Modul 06-MaGic-Masruroh

Page 1

MODUL

06

MANAJEMEN STRATEJIK

STRATEGI KORPORASI (CORPORATE LEVEL STRATEGY)

Oleh: Masruroh, SE.ME. Universitas Mercu Buana Jakarta 2008

Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB

Masruroh, SE.ME MANAJEMEN STRATEGIK

Mengetahui berbagai jenis strategi 2. aliansi. 3. Pengertian dan klasifikasi strategi Hirarki strategi Strategi level korporasi Strategi pertumbuhan: strategi intensif. Mengetahui alat-alat menjalankan strategi Materi Bahasan: 1. Mengetahui strategi defensive 6. divestasi. 4.UMB Masruroh. 2. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . outsourching 5.ME MANAJEMEN STRATEGIK . likuidasi Joint Venture. integrative. Merger dan akuisisi.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 2 STRATEGI KORPORASI Tujuan Instruksional Khusus: Diharapkan mahasiswa mampu: 1. diversifikatif Strategi defensive: strategi retrenchment. Mengetahui strategi level korporasi 4. Mengetahui strategi pertumbuhan 5. 6. Memahami hirarki strategi 3. SE.

perlu memahami dan mendukung seluruh rencana stratejik korporasi sedang presdir dan CEO perlu memiliki pengetahuan tentang strategi yang dijalankan dalam berbagai territorial penjualan dan pabrik manufaktur. eksekutif puncak harus melibatkan manajer menengah dan bawah. Idealnya mereka harus berpartisipasi dan memahami strategi dan membantu menjamin koordinasi. Menurut Glueck. Manajemen stratejik akan menunjukkan perubahan yang radikal dalam filosofi. miskomunikasi. Dengan manajemen stratejik memungkinkan perusahaan menjadi efisien. menyeluruh.UMB Masruroh. Manajer pabrik misalnya. dan terpadu yang mengaitkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan. Dalam proses strategic planning keterlibatan secara mendalam dan intens seluruh jajaran manajerial sangat diperlukan agar kelak implementasi strategi menjadi lebih mudah dan memiliki keberhasilan pelaksanaan yang tinggi. Yang lain mendefiniskan strategi sebagai pola tanggapan suatu organisasi terhadap perubahan lingkungan untuk mencapai tujuan. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . dan berkomitmen untuk menghindari inkonsistensi. Penentuan strategi perusahaan bukan hanya tugas bagi eksekutif puncak. Pengertian yang paling umum tentang strategi adalah suatu alat. tetapi juga dalam penentuannya. SE. tetapi yang lebih penting lagi adalah menjadikan perusahaan lebih efektif. strategi adalah rencana yang disatukan. inefisiensi. Dengan melibatkan secara mendalam dan luas dalam aktivitas manajemen stratejik maka manajer dan karyawan mencapai pemahaman yang lebih baik tentang prioritas dan operasi. cara untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diharapkan. Seluruh personnel dari berbagai level manajerial dalam organisasi turut bertanggung jawab atas strategic planning. Meskipun manajemen stratejik tidak menjamin keberhasilan perusahaan tetapi menjadikan perusahaan/organisasi dapat mengambil keputusan secara proaktif bukan reaktif.ME MANAJEMEN STRATEGIK . memfasilitasi. sehingga strategist harus dilatih untuk mengantisipasi dan membuat respon yang konstruktif terhadap berbagai pertanyaan dan isu-isu yang timbul.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 3 PENGERTIAN Pengertian istilah strategi telah banyak diajukan oleh para pakar. Kepuasan utama dari manajerial berbagai level adalah jika harapan tercapai dan mampu meningkatkan performans organisasi secara keseluruhan.

level fungsional dan level operasional. Types of Strategies A Large Company Tipe perusahaan kecil terdiri dari paling banyak 3 level.UMB Masruroh. Ada 4 level yaitu: level korporasi.ME MANAJEMEN STRATEGIK . dan level operasional.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 4 HIRARKI STRATEGI Sesuai dengan hirarki atau tingkatan dalam suatu organisasi maka hirarki strategi juga mengikuti hirarki organisasi. Pada dasarnya ada 2 tipe perusahaan. level fungsional. level divisional. Divi Func Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Karena biasanya perusahaan kecil hanya terdiri dari 1 divisi atau bisnis tunggal. yaitu: level perusahaan. yakni perusahaan besar dimana tipe strategi nya sesuai dengan level pada hirarki organisasi. SE.

fasilitasi. dan komitmen yang akan menghindarkan diri dari ketidakkonsistensian. Partisipasi dan pemahaman strategi penting diperhatikan dan semua orang bertanggungjawab atas strategic planning pada berbagai level agar membantu perusahaan dalam melakukan koordinasi. serta miskomunikasi. termasuk CEO (Chief Executive Officer) pada level korporasi. CIO (Chief Information Officer). manajer penjualan regional. dan lain-lain pada level operasional. Dalam perusahaan kecil orang yang bertanggung jawab utama atas strategi yang efektif pada berbagai level meliputi pemilik perusahaan atau presiden pada level korporasi. SE. presiden atau eksekutif wakil presiden pada level divisi. serta CFO (Chief Finance Officer). dan manajer pabrik. CMO (Chief Marketing Officer).ME MANAJEMEN STRATEGIK . dan seterusnya pada level fungsional. C Func Opera Pusat Pengembangan Bahan Ajar .Modul 06-MaGic-Masruroh Page 5 Types of Strategies A Small Company STRATEGI LEVEL KORPORASI Pada perusahaan besar orang yang bertanggung jawab utama atas strategi yang efektif adalah meliputi berbagai level. inefisiensi. manajer sumber daya manusia. dan orang-orang pada level yang lebih rendah sesuai tingkatan seperti pada perusahaan besar.UMB Masruroh.

strategi dibagi dalam 12 tindakan strategi. SE. Perusahaan seperti halnya individu memiliki keterbatasan sumber daya. Strategi diversifikasi konglomerasi Strategi Diversifikasi Strategi Defensif 10. Strategi diversifikasi horisontal 9. keputusan akan sulit dibuat. Strategi diversifikasi konsentris 8. riset. Seharusnya strategic planning yang dijalankan lebih dari sekedar sebuah dadu yang bersifat coba-coba dan spekulatif. akan tetapi strategic planning berdasarkan pada prediksi dan hipotesis yang secara kontinyu diuji dan ditentukan atas dasar pengetahuan. yakni: 1.UMB Masruroh. sehingga perlu memilih alternative strategi dan menghindarkan beban yang terlampau berlebihan. Strategi integrasi ke depan 2. Strategi penetrasi pasar Strategi Integrasi Strategi Strategi Intensif Pertumbuhan 5. Strategi integrasi horisontal 4. oleh karena itu tetap perlu ditentukan prioritas.ME MANAJEMEN STRATEGIK . Strategi pengembangan produk 7. Akan tetapi. Strategi retrenchment/penciutan 11. Pada level korporasi ini. dan proses belajar. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Daya tahan suatu perusahaan tergantung pada strategic planning. patut diingat bahwa kombinasi strategi ini akan membawa risiko. Strategi pengembangan pasar 6. Strategi likuidasi Perusahaan juga bisa menjalankan strategi kombinasi yang terdiri dari 2 atau lebih strategi secara simultan. Strategi integrasi ke belakang 3. Strategi divestitur/divestasi 12. pengalaman.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 6 Seringkali perusahaan menghabiskan sumber daya dan lebih fokus pada peluang-peluang yang terbatas dalam menerapkan strategidemi untuk mencapai suatu hasil yang tidak pasti dimasa yang akan datang.

Strategi intensif dibagi menjadi 3. yaitu melalui antara lain menaikkan jumlah tenaga penjualan. Strategi Intensif (Intensive Stategy) Disebut strategi intensif karena dilakukan dengan mengerahkan berbagai usaha yang intensif dengan syarat perusahaan dapat memperbaiki posisi kompetitif nya dengan produk yang ada saat ini. antara lain: Pasar belum jenuh Tingkat pemakaian pelanggan saat ini dapat ditingkatkan secara signifikan Market share pesaing turun. 1. Berikut beberapa strategi yang termasuk pada kategori strategi pertumbuhan. profit. tetapi penjualan industri naik Kenaikan skala ekonomi berdampak pada keunggulan kompetitif Ada korelasi positif signifikan antara kenaikan penjualan dengan kenaikan biaya pemasaran - Pusat Pengembangan Bahan Ajar . yaitu: a. meningkatkan anggaran iklan. menawarkan secara gencar berbagai item promosi penjualan.ME MANAJEMEN STRATEGIK . dan lain-lain yang akan berdampak pada pengembangan/pertumbuhan perusahaan. atau bahkan meningkatkan aktivitas publisitas.UMB Masruroh. Cara melaksanakan strategi penetrasi pasar dengan menggencarkan unsure bauran pemasaran promosi dan harga. Strategi Penetrasi Pasar (Market Penetration Strategy) Strategi ini dijalankan untuk meningkatkan market share dari produk yang ada saat ini pada pasar yang ada saat ini melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih gencar. ekspansi usaha. SE. yang dapat berupa kenaikan penjualan.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 7 STRATEGI PERTUMBUHAN/EKSPANSI Pada kategori strategi pertumbuhan/ekspansi (growth/expansion strategy) ini dijalankan perusahaan dalam rangka mengejar pertumbuhan korporat. Efektifitas strategi penetrasi pasar tergantung pada beberapa factor. Strategi penetrasi pasar paling sering digunakan dan dikombinasikan dengan strategi lain.

Strategi integrasi ada 3 bentuk yaitu: strategi integrasi ke depan . Strategi Pengembangan Produk (Product Development Strategy) Merupakan strategi yang dijalankan untuk menaikkan penjualan dengan memperbaiki atau memodifikasi produk yang ada saat ini. strategi integrasi horizontal. mengubah dari bukan pemakai menjadi pemakai. berkualitas bagus Perusahaan sukses. jaringan pemasok hingga hilir. murah. Strategi Pengembangan pasar ke New market ini dijalankan dengan memperluas area geografi baru.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 8 b.UMB Masruroh.ME MANAJEMEN STRATEGIK . Beberapa pedoman yang akan membuat strategi pengembangan pasar efektif: Saluran distribusi baru lebih andal. Seringkali secara keseluruhan Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Pedoman yang harus dijalankan agar strategi pengembangan produk efektif adalah: Produk berada pada tahap kedewasaan dari daur hidup produk Industri dicirikan oleh pengembangan teknologi yang cepat Pesaing menawarkan kualitas produk yang lebih baik pada harga yang bersaing Persaingan yang tajam dalam industri yang sedang tumbuh pesat Kemampuan yang kuat dibidang penelitian dan pengembangan 2. menambah segmen baru. Strategi Pengembangan Pasar (Market Development Strategy) Memperkenalkan produk yang ada saat ini pada pasar baru (new market). apapun yang dilakukan Pasar belum jenuh Ada kelebihan kapasitas produksi Industri dasar menjadi global secara cepat c. Strategi Integrasi (Integration Strategy) Strategi integrasi berarti menyatukan beberapa rentang bisnis mulai dari hulu. menarik pelanggannya pesaing. strategi integrasi ke belakang. jaringan distributor serta secara horizontal kearah pesaing. SE. Menjalankan strategi ini berarti melibatkan pengeluaran biaya penelitian dan pengembangan yang besar.

ME MANAJEMEN STRATEGIK b. franchise.UMB . Beberapa pedoman yang mempengaruhi efektifitas strategi integrasi ke depan antara lain: Distributor saat ini berbiaya mahal atau tidak andal Ketersediaan distributor yang berkualitas terbatas Perusahaan berada dalam industri yang tumbuh pesat Perusahaan memiliki modal dan sumber daya manusia yang mampu mengelola usaha baru dibidang distribusi Distributor saat ini menikmati profit margin yang terlampau tinggi Strategi Integrasi Ke Belakang (Backward Integration Strategy) Strategi integrasi ke belakang digunakan dengan memperoleh kepemilikan atau meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok. pemasok. Berkut pedoman yang diikuti agar strategi integrasi ke belakang efektif: Jika perusahaan perlu memperoleh sumber daya yang dibutuhkan secara cepat Pemasok saat ini mahal dan tidak andal Jumlah pemasok terbatas. tetapi jumlah pesaing banyak Pertumbuhan tinggi di sector industri Perusahaan memiliki modal dan SDM untuk mengelola bisnis baru Masruroh. Strategi Integrasi Ke Depan (Forward Integration Strategy) Strategi integrasi ke depan adalah strategi yang dijalankan dengan meraih kendali atas jalur distribusi. atau dalam hal ini pemasok menyebabkan semakin meningkatnya penggunaan strategi integrasi ke depan oleh manufaktur. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . factory outlet adalah bentuk pengembangan strategi integrasi ke depan yang sedang tren saat ini.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 9 strategi ini disebut sebagai strategi integrasi vertical yang dijalankan untuk memperoleh kendali atas distributor. SE. memperoleh kepemilikan atas jalur distribusi. E-commerce. a. Wujud dari kendali atas jalur distribusi adalah mendirikan sendiri jalur distribusi. dan pesaing. mulai dari distributor hingga retailer. atau memperoleh kendali. Baik manufaktur maupun retailer membutuhkan bahan baku dari pemasok. Semakin meningkatnya jumlah manufaktur.

akuisisi. dan konglomerasi.UMB Masruroh. a. pengambilalihan memungkinkan semakin meningkatnya skala ekonomis dan transfer sumber daya dan kompetensi. horizontal. ataupun jaringan pemasaran yang sama. Strategi Integrasi Horisontal (Horizontal Integration Strategy) Strategi integrasi horisontah mengarah pada strategi yang memperoleh kepemilikan atau meningkatkan kendali atas perusahaan pesaing. SE. Merupakan strategi yang paling Merger. pemanfaatan fasilitas bersama. Strategi Diversifikasi Konsentris (Concentric Diversification Strategy) Dijalankan dengan menambah produk baru yang masih terkait dengan produk yang ada saat ini.ME MANAJEMEN STRATEGIK . Pedoman keberhasilan strategi diversifikasi konsentris adalah: Bersaing dalam industri yang tidak atau rendah pertumbuhannya Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Pedoman yang harus diikuti agar strategi integrasi horizontal efektif: Perusahaan punya posisi monopolistic tanpa ada tentangan dari pemerintah Berkompetisi dalam industri yang sedang tumbuh Menaikkan skala ekonomi merupakan keunggulan kompetitif Kebimbangan yang terkait dengan kurangnya keahlian manajerial atau kebutuhan sumber daya tertentu Memiliki modal dan SDM yang berbakat yang dibutuhkan untuk mengelola ekspansi bisnis 3. Strategi Diversifikasi (Diversification Strategy) Sebenarnya ini adalah tipe strategi yang kurang begitu popular karena sulitnya memanage aktivitas bisnis yang berbeda. Keterkaitan dalam hal: kesamaan teknologi.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 10 - Pentingnya stabilitas harga pasokan Pemasok yang ada menikmati profit margin yang tinggi c. tren digunakan secara signifikan diantara dalam para strategi pesaing pertumbuhan. Ada 3 bentuk strategi diversifikasi yakni: strategi diversifikasi konsentris.

UMB Masruroh.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 11 - Adanya produk baru yang terkait dengan produk yang ada saat ini dapat menaikkan penjualan produk yang ada Produk baru ditawarkan pada harga yang kompetitif Produk yang ada saat ini berada pada tahap penurunan dalam daur hidup produk Memiliki tim manajemen yang kuat Strategi Diversifikasi Horizontal (Horizontal Diversification Strategy) b. Ide dasar strategi ini terutama pertimbangan profit. Untuk menjamin strategi diversifikasi konglomerasi efektif. bahwa perusahaan sudah sangat familiar dengan pelanggannya saat ini dan pelanggan saat ini sangat loyal dengan merk/brand perusahaan. yakni: Terjadi penurunan penjualan dan profit Kemampuan manajerial dan modal untuk berkompetisi dalam industri baru Tercipta sinergi financial antara perusahaan yang diakuisisi dengan yang mengakuisisi Pasar bagi produk saat ini sudah jenuh Ada peluang untuk membeli atau memperoleh bisnis baru yang tak terkait yang memiliki peluang investasi yang menarik Pusat Pengembangan Bahan Ajar . margin dan return rendah Saluran distribusi yang ada saat ini dapat dimanfaatkan Produk baru dapat mengkompensir pola penjualan yang siklikal Strategi Diversifikasi Konglomerasi (Conglomerate Diversification Penambahan produk baru dan dipasarkan pada pasar baru yang tak terkait dengan yang ada saat ini. Strategy) . Dasarnya adalah. SE. ada beberapa pedoman yang perlu diikuti. Strategi diversifikasi horizontal adalah strategi menambah atau menciptakan produk baru yang tidak terkait dengan produk saat ini kepada pelanggan saat ini.ME MANAJEMEN STRATEGIK c. Pedoman yang akan menjamin keberhasilan strategi diversifikasi horizontal adalah: tambahan produk baru akan meningkatkan revenue secara signifikan tingkat kompetisi yang tajam dalam industri yang tidak tumbuh.

penutupan pabrik.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 12 - Jika ada tindakan antitrust atas bisnis yang terkonsentrasi pada bisnis tunggal STRATEGI DEFENSIF (DEFENSIVE STRATEGY) Dalam kondisi tertentu perusahaan akan lebih memilih strategi defensive yang akan mempertahankan posisi yang ada saat ini atau karena kondisi yang terbatas maka perusahaan paling tidak harus survive. dan media. Wujud nyata dari strategi ini juga berupa. penutupan unit bisnis. Selama retrenchment. Langkah awal dalam pelaksanaan strategi penghematan ini adalah menonaktifkan beberapa asset yang tidak produktif. Pedoman yang harus dijalankan agar strategi retrenchment efektif: Gagal mencapai tujuan dan sasaran secara konsisten. Strategi Penghematan/Retrenchment Penghematan terjadi ketika perusahaan melakukan regrouping melalui pengurangan biaya dan asset untuk mengatasi penurunan penjualan dan profit. pemangkasan lini produk. pengurangan karyawan.UMB Masruroh.ME MANAJEMEN STRATEGIK . Berikut beberapa strategi defensive yang dapat diterapkan sesuai dengan urutan skala prioritas mulai dari strategi yang paling awal yaitu strategi penghematan yang jika diterapkan tidak ada hasil maka strategi berikutnya adalah divestasi jika strategi inipun tidak menolong perbaikan kondisi perusahaan maka jalan dan strategi terakhir adalah likuidasi. otomatisasi proses. tetapi perusahaan memiliki kompetensi distingtif Perusahaan adalah salah satu pesaing lemah Inefisiensi. SE. Retrenchment didesain untuk memperkuat basic kompetensi distingtif. serta tekanan dari pemilik untuk melakukan reorganisasi - Pusat Pengembangan Bahan Ajar . moral karyawan buruk. system pengendalian biaya yang ketat. jika ini tidak berhasil. karyawan. a. atau reorganisasi. profitabilitas rendah. Strategi ini disebut juga strategi turnaround. strategist bekerja dengan sumber daya terbatas dan menghadapi tekanan dari pemilik. maka menonaktifkan asset yang produktif dengan syarat perusahaan mengalami penurunan penjualan.

Pedoman yang harus diikuti agar strategi divestasi berjalan efektif adalah: c. likuidasi adalah satu-satunya cara untuk memperoleh dana kas atas asset perusahaan.UMB Masruroh. Akan tetapi. Perusahaan pertama Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Strategi divestasi dapat juga menjadi bagian dari keseluruhan strategi penghematan untuk memangkas bisnis yang tidak profitable. SE. dan yang tidak sejalan dengan misi dan aktivitas perusahaan.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 13 - Manajemen stratejik gagal dilaksanakan Pertumbuhan yang terlampau pesat. yang membebani dan memerlukan modal cukup banyak. bangunan. Sebelumnya perusahaan menyatakan diri bangkrut baru setelah itu. Strategi Divestasi/Divesture Jika langkah penghematan tidak menolong perbaikan kondisi perusahaan maka penjualan asset nonproduktif ataupun selanjutnya asset produktif seperti tanah. perlu reorganisasi internal b. Strategi divestasi juga sering dilakukan untuk menggali modal untuk selanjutnya digunakan mendanai akuisisi atau investasi. Penghematan gagal dilakukan untuk memperbaiki keadaan Divisi perlu sumber daya lebih dari yang ada Divisi bertanggungjawab atas keseluruhan performans perusahaan yang buruk Divisi tidak sejalan dengan organisasi Banyak dana kas yang dibutuhkan dan tidak dapat digali dari sumber lain Strategi Likuidasi Menjual seluruh asset perusahaan yang bernilai tangible merupakan strategi likuidasi. dijual asset-aset tangible yang masih bernilai untuk memenuhi kewajiban terutama kepada kreditor. Pedoman yang harus diikuti agar strategi likuidasi efektif adalah: Ketika strategi penghematan dan divestasi tidak berhasil Hanya alternative bangkrut. lebih baik berhenti operasi daripada terus menerus kehilangan sejumlah uang. Strategi likuidasi diakui sebagai suatu kekalahan dan memiliki konsekuensi secara emosional.ME MANAJEMEN STRATEGIK . dan aktiva tetap lainnya perlu dilakukan untuk memperoleh dana segar.

3. SE. Berikan contoh 3 strategi intensif yang baru-baru ini dilakukan perusahaan yang ada di Indonesia ! Jelaskan hubungan antara strategi penghematan. dan likuidasi ! Apa kelebihan dan kekurangan strategi integrasi. mengapa ? Jelaskan pedoman yang akan menjamin strategi penghematan akan efektif dijalankan ! Pusat Pengembangan Bahan Ajar . 5. 2. jelaskan dan berikan contoh perusahaan yang melakukan 3 strategi integrasi tersebut ! Mengapa disebut strategi diversifikasi kurang popular ? Strategi likuidasi mengandung konsekuensi emosional. divestasi.UMB Masruroh. 4.Modul 06-MaGic-Masruroh Page 14 harus menyatakan diri bangkrut dan kemudian melikuidasi divisi untuk memperoleh kas Pemilik perusahaan dapat meminimumkan kerugian dengan cara menjual asset perusahaan Pertanyaan Latihan: 1.ME MANAJEMEN STRATEGIK . 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful