Perbedaan arus ac dan dc

AC merupakan singkatan dari Alternating Current. Arus AC adalah arus listrik yang nilainya berubah terhadap satuan waktu. Arus ini dapat pula disebut dengan arus bolak-balik. Listrik arus bolak-balik dihasilkan oleh sumber pembangkit tegangan listrik yang terdapat pada pusat-pusat pembangkit tenaga listrik. Pada umumnyalistri arus bolak-balik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sebagai penerangan rumah (lampu) dan keperluan rumah tangga seperti kipas angina, setrika, dan lainlain (Kanginan, 2006:226). Sementara itu, DC merupakan singkatan dari Direct Current. Arus DC adalah arus listrik yang nilainya tetap atau konstan terhadap satuan waktu. Arus ini dapat pula disebut dengan arus searah. Contoh sumber listrik arus searah adalah baterai dan akumulator (accu). Karena itulah listrik banyak digunakan untuk alat elektronik, control, automotive, dan lain-lain. Perbedaan yang pertama dapat dilihat dari bentuk gelombangnya. Bentuk gelombang ini dapat diteliti dengan menggunakan osiloskop. Osiloskop adaah alat yang digunakan untuk melihat gelombang sinus yang ditimbulkan tenaga AC dan DC Perbedaan yang kedua dapat dilihat dari metode penggunaannya. Arus AC memiliki besar dan arah yang berubah-ubah secara bolak-balik. Maksudnya, kutub arus ini selalu berubah-ubah dari positif ke negartif dan negative ke positif. Karena itulah, walaupun stop kontak (colokan listrik) dipasang bolak-balik tidak akan terjadi konsleting ataupun kerusakan lainnya. Sebaliknya jika sebuah baterai yang merupakan listrik arus DC dipasang terbalik, maka beterai tidak akan berfungsi. Bahkan untuk alat-alat listrik DC lain akan terjadi ketidaknormalan fungsi. Hal ini terjadi karena kutub arus DC tidak pernah berubah dari positif ke negatif maupun sebaliknya. Cara mengubah tegangan ac menjadi dc Tegangan 220 volt AC langsung di searahkan, dengan dioda yang dirangkai merupakan jembatan, kemudian di ratakan dengan kapasitor dan hasilnya berupa tegangan DC 310 volt dilewatkan ke trafo feriite dan transistor power, kemudian ada rangkaian yang men on off transistornya dengan jeda tertentu sehingga kumparan sekunder trafo ferittenya yang dirancang menghasilkan tegangan pulsa di searahkan menjadi tegangan DC Cara mengubah tegangan dc menjadi ac untuk menghasilkan tegangan AC adalah dengan cara mengatur keterlambatan sudut penyalaan saklar pada tiap lengan inverter sehingga mampu menghasilkan level tegangan keluaran positip dan negatif yang berulang dengan frekuensi tertentu karakteristik resistor Karakteristik berbagai macam resistor dipengaruhi oleh bahan yang digunakan. Resistansi resistor komposisi tidak stabil disebabkan pengaruh suhu, jika suhu naik maka resistansi turun.

Impedansi adalah kuantitas kompleks yang dinotasikan dengan dan istilah impedansi kompleks mungkin dapat dipertukarkan. menjelaskan tidak hanya amplitudo relatif dari tegangan dan arus. 3. Pembagi arus 3. Bentuk kutub secara praktis menunjukkan baik karakteristik magnitudo dan fasa. Frekunsi pribadi. 5. Penghambat arus/pengatur kuat arus.Fungsi resitor 1. 4. adalah getaran ketika sistem bergetar tanpa gangguan gaya luar. . 2. Sebagai kopling antara rangkaian yg satu dgn rangkaian yg lain Sbg filter dlm rangkaian PS Sbg pembangkit frekuensi dlm rangkaian antenna Utk menghemat daya listrik pada lampu neon Menghilangkan bouncing (loncatan api) bila dipasang pada saklar Reaktansi kapasitif Apabila suatu kapasitor mendapatkan tegangan arus bolak-balik. maka terdapat suatu tahanan yang besarnya bergantung dari besarnya frekwensi yang diberikan saat itu. tetapi juga fasa relatif. Pengatur tegangan Karakteristik induktor nduktor atau reaktor adalah sebuah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk torus) yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. Frekuensi resonansi Frekunesi resonansi adalah frekuensi yang mana frekuensi sumber sama dengan frekuensi pribadi sistem. Karakteristik kapasitor Kapasitor / kondensator © adl komponen dasar elektronika yg termasuk dlm komponen pasif yg digunakan utk menyimpan muatan listrik dlm jangka waktu tertentu. Impedansi listrik memperluas konsep resistansi listrik ke sirkuit AC. 2. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya. Fungsi induktor sebagai penyimpan muatan listrik dalam bentuk medan magnet. dalam satuan Henry. Fungsi kapasitor 1. Impedansi ukuran penolakan terhadap arus bolak-balik sinusoid.

adalah getaran ketika sistem bergetar tanpa gangguan gaya luar.yang dinotasikan dengan dan istilah impedansi kompleks mungkin dapat dipertukarkan. Bentuk kutub secara praktis menunjukkan baik karakteristik magnitudo dan fasa. Frekunsi pribadi. . Frekuensi resonansi Frekunesi resonansi adalah frekuensi yang mana frekuensi sumber sama dengan frekuensi pribadi sistem.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful