P. 1
9 Penyakit Akibat Virus Yang Menyerang Manusia

9 Penyakit Akibat Virus Yang Menyerang Manusia

|Views: 98|Likes:
Published by Druck DràGöñ

More info:

Published by: Druck DràGöñ on Oct 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2012

pdf

text

original

Penyakit Akibat Virus Yang Menyerang Manusia Penyakit karena virus yang menyerang manusia, antara lain: 1.

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrom) Penyakit ini disebabkan oleh HIV (Human Immuno-deficiency Virus) yang menyerang kekebalan tubuh. Virus ini menular melalui kontak cairan, antara lain aktivitas hubungan seksual, pemakaian jarum suntik bekas penderita HIV, dan wanita penderita HiV yang sedang mengandung janin. 2. Polio Virus masuk ke tubuh melalui makanan dan udara. Selanjutnya masuk ke kelenjar getah bening, menembus peredaran darah, menuju sumsum tulang belakang, otak dan merusak sel-sel saraf (neuron). 3. Hepatitis Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A, hepatitis B, non A, dan non B. 4. Influenza

antara lain: anjing. menyerang saluran pernapasan. Virus kemudian menyerang sistem saraf yang menyebabkan pende¬rita mengalami gangguan saraf. Vaksin rabies ditemukan oleh Louis Pasteur. Rabies Penyakit ini disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan hewan yang sudah terkena rabies. Herpes . dan kera. akibatnya penderita mengalami kesulitan bernapas. 6. kucing. Campak (Morbili) Penyakit ini disebabkan oleh morbivirus. 5. Virus me¬nyerang bagian kulit. akibatnya pada kulit muncul bercak-bercak merah disertai rasa gatal.Penyakit ini ditularkan oleh virus influenza melalui udara. 7.

Virus ini. mencret.Penyakit ini disebabkan oleh herpesvirus. kepala. nyeri pada dada. Gejala penyakit ini adalah demam tinggi. 10. Lupus Apa Itu Lupus SLE (Systemic Lupus Erythematosus) biasa disebut lupus saja sedangkan penderitanya disebut ’Odapus’ . dan alat kelamin.Penyakit lupus . mata. Demam Ebola Penyakit ini disebabkan oleh virus ebola yang meng-akibatkan pendarahan pada seluruh tubuh. mulut. Masa inkubasi penyakit 2-21 hari. muntah-muntah. 9. 8. sehingga pada penderita stadium lanjut bagian tubuh tertentu yang terkena kanker akan membentuk benjolan yang semakin membesar. Gejalanya akan muncul bintik bernanah yang membahayakan pada kulit. dan otot. menyebabkan sel pada tubuh bagian tertentu mengalami pembeiahan tanpa terkendali. Kanker (tumor ganas) Penyakit ini disebabkan oleh virus onkogen.

obatobatan tertentu. Nama ini diambil karena gejala kemerah-merahan di wajah penderita Lupus yang menyerupai gigitan serigala. hormon. diantaranya : kulit. Diduga. ginjal dan paruparu. jantung. lupus disebabkan oleh kombinasi antara gen yang cacat dan faktor lingkungan. Pada penderita Lupus. mata. seperti sinar matahari. Dugaan sementara. merusak organ tubuh sendiri. . darah. orang tua dapat mewariskan faktor tertentu kepada keturunannya sehingga mereka rentan terhadap lupus. menyerang rakyatnya sendiri. antibodi cenderung diproduksi berlebihan. SLE merupakan penyakit sistem daya tahan tubuh atau kekebalan (autoimun). stres.berasal dari bahasa latin yang berarti serigala. Penyebab Penyakit Lupus Penyebab lupus yang sebenarnya belum diketahui. hati. Antibodi disini ibarat tentara di suatu negara yang seharusnya melindungi rakyatnya (organ tubuh) dari musuh (penyakit) malah bekerja salah arah. syaraf. walaupun belum terbukti secara ilmiah. otot persendian. Secara medis. infeksi dan virus tertentu.

Gejala ini muncul ketika lupus sedang aktif dan menghilang ketika tidak aktif. mual-mual. sakit kepala.Gejala Umum Gejala umum dan gejala pada organ tertentu. ada dua kategori obat yang digunakan. demam. penderita sering merasa lemah. Herves Simplex Virus Herpes Simpleks adalah virus DNA yang dapat menyebabkan infeksi akut pada kulit yang ditandai dengan adanya vesikel yang berkelompok di atas kulit yang sembab dan eritematosa pada daerah dekat mukokutan a. dan pegal-pegal. kelelahan berlebihan. menggigil. Pengobatan Dalam pengobatan lupus. Influenza ( saluran pernapasan) Gejala-gejala tubuh yang terserang virus penyakit influenza ditandai dengan demam. yakni golongan kortikosteroid dan golongan selain kortikosteroid. . Gejala umum yang sering ditemukan di antaranya.

b. c. * Virus hepatitis C atau VHC. Penyakit yang disebabkan oleh virus dapat dicegah dengan vaksinasi. mata merah dan berair. kelopak mata terasa bengkak. Hepatitis (hati) Jenis-jenis virus hepatitis di antaranya: * Virus hepatitis A atau VHA. Konjuctivis (radang pada mata) Gejala-gejala mata yang terjangkit virus ini merasa gatal. Vaksin adalah bibit penyakit yang telah dilumpuhkan dan dikemas dalam cairan. . * Virus hepatitis G atau VHG. sering mengeluarkan kotoran mata/ secret. * Virus hepatitis E atau VHE. Vaksin akan menstimulai tubuh membentuk antibodi. * Virus hepatitis B atau VHB. kemudian disuntikkan. * Virus hepatitis F atau VHF. * Virus hepatitis D atau VHD.

Serum adalah darah manusia yang mengandung antibodi penyakit. DEN-3.tangan. Sehingga kekebalan pada penderita akan terbentuk dan dinamakan kekebalan pasif. 11. Demam berdarah Virus penyakit yang mengakibatkan demam berdarah. Cacar Gejala-gejala tubuh yang terkena virus poks akan demam. dan pilek. Campak Gejala-gejalanya tubuh yang terjangkit virus cacar akan demam. 12. yaitu salah satu dari empat serotipe virus yang berbeda antigen yang termasuk kelompok Flavivirus dan serotipenya adalah DEN-1. timbul gelembung-gelembung bernanah pada kulit wajah. batuk. Misal penderita campak akan diberi serum campak. kaki. 13. dan seluruh tubuh. DEN-2. DEN- . timbul bercak merah pada kulit setelah menderita demam.

saat menelan. tidak enak badan. . mengeluarkan air liur. Virus ini ditularkan melalui udara. atau membuka mulut terasa sakit. telinga mendengung. pembengkakan di daerah pipi. Gejala-gejala tubuh yang terinfeksi virus gondong akan mengalami demam. serta sakit kepala. Gondong Virus penyakit gondong menyebabkan penyakit gondong.14.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->