Laporan Hasil Pratikum Biologi

“ Mengenal Struktur Sel “

Disusun Oleh Kelompok 1 Nama Anggota : 1. M. Hasri Saleh ( A 21107051) 2. Mus Heriyanto ( A 21107053 ) 3. Novi Ariyati ( A 21107058 ) 4. Sinta ( A 21107076 ) 5.Sukmawati ( A 21107078) 6.Tri Anggraini ( A 21107085) 7. Undari Se ( A 21107087 ) 8. Yesi Amelia ( A 21107093 ) Kelas Dosen :IB : Yunilda Rossa, S.Si, M.kes

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Siti Khadijah Palembang Tahun Ajaran 2011-2012

Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan mampu untuk melakukan pratikum dengan baik dan bisa mengenal struktur sel yang jelas dari bawah mikroskop.Kata Pengantar Assalamualaikum.wr. Wassalamualaikum. Untuk lebih jelasnya lagi ada di dalam laporan ini.wb Penulis .wb Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya laporan hasil pratikum kami yang berjudul “ Mengenal Struktur Sel “ pada pratikum yang ke-2 ini. Di laporan ini juga kami memaparkan bahwa sel adalan suatu unit terkecil penyusun tubuh makhluk hidup. “ Tak ada gading yang tak retak “ di dalam makalah kami ini mungkin masih jauh dari sempurna. Adapun makalah ini berisi tentang struktur sel dari mukosa mulut manusia yang kami anggap sebagai sel hewan.Oleh karena itu .wr. Kami juga sangat berterima kasih kepada ibu Yunilda Rossa sebagai dosen pembimbing kami dalam pelajaran biologi praktek. Disini kami jugamemaparkan cara kerja melihat struktur sel dan apa saja alat dan bahan yang digunakan saat melakukan pengamatan terhadap sel mukosa mulut pada manusia. saran dan kritik yang membangun tetap kami nantikan demi menyempurnakan laporan pratikum .

Salah satu ciri yang membedakan antara sel hewan dan sel tumbuhan dapat dilihat secara struktur yaitu melalui pengamatan secara mikroskopis. Cara Kerja Preparat segar sel mukosa manusia 1.Sediakan kaca objek yang bersih 2. lalu difiksasi. Kaca obyek dan kaca penutup 4. Fiksasi disini bertujuan untuk mematikan sel secara cepat sehingga strukturnya sedapat mungkin tidak berubah. Jarum besar bertangkai Bahan : 1.Sentuhlah sedikit material di ujung tusuk gigi itu pada kaca objek lalu beri setetes metilen blue. Kapas atau tisue III. lampu/ Bunsen 6. panset anatomi yang runcing 5. Umumnya dua macam sel tersebut berukuran 30-50 mikron. Untuk dapat mengamati struktur sel yang lebih jelas maka sel tersebut harus difiksasi dan diberi pewarnaan terlebih dahulu. Mikroskop 2. Biasanya yang dapat dilihat dengan jelas adalah dinding sel atau membran sel. Landasan Teori Sel merupakan unit terkecil penyusun tubuh mahkluk hidup. Sedangkan pewarnaan bertujuan agar sel dapat dibedakan dengan jelas struktur. Dalam sayatan segar tersebut sangat transparan. Cara menutup sama seperti pengerjaan yang sebelumnya.Metilen Blue 3. Epitel mukosa mulut 2. Tusuk gigi 4.Koreklah bagian pipi anda dengan tusuk gigi yang bersih 3. inti. sitoplasma.I. 4. kemudian tutup pakai kaca penutup yang bersih. II.Amati objek di bawah mikroskop dan mulailah pada perbesaran yang terkecil hingga . Alat dan Bahan Alat : 1. dan sering juga terlihat vakuola serta nucleolus. Pipet tetes 7.

Hasil Pengamatan V. itulah sel mukosa mulutnya sedangkan dibagian tegah yang transparan (bagian isi sel) yang peka terhadap metilen blue adalah nukleousnya. inti. IV. Carilah bagian yang transparan di bawah mikroskop.Pembahasan .terbesar. sitoplasma.Kenalilah bagian-bagiannya seperti membrane sel. 5.

Gelembung udara dapat terjadi karena kurangnya ketelitian saat menutup kaca preparat. pada sel mukosa mulut kami dapat melihat adanya membran sel. Inti sel atau biasa disebut nucleus merupakan organel terbesar yang berada di dalam sel. dan nukleus. Sel didalam tubuh manusia. inti sel dan sitoplasma. terdapat dibagian tengah membrane. Nucleus biasanya terdapat ditengah sel dan berbebtuk bulat dan oval.Sel adalah unit terkecil penyusun makhluk hidup. Jaringan yang terdiri atas lebih dari satu macam sel namun asalnya sama disebut jaringan kompleks majemuk. Protein yang masuk ke lapisan lemak itu di sebut protein tunggal. bedanya sel hewan tidak memiliki dinding sel. Dalam setiap sel hidup berlangsung proses metabolisme. Dinding sel merupakan pelindung dan pemberi bentuk yang tetap. Pengelompokkan sel seperti itu. Pada percobaan ini kami mengamati sel mukosa mulut sebagai sel hewan.50μ (micrometer). Selain protein. baik secara structural maupun fungsional. terdiri dari membran plasma. Apa yang dapat dilihat jelas dari suatu sel ? 2. yang berbeda struktur atau fungsinya atau keduanya dari kelompok sel lain. terdapat pula molekul – molekul protein tertentu yang masuk kedalam lapisan lemak. porifer. organel. Jaringan secara umum terdiri dari sel-sel yang sama bentuk serta fungsinya disebut jaringan sederhana. disebut jaringan. Setiap sel mempunyai 1 inti. sitoplasma. Disebelah luarnya terdapat lapisan protein porifer (protein tepi). Apa sebab untuk menutup kaca penutup diperluhkan jarum bertangkai ? . Inti sel ini biasanya berdiameter sekitar 10μ . VI. Fungsi inti sel dan sitoplasma pada sel hewan sama seperti pada sel tumbuhan. Dinding sel melekat pada yang lain dengan adanya perekat antar sel. Sel hewan hanya mempunyai membran sel yang berfungsi untuk melindungi organel-organel yang berada di dalamnya. Membran sel atau yang disebur membran plasma sel tersusun atas molekul lemak dan protein. Molekul lemak tersusun atas dua lapis . Kendala yang dialami pada percobaan kali ini adalah sulitnya mendapat sayatan yang tipis dan adanya gelembung udara sehingga mempersulit pengamatan. yang menyusun tepi lur dan dalam membrane. Petanyaan 1.

Yang dapat dilihat jelas dari struktur sel adalah inti sel (nuleus). Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. dan vakuola. 3. nukleus.Jawaban 1. 4. dan dinding sel. Daftar Pustaka Rossa Yunilda. Jarum tangkai sangat diperlukan dalam mengamati objek yaitu untuk menghindari gelembung udara pada proses pengamatan. tidak memiliki butir-butir plastida dan mempnyai vakuola yang berukuran kecil. 2. 6. serta mempunyai bentuk yang tidak tetap. 2. VII. 5.Penuntun Pratikum Biologi. Yang dapat dilihat dengan jelas yaitu dinding sel. Kesimpulan dan Saran Kesimpulan Dari percobaan yang telah kami lakukan dapat disimpulkan bahwa: 1. sitoplasma. Untuk menghindari terjadinya gelembung udara pada objek maupun sekitarnya yang akan diamati.Palembang: STIKes Siti khadijah Palembang . Saran Kepada pengamat disarankan agar lebih teliti saat melakukan percobaan agar tidak terdapat gelembung udara yang bisa mempersulit pengamatan. Sel hewan mempunyai membran sel. Yang termasuk sel hewan adalah sel mukosa mulut.2010. Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. sitoplasma.

Rikini.html http://zilazulaiha.com/2011/05/laboratorium-pendidikan-biologi-fkip.Pratiwi.html .blogspot.blogspot.Jakarta:Erlangga http://sugondopratikto.Srimaryati.blogspot.com/2011/09/mengenal-struktur-sel-dan-pembuatan.2007.com/2010/12/komponen-sel.html http://catatan-kuliah.Suharno & S Bambang.Biologi SMA Jilid 2 untuk kelas XI.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful