P. 1
ipa biologi

ipa biologi

|Views: 59|Likes:
Published by DilaFaradian

More info:

Published by: DilaFaradian on Oct 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2015

pdf

text

original

NAMA : Yashinta Meidita KELAS/NO : IX A / 20 MATA PELAJARAN: IPA Biologi

CARA MENCANGKOK
Dasar : Mencangkok atau okulasi adalah teknik pengembangbiakan tanaman yg sangat cocok utk di tanam di dalam pot. Di samping karena kualitas buahnya terjaga sama spt induknya juga nantinya pohon tumbuh tidak terlalu tinggi. Pohon yg dikembangbiakan dengan teknik cangkok tidak akan mempunyai akar tunggang. Tanaman yg dapat dicangkok adalah tanaman buah berkayu keras atau berkambium. Contoh : Mangga, jambu, jambu air, jeruk, dll. : 1. Menjadikan buah sama seperti induknya 2. Lebih cepat berbuah 3. Buah yang dihasilkan lebih besar : 1. Pisau yg kuat dan tajam. 2. Serabut kelapa atau plastik kresek. 3. Tali atau karet ban dalam bekas. 4. paku panjang 10 cm. 5. Ember atau apa saja media lain utk menampung air. 6. kursi/tangga/stegger, jika cabang terlalu tinggi. 7. Campuran tanah subur : Pupuk kandang : serabuk gergaji perbandingan 1:1:1 : 1. Pertama, pastikan bahwa induk semang tanaman adalah dari varietas unggul, agar hasilnya nanti adalah bibit unggul juga. 2. Tentukan cabang yg lurus dan cukup besar agar nanti pohon cukup kuat utk mandiri. Kira-kira sebesar pergelangan tangan anak atau berdiameter 3 cm. 3. Selanjutnya, kerat pangkal cabang menggunakan pisau. Kerat sekali lagi dari keratan pertama berjarak sekitar satu kepalan tangan atau 5 cm. 4. Buang kulit antara keratan tadi. 5. Setelah kulit kayu bersih, kerok lendir/getah sampai bersih dan kayu tidak licin lagi. 6. Ambil serabut kelapa atau plastik secukupnya ikat bagian bawah dulu. 7. Bentuk sedemikian rupa sehingga membentuk penampung, isi dengan campuran tanah yg sudah dipersiapkan. Isian harus cukup padat dengan cara ditekan-tekan. 8. Ikat bagian atas serabut atau plastik dan pastikan campuran tanah tertutup rapat. 9. Buat lubang-lubang utk pembuangan air berjarak 1 cm antar lubangnya (jika medianya adalah plastik). 10. Siram air sampai air menetes dari cangkokan.

Tujuan

Alat dan Bahan

Cara Kerja

lebih cepat berbuah. Kerjakan dengan hati-hati terutama saat menguliti sebab: -Pembuluh tapis pada tumbuhan jika rusak akan menyebabkan kegagalan pencangkokan -Jaringan di sekitar bawah kulit tumbuhan sangat lemah dan rentan akan infeksi bakteri maupun virus 2. buah yang dihasilkan lebih besar. Pilihlah dahan yang kira-kira memiliki diameter antara 5cm-7cm 3. Kesimpulan .Hal-Hal yang Diperhatikan : 1. Ini dapat menguntungkan kita sebagai pencinta tanama agar lebih mudah untuk menanam tanaman di dalam pot karena tidak perlu banyak membutuhkan halaman/tempat. Untuk penyiraman tidak membutuhkan air banyak dan hanya perlu disirami sekali dalam sehari untuk menghindari pembusukan : Mencangkok merupakan menanam paling baik sebab menjadikan buah sama seperti induknya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->