KONSEP BELAJAR BEHAVIORISME Apakah yang dimaksud belajar menurut konsep belajar behaviorisme?

Jawab: Belajar menurut konsep belajar behaviorisme adalah merupakan perubahan perilaku, khususnya perubahan kapasitas siswa untuk berperilaku (yang baru), bukan sebagai hasil proses pematangan (pendewasaan) semata. Jelaskan beberapa tips yang ditawarkan oleh Woolfolk dalam menggunakan prinsipprinsip kondisioning klasik di kelas! Jawab: Beberapa tips yang ditawarkan oleh Woolfolk dalam menggunakan prinsipprinsip kondisioning klasik di kelas yaitu : Memberikan suasana yang menyenangkan ketika memberikan tugas-tugas belajar, misalnya: Menekankan pada kerja sama dan kompetisi antar kelompok daripada individu, banyak siswa yang akan memilih respons emosional secara negatif terhadap kompetisi secara individual, yang mungkin akan digeneralisasiakan dengan pelajaran-pelajaran yang lain. Membuat kegiatan membaca menjadi menyenangkan dengan menciptakan ruang membaca (reading corner) yang nyaman dan enak serta menarik, dan lain sebagainya. Membantu siswa mengatasi secara bebas dan sukses situasi-situasi yang mencemaskan atau menekan, misalnya; Mendorong siswa yang pemalu untuk mengajarkan siswa lain cara memahami materi pelajaran. Membuat tahap jangka pendek untuk mencapai tujuan jangka panjang, misalnya dengan memberikan tes harian, mingguan, agar siswa dapat menyimpan apa yang dipelajari dengan baik. Jika siswa takut berbicara di depan kelas, mintalah siswa untuk membacakan sebuah laporan di depan kelompok kecil sambil duduk di

tempat, kemudian berikutnya dengan berdiri. Setelah dia terbiasa, kemudian mintalah ia untuk membaca laporan di depan seluruh murid di kelas. Membantu siswa untuk mengenal perbedaan dan persamaan terhadap situasisituasi sehingga mereka dapat membedakan dan menggeneralisasikan secara tepat, misalnya: Meyakinkan siswa yang cemas ketika menghadapi ujian masuk sebuah sekolah yang lebih tinggi tingkatannya uatau perguruan tinggi, bahwa tes tersebut sama dengan tes-tes prestasi akademik lain yang pernah mereka lakukan. Menjelaskan bahwa lebih baik menghindari hadiah yang berlebihan dari orang yang tidak kita kenal, atau menghindar tetapi aman dan dapat menerima penghargaan dari orang dewasa ketika orang tua ada. Bagaimana pendapat Edward Lee Throndike tentang perilaku belajar setelah beberapa kali melakukan eksperimen? Jawab: Throndike menyatakan bahwa perilaku belajar manusia ditentukan oleh stimulus yang ada dilingkungan sehingga menimbulkan respon secara refleks. Stimulus yang terjadi setelah sebuah perilaku terjadi akan mempengaruhi perilaku selanjutnya. Bagaiman bunyi hukum Law Effect? Jawab: Hukum Law Effect menyatakan bahwa jika sebuah tindakan diikuti oleh perubahan yang memuaskan dalam lingkungan, maka kemungkinan tindakan itu akan diulang kembali akan semakin meningkat. Sebaliknya, jika tindakan diikuti oleh sebuah perubahan yang tidak memuaskan, maka tindakan itu mungkin menurun atau tidak dilakukan sama sekali. Dengan kata lain, konsekuen-konsekuen dari perilaku seseorang akan memainkan peran penting bagi terjadinya perilaku-perilaku yang akan datang. Sebutkan 4 langkah-langkah dalam pemberian shaping !

KONSEP BELAJAR KOGNITIVISME Sebutkan ciri-ciri proses belajar yang menggunakan insight (insightfull learning)! Jawab: Ciri. Kemampuan dasar yang dimiliki individu masing-masing berbeda-beda satu dengan yang lain. Jelaskan apa yang dimaksud dengan: Pengetahuan deklaratif Pengetahuan prosedural . Jika insight telah terbentuk. maka problem pada situasi-situasi yang lain akan dapat dipecahkan. dan akan berlaku secara langsung. Insight tergantung kepada pengaturan situasi yang dihadapi.Jawab: Adapun langkah-langkah dalam pemberian shaping adalah sebagai berikut: Memilih tujuan yang ingin dicapai Mengetahui kesiapan belajar siswa Mengembangkan sejumlah langkah yang akan memberikan bimbingan kepada siswa untuk melalui tahap demi tahap tujuannya dengan menyesuaikan kemampuan siswa Memberi feedback terhadap hasil belajar siswa. Insight tergantung kepada pengalaman masa lampau yang relevan. Solusi problem dengan menggunakan insight dapat diulangi dengan mudah. Insight didahului dengan periode mencari dan mencoba-coba.ciri proses belajar yang menggunakan insight yaitu: Insight tergantung pada kemampuan dasar.

buku-buku teks yang berwarna dan lain sebagainya. kepercayaan. Menggunakan kata-kata yang mengandung unsur emosional. seperti seorang guru yang merendahkan atau meninggikan volume suara untuk menunjukkan suatu informasi yang paling penting. Penngetahuan kondisional adalah “mengetahui kapan dan mengapa” (knowing when anng why) Sebutkan cara yang dapat digunakan untuk memfokuskan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan! Jawab: Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memfokuskan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan antara lain: Menggunakan tanda-tanda yang menunjukkan sesuatu yang penting. bahwa apa yang akan dipelajari adalah sesuatu yang sangat penting. Guru yang lain mungkin menggunakan gerakan tubuh. seperti seorang guru ilmu pengetahuan menunjukkan trik-trik magis untuk menjelaskan suatu materi yang akan diajarkan. Perhatian juga dapat diperoleh dengan menginformasikan kepada siswa. Sebutkan perbedaan antara short term memory dan long term memory ! Jawab: . Biasanya pengetahuan ini berupa fakta-fakta. lirik lagu. teori-teori dan lain sebagainya. puisi. kejutan dan lain sebagainya. opini-opini. pengulangan.Pengetahuan kondisional Jawab: Pengetahuan deklaratif adalah “mengetahui tentang” (knowing that) suatu kasus atau masalah. Pengetahuan prosedural adalah “mengetahui bagaimana” (knowing how) untuk melakukan sesuatu atau memecahkan sebuah kasus. Perhatian juga dapat diperoleh dengan menghadirkan suasana yang tidak biasa. gambar-gambar. eturan-aturan.

yang kemudian hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyang-konyong. Procedural memory adalah memori yang berkaaitan dengan sesuatu yang bersifat prosedural sehingga mampu untuk menghadirkan kembali bagaimana segala sesuatu dikerjakan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan proses organisasi dan proses adaptasi menurut . terbatas episodik.kembali dan organisasi gambar Jelaskan apa yang dimaksud dengan Semantic memory dan Procedural memory ! Jawab: Semantic memory adalah memori yang berisi ide-ide atau konsep-konsep yang berkaitan dengan skema atau skemata. ide. skemata. khususnya yang berkaitan dengan tugas-tugas yang bersifat spesifik. gambar. segera singkat ± 20 kalimat – 30 detik Tergantung Kalimat. gambar. KONSEP BELAJAR KONSTRUKTIVISME Apa yang dimaksud dengan belajar menurut teori konstruktivisme? Jawab: Belajar menurut teori konstruktivisme adalah membangun pengetahuan sedikit demi sedikit.Perbedaan antara short term memory dan long term memory terdapat pada tabel berikut: Tipe memory Short term memory Long term memoty Input Sangat cepat Relatif lambat Kaparitas Terbatas Durasi Isi Memenggil kembali Tidak terbatas Sangat Kata. penghadiran Tidak produksi.

Pertama. mengubah struktur pengetahuan yang sudah dimiliki dengan struktur pengetahuan baru. Proses adaptasi adalah proses yang berisi dua kegiatan. yaitu . siswa belajar dimulai dari masalah yang kompleks untuk dipecahkan. kemudian menghasilkan atau menemukan keterampilan yang dibutuhkan. di mana siswa akan lebih mudah menemukan secara komprehensif konsepkonsep yang sulit jika mereka mendiskusikannya dengan siswa yang lain tentang problem yang dihadapi. Generative learning. Sebutkkan dan jelaskan strategi tersebut ! Jawab: Strategi-strategi dalam proses belajar tersebut adalah sebagai berikut: Top-down processing. Pendekatan belajar konstruktivisme memiliki beberapa strategi dalam proses belajar. yaitu strategi yang digunakan untuk proses belajar. Cooperative learning.Piaget! Jawab: Proses organisasi adalah proses ketika manusia menghubungkan informasi yang diterimanya dengan struktur-struktur pengetahuan yang sudah disimpan atau sudah ada sebelunnya dalam otak. Dalam pembelajaran konstruktivisme. Sebutkan keuntungan model pembelajara Discovery Learning dalam belajar! Jawab: Discovery Learning mempunyai beberapa keuntungan dalam belajar. Kedua. sehingga akan terjadi keseimbangan (equilibrium). menggabungkan atau mengintegrasikan pengetahuan yang diterima oleh manusia atau disebut asimilasi. Strategi ini menekankan pada adanya integrasi yang aktif antara materi atau pengetahuan yang baru diperoleh dengan skemata.

KONSEP BELAJAR HUMANISME Program-program pembelajaran yang sangant erat dikaitkan dengan pandangan humanistik adalah “Open Schools”. karena mereka harus menganalisis dan mengelola informasi. guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa untuk secara aktif membimbing diri . Sebutkan ciri-ciri proses pembelajan dalam Open Schools ! Jawab: Dalam Open Schools. sama-sama membutuhkan keaktifan siswa dalam belajar. Siswa dapat belajar untuk mandiri dalam memecahkan problem dan memiliki keterampilan berpikir kritis. Dalam open schools. Jelaskan persaman pandangan antara model pembelajaran reception learning dan discovery learning ! Jawab: Beberapa kesamaan pandangan antara reception learning dan discovery learning. Kedua pendekatan tersebut menekankan cara-cara bagaimana penegtahuan siswa yang sudah ada dapat menjadi bagian dari pengetahuan baru. Kedua pendekatan sama-sama mengasumsikan pengetahuan sebagai sesuatu yang dapat berubah terus. antara lain: Antara reception learning dan discovery learning. proses pembelajaran memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Peran guru dan murid.antara lain: Siswa memiliki motivasi dari dalam diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya sampai mereka menemukan jawaban-jawaban atas problem yang dihadapi mereka.

Sistem penganjaran dapat direncanakan oleh dua atau lebih guru sebagai tim pengajar. Ruang kelas tempat direncanakan sedemikian rupa sehingga ruangan dapat digunakan secara fleksibel untuk berbagai kegiatan belajar. Evaluasi belajar siswa tidak hanya didasarkan pada tes yang dikerjakan oleh siswa. Kelompok yang dalam proses belajar terdiri dari siswa dengan bebbagaai tingkat usia. Sebutkan dan jelaskan beberapa kategori kecerdasan manusia menurut Gardner! . Pengajaran individual. Materi.mereka sendiri dalam belajar. atau kelompok dibentuk tidak didasarkan pada tingkatan tetapi didasarkan pada aktivitas yang dilakukan. sementara siswa belajar sesuai dengan kemampuan mereka sendiri. dan siswa juga secara aktif memilih materi. tapi juga pada pengamatan terhadap hasil karya dan performa siswa dalam belajar. Team teaching. Kelompok dengan berbagai tingkat usia. Evaluasi diagnostik. metode-metode. sistem pengajaran didasarkan pada kebutuhan-kebutuhan dan kemampuan individual siswa. dan langkah-langkah dalam belajar. sebagai sumber belajar dan menggabungkan siswa. sehingga guru dapat merencanakan pengajaran bersama. Pemberian materi yang berbeda-beda digunakan untuk memberikan stimulis bagi siswa agar dapat melakukan eksplorasi dalam belajar. Ruang teerbuka. Apakah yang dimaksud dengan inteligensi menurut Howard Gardner? Jawab: Inteligensi menurut Gardner adalah kemampuan untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam suatu setting yang bermacam-macam dan dalam situasi yang nyata. Dalam open schools.

temperamen orang lain. kemampuan untuk menangkap dunia ruang visual secara tepat. Inteligensi kinestetik-badani. serta kemampuan memainkan alat musik. seperti yang dimiliki oleh para navigator. Inteligensi ruang. merupakan kemampuan untuk mengembangkan dan mengekspresikan. Inteligensi lingkungan/ natural. baik secara lisan maupun tulisan. berburu dan mengemmbangkan pengetahuan akan alam. dan arsitek. dapat memahami dan menikmati alam dan menggunakannya secara produktif dalam bertani. musik dan menyanyi. merupakan kemampuan sesorang untuk secara aktif menggunakan bagian-bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah. Inteligensi musikal. lebih menyangkut kepekaan dan kemampuan . melodi. Inteligensi intrapersonal. merupakan kemampuan seseorang untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan.Jawab: Gardner membagi kecerdasan manusia dalam 9 kategori yaitu sebagai berikut: Inteligensi Linguistik. dekorator. dan intonasi. Orang yang memiliki kecerdasan lingkungan/ natural ini memiliki kemampuan mengerti flora dan fauna dengan baik. untuk mengekspresikan ideide atau gagasan-gagasan yang dimilikinya. merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan kata-kata. peka terhadap ritme. Inteligensi eksistensial. menciptakan lagu. Inteligensi interpersonal. Kemampuan ini berkaitan dengan pengetahuan tentang diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif berdasarkan pengenalan diri. intensi. watak. menyanyi. Inteligensi matematis-logis. merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan penggunaan bilangan dan logika secara efektif. menikmati bentuk-bentuk musik dan suara. motivasi. pemburu. menikmati lagu.

seseorang dalam menjawab persoalan-persoalan terdalam mengenai eksistensi manusia. peka terhadap kata hati dan sanggup menuunda kenikmatan sebelum tercapainya suatu sasaran. merasakan apa yang dirasakan orang lain. Keterampilan sosial. Empati . menengani emosi diri sedemikian rupa sehingga berdampak positif pada pelaksanaan tugas. serta bertahan untuk menghadapi kegagalan dan frustrasi. membantu kita mengambil inisiatif dan bertindak sangat efektif. menumbuhkan hubungan saling percaya dan menyelaraskan diri dengan bermacam-macam orang. mampu segera puluh kembali dari tekanan emosi. Sebutkan tanda-tanda dari spiritual intelligence (SQ) yang telah berkembang dengan baik menurut Zohar dan Marshall ! Jawab: . menggunakan hasrat kita yang paling dalam untuk menggerakkan dan menuntut menuju sasaran. mengetahui apa yang kita rasakan pada suatu saat. mampu memahami perspektif mereka. Pengaturan diri. serta bekerja sama dan bekerja dalam tim. menggunakan keterampilan-keterampilan untuk mempengaruhi dan memimpin. bermusyawarah dan menyelesaikan perselisihan. menangani emosi dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain dan dengan cermat membaca situasi dan jaringan sosial. berinteraksi dengan lancar. Sebutkan dan jelaskan 5 ciri-ciri kecerdasan emosi ! Jawab: Ciri-ciri kecerdasan emosi sebagai berikut: Kesadaran diri. memiliki tolok ukur yang realistis atas kemampuan diri dan kepercayaan diri yang kuat. Motivasi. dan menggunakannya untuk memandu pengambilan diri sendiri.

Tanda-tanda dari SQ yang telah berkembang dengan baik menurut Zohar dan Marshall adalah sebagai berikut: Kemampuan bersikap fleksibel (adaptif secara spontan dan aktif) Tingkat kesadaran diri yang tinggi Kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan Kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit Kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan nilai-nilai Keengganan untuk menyebabkan kerugian yang tidak perlu Kecenderungan untuk melihat keterkaitan antara berbagai hal (berpandangan holistik) Kecenderungan nyata untuk bertanya “mengapa?” atau “bagaimana jika?” untuk mencari jawaban-jawaban yang mendasar PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN 1. Sebutkan prinsip-prinsip belajar! Jawab: Prinsip-prinsip belajar sebagai berikut: Perhatian dan motivasi Keaktifan Keterlibatan langsung/berpengalaman Pengulangan Tantangan Balikan dan penguatan Perbedaan individual. Jelaskan perbedaan dari motivasi internal dan motivasi eksternal! .

teman. artinya datang dari dirinya sendiri. orang tua. dan sebagainya.mencatat hal-hal yang kurang jelas Mengadakan Tanya jawab dan diskusi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan motif intrinsik dan motif ekstrinsik! Jawab: Motif intrinsik adalah tenaga pendorong yang sesuai dengan perbuatan yang dilakukan Motif ekstrinsik adalah tenaga pendorong yang ada di luar perbuatan yang dilakukan tetapi menjadi penyertanya. Sedangkan yang bersifat eksternal yaitu dating dari orang lain.Jawab: Motivasi yang bersifat internal. dari guru. Jelaskan apa yang dimaksud belajar menurut John Dewey! Jawab: Belajar menurut John Dewey adalah sesuatu yang menyangkut apa yang harus dikerjakan siswa untuk dirinya sendiri. . maka inisiatif harus datang dari diri siswa. Sebutkan perilaku-perilaku yang dapat menimbulkan keaktifan belajar pada diri siswa! Jawab: Perilaku-perilaku yang dapat menimbulkan keaktifan belajar pada diri siswa Menggunakan multimedia dan multimetode Memberikan tugas secara individual dan kelompok Memberikan kesempatan pada siswa melaksanakan eksperimen dalam kelompok kecil Memberikan tugas untuk membaca bahan belajar.

untuk mendapat respon memperoleh pengakuan dan memperoleh .MOTIVASI BELAJAR Jelaskan secara terperinci mengenai motivasi belajar! Jawab: Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan.motif-motif dasar tersebut umumnya berasal dari segi biologis atau jasmani manusia. dan mengarahkan sikap dan perilaku indivudu belajar. Sebutkan 3 komponen utama dalam motivasi! Jawab: Komponen utama dalam motivasi yaitu: Kebutuhaan Dorongan Tujuan Sebutkan lima (5) kebutuhan menurut Maslow! Jawab: Maslow membagi 5 kebutuhan yaitu: Kebutuhan fisiologis Kebutuhan akan perasaan aman Kebutuhan sosial Kebutuhan akan penghargaan diri Kebutuhan untuk aktualisasi diri. menggerakkan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan motivasi primer dan motivasi sekunder! Jawab: Motivasi primer adalah motivasi yang didasarkan pada motivasi dasar. menyalurkan. Sedangkan motivasi primer adalah keinginan memperoleh pengalaman baru.

rasa aman. PENDEKATAN CBSA dan PKP Apakah yang dimaksud pendekatan cara belajar siswa aktif (CBSA)! Jawab: Dengan pendekatan CBSA berarti anutan pembelajaran mengoptimalisasikan pelibatan intelektual-emosional-fisiksiswa dalam pemerolehan pengetahuan.nilai dan keterampilan.sikap. Unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi terdiri dari enam bagian. Sebutkan ciri-ciri pembelajaran ber-CBSA yang baik menurut Raka Joni! Jawab: Ciri-ciri pembelajaran ber-CBSA yang baik menurut Raka Joni Pembelajaran yang berpusat pada siswa Guru bertindak sebagai pembimbing pengalaman belajar Orientasi tujuan pada perkembangan kemampuan siswa secara utuh dan seimbang Pengelolaan pembelajaran menekankan pada kreatifitas siswa . sebutkan keenam bagian tersebut! Jawab: Unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi terdiri dari enam bagian yaitu Cita-cita atau inspirasi siswa Kemampuan siswa Kondisi siswa Kondisi lingkungan siswa Unsure-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran Upaya guru dalam membelajarkan siswa.

Sebutkan sepuluh keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk melakukan penelitian! Jawab: Keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk melakukan penelitian Mengenali variabel Membuat tabel data Membuat grafik Mengambarkan hubungan antar variable Mengumpulkan dan mengola data Menganalisis penelitian Menyusun hipotesis Mendevinisikan variabel Merancang penelitian Bereksperimen. .Pelaksanaan penilaian tertuju pada kegiatan dan kemajuan siswa. Sebutkan faktor-faktor penentu dalam kegiatan pembelajaran! Jawab: Faktor-faktor penentu dalam kegiatan pembelajaran Karakteristik tujuan Karakteristik mata pelajaran/bidang studi Karakteristik siswa Karakteristik guru Karakteristik bahan/alat pembelajaran.

Bagaimanakah cara pendekatan pembelajaran yang baik diterapkan proses belajar! Jawab: Cara pendekatan pembelajaran yang baik diterapkan proses belajar yaitu sebagai berikut: Pembelajaran secara individual Pembelajaran secara kelompok Pembelajaran secara klasikal Jelaskan perbedaan antara pembelajaran dengan ekspositori dan pembelajaran dengan strategi inkuiri! Jawab: .psikomotorik siswa dalam pengolahan pesan sehingga tercapai sasaran belajar.afektif. PENDEKATAN PEMBELAJARAN Jelaskan pengertian pendekatan pembelajaran! Jawab: Pendekatan pembelajaran dapat berarti anutan pembelajaran yang berusaha meningkatkan kemampuan-kemampuan kongnitif.Apakah kelebihan dari PKP? Jawab: Kelebihan dari PKP yaitu sebagai berikut: Memperoleh pengetahuan yang tepat tentang hakikat pengetahuan Memperoleh kesempatan bekerja dengan ilmu pengetahuan dan merasa senang Memperoleh kesempatan belajar proses memperoleh dan memproduk ilmu pengetahuan.

keterampilan dan nilai-nilai. KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN Jelaskan pengertian evaluasi! Jawab: Evaluasi adalah proses untuk menentukan nilai belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan dengan melalui kegiatan pembelajaran dan untuk pengukur .sifat Secara umum kegiatan belajar terdiri dari beberapa fase-fase.kondisi. Sedangkan model inkuiri merupakan pengajaran yang mengharuskan siswa mengelola pesan sehingga memperoleh pengetahuan. benda.Model pembelajaran ekspositori merupakan kegiatan mengajar yang berpusat pada guru.atau peristiwa dan perilaku.dan kemampuan motoriknya. guru aktif memberikan penjelasan atau informasi terperinci tentang bahan pengajaran.seperti benda.perasaan.sebutkan! Jawab: Motiv asi yang berarti siswa sadar mencapai tujuan dan bertindak mencapai tujuan belajar Konsentrasi yang berarti siswa memusatkan perhatian pada bahan ajar Mengola pesan yang berarti siswa mengola informasi dan mengambil makna tentang apa yang dipelajari Menyimpan yangberarti siswa menyimpan dalam ingatan. Sebutkan lima (5) Evaluasi hasil belajar! Jawab: Evaluasi hasil belajar ada 5 bagian yaitu: Keterampilan pencarian dan perumusan masalah Keterampilan pengumpulan data atau informasi Keterampilan meneliti tentang objek.

Apakah yang harus ditempuh dalam kegiatan evaluasi hasil belajar agar memperoleh hasil yang baik! Jawab: Dalam kegiatan evaluasi hasil belajar seorang evaluator umumnya menempuh tahap-tahap persiapan. penyusunan alat ukur. sebutkan keempat bagian tersebut! . pelaporan hasil pengukuran. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepraktisan instrumen evaluasi! Jawab: faktor-faktor yang mempengaruhi kepraktisan instrumen evaluasi meliputi: Kemudahan mengadministrasi Waktu yang disediakan untuk melancarkan evaluasi Kemampuan menskor Kemudahan interprestasi dan aplikasi Tersedianya bentuk instrumen evaluasi yang ekuivalenatau sebanding Penafsiran penilaian hasil belajar yang bersifat klasikal terdiri dari empat bagian. Sebutkan syarat-syarat umum yang harus dipenuhi dalam mengadakan evaluasi dalam proses pendidikan! Jawab: Syarat-syarat umum yang harus dipenuhi dalam mengadakan evaluasi dalam proses pendidikan yaitu: Kesahihan Keterandalan Kepraktisan.belajar dan pembelajaran. pelaksanaan pengukuran. penafsiran hasil pengukuran . pengolaan hasil pengukuran.dan pengunaan hasil evaluasi.

Sebutkan sebab-sebab yang menimbulkan masalah-masalah pembelajaran! . kebijakan penilaian. kemampuan berprestasi atau untuk hasil belajar. kurikulum sekolah. Sedangkan masalah pada ekstren yang berpengaruh pada proses belajar yaitu guru sebagai Pembina siswa belajar. konsenterasi belajar. intelegensi dan keberhasilan belajar. masalah-masalah ekstern belajar dan bagaimana upaya menentukan masalah-masalah belajartersebut. menggali hasil belajar yang tersimpan.mengola bahan belajar. kebiasaan belajar.Jawab: Penafsiran penilaian hasil belajar yang bersifat klasikal terdiri dari empat bagian yaitu: Penafsiran tentang kelemahan-kelemahan kelas Penafsiran tentang prestasi kelas Penafsiran tentang perbandingan antar kelas Penafsiran tentang susunan kelas MASALAH-MASALAH BELAJAR Sebutkankan masalah-masalah pada pembelajaran! Jawab: Masalah-masalah belajar pada pembelajaran yaitu meliputi masalah-masalah intern belajar. lingkungan social siswa disekolah. cita-cita siswa. rasa percaya diri siswa. motivasi belajar. prasarana dan sarana pembelajaran. Sebutkan masalah-masalah yang terdapat pada masalah intern dan masalah ekstren pada pembelajaran! Jawab: Masalah pada intern yang berpengaruh pada proses belajar yaitu: sikap terhadap belajar. menyimpan perolehan hasil belajar.

tugas guru menyusun.merencanakan jenis-jenis ujian dan alat evaluasi tersebut. Sebutkan kelebihan dari tes objektif! Jawab: Kelebihan dari tes objektif yaitu penguji membuat soal yang banyak dan meliputi semua pokok bahasan. Tugas INDIVIDU BELAJAR DAN PEMBELAJARAN . dan mengevaluasi program pembelajaran. merencanakan jenis-jenis pekerjaan siswa yang dipandang sebagai hasil belajar. mengumpulkan hasil belajar siswa baik yang berupa jawaban ujian tertulis maupun ujian lisan. pemeriksaan dapat dilakukan seara objektif dan cepat. memperhatikan kondisi-kondisi ekstern. sejalan dengan instruksional. siswa dapat berspektakulasi dalam belajar. melaksanakan.Jawab: Sebab-sebab yang menimbulkan masalah-masalah pembelajaran yaitu konsenterasi kurikulum dan pemberlakuan kurikulum sekolah. siswa yang tidak pandai menjelaskan dengan bahasan yang baik tidak terlambat. Jelaskan alternatif untuk memecahkan masalah pembelajaran! Jawab: Alternatif untuk memecahkan masalah pembelajaran yaitu merencanakan analisis sejak awal semester.

OLEH : HAYANTI 21010344 AKTA IV ANGKATAN LIII UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PARE-PARE 2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful