P. 1
Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Nasional

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Nasional

|Views: 856|Likes:
Published by Rizky Ardhy Maulana

More info:

Published by: Rizky Ardhy Maulana on Oct 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

pdf

text

original

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Nasional Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Tentu tak asing bagi kita, khususnya rakyat Indonesia dengan istilah pembangunan nasional. Istilah tersebut tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, atau setidaknya kita pasti pernah menemukan istilah tersebut di berbagai media, baik media cetak maupun elektronik. Namun , apakah makna dari pembangunan nasional tersebut? Lantas apakah peran Pancasila dalam pembangunan nasional ? Sebelum mampu berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan nasional itu sendiri, penting bagi kita selaku warga negara Indonesia untuk memahaminya terlebih dahulu terkait dengan posisi kita sebagai subjek penggerak dalam pembangunan nasional. Terlebih sebagai insan akademik yang merupakan unsur masyarakat terdidik, baik secara individu maupun kolektif kelembagaan, menjadi modal penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan nasional. Bila digambarkan dalam sebuah piramida, terdapat tiga penyokong sistem tersebut. Tiga penyokong tersebut adalah rakyat Indonesia, Pancasila, dan pembangunan nasional. Secara garis besar dapat dikatakan rakyat Indonesia adalah subjek penggerak, Pancasila sebagai acuan gerakan, dan pembangunan nasional adalah objek yang digerakkan. Dalam pembahasan ini, peranan rakyat Indonesia sebagai subjek penggerak tidak mendapat sorotan lebih, sehubung penulis ingin membahas hubungan antara Pancasila dan pembangunan nasional secara lebih dalam. Sebelum beranjak lebih lanjut, maka perlu bagi kita untuk memahami terlebih dahulu definisi dari Pancasila dan makna dari Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Pancasila, secara etimologis, berasal dari dua kata yaitu panca yang berarti ‘lima’ dan sila yang berarti ‘dasar’. Jadi, dari akar katanya, Pancasila berarti lima dasar, yakni dasar bagi negara Indonesia yang merdeka. Dasar negara ini kemudian dapat disamakan dengan fundamen, filsafat, pemikiran yang mendalam, jiwa dan hasrat yang mendalam. Adapun rumusan dan urutan sila dalam Pancasila yang digunakan saat ini adalah seperti yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu (1) Ketuhanan Yang Maha Esa, (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab, (3) Persatuan Indonesia, (4)

pola dan berbagai aspekyang berkaitan dengan objek kegiatan. dan terarah. ideologi juga dapat menjadi pandangan hidup. Pelaksanaan pembangunan nasional dilakukan melalui sebuah kegiatan nasional yang mencerminkan program. menuju sasaran yang diinginkan. bangsa. serta memberikan langkahlangkah strategis untuk mencapai tujuan yang ideal. yakni sifatnya yang futuristik. Paradigma selalu berkaitan dengan gerak atau perubahan dalam suatu aktivitas. dan negara. Hal ini mengingat adanya satu ciri penting yang melekat pada ideologi. Sedangkan paradigma dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kerangka berpikir . .Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan . Perjuangan tersebut senantiasa memiliki karakter sendiri yang berasal dari kepribadian bangsa. kepribadian bangsa. Kemudian apakah pengertian dari pembangunan nasional ? Pembangunan nasional adalah pembangunan yang berkesinambungan dan meliputi seluruh kehidupan masyarakat. Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang dikumandangkan pertama kali oleh Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Ideologi ini merupakan dasar yang mempersatukan seluruh perjuangan bangsa karena ia merupakan cita-cita dan tujuan bersama. Namun dalam arti lain. yakni sebuah kerangka atau asumsi dasar yang menjadi landasan suatu kegiatan pemikiran untuk menentukan metode. pola. Paradigma diperlukan agar aktivitas berlangsung melalui gerak atau menimbulkan perubahan tertentu secara sistematis. dan sasaran dalam tahapan tertentu dengan tetap konsisten menuju terwujudnya tujuan nasional. Ideologi berfungsi memberikan harapan akan dunia baru yang lebih baik dari keadaan masa kini dan masa lampau yang kurang ideal. dan (5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Maka Pancasila diartikan sebagai ideologi yang mencerminkan identitas. pada saat berlangsungnya siding Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan nilai-nilai yang dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. sekaligus merupakan alat pemersatu seluruh bangsa untuk mencapai tujuan bersama. Pembangunan mencerminkan rangkaian gerak perubahan menuju kepada kemajuan dan kehidupan yang lebih baik.

ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu tolak ukur kemajuan peradaban suatu bangsa. keadilan. Pancasila menjadi pilihan bangsa Indonesia secara sadar untuk memberikan arah atau pola kehidupan berbangsa dan bernegara dalam pembangunan nasional. Pembangunan nasional menjadi kewajiban seluruh bangsa Indonesia. Tetapi karena seringnya terpengaruh oleh keinginan ego manusia itu sendiri yang tidak disadari. dan negara menjadi kunci keberhasilan pembangunan nasional. pengembangan tersebut pun dapat menimbulkan bencana atau kerugian bagi . Ilmu pengetahuan merupakan dasar pembangunan teknologi. baik primer maupun sekunder. bangsa. Di samping itu. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pun menjadi tolak ukur tingkat kemajuan dan kesejahteraan bangsa tersebut. pembangunan nasional bertitik tolak pada kemampuan. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan keuntungan yang besar bagi manusia seperti terpenuhinya kebutuhan hidup. Adapun teknologi diperlukan manusia untuk memberikan kemudahan dan kesejahteraan demi terpenuhinya kebutuhan dalam kehidupannya. dapat disimpulkan bahwa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional berarti. Kesadaran akan tanggungjawab secara nasioanal untuk melakukan pembangunan oleh seluruh unsur masyarakat. kebersamaan. tujuan. Sebagai salah satu komponen dalam pembangunan nasional. dan kemanfaatan bagi bangsa Indonesia. Kerjasama dengan bangsa atau negara lain dalam tatanan global tetap diperlukan sepanjang tidak menimbulkan ketergantungan dan tetap menjaga identitas diri bangsa. dengan pemerintah bersama dengan lembaga legislatif dan eksekutif sebagai pemeran utama. Dengan demikian. maka hakikat pembangunan nasional menjadi memiliki arti yakni pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya dengan Pancasila sebagai dasar. Bila dikaitkan dengan paradigma di atas.Jadi. sedangkan teknologi adalah studi tentang keterampilan untuk membuat sesuatu yang membutuhkan materi tertentu disertai dengan aktivitas akal budi dan keinginan untuk tujuan tertentu. kebebasan dan kemandirian sebagai sebuah bangsa yang merdeka. kemandirian. Ilmu pengetahuan lahir melalui konsep berpikir metodologis. dan pedomannya.

Oleh karena itu.manusia itu sendiri. . Bentuk Pancasila sebagai paradigma tersebut dapat diaplikasikan melalui nilai Pancasila berikut. diperlukan panduan. Bagi bangsa Indonesia. kerangka dasar atau paradigma dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pancasila sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi paradigma yang tepat dalam masalah ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->