang kita langsung mengisi konten halaman. .Karena kita sudah mengatur posisi Tabs Stop.Lalu ketikan “:”. ketikan Nama Lengkap. setelah itu tekan tombol TAB pada keyboard sebanyak satu kali. setelah itu ketikan “:”. setelah itu tekan tombol TAB pada keyboard sebanyak satu kali. ketikan Alamat.Lalu tekan tombol TAB pada keyboard sebanyak dua kali. Lalu tekan Enter. Lalu tekan tombol Ulangi langkah ke-13 untuk membuat konten Agama dan Nama Orang Tua.tekan lagi tombol TAB pada keyboard sebanyak dua kali. setelah itu tekan satu kali tombol TAB pada keyboard. misal ketikan N.M. Dibawah judul.tekan Enter.

.TAB pada keyboard sebanyak 5x. Lalu tekan Enter.

Setelah itu Klik Cover Page. 3. Jalankan Microsoft Office Word 2007 Start-Programs. Karena kita akan membuat Cover Menggunakan Template. . kita langsung saja Klik tab/menu Insert.Microsoft Office Word 2007 2.Microsoft Office.MEMBUAT COVER PADA MS OFFICE 2007 Langkah Kerja Membuat Cover Menggunakan Microsoft Word 2007 1.

4. Untuk merubah Subtitle Default. Setelah itu cari Template yang berjudul Mod. 10. lalu ketikkan judul cover. klik teks yang bertuliskan [Type the document title]. dengan mengeser scroll bar 5. Menggunakan cara yang sama seperti diatas dengan mengklik teks pada Template tersebut. Misal: Cara Cepat Belajar Microsoft word 2007 9. lalu ketikan isi dari subtitle yang akan dibuat. Selanjutnya kita rubah isi intisari dokumen/abstract document default. Sekarang saatnya kita merubah Teks Default atau teks bawaan dari template 7. . gunakan cara yang sama dengan cara mengklik teks yang bertuliskan [Type the Document subtitle]. Untuk merubah Judul Cover. Misal: Membuat Cover Pada MS WORD 2007 8. Maka pada Microsoft Word akan tampil seperti berikut : 6.

Berikut langkah-langkah pembuatan halaman Koran: 1.Microsoft Office.11.Microsoft Office Word 2007 . Membuat Halaman Koran Membuat Halaman Koran/Teks Berkolom Untuk membuat halaman Koran. Maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar diatas. kita menggunakan fungsi Columns yang ada pada Page Layout. Jalankan Microsoft Office Word 2007 Start-Programs.

Hasil dari mengkompile source code Java bukanlah kode mesin atau instruksi prosesor yang spesifik terhadap mesin tertentu. namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan platform independent. pada keyboard tekan tombol CTRL+A setelah itu tekan tombol CTRL+SHIFT+F. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengganti tipe font dan ukurannya. Setelah itu ketikan konten/isi yang akan dimasukan kedalam kolom. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel. Source code program Java sendiri tidak perlu dirubah sama sekali jika Anda ingin mengkompile ulang di platform lain.class. Setelah itu tekan tombol OK. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk. semua tipe data dalam bahasa Java mempunyai ukuran yang konsisten di semua jenis platform. Aspek ini sangat penting untuk dapat mencapai tujuan Java sebagai bahasa pemrograman Internet di mana sebuah program akan dijalankan oleh berbagai jenis komputer dengan berbagai jenis sistem operasi. 4. Bytecode tersebut dapat langsung Anda eksekusi di tiap platform yang dengan menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter terhadap bytecode tersebut. Setelah itu muncul halaman baru dari Microsoft Office Word 2007 3. karena tipe font default dari MS WORD 2007 adalah Calibri. melainkan berupa bytecode yang berupa file berekstensi .2. 5. Setelah itu blok/select semua teks tersebut. Misal ketikan teks berikut: Apakah Java? Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. dengan cara menekan tombol CTRL+A pada keyboard. Maka muncul kotak dialog Font. Berbeda dengan bahasa C dan C++. . Platform Independent Platform independent berarti program yang ditulis dalam bahasa Java dapat dengan mudah dipindahkan antar berbagai jenis sistem operasi dan berbagai jenis arsitektur komputer. Sifat ini berlaku untuk level source code dan binary code dari program Java. Untuk merubah tipe font dan ukurannya. yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis system operasi dan arsitektur komputer. rubah font menjadi Times New Roman dan ukurannya menjadi 12.

Mail Merge. danakhirnya ditempel ke dalam amplop secara manual? . kode pos. alamat. Karena masih dianggap sangat penting. 7. Lantas. Setelah ter-blok. Maka konten/isi yang telah kita buat sudah seperti Halaman Koran/teks berkolom. dan lain sebagainya. seperti nama. kapan kita memakainya? Pernahkah Anda harus menulis alamat di amplop berulang kali sampai menghabiskan lembar halaman dan kemudian dicetak.6. klik Tab/Menu Page Layout. Dalam sejarahnya. data-data itu disimpan dalam file khusus dan bisa dipakai kapanpun. kota. digunting. Mail Merge sudah ada di versi MS Word lama. maka MS Word 2007 menyertakannya dalam kelompok Mailings. Mailings Tentang Mailings MS Word 2007 memiliki Tab Mailings yang di dalamnya terdapat fitur.Mail Merge berfungsi mengumpulkan data-data orang. Lalu.

9. Meletakkan data-data manusia ke dalam kertas. 14. Proses pendataan orang-orang itu harus dilakukan pertama kali sebelum kita meletakkannya ke dalam amplop atau media lainnya. Tekanlah Office Button terlebih dulu. Pada kotak dialog Save Address List.• • • • Mengenal konsep Mailings di dalam MS Word 2007. 10. tekan tombol New Entry. Setelah itu klik Tab Mailings. Anda tidak harus mengerjakan hal yang sama berulang kali. Untuk itu. pilihlah Blank Document. teman saudara. Anda bisa mengatur bagaimana tulisan pada amplop akan tercetak. Mereka bisa berasal dari kelompok rekan bisnis. Mendata Manusia Proses awal yang harus kita jalani terlebih dulu adalah mendata orang-orang yang kita kenal. Tekan tombol Save. lewat teknik di bawah ini Anda bisa mengefisienkan waktu. Posisikan kursor mouse di bagian agak bawah pada amplop itu sampai muncul area berwarna biru. 13. 3. . 6. Pada kotak dialog New Document. 16. 17. Mendata manusia ke dalam sistem database. teman keluarga. Paling tidak. Klik tombol Select Recipients . Tekanlah tombol OK. ukuran kertas akan berubah menjadi ramping mengikuti bentuk amplop yang akan kita pakai. Masukkan data orang yang ingin Anda rekam ke dalam kotakkotak yang telah disediakan. 7. 4. Merealisasi Mailings untuk pekerjaan penulisan Jika pernah. Tapi Anda bisa mengabaikannya dengan menekan tombol OK pada kotak dialog Envelopes Options. 15. dan lain sebagainya. 11. Pilihlah Envelope jika kita ingin menulis nama orang beserta alamatnya ke dalam amplop-amplop. Tekan tombol Start Mail Merge. simpan data-data itu ke dalam sebuah file terlebih dulu. 5. lakukan langkah-langkah di bawah ini: 1. Kemudian pilihlah New. Jika ingin menambah data orang lain. Lantas klik tombol Create. 8. Dalam waktu singkat. 2. Pastikan Anda memasukkan data orang itu ke kotak-kotak yang benar. Pilihlah Type New List Menggunakan Mailings 12.

Tekan tombol Enter untuk memulai baris baru 20. Kalau sudah. Pada kotak dialog Merge to Printer. klik file database tempat data-data alamat itu berada. 22. 19. Tekan tombol Select Recipients. di bagian kiri pastikan semua opsi dalam keadaan terpilih dan Anda bisa melihat preview-nya di sisi kanan. . Tekan tombol Open. Pada kotak dialog Select Data Sources. klik tombol Finish & Merge yang ada di bagian paling pojok kanan. 29. 32. Ketikkan teks seperti ”Kepada Yth. gunakan tombol navigasi berikut . Kali ini. Jika ingin melihat data-data lainnya. Kalau ingin melihat tulisan di balik <<AddressBlock>> itu.18. Apabila ingin mencetak amplop ini lengkap dengan data-data yang telah Anda masukkan sebelumnya. Lantas pilihlah Print Documents. 21. Pada kotak dialog Insert Address Block. tekan tombol Preview Results . 26. 27. 25. pilihlah Use Existing List. Jika sudah tekan tombol OK dan di dalam amplop akan muncul teks <<AddressBlock>>. 24. 23.”. tekan tombol Address Block . 31. 30. 28. Tekan tombol OK dan mulailah proses pencetakan. pilihlah opsi All jika ingin mencetak semua nama yang sudah terdaftar.

.

Memilih Ikon Background .1. data-data yang nanti Anda masukkan akan berada di depan gambar latar belakang itu. Jadi. Dalam waktu singkat. Berikut langkah-langkah memasukkan gambar latar belakang: 1. Gambar 5. Anda dapat memasukkan gambar latar belakang ke dalamnya. Pilih salah satu foto atau gambar yang Anda inginkan. Pilih Tab Page Layout. Klik pada ikon Background. 3. 2. di dalam worksheet akan terpampang foto yang melatarbelakangi data-data yang Anda buat. Tekan tombol Insert.OFFICE EXCEL 2007 Memasukkan Gambar Latar Belakang Agar tidak bosan atau agar tampilan worksheet lebih menarik. 4.

Kalau sudah begini. klik pada ikon Delete Background.4. klik Tab Format. Klik pada opsi Compress Picture. . Pilihlah Delete Background Gambar atau foto yang tadi telah Anda masukkan pun akan langsung dihilangkan dari dalam worksheet. Pilih Salah Satu Foto yang Anda Inginkan Menghilangkan Foto atau Gambar Latar Belakang Kalau kita sudah memasukkan foto atau gambar latar belakang ke dalam worksheet dan suatu saat ingin menghilangkannya kembali. foto atau gambar memiliki resolusi tertentu yang tidak pas untuk pekerjaan tertentu. 4. tekan tombol Options terlebih dulu. Biasanya. 2. Untungnya. Klik Tab Page Layout. maka menempatkan file fotoberesolusi tinggi di dalam worksheet merupakan sebuah kesia-siaan. apa yang harus kita lakukan? Tinggal lakukan langkah-langkah di bawah ini: 1. 3. Kalau workbook ini akan dikirim via e-mail. Mengecilkan Ukuran File Foto File workbook akan menjadi bertambah besar setiap kali Anda memasukkan foto atau gambar ke dalam worksheet yang ada di dalamnya. Gambar 5. Misalnya saja. 2.2. Berikut langkah-langkahnya: 1.Gambar 5. Kemudian. Sebelumnya. Klik foto atau gambar yang sudah Anda masukkan ke dalam worksheet. 5. resolusi di atas 150 dpi tidak ideal jika workbook itu hanya akan dikirim via e-mail dan tidak dicetak. MS Excel 2007 punya fasilitas untuk mengecilkan ukuran file foto. Kemudian. pilih opsi e-mail.

Tapi ukuran file foto akan berubah ketika Anda memilih setting yang berbeda. 2. Tapi kalau kita mau kreatif.8. MS Excel 2007 menyediakan fasilitas untuk mengatur bentuk gambar atau foto sehingga tidak lagi persegi empat. Memilih Opsi Compress Picture Gambar 5. Secara fisik biasanya tidak tampak adanya perbedaan yang sangat ekstrem.6. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda jalankan: 1. bentuk gambar atau foto yang kita letakkan di dalam worksheet selalu persegi empat. Pilih salah satu model bentuk yang Anda inginkan.5. Kemudian. Gambar 5. 4. Memilih Opsi E-Mail Agar Ukuran File Menjadi Lebih Kecil Mengatur Bentuk Gambar atau Foto Secara default. 3. Gambar 5. Anda akan melihat sebuah objek foto yang bentuknya telah dimodifikasi. tapi menjadi beragam bentuk. klik Tab Format. Tekan tombol OK dua kali. Pastikan foto atau gambar itu sudah terseleksi sebelumnya. Secara otomatis.7. Klik pada opsi Picture Shape. Memilih Picture Shape .

Klik Tab Page Layout. 4. klik pada opsi Text Box. Kemudian. Pilih dulu foto atau gambarnya. 2. 2. banyak orang menggunakan garis tepi yang ukurannya cukup tebal. Bagaimana caranya memerintahkan Excel 2007 agar selalu mencetak dalam format hitam putih tanpa memaksa kita mengubah seluruh warna yang ada di dalam worksheet secara manual? Lakukan langkah-langkah di bawah ini: 1. 4. Mencetak Hanya dalam Warna Hitam Putih Walaupun MS Excel 2007 mampu men-support jutaan warna.12. 2. 5. Sorot bagian Weight. kita hanya ingin mencetak worksheet dalam pola hitam putih saja. walaupun Anda punya tinta warna dan juga gambargambar berwarna. Pilih Tab Insert. Lakukan langkah-langkah di bawah ini: 1. Aktifkan opsi Black and White.Memberi Garis Tepi pada Gambar Untuk mempertegas keberadaan sebuah gambar atau foto. 4. Tekan tombol OK. Pastikan Anda berada di dalam Tab Sheet. Gambar 5. Bagaimana caranya kita memberi garis tepi dalam lingkungan MS Excel 2007? Mudah saja. klik pada ikon Print Titles. klik pada Tab Format. tetap saja hasil cetakan akan selalu hitam putih. Text Box tidaklah hanya sekedar persegi empat dengan teks di dalamnya. Ketik teks yang Anda inginkan di dalam text box tersebut. Pilih salah satu model ketebalan garis yang Anda inginkan. 3. Pilih Print Titles 3. 5. Hasilnya. . Membuat Kotak Teks yang Artistik Di sistem Office 2007. Pilih Picture Border. Acapkali. Kemudian. Klik dan drag di dalam worksheet untuk membuat area text box terlebih dulu. Anda bisa membuat text box yang benar-benar artistik dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini: 1. Kemudian. 3. tapi belum tentu kita membutuhkan warna-warna itu.

Tampilan Text Box yang sudah Lebih Baik Menghapus Bagian Foto yang Dipotong Secara Permanen Dengan menggunakan MS Excel 2007. Tampilan Awal Text Box Gambar 5. tampilan text box yang sudah Anda buat tadi akan segera berubah. Pilih salah satu desain text box yang Anda inginkan. Itu artinya. Klik pada text box tersebut dan pilih Tab Format. Pastikan foto tersebut sudah Anda potong terlebih dulu. Tekan tombol OK. Kalau sudah. Kita bisa menghapus bagian yang terpotong secara permanen lewat langkah-langkah di bawah ini: 1. Pilihlah opsi Options. gunakan Crop dan buang bagian-bagian foto yang tidak Anda butuhkan. 6.17. bagian yang terpotong itu hanya terpotong secara visual saja. 2. Tapi. Anda dapat memotong foto atau gambar. .15. 5. Klik ikon Compress Picture. Hanya saja. Gambar 5. Klik tombol More pada bagian Shape Styles.5. 4. Aktifkan opsi Delete Cropped Areas of Pictures. foto tersebut tidak benar-benar terpotong karena MS Excel 2007 hanya menyembunyikan bagian tersebut saja. 7. Caranya. 3. Lihat perubahannya seperti gambar di bawah ini. bukan berarti kita tidak bisa menghapus bagian-bagian tersebut.

Pilih foto atau gambar yang akan diubah menjadi bentuk efek tombol. lakukan langkah-langkah di bawah ini: 1. foto 13 tersebut bisa saja terputar dalam derajat yang tidak beraturan dan tak terkontrol. 3. Membuat Efek Tombol pada Foto Anda bisa membuat kesan 3 dimensi pada sebuah gambar atau foto lewat cara yang mudah menggunakan MS Excel 2007. Arahkan kursor mouse di atas handle berwarna hijau yang ada di bagian atas foto.Saat itu pula. Tapi ada saatnya. 4. Berikut salah satu tekniknya: 1. . Foto itu akan diputar dalam kelipatan 15 derajat. Tekan tombol Shift+Klik dan drag ke arah kiri atau kanan tergantung orientasi perputaran foto yang Anda inginkan. Memutar Foto dalam Kelipatan 15 Derajat Anda bisa memutar foto dalam putaran berapa derajat pun. Pilih Model Tombol yang Anda Inginkan Anda bisa memilih bentuk yang berbeda apabila menginginkan bentuk tombol yang beragam. Masalahnya. atau 60. maka perputaran yang Anda lakukan tidak sebebas ketika Anda tidak menekan tombol Shift. Gambar 5. Sorot opsi Preset. Klik ikon Picture Effects. 2. kalau kita memutar foto dengan menggunakan klik dan drag. Berikut salah satu model tombol yang Anda inginkan.19. kita ingin memutar foto dalam derajat tertentu. Untuk memutar foto dalam kelipatan 15 derajat. ketika worksheet ini sudah disimpan. misalnya 30. Ketika Anda menekan tombol Shift. maka bagian gambar atau foto yang terpotong akan hilang secara permanen. Pilih salah satu bentuk tombol yang Anda inginkan. 45. 2.

lepaskan tombol kanan mouse itu. Walaupun sudah diakui sebagai cara yang paling umum. Mengkopi Shape Sekaligus Memindahkannya Anda bisa mengkopi shape dengan menggunakan teknik Copy-Paste biasa. Klik dan drag untuk membuat bentuk tersebut. 3. kita harus membedakan jenis font untuk data itu sehingga keberadaannya lebih menonjol dibanding dengan yang lain. 2. maka Anda harus melakukannya secara manual. 2. Setelah itu.Memberi Penekanan Menggunakan Shape Pernahkah Anda harus membuat sebuah data dan data itu begitu penting sehingga harus ditonjolkan keberadaannya? Biasanya. Pilih salah satu bentuk yang Anda inginkan. Klik Tab Insert terlebih dulu. tapi MS Excel 2007 punya cara yang lebih praktis. 4. yaitu menggunakan metode klik dan drag.Anda juga bisa menggunakan bantuan shape untuk memberi penekanan terhadap data itu. Berikut langkah-langkahnya: 1. Tapi. Anda akan melihat shape yang warna serta polanya mengikuti style yang telah Anda pilih tadi. Langkah-langkahnya seperti ini: 1. klik tombol More yang ada di kelompok Shape. Kemudian. Klik dan drag objek shape itu namun dengan menggunakan tombol kanan mouse. 5.23. percantik menggunakan Shape Styles yang ada di Tab Format. Namun kalau Anda ingin memindahkan objek shape hasil kopian itu ke tempat lain. Memilih Salah Satu Shape yang Anda Mau Gambar 5. Kalau sudah. Gambar 5.22. Pilih Style untuk Shape Tersebut Setelah itu. .

Hasilnya. Anda juga bisa hanya sekedar memindahkan objek dengan memilih Move Here saja. 2.3. Buatlah shape dan berilah sebuah warna solid (jangan warna yang gradasi). Pilih Copy Here Ketika Anda memilih Copy Here maka objek shape itu akan dikopikan ke dalam lokasi yang baru. Dengan kata lain.25. Tekan tombol OK. Berikut langkah-langkahnya: 1. Gambar 5. . semakin transparan pula objek tersebut. Gambar 5. Geser slider Transparency ke arah kanan. 3. Semakin ke kanan. kita harus pastikan agar shape itu tampak transparan. Pilihlah Format Shape. Membuat Shape Transparan Apabila shape dibuat untuk memberi penekanan pada data yang ada di dalam worksheet maka pastikan shape itu dibuat namun masih tetap memperlihatkan data yang ada di bawahnya. Pilihlah Copy Here. Tekan tombol kanan mouse pada shape itu. 5.26. Memilih Format Shape 4. objek shape itu akan menjadi transparan dan Anda bisa melihat data-data yang tadinya tertutup oleh objek tersebut.

Memilih Edit Text . Klik pada objek shape itu. klik di bagian lain pada worksheet.29. Menggeser Transparency ke Arah Kanan Gambar 5. Ketik teks yang Anda inginkan. Caranya. Pilihlah Edit Text.Gambar 5. 4. Anda bisa menulis teks di dalam shape tersebut jika perlu.28. Gambar 5. 5.27. Untuk menyelesaikannya. Tekan tombol kanan mouse. 2. lakukan langkah-langkah di bawah ini: 1. Shape yang Transparan Menulis Teks di dalam Shape Shape tidak hanya berbentuk objek persegi tanpa makna. 3.

suara dan objek yang dibuat program lain. ubah warnawarna pada foto itu agar lebih bernuansa kecoklatan. 2. Menciptakan Kesan Tua pada Foto Kalau mau. objek gambar. movie. klik pada Tab Format. Anda juga bisa memilih nuansa warna lain. 3. misalnya hitam putih atau lebih mendekati ke warna merah muda. Anda bisa menciptakan kesan tua pada sebuah foto. Memilih Warna Bernuansa Kecoklatan Mengapa coklat? Karena foto tua identik dengan foto berwarna kecoklatan. Klik pada foto yang sudah Anda masukkan ke dalam worksheet. clipart.32. Pilihlah Recolor. grafik. Gambar 5. Caranya.Gambar 5. Pilih warna yang bernuansa kecoklatan untuk mendapatkan kesan warna yang tua. Teks di dalam Shape Anda bisa menulis teks di dalam shape sampai sebesar ukuran shape tersebut. Presentasi Power Point dapat terdiri dariteks. Kemudian. PowerPoint 2007 Micorosoft PowerPoint 2007 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang handal.30. Berikut langkah-langkahnya: 1. OFFICE POWER POINT 2007 Mengenal Ms.Program ini pun dapat .

Sos. S. PowerPoint Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Ms. serta dapat dicetak untuk ukuran slide film.Si. lainnya. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 3 . M. PowerPoint 2007 mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan versi sebelumnya. M. atau denganmenggunakan transparansi untuk kebutuhan presentasi melalui Overhead. Seperti telah disampaikan di atas. Pada dasarnya semua tools yang ada pada Ms. PowerPoint 2007.. Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar. PowerPoint 2007 juga ada versi yang belumnya. Mengaktifkan Ms. Tampilan Ms.Sos..Micorosoft Office PowerPoint 2007 Posisi menu bisa saja tidak sama antara satu komputer dengan computer • Jika Anda sudah membuat shortcut dan menempatkannya pada desktop. pilih Microsoft Office. maka kita dapat mencetaknya seperti notes. PowerPoint 2007 dengan mengklik (double click) icon shortcut tersebut. Apabila dibutuhkan dibagikan kepada audiens sebagai bahan pendukung dalam presentasi. PowerPoint 2007 berbeda dengan Ms. S.dicetak secara langsung menggunakan kertas. maka Anda akan lebih mudah untuk mempelajari kembali penggunaannya pada Ms.. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 2 Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar. pilih Program. tetapi tampilannya sangat berbeda dan terdapat beberapa fitur tambahan.Si. tampilan lembar kerja Ms. Kita juga dapat menampilkan presentasi secara online baik melalui internet maupun intranet. PowerPoint sebelumnya. begitu juga dengan penggunaan istilahnya. Power Point 2007 ini bisa dilakukan dengan langkah berikut : • Klik START. dan kemudian klik Power Point Start – Program -Microsoft Office . PowerPoint sebelumnya (mis: Ms. Power Point 2007 yang ada di komputer Anda. maka Anda dapat mengaktifkan Ms. Pengaktifan Ms. handout dan outline. PowerPoint 2003). Jika Anda telah menguasai Ms.

Si.. Fungsi Utama Tombol Ms. PowerPoint 2007 dibandingkan versi sebelumnya. S. antara lain : New. Office Button Quick Access Toolbar Tool Group Dialog Box Launcher Group Name Ribbon Tabs bon Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar. Save as. PowerPoint 2007 Terdapat perbedaan istilah yang digunakan Ms. Shortcut ini dapat ditambah dengan mengklik panah di sebelah kanan. Open.Lembar Kerja Ms. Undo.Sos.Gambar 1. Prit. Office Button) Ms. Save. Quick Access Toolbar .2. Office (Ms. and Repeat. Quick Access Toolbar berisi shortcut untuk fungsi Save. antara lain penggunaan istilah Ribbon Tabs untuk menggantikan menubar dan Ribbon untuk kumpulan toolbar (tools group). M. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 4 1. PowerPoint 2007 Fungsi dari Tools dalam Ms. Send & Publish.5. Prepare. Office Button berisi fungsi-fungsi utama dari File. 2. Ms. Gambar 1.

terdapat tombol Text Box. dan Shape Effects. Ribbon Tab Home Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 5. dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.9. Font. _ Paragraph. dan chart (grafik).. Shape Fill. a. _Clipboard. PowerPoint 2007 antara lain : Home. Ribbon Tab Insert Gambar 1. antara lain : _Tables. yang berfungsi untuk mengatur format slide dan isinya. paste. Insert. smartart. shapes. pilihan pada Ribbon Tab Home. dan Select. _Illustrations. dan format painter. cut. Arrange. Quick Styles.Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar. S.8. Animations.Si. Shape Outline. Gambar 1. reset dan delete.. S. Austoshape. M. _Slide. _Editing.6 Customize Quick Access Toolbar 3. Ribbon tabs dalam Ms. layout. Ribbon Tab Home Gambar 1. bullet and numbering. Slide Show. photo album. Replace. Jika kita mengaktifkan seluruh menu yang ada di pilihan Customize Quick Access Toolbar. terdapat tombol untuk mengatur perataan (alignment). Slides.8. clipart. Drawing dan Editing. b. antara lain : Clipboard.Si. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 6 Pada gambar 1. perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Anda. maka shortcutnya akan aktif pada Quick Access Toolbar. terdapat tombol copy. Review. M. terdapat tombol add slide. Ribbon Tabs Setiap Ribbon Tab akan menampilkan Ribbon yang berisi beberapa set dari Tool Groups.Sos. kemudian akan muncul Ribbon yang terdiri dari beberapa tool group. line spacing. _Drawing. Paragraph. terdiri dari tombol Find.Sos. tombol-tombol pada . dan View. Design. Ribbon Tab Insert Ribbon tab Insert terdiri dari beberapa tool group. _Links. terdapat tombol-tombol yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan gambar.

tool group ini dapat digunakan untuk membuat link pada slide. Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar. _Media Clips. antara lain : Page Setup. untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan. antara lain : _Start Slide Show.Si. _ Set Up. PowerPoint 2007untuk slide Anda. _Page Setup. terdiri dari animate dan custom animations. d. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 8 _ Animations. dan Background. _ Transition to This Slide. Ribbon Tabs Animations Pada Ribbon Tab Animations. Ribbon Tab Review . Ribbon Tab Slide Show Ribbon Tab Slide Show terdiri dari beberapa tool group. Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada tool group ini. untuk memebrikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat. M. terdapat tombol untuk mengatur orientasi dari slide. Anda bisa menggunakan pilihan desain yang sudah disiapkan oleh Ms.Sos. Anda bisa menambahkan berbagai macambentuk animasi pada slide Anda. maka anda dapat menambahkan file sound (suara) atau movie (film).. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 7 c. M. Terdapat 3 tool group yang bisa Anda gunakan. tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda. Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide.Si. Themes. S. maka akan muncul Ribbon dengan beberapa tool group. apakah dari awal (from beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from current slide show) atau pilihan Anda sendiri (custom slide show). Ribbon Tab Animations Gambar 1. Ribbon Tab Design Jika anda mengklik Ribbon tab Design. _ Themes. e. apakah anda akan menggunakan orientasi portrait atau landscape.Sos. Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar.. untuk memperindah slide yang Anda buat. anda bisa menata latar belakang slide Anda dengan menggunakan menu pada toolgroup ini. untuk memperkaya tampilan slide Anda. f. _ Monitors. berfungsi untuk mendesain slide Anda. _ Background.11. pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk menyembunyikan slide (hide slide).antara lain : _ Preview. S. merekam narasi (record narration) dan menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.

dan slide show. atau berpindah ke window lain. _ Show/Hide. g. M. S.14. _ Window. Anda bias menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines). Ribbon Tab Review Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar. _Zoom. _ Protect.Si.Gambar 1. split. Pada bagian ini anda dapat menentukan apakah slide yang Anda buat berwarna (color) atau hitam putih (grayscale). Anda dapat memperbesar ukuran slide yang Anda buat atau secara normal. Ribbon Tab View Tool group yang terdapat pada Ribbon Tab ini antara lain : _ Presentation Views. notes page. pada bagian ini Anda dapat melihat keseluruhan dari slide yang telah Anda buat. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 9 Terdapat tiga tool group pada Ribbon Tab ini. Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar.. Dialog Box Launcher Apabila Anda meng-klik Dialog Box Launcher berupa panah kecil di sudut sebalah kanan bawah tools Group.. Ribbon Tab View Gambar 1. Anda bisa melihatnya secara normal.Sos. M. Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat. _ Color/Grayscale. untuk membantu Anda dalam membuat slide presntasi. S. maka akan teruka Dialog Box yang mempunyai pilihan dan setting dari toolgroup tersebut. . Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat. antara lain : _ Proofing.13.Si. Selain itu Anda juga dapat membuat slide Master sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 10 4. Anda manata tampilan window PowerPoint apakah secara cascade. _Comments.Sos. digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide. slide sorter.

maka dokumen tersebut tidak dapat dibuka pada Ms.. Komputer Aplikasi IK-III – Prodi Ilmu Komunikasi Unikom 11 b. untuk memilih dari semua tipe file format yang tersedia atau memungkinkan. PowerPoint 97-2003 Presentation. Other Formats. Menyimpan copy dari presentasi yang anda buat dengan format yang dapat dibuka di PowerPoint 97-2003. PowerPoint 2007 (*. Dialog Box Save As . antara lain : a. e.16. Office yang ada pada sudut kiri atas lembar kerja. PowerPoint Show. Ms. PowerPoint 2007 Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda akan menyimpan dokumen yang Anda buat. kemudian pilih Save as. Anda dapat menyimpan dokumen yang Anda buat dalam bentuk file formet yang lain. PowerPoint 2007. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyimpan dokumen. f. disesuaikan dengan Ms. M. Anda dapat menyimpan dokumen yang anda buat sesuai dengan format Ms. Office Button >> Save as Tutorial Microsoft PowerPoint 2007 Oleh : Gumgum Gumilar. membuka dialog box Save as. Anda menyimpan dokumen yang Anda buat dimana jika Anda mengaktifkannya maka akan terbuka sebagai tampilan Slide Show. PowerPoint versi sebelumnya. Selalu menggunakan Save as untuk menyimpan dokumen. S.pptx) c. d.Sos.Menyimpan Dokumen Ms. Gambar 1. karena akan memudahkan memilih tipe penyimpanan. Apabila Anda menyimpan dokumen sebagai Ms. antara lain : 1. PowerPoint yang digunakan dan kebutuhan lainnya.Si. Find Add-Ins for other file format. Klik logo/tombol Ms. 2. misalkan pdf dan xps. PowerPoin Presentation.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful