Hasil Penelitian Biologi Bab I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Air mutlak diperlukan oleh tumbuhan, karena tumbuhan tidak dapat tumbuh dan berkembang tanpa memerlukan air. Air merupakan senyawa yang sangat penting dalam menjaga tekanan turgor dinding sel. Fungsi air bagi tumbuhan, yaitu : ü Menentukan laju fotosintesis ü Sebagai pelarut universal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan ü Menentukan transportasi unsure hara yang ada di dalam tanah dan juga mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan ü Sebagai medium reaksi kimia (metabolisme) dalam sel. Jadi, air merupakan factor eksternal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Berikut ini, kami akan melakukan penelitian tentang pengaruh kadar air terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang tanah. 1.2 Rumusan Masalah v Apakah tanaman yang ditaman pada kadar air yang berbeda akan mempengaruhi perkecambahan dan pertumbuhan? v Berapa banyak kadar air yang diperlukan untuk perkecambahan atau pertumbuhan? 1.3 Tujuan Penelitian Untuk mengetahui laju pertumbuhan pada tanaman kacang tanah pada kadar air yang berbeda (3 sendok makan, 2 sendok makan dan 1 sendok makan).

1.6 Manfaat Penelitian Penelitian ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita semua. Menurut kelompok kami. Baik pertumbuhan atau perkembangan bersifat irreversibel. namun jika air yang disirami terlalu banyak. tanaman akan mengalami penyerapan secara terus menerus dan akhirnya membusuk. 1. PERTUMBUHAN PADA TUMBUHAN Secara umum pertumbuhan dan pekembangan pada tumbuhan diawali untuk stadium zigot yang merupakan hasil pembuahan sel kelamin betina dengan jantan. Diferensiasi adalah perubahan yang terjadi dari keadaan sejumlah sel. khususnya tentang pengaruh air terhadap pertumbuhan tumbuhan Bab II KAJIAN TEORI PERTUMBUHAN adalah proses pertambahan ukuran sel atau organisme.5 Pembatasan Masalah Dalam penelitian kami kali ini. Pertumbuhan ini bersifat kuantitatif/ terukur. Pembelahan zigot menghasilkan jaringan meristem yang akan terus membelah dan mengalami diferensiasi. Terdapat 2 macam pertumbuhan. Proses ini berlangsung secara kualitatif. yaitu: . membentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda. Tetapi jika air yamg disirami itu cukup (tidak sedikit dan tidak terlalu banyak) maka perkecambahan dan pertumbuhan yang dialami akan baik. PERKEMBANGAN adalah proses menuju kedewasaan pada organisme. kami hanya akan membahas tentang pengaruh kadar air terhadap pertumbuhan kacang tanah. 1. kadar air yang baik untuk perkecambahan dan pertumbuhan adalah kadar air yang cukup (2 sendok makan) karena tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. karena jika air yang disirami pada tumbuhan sedikit maka pertumbuhan dan perkecambahannya akan mengalami gangguan atau hambatan.4 Hipotesis Kadar air yang berbeda-beda akan mempengaruhi perkecambahan dan pertumbuhan.

Fungsinya adalah membentuk xilem dan floem primer. tunas embrionik yaitu calon batang dan daun b. ke dalam membentuk . Berlangsung pada embrio. yang disebut kambium vasis atau kambium intravasikuler. Pertumbuhan Primer Terjadi sebagai hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer. Pertumbuhan ini dijumpai pada tumbuhan dikotil.Mula-mula kambium hanya terdapat pada ikatan pembuluh. kotiledon yaitu cadangan makanan Pertumbuhan tanaman dapat diukur dengan alat yang disebut auksanometer. . Daerah pembelahan Sel-sel di daerah ini aktif membelah (meristematik) b. Pertumbuhan Sekunder Merupakan aktivitas sel-sel meristem sekunder yaitu kambium dan kambium gabus. Embrio memiliki 3 bagian penting : a. .Selanjutnya parenkim akar/batang yang terletak di antara ikatan pembuluh. 2.1. Daerah diferensiasi Bagian paling belakang dari daerah pertumbuhan. Daerah pertumbuhan pada akar dan batang berdasar aktivitasnya tcrbagi menjadi 3 daerah a. Terbentuk akibat ketidakseimbangan antara permbentukan xilem dan floem yang lebih cepat dari pertumbuhan kulit. Daerah pemanjangan Berada di belakang daerah pembelahan c. .Kambium intravasis dan intervasis membentuk lingkaran tahun Þ bentuk konsentris. bagian ujung-ujung dari tumbuhan seperti akar dan batang. gymnospermae dan menyebabkan membesarnya ukuran (diameter) tumubuhan. Kambium yang berada di sebelah dalam jaringan kulit yang berfungsi sebagai pelindung. akar embrionik yaitu calon akar c. Sel-sel mengalami diferensiasi membentuk akar yang sebenarnya serta daun muda dan tunas lateral yang akan menjadi cabang.ke luar membentuk felem : sel-sel mati feloderm : sel-sel hidup Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan . menjadi kambium yang disebut kambium intervasis.

Cahaya Þ mempengaruhi fotosintesis. Faktor Luar 1. c. 2. yang berbeda untuk tiap jenis tumbuhan.Rhizokalin . Hormon ini merangsang pembelahan sel. Went (1928) pertama kali menemukan auksin pada ujung koleoptil kecambah gandum Avena sativa. Diferensiasi salah satu unsur hara atau lebih akan menghambat atau menyebabkan pertumbuhan tak normal. Kurusawa.pemanjangan tumbuhan .Antokalin Asam traumalin atau kambium luka Merangsang pembelahan sel di daerah luka sebagai mekanisme untuk menutupi luka b. f. e. 3. a. .W. terdiri dari : . g. Suhu Þ di antaranya mempengaruhi kerja enzim. ditemukan oleh F. B. Suhu ideal yang diperlukan untuk pertumbuhan yang paling baik adalah suhu optimum.Kaulokali . 4. Fungsi giberelin : . Faktor hereditas.dominasi apikal Giberelin Senyawa ini dihasilkan oleh jamur Giberella fujikuroi atau Fusarium moniliformae. Faktor Dalam 1. h. 2. Gas etilen Banyak ditemukan pada buah yang sudah tua Asam absiat Florigen Kalin Hormon pertumbuhan organ. Hormon. d.Filokalin . .A.membantu perkecambahan . Air dan Mineral Þ berpengaruh pada pertumbuhan tajuk 2 akar. Secara umum merupakan faktor penghambat.berperan dalam partenokarpi Sitokinin Pertama kali ditemukan pada tembakau. Etiolasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat di tempat yang gelap Fotoperiodisme adalah respon tumbuhan terhadap intensitas cahaya dan panjang penyinaran. F. Kelembaban. Auksin adalah senyawa asam indol asetat (IAA) yang dihasilkan di ujung meristem apikal (ujung akar dan batang).

kacang banggala. kacang jebrol. kacang tuban. Arachis guaramitica . Di Benua Amerika penanaman berkembang yang dilakukan oleh pendatang dari Eropa.. 2. tanaman akan mengalami penyerapan secara terus menerus dan akhirnya membusuk. Nama lain dari kacang tanah adalah kacang una. dibawa oleh pedagang Cina dan Portugis. suuk. tepatnya berasal dari Brazilia. KACANG TANAH ( Arachis hypogeae L. karena jika air yang disirami pada tumbuhan sedikit maka pertumbuhan dan perkecambahannya akan mengalami gangguan atau hambatan.) 1. kacang bandung. JENIS TANAMAN Sistematika kacang tanah adalah sebagai berikut: Kingdom : Plantae atau tumbuh-tumbuhan Divisi : Spermatophyta atau tumbuhan berbiji Sub Divisi : Angiospermae atau berbiji tertutup Klas : Dicotyledoneae atau biji berkeping dua Ordo : Leguminales Famili : Papilionaceae Genus : Arachis Spesies : Arachis hypogeae L. Arachis tuberosa Benth.. Penanaman pertama kali dilakukan oleh orang Indian (suku asli bangsa Amerika).Air merupakan salah satu factor eksternal yang mempengaruhi laju pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Bahasa Inggrisnya kacang tanah adalah “peanut” atau “groundnut”. Tetapi jika air yamg disirami itu cukup (tidak sedikit dan tidak terlalu banyak) maka perkecambahan dan pertumbuhan yang dialami akan baik. kacang kole. namun jika air yang disirami terlalu banyak. Kadar air yang berbeda-beda akan mempengaruhi perkecambahan dan pertumbuhan. SEJARAH SINGKAT Kacang tanah merupakan tanaman pangan berupa semak yang berasal dari Amerika Selatan. Kacang Tanah ini pertama kali masuk ke Indonesia pada awal abad ke-17.

juga mengandung mineral antara lain Calcium. D.. C. Phospor. b) Kacang Cina. Ferro. Arachis marganata Garden. B. digunakan juga sebagai bahan pakan ternak serta pupuk hijau. d) Tahan terhadap penyakit utama (karat dan bercak daun). Varietas kacang tanah di Indonesia yang terkenal. Chlorida. 3.. b) Umur pendek (genjah) antara 85-90 hari. Arachis idiagoi Hochne. c) Kacang Holle. e) Toleran terhadap kekeringan atau tanah becek.50%).. Varietas-varietas kacang tanah unggul yang dibudidayakan para petani biasanya bertipe tegak dan berumur pendek (genjah). Arachis villoticarpa Hochne. Varietas unggul kacang tanah ditandai dengan karakteristik sebagai berikut: a) Daya hasil tinggi. Arachis helodes Mart. mentega. Arachis prostrata Benth.. .. kacang tanah mengandung lemak (40. Kalium dan Sulphur.. Kacang Holle tidak bisa disamakan dengan kacang “Waspada” karena memang berbeda varietas. MANFAAT TANAMAN Di bidang industri. Manfaat daunnya selain dibuat sayuran mentah ataupun direbus. c) Hasilnya stabil. sabun dan minyak goreng. Arachis angustifolia (Chod & Hassl) Killip. karbohidrat serta vitamin (A. Hasil sampingan dari minyak dapat dibuat bungkil (ampas kacang yang sudah dipipit/diambil minyaknya) dan dibuat oncom melalui fermentasi jamur. Arachis villosa Benth. Sebagai bahan pangan dan pakan ternak yang bergizi tinggi. berumur pendek (3-4 bulan). Arachis glabrata Benth.. digunakan sebagai bahan untuk membuat keju.. Arachis namby quarae Hochne. E dan K). berumur panjang (6-8 bulan).Chod & Hassl.. protein (27%). Magnesium. merupakan tipe campuran hasil persilangan antara varietas-varietas yang ada. yaitu: a) Kacang Brul.

Media Tanam a) Jenis tanah yang sesuai untuk tanaman kacang tanah adalah jenis tanah yang gembur/bertekstur ringan dan subur.300 mm/tahun. Tanah berdrainase dan berserasi baik atau lain yang tidak terlalu becek dan tidak terlalu kering. hujan yang terus-menerus akan meningkatkan kelembaban di sekitar pertanaman kacang tanah. Amerika Serikat dan Gombai. c) Kekurangan air akan menyebabkan tanaman kurus. c) Kelembaban udara untuk tanaman kacang tanah berkisar antara 65-75 %. Iklim a) Curah hujan yang sesuai untuk tanaman kacang tanah antara 800 1.4. SENTRA PENANAMAN Di tingkat Internasional mula-mula kacang tanah terpusat di India. 5. 5. b) Suhu udara bagi tanaman kacang tanah tidak terlalu sulit. kerdil. Jenis kacang tanah tertentu dapat ditanam pada ketinggian . Adanya curah hujan yang tinggi akan meningkatkan kelembaban terlalu tinggi di sekitar pertanaman.3.2.0– 6. SYARAT PERTUMBUHAN 5. 5. Nigeria. d) Penyinaran sinar matahari secara penuh amat dibutuhkan bagi tanaman kacang tanah. Bila suhunya di bawah 10 derajat C menyebabkan pertumbuhan tanaman sedikit terhambat. karena suhu udara minimal bagi tumbuhnya kacang tanah sekitar 28–32 derajat C. Sumatra Utara. Hujan yang terlalu keras akan mengakibatkan rontok dan bunga tidak terserbuki oleh lebah. kemudian meluas ke negara lain. Sulawesi dan kini telah ditanam di seluruh Indonesia. Ketinggian Tempat Ketinggian tempat yang baik dan ideal untuk tanaman kacang tanah adalah pada ketinggian antara 500 m dpl. terutama kesuburan daun dan perkembangan besarnya kacang. b) Derajat keasaman tanah yang sesuai untuk budidaya kacang tanah adalah pH antara 6. layu dan akhirnya mati. bahkan jadi kerdil dikarenakan pertumbuhan bunga yang kurang sempurna.1. Di Indonesia kacang tanah terpusat di Pulau Jawa. Selain itu. Cina. Air yang diperlukan tanaman berasal dari mata air atau sumber air yang ada disekitar lokasi penanaman. baik bagi pertumbuhan kacang tanah.5.

lalu masukkan pupuk satu sendok untuk masingmasing wadah. menjadi wadah untuk bertanam 3) Mengisi ke-3 wadah dengan tanah. masingmasiong wadah berisi 3 biji kacang tanah .tempat tertentu untuk dapat tumbuh optimal. Bab III METODE PENELITIAN 3.3 Cara Kerja 1) Merendam biji kacang tanah dalam segals air selama 24 jam dan ambil yang sudah terimbibisi (yang tenggelam) 2) Memotong 3 botol pocari sweat bekas.2 Bahan     kacang tanah (9 biji) tanah pupuk air 3. aduk hingga menyatu (tanah dan pupuk menjadi satu) 4) Menanam biji kacang tanah yang sudah terimbibisi sesuai dengan wadah.1 Alat      Botol bekas (3 botol) Penggaris (1 buah) Pensil dan pulpen Sendok makan (untuk menyiram) Pisau 3.

1 Hasil dan Analisis Data Berikut ini merupakan data pertumbuhan kecambah selama 21 hari 4. Dari tiga biji kacang tanah yang kami tanam. batang tanaman yang tumbuh.dan tanaman yang diberi air sedikit akan tumbuh lebih lambat. . Tanaman pada takaran 2 sendok makan air (Wadah B). Namun pada wadah A. ketiga biji tersebut terbuka membrannya (kulit luar). Bab IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4. lebih kurus jika dibandingkan dengan tanaman yang tumbuh di wadah B.2 Pembahasan Hasil a. Tanaman pada takaran 1 sendok makan air (Wadah A). b.76 cm per harinya. dan ketiganya berhasil tumbuh. Hal ini didasarkan pada kecepatan rata-rata tumbuhan yang kami amati hanya 0. 2 sendok makan dan 1 sendok makan) 6) Melakukan pengamatan terhadap perubahan yang terjadi pada setiap biji kacang tanah 7) Mengukur pertumbuhan yang terjadi pada setiap biji kacang tanah dan catat hasil pengamatan kedalam table 8) Melakukan pengamatan dan pengukuran terhadap biji kacang tanah setiap jam 4 sore (lakukan secara rutin setiap hari elama 21 hari).5) Menyiram ke-3 tanaman tersebut sesuai dengan kadar air (3 sendok makan .

akan mengalami pertumbuhan yang tidak baik dan maksimal. Hal ini didasarkan pada kecepatan rata-rata tumbuhan yang kami amati.namun pada tanaman yag diberikan aur yang cukup (tanaman pada wadah B) akan mengalami pertumbuhan denagan baik dan maksimal.2 Saran Bagi pihak yang akan melakukan penelitian tentang pengaruh kadar air pada pertumbuhan dan perkembangan.Dari tiga biji kacang tanah yang kami tanam. Dari tiga biji kacang tanah yang kami tanam. sehingga menyebabkan pembusukkan. Percobaan bahkan kami ulang sampai 2 kali. keadaan tanamannya lebih tinggi dan batang tanamannya lebih besar jika dibandingkan dengan tanaman di wadah A. hanya satu yang berhasil membelah dan tumbuh. Dan jika pemberian air terlalu berlebih (tanaman pada wadah C). yang dapat memungkinkan terjadinya kesalahan atau kekeliruan pada penelitian yang anda . Itu terbukti dari hasil penelitian kami lakukan. Bab V KESIMPULAN DAN SARAN 5. selain itu pertumbuhannya lebih cepat and maksimal. 5. Tanaman pada takaran 3 sendok makan air (Wadah C). Dan agar memperhatikan factor-faktor lain selain air. Tanaman yang diberi air yang sedikit(tanaman pada wadah A). yaitu 1. setelah kami pikirkan ternyata keadaan tanah yang terlalu basah.1 Kesimpulan Terjadi perbedaan pertumbuhan pada kadar air yang berbeda. Pada wadah B ini. tidak satupun yang berhasil membelah apa lagi tumbuh. kami sarankan untuk teliti dalam mengukur pertambahan panjang yang terjadi pada tumbuhan. Ini dikarenakan oleh pemberian air yang terlalu berlebih. Karena air merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.32 cm per harinya. c. akan mengalami pembusukan pada tanaman.

com www.lakukan DAFTAR PUSTAKA Karmana. Kami berharap dengan adanya laporan penelitian ini.com PENUTUP Dengan demikian laporan penelitian ini kami buat. Amin.2007.Bandung:Grafindo Media Pratama. kalimat beserta EYD yang kurang baku.org. dapat memberikan hal-hal yang bermanfaat bagi para pembaca.Cerdas Belajar Biologi.Biologi. Oman. dan pengetikan yang salah kami mohon maaf. . semoga Alloh menyertai kita semua.2007.google. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.wikipedia.dkk. Sri.Jakarta:Erlangga. www. Maryati. Apabila ada suatu kesalahan bahasa.

 WZ ^S W  `SZSSZ `W^_WTa` _W_aS VWZYSZ SVS^ S^   _WZV[ SSZ   _WZV[SSZVSZ _WZV[SSZ  WSaSZ \WZYSS`SZ `W^SVS\ \W^aTSSZ SZY `W^SV \SVS _W`S\ T SUSZY `SZS  WZYaa^ \W^`aTaSZ SZY `W^SV \SVS _W`S\ T SUSZY `SZS VSZ US`S` S_ \WZYSS`SZWVSS`STW % WSaSZ \WZYSS`SZ VSZ \WZYaa^SZ `W^SVS\ T SUSZY `SZS _W`S\ S  _[^WSaSZ_WUS^S^a`Z_W`S\S^WSS S^ ST           S_VSZZS__S`S W^a`ZW^a\SSZVS`S\W^`aTaSZWUSTS_WSS   WTSS_SZ S_ S SZSSZ\SVS`SS^SZ _WZV[SSZS^SVS S^ `YS T SUSZY `SZS SZY S `SZS W`YS T `W^_WTa` `W^TaS WT^SZZ Sa`aS^VSZW`YSZ STW^S_`aTa SaZ \SVS cSVS  TS`SZY `SZSSZ SZY `aTa WT a^a_ S VTSZVZYSZVWZYSZ`SZSSZ SZY`aTaVcSVSVSZ`SZSSZ SZYVTW^S^ _WV` SSZ `aTa WT STS` `aTaSZ SZYSSS`SZ S  S Z VVS_S^SZ \SVS WUW\S`SZ ^S`S^S`S U\W^S^Z S S^ T SZSSZ\SVS`SS^SZ _WZV[SSZS^SVS .

S^`YSTSUSZY`SZS SZYS`SZSSZ S_S`a SZYTW^S_WTWS VSZ`aTa SVS cSVS  Z WSVSSZ `SZSSZZ S WT `ZYY VSZ TS`SZY `SZSSZZ S WTTW_S^SVTSZVZYSZVWZYSZ`SZSSZVcSVS_WSZ`a\W^`aTaSZZ S WTUW\S`SZVS_S SZVVS_S^SZ\SVSWUW\S`SZ^S`S^S`S`aTaSZ SZY SSS` S`a  U\W^S^Z S U SZSSZ\SVS`SS^SZ _WZV[SSZS^SVS S^ `YS T SUSZY `SZS SZY S `SZS `VS _S`a\aZ SZY TW^S_ WTWSS\SSY`aTa W^U[TSSZTSSZSaSZY_S\S S_W`WSS \^SZ `W^Z S`S WSVSSZ `SZS SZY `W^Sa TS_S Z VS^WZSSZ [W \WTW^SZ S^ SZY`W^SaTW^WT_WZYYSWZ WTSTSZ\WTa_aSZ S^WZSS^W^a\SSZ XS`[^W_`W^ZS SZYW\WZYS^a\W^`aTaSZVSZ\W^WTSZYSZ`aTaSZ ST         W_\aSZ W^SV\W^TWVSSZ\W^`aTaSZ\SVSSVS^S^ SZYTW^TWVSSZSSZ SZYVTW^S^ SZY _WV``SZSSZ \SVS cSVS  SSZ WZYSS \W^`aTaSZ SZY `VS TS VSZ S_SZSaZ\SVS`SZSSZ SYVTW^SZSa^ SZYUaa\`SZSSZ\SVScSVSSSZ WZYSS\W^`aTaSZVWZSYSZTSVSZS_SSZS\WTW^SZS^`W^SaTW^WT `SZSSZ\SVScSVSSSZWZYSS\WTa_aSZ\SVS`SZSSZ `a`W^Ta`VS^S_ \WZW`SZSSaSZ  S^SZ SY \S SZY SSZ WSaSZ \WZW`SZ `WZ`SZY \WZYS^a SVS^ S^ \SVS \W^`aTaSZ VSZ \W^WTSZYSZ S _S^SZSZaZ`a `W`VSS WZYaa^ \W^`STSSZ \SZSZY SZY `W^SV \SVS `aTaSZ SZ SYS^ W\W^S`SZ XSU`[^XS`[^ SZ _WSZ S^ SZY VS\S` WaZYZSZ `W^SVZ S W_SSSZ S`Sa WW^aSZ \SVS \WZW`SZ SZY SZVS .

SaSZ      S^SZS.

SZ S^ S`^V cccY[[YWU[ cccc\WVS[^YU[    WZYSZVWSZS\[^SZ\WZW`SZZSTaS` STW^S^S\VWZYSZSVSZ S S\[^SZ\WZW`SZZVS\S`WTW^SZSS SZYTW^SZXSS`TSY\S^S\WTSUS\STS SVS _aS`a W_SSSZ TSS_S SS` TW_W^`S  SZY a^SZY TSa VSZ \WZYW`SZ SZY _SSS[[ZSSX^S`SSaUS\SZ`W^SS__W[YS[WZ W^`S`S _WaSZ   W^VS_WSS^[[YSZVaZY ^SXZV[ WVS ^S`SS [[Y SS^`S^SZYYS .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful