P. 1
Ekonomi Manajerial Dan Strategi Bisnis

Ekonomi Manajerial Dan Strategi Bisnis

|Views: 435|Likes:
Published by hansel_2591

More info:

Published by: hansel_2591 on Oct 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2014

pdf

text

original

EKONOMI MANAJERIAL DAN STRATEGI BISNIS

BAB 1. PRINSIP DASAR EKONOMI MANAJERIAL

RINGKASAN MATERI
1. 2.

Pendahuluan Penerapan Ilmu Ekonomi untuk Manajemen yang Efektif
• • • • • • •

Mengidentifikasi tujuan dan kendala Menemukenali peran profit Memahami makna insentif Lima kekuatan model Memahami pasar Menemukenali nilai waktu dari uang Penggunaan analisis marjinal
transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.A.,SP.MP.

A.MP..Ekonomi Manajerial Manajer Adalah seseorang yang berwenang mengarahkan dan mengatur sumberdaya perusahaan atau unit bisnis untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan Ilmu ekonomi Ilmu pengetahuan tentang pengambilan keputusan optimal dalam kondisi kelangkaan sumberdaya Ekonomi manajerial Kajian tentang pengelolaan sumberdaya sedemikian rupa sehingga tujuan manajerial dapat tercapai secara efisien transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.SP. .

.A.Keuntungan ekonomi versus keuntungan akuntansi Accounting profit (keuntungan menurut hitungan akuntansi) Total revenue (penerimaan total. . penerimaan total) dikurangi opportunity cost (biaya oportunitas) transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.SP.MP. atau penjualan) dikurangi biaya produksi (dalam satuan uang) yang telah dialokasikan untuk memproduksi barang atau jasa Economic profit (keuntungan ekonomi) TR (total revenue.

MP.A..SP. .BIAYA OPORTUNITAS vs BIAYA AKUNTANSI Biaya oportunitas adalah biaya eksplisit dan implisit sumberdaya yang dikorbankan saat keputusan diambil Biaya Akuntansi adalah biaya eksplisit sumberdaya yang diperlukan untuk memproduksi barang dan atau jasa serta dilaporkan dalam laporan pendapatan perusahaan Keuntungan ekonomi adalah total revenue dikurangi biaya oportunitas (bukan biaya akuntansi) transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.

transliterasi dan editing oleh: Tatiek K..A.SP. .MP.

INTERAKSI PASAR Persaingan Konsumen dan Produsen Konsumen berupaya menawar harga semurah mungkin. . sementara produsen berupaya meraih posisi harga tawar tertinggi Persaingan antar Konsumen Kelangkaan barang yang ditawarkan akan mereduksi kekuatan tawar konsumen sebab mereka bersaing satu sama lain untuk memperoleh barang tersebut Persaingan antar Produsen Sedikitnya jumlah konsumen akan menyebabkan produsen bersaing satu sama lain untuk memberikan layanan terbaik dan memenangkan konsumen Peran pemerintah Mendisiplinkan dan mengatur proses interaksi pasar transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.MP..A.SP.

MP..A. yang dapat diformulasikan sebagai: FV PV = (1 + i ) n transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.Nilai waktu dari Uang (Time Value of Money) Present value (PV) dari sejumlah uang pada akhir periode ke n bila tingkat bunga sama dengan i merupakan (FV.Future Value).SP. .

SP....MP.. + 1 2 n (1 + i ) (1 + i ) (1 + i ) transliterasi dan editing oleh: Tatiek K. ..PRESENT VALUE MULTIPERIODIK Present value multiperiodik dari sejumlah modal (FVt) yang diterima pada akhir periode ke n adalah: FVn FV1 FV2 PV = + + .A.

maka NPV dari keputusan bisnis tersebut adalah: FVn FV1 FV2 NPV = + + ... + 1 2 n (1 + i ) (1 + i ) (1 + i ) transliterasi dan editing oleh: Tatiek K. .SP.MP.A....NET PRESENT VALUE Jika seorang manajer dapat memperoleh FVt dengan mengalokasikan pengeluaran Co rupiah hari ini.

.MP..NET PRESENT VALUE Aturan pengambilan keputusan yang berlaku: Jika NPV<0 tolak proyek Jika NPV>0 terima proyek transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.SP.A.

..MP. = 2 3 (1 + i ) (1 + i ) (1 + i ) i transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.A..SP. ..Present value dari perpetuitas Aset yang menghasilkan kas flow secara terus menerus (SF) pada setiap akhir periode disebut perpetuitas Present value (PV) dari perpetuitas yang menghasilkan arus pendapatan sama besar pada setiap akhir periode adalah: PV perpetuita s CF CF CF CF = + + + .

MP. t .A.SP..Penilaian unit bisnis (perusahaan) Nilai sebuah unit bisnis sama dengan present value dari keuntungan unit bisnis tersebut sekarang dan di masa mendatang PV = ∑ π t /(1 + i ) transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.

A.SP.MP. ..Penilaian unit bisnis (perusahaan) Bila profit tumbuh dengan laju konstan (g<i) dan pada periode sekarang keuntungan sama dengan π0 : PVunit bisnis = π 0 setelah deviden PVunit bisnis 1+ i sebelum profit sekarang dibayar sebagai deviden 1− g 1+ g segera setelah profit saat ini dibayar sebagai deviden = π0 i−g transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.

SP..MP. .A. maka memaksimalkan present value dari seluruh keuntungan sama dengan memaksimalkan keuntungan saat ini transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.Penilaian unit bisnis (perusahaan) Jika laju pertumbuhan profit < tingkat suku bunga dan keduanya konstan.

A.Analisis Marjinal Variabel kontrol Output Harga Kualitas produk Advertising Research and Development (R&D) Pertanyaan manajerial yang paling mendasar adalah: seberapa efektif kontrol variabel dapat digunakan untuk memaksimalkan keuntungan?? transliterasi dan editing oleh: Tatiek K. ..MP.SP.

.A.Net Benefit= Manfaat Bersih Net benefit=Total Benefit-Total Cost Profit=Revenue-Cost transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.SP. .MP.

Q: Slope (derivasi kalkulus) dari kurva benefit total ∆B MB = ∆Q transliterasi dan editing oleh: Tatiek K..SP. .Marginal Benefit (MB) Perubahan benefit total yang disebabkan oleh perubahan variabel kontrol.A.MP.

SP.MP.. Q: Slope (derivasi kalkulus) dari kurva biaya total ∆C MC = ∆Q transliterasi dan editing oleh: Tatiek K. .Marginal Cost (MC) atau Biaya Marginal Perubahan biaya total yang disebabkan oleh perubahan variabel kontrol.A.

variabel kontrol manajerial harus ditingkatkan ke titik dimana MB=MC MB>MC berarti unit variabel kontrol terakhir meningkatkan benefit lebih dari penambahan biaya yang dilakukan MB<MC berarti unit variabel kontrol terakhir meningkatkan biaya lebih besar dari tambahan benefit yang diperoleh transliterasi dan editing oleh: Tatiek K..SP.A.MP. .Prinsip Marginal Untuk memaksimalkan net benefit.

SP.A..MP. .Optimalisasi: Pendekatan Grafis transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.

Kesimpulan Pastikan anda memasukkan semua perhitungan biaya dan benefit saat harus mengambil keputusan bisnis (biaya oportunitas) Selama rentang waktu pengambilan keputusan.SP.. alternatif vs alternatif lain) : analisi PV Keputusan ekonomi yang optimal diformulasikan dengan analisis marginal transliterasi dan editing oleh: Tatiek K.MP. . pastikan anda melakukan sebanyak mungkin perbandingan (apel vs apel.A.

Terima kasih. selamat belajar dan sampai jumpa minggu depan! Catatan: Baca Modul dan Materi Pengayaan yang telah disiapkan oleh tim dosen pengampu. Segera rencanakan pengerjaan proyek Anda! .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->