P. 1
Bahan Ajar Protista

Bahan Ajar Protista

|Views: 148|Likes:
Published by Ghef Taste

More info:

Published by: Ghef Taste on Oct 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

BAHAN AJAR

A. Pengertian Protista Protista adalah sekelompok mahluk hidup heterogen, terdiri dari eukariota yang tidak termasuk hewan, tumbuhan, atau fungus. Mereka biasanya dikelompokkan ke kerajaan Protista. Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip sel hewan (protozoa), protista mirip sel tumbuhan (alga) dan protista mirip sel jamur (jamur lendir/slame mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam. Protista memiliki cara makan yang berbeda-beda, dan dapat digolongkan dalam tiga kategori: a. Protista autototrof, yaitu protista yang memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis. Contohnya : Alga b. Protista menelan makanan, dengan cara fagositosis melalui membran sel. Contohnya: Protozoa c. Protista saprofit dan parasit, mencerna makanan di luar sel dan menyerap sari-sari makanannya. Contoh: jamur B. Ciri-Ciri Umum Protista Protozoa hampir semuanya protista bersel satu, mampu bergerak yang makan dengan cara fagositosis, walaupun ada beberapa pengecualian. Mereka biasanya berukuran 0,01-0,5 mm sehingga secara umum terlalu kecil untuk dapat dilihat tanpa bantuan mikroskop. Protoza dapat ditemukan di mana-mana, seperti lingkungan berair dan tanah, umumnya mampu bertahan pada periode kering sebagai kista (cyst?) atau spora, dan termasuk beberapa parasit penting. Adapun ciri-ciri umum protista yaitu : 1. Bersifat eukarioti, yaitu inti diselubungi oleh memberan inti serta organel-organelnya dikelilingi membran 2. Respirasi secara aerobik. 3. Sebagian besar bersifat uniseluler, beberapa membentuk koloni. Ada juga yang multiseluler, terdiri dari banyak sel. 4. Ada yang berproduksi secara aseksual dan ada yang seksual. 5. Sebagian protista hidup bebas, tetapi ada juga yang bersimbiosis dengan organisme lain. 6. Kebanyakan hidup diperairan yaitu dilaut atau diperairan tawar.

Secara umum, menurut cara memproleh makanannya, protista dapat dibagi menjadi berikut iani : a. Fotoautotrof, yang dapat membuat senyawa organik kompleks dari molekul anorganik sederhana menggunakan energi cahaya, misalnya : chlorophyta dan phaeophyta. b. Heterotrof, yang tidak dapagt mengubah molekul anorganik sehingga memerlukan makanan organik dari lingkungannya dengan memakan organisme lain, misalnya : Rhizopoda dan Oomycota.

Gambar. Paramaecium

C. Mengenali Protista Berdasarkan Ciri-Ciri Morfologinya Secara tradisional, protista digolongkan menjadi beberapa kelompok berdasarkan kesamaannya dengan kingdom yang lebih tinggi yaitu protista yang menyerupai hewan Protozoa, protista yang menyerupai tumbuhan algae dan protista yang menyerupai jamur jamur lendir dan jamur air. Ganggang hijau dan merah, bersama dengan kelompok kecil yang bernama glaucophyta, memiliki hubungan saudara yang dekat dengan tumbuhan lain, dan beberapa penulis memasukkan mereka dalam kingdom Plantae.

LEMBAR KERJA SISWA Nama/Kelompok _________________Kelas: _________ Tgl: ____________ Kegiatan 1 Tujuan : - Mampu menjelaskan pengertian protista - Mendeskripsikan ciri-ciri protista. - Mengidentifikasi organisme protista berdasarkan ciri-ciri umum yang dimilikinya

Pengertian Protista Protista adalah sekelompok mahluk hidup heterogen, terdiri dari eukariota yang tidak termasuk hewan, tumbuhan, atau fungus. Mereka biasanya dikelompokkan ke kerajaan Protista. Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip Sel hewan (protozoa), protista mirip sel tumbuhan (alga) dan protista mirip sel jamur (jamur lendir/slame mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam. Ciri-Ciri Umum Protista Protozoa hampir semuanya protista bersel satu, mampu bergerak, mereka biasanya berukuran 0,01-0,5 mm sehingga secara umum terlalu kecil untuk dapat dilihat tanpa bantuan mikroskop. Protoza dapat ditemukan di mana-mana, seperti lingkungan berair dan tanah, umumnya mampu bertahan pada periode kering sebagai kista atau spora, dan termasuk beberapa parasit penting. 1. Protista mirip sel tumbuhan memiliki ciri-ciri :Melakukan fotosintesis sebab mempunyai klorofi, Ada yang uniseluler, ada pula yang multiseluler, Belum dapat dibedakan akar, batang dan daun 2. Protista mirip sel hewan memiliki ciri-ciri : Ukuran tubuh mulai dari 10 mikron-6 m, Bentuk protozoa bervariasi yaitu asimetris, bilateral simetris, radial simetris dan spira, Bergerak dengan flagel, pseudopodia, silia atau dengan gerakan sel itu sendiri, Cara hidupnya bebas, komensalisme, mutualisme, parasit, Cara mendapatkan makanan dibedakan menjadi : holozoik, saprofit, saprozoik, holozoik, Habitatnya di tempattempat berair, seperti di selokan, sawah, parit, sungai, dll. 3. Protista mirip sel Jamur, protista ini memproduksi sporangia,bergerak seperti amoeba,cara reproduksi seperti jamur.

Secara umum, menurut cara memproleh makanannya, protista dapat dibagi menjadi berikut iani : a. Fotoautotrof, yang dapat membuat senyawa organik kompleks dari molekul anorganik sederhana menggunakan energi cahaya, misalnya : chlorophyta dan phaeophyta. b. Heterotrof, yang tidak dapagt mengubah molekul anorganik sehingga memerlukan makanan organik dari lingkungannya dengan memakan organisme lain, misalnya : Rhizopoda dan Oomycota.

Petunjuk: Bacalah buku paket dan buku lainnya yang relevan, jawablah pertanyaan berikut: 1. Apa yang anda ketahui tentang protista? ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………….... 2. Sebutkan ciri-ciri umum protista? ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………….... 3. Jelaskan habitat protista? ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………... 4. Jelaskan bagaimana cara protista memperoleh makanan? ……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… …….…………………………………………………………………………………………

KUNCI LEMBAR KERJA SISWA

1. Protista adalah sekelompok mahluk hidup heterogen, terdiri dari eukariota yang tidak termasuk hewan, tumbuhan, atau fungus. Mereka biasanya dikelompokkan ke kerajaan Protista. Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni. Bersel satu, mampu bergerak, mereka biasanya berukuran 0,01-0,5 mm sehingga secara umum terlalu kecil untuk dapat dilihat tanpa bantuan mikroskop. 2. Protoza dapat ditemukan di mana-mana, seperti lingkungan berair dan tanah, umumnya mampu bertahan pada periode kering sebagai kista (cyst?) atau spora, dan termasuk beberapa parasit penting. 3. Protista memiliki cara makan yang berbeda-beda, dan dapat digolongkan sebagai berikut : a. Fotoautotrof, yang dapat membuat senyawa organik kompleks dari molekul anorganik sederhana menggunakan energi cahaya, misalnya : chlorophyta dan phaeophyta. b. Heterotrof, yang tidak dapagt mengubah molekul anorganik sehingga memerlukan makanan organik dari lingkungannya dengan memakan organisme lain, misalnya : Rhizopoda dan Oomycota. 4. Adapun ciri-ciri umum protista yaitu : 1. Bersifat eukarioti, yaitu inti diselubungi oleh memberan inti serta organelorganelnya dikelilingi membran 2. Respirasi secara aerobik. 3. Sebagian besar bersifat uniseluler, beberapa membentuk koloni. Ada juga yang multiseluler, terdiri dari banyak sel. 4. Ada yang berproduksi secara aseksual adan ada yang seksual. 5. Sebagian protista hidup bebas, tetapi ada juga yang bersimbiosis dengan organisme lain. 6. Kebanyakan hidup diperairan yaitu dilaut atau diperairan tawar.

EVALUASI

Pilihan Ganda Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat ! 1. Berdasarkan hasil pengamatan siswa SMA kelas X didapat organisme dengan bentuk seperti pada gambar berikut. Apakah hewan tersebut ? a. Euglena b. Paramaecium c. Amoeba d. Astasia e. Sporozoa 2. Protozoa ada yang bergerak secara amoeboid, yaitu…. a. Dapat berpindah tempat dengan membuat kaki b. Membuat semacam akar c. Membuat alairan sitoplasma d. Membuat lekukan protoplasma e. Membuat tonjolan protoplasma dengan disertai adanya aliran protoplasma ke satu arah 3. Cara reproduksi yang dilkukan oleh plasmodium adalah .... a. Seksual b. Aseksual c. Membelah diri d. Membelah diri dan seksual e. Partenogenesis 4. Chlorella merupakan salah satu alga yang cukup memperoleh perhatian para ahli sebagai sumber makanan baru, karena mengandung protein, amilum cukup tinggi. Organisme ini termasuk .... a. Alga cokelat b. Alga merah c. Alga biru d. Alga hijau e. Alga keemasan

5. Gambar berikut merupakan cara reproduksi pada a. Cyaniphyceae b. Chlorophyceae c. Xantophyceae d. Bacillariophyta e. Rhodophyta

KUNCI JAWABAN EVALUASI 1. B 2. E 3. E 4.C 5. B

PRETEST

1. Jelaskan pengertian protista ? 2. Jelaskan ciri-ciri umum protista ? 3. Jelaskan ciri protista berdasarkan morfologinya ?

POSTEST

1. Jelaskan pengertian protista ? 2. Jelaskan ciri-ciri umum protista ? 3. Jelaskan ciri protista berdasarkan morfologinya ?

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->