HADITS-HADITS TENTANG TOLONG MENOLONG Makalah Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah : Al-Hadits dan

Pembelajarannya Dosen Pengampu : Dr.Hj.Marhumah

Disusun Oleh: 1. Ristin Nafsul Mutmainah 2. Syarifudin Mustofa 3. Arifin Nur Rochmad 4. Kholifatul Ubaidah Ratna Ningsih 5. FAKULTAS TARBIYAH dan KEGURUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2011 10410031 10410032

Apakah tolong-menolong itu? b. Hadits-hadits. Maka sangat penting dalam kehidupan kita menumbuhkan sifat tolong-menolong dengan orang lain. hidung. telinga.apabila salah satu anggota tubuh sakit maka sakitlah semua dan tidak bisa tidur. jantung.PENDAHULUAN Tubuh manusia terdiri dari organ mata. hati. Di dunia ini tidak ada sesuatu apapun yang bisa berdiri sendiri karena sesuatu yang satu membutuhkan dengan sesuatu yang lainnya. Begitulah kehidupan manusia yang tidak dapat mengerjakan pekerjaannya atau memenuhi kebutuhan mereka tanpa bantuan orang lain. Misalnya saja manusia membutuhkan petani untuk menanam padi yang nantinya dapat dimakan. Otak yang merupakan pusat dari pengendali organ-organ tersebut.begitu juga petani membutuhkan sapi untuk membajak sawahnya agar bisa ditanami dan membutuhkan pupuk yang diproduksi oleh pabrik yang didalamnya terdapat para karyawan yang membuat pupuk tersebut. Begitu juga dengan keadaan manusia dengan manusia lain yang dalam suatu hadits riwayat Bukhori Muslim yang mengatakan bahwa orang muslim satu dengan yang lainnya bagaikan satu tubuh.dalam pembahasan makalah ini akan diuraikan mengenai: a. Begitu juga manusia. paru-paru.takhrij hadits.sehingga semua aktivitas akan dikendalikan oleh otak dan semua organ-organ tersebut saling berkaitan dan berhubungan. Bagaimana upaya manusia agar sikap tolong-menolong dapat dibudayakan? d. ginjal dan masih banyak sekali organ yang lainnya. Apa manfaat yang dapat diperoleh dari tolong menolong itu? c.mereka membutuhkan makhluk lain untuk memenuhi kelangsungan hidup mereka. mengenai tolong .makna serta asbabul wurud menolong. Apabila ada salah satu organ mengalami gangguan maka akan berpengaruh pada organ yang lainnya.

2. Makna Tolong menolong Tolong menolong adalah suatu tindakan yang bermanfaat bagi orang lain. 1. walaupun dengan orang yang non muslim. jaminan atas orang yang ditimpa kesukaran. jenis kelamin. Allah akan membebaskan daripadanya kesengsaraan (kesukaran) dari kesengsaraan-kesengsaraan hari kiamat. dengan harta (uang). dan masuk dalam pintu ini. Dalam hadits ini terdapat petunjuk keharusan bagi seseorang muslim untuk saling memberikan pertolongan dengan tanpa imbalan kepada muslim lainnya yang sedang mengalami kesusahan.. disadari atau tidak didalam hidup ini manusia tentu membutuhkan kawan Tentang kebutuhan berkawan bagi manusia tidak dapat dipungkiri lagi karena manusia membutuhkan orang lain dalam hidupnya. dan jaminan (perlindungan untuk badannya. Tolong menolong sesama muslim. tingkatan sosial. “Barang siapa yang membebaskan dari seorang muslim kesengsaraan (kesusahan) dari kesengsaraan dunia. Tolong menolong terhadap non muslim.PEMBAHASAN Sebagai makhluk. Tolong menolong dikategorikan menjadi 2 macam. ia menulis dipintunya: inilah kuburan orang hidup dan caci maki atau cercaan musuh-musuh dan cobaan untuk kawan-kawan yang jujur.manusia memliki insting untuk saling membutuhkan. yaitu tolong menolong dengan sesama muslim dan tolong menolong dengan non muslim. seperti yang diterangkan dalam salah satu \hadits Rasulullah yang artinya. bagi orang yang mampu atasnya/bisa berbuat). Seorang muslim mempunyai kewajiban untuk saling menolong dalam hal kebaikan. suku. Sejak usia anak-anak hingga usia tua. Tidak memandang umur. Diterangkan juga dalam hadist ini yaitu bahwa terdapat dalil yang menunjukan keharusan untuk memberi al-qardh dan keharusan untuk membebaskan tawanan dari tangan-tangan orang kafir. tapi asalkan dalam hal tolong menolong tersebut tidak mengkaitkan persoalan .manusia tidak akan dapat hidup sendiri. A. dan membebaskan orang-orang islam dari kekejaman dan membebaskan dari penjara? Dikatakan : sesungguhnya Nabi Yusuf as setelah keluar dari penjara. maupun ras.

agama. disitulah letak toleransi kita terhadap non muslim.Kesadaran tentang roda kehidupan yang selalu berputar juga akan menjadikan seseorang itu sadar akan pentingnya sikap tolong menolong karena mereka akan membayangkan bagaimana jika posisi mereka sedang ada di bawah dan sangat membutuhkan pertolongan. Manfaat yang dapat diperoleh dalam hal tolong menolong Dalam melakukan aktifitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia membutuhkan makhluk lain. Mempererat tali silaturahim 2. D. Banyak teman 4. Hadist tentang tolong menolong ٍ‫عٍ أتى ْريرج رضياهلل عُّ عٍ انُثي صهى هللا عهيّ ٔ سهى قال : ي‬ ‫َفس عٍ يؤيٍ كرتح يٍ كرب اندَيا َفس هللا عُّ يٍ كرب يٕو انقيايح‬ .Diantara manfaatnya adalah sebagai berikut: 1. Cara membudayakan sikap tolong menolong Sebagai makhluk social manusia harus sadar bahwa mereka hidup di dunia ini tidak sendirian dan tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka tanpa bantuan dari orang lain. Berbagi kebahagiaan dengan orang lain 6. Meringankan beban orang lain 3.sehingga apabila seseorang telah memiliki kesadaran akan pentingnya sikap tolong menolong maka akan memberikan kebiasaan bagi seseorang itu untuk melakukan sikap tolong-menolong dan tidak akan henti-hentinya menolong kepada orang lain. C. Kesadaran bahwa Allah akan membantu hambanya yang mau menolong sesamanya juga akan memberikan motivasi seseorang untuk selalu melakukan sikap tolong-menolong dan selalu akan mengerjakannya. B. Misalnya dalam kegiatan di masyarakat yang mayoritas penduduknya tidak hanya islam saja. dalam kehidupan bermasyarakat dapat terlihat.Dari sinilah kita harus menyadari akan pentingnya sikap tolong menolong. Menjadi jalan untuk dakwah. Mungkin yang dimaksud disini tolong menolong dengan non muslim di dalam kehidupan bermasyarakat. Mendapatkan pertolongan dari orang lain 5.sehingga antara satu dengan yang lainnya saling memberikan bermanfaat.

” (HR MUSLIM) Syarah ‫يٍ َفس عٍ يؤيٍ كرتح يٍ كرب اندَيا َفس هللا عُّ يٍ كرب يٕو‬ . maka Allah akan menutupi kesalahannya di dunia dan di akherat.dan barabgsiapa yg amalnya selalu terlambat. kecuali. dan mereka diselubungi oleh rahmat dan para malaikat berkerumun di dunia dan menyebut mereka dalam golongan yang berada dalam sisinya.kepada mereka ketentraman. dan barang siapa meringankan kesukaran yang ada pada soerang muslim. membaca kitab Allah dan mempelajarinya diantara mereka.‫ٔ يٍ سرر يسهًا سررِ هللا في اندَيا ٔ األخرج ٔ هللا فى عٌٕ انعثد يا‬ ‫كاٌ فى عٌٕ اخيّ ٔ يٍ سهك طريقا يهرًس فيّ عهًا سٓم هللا نّ طريقا‬ ‫انى انجُح ٔ يا اجرًع قٕو فى تيد يٍ تيٕخ هللا يرهٌٕ كراب هللا ٔ يردار‬ ‫سَّٕ تيُٓى اال َسند عهيٓى انسكيُح ٔ غشيرٓى انرحًح ٔ خفرٓى انًالئكح‬ . Allah akan meringankan kepadanya di dunia dan di akherat. Dan barangsiapa menempuh jalan mencari ilmu. Dan Allah akan menonolong hambanya selama hamba itu mau menolong saudaranya.:”Barang siapa yang menghilangkan atau membebaskan kesengsaraan orang mukmin dari kesengsaraan kesengasaraan dunia. Beliau bersabda. maka nasibnya (keturunannya) tidak akan dapat mempercepat. Allah akan membebaskan daripadanya kesengsaraan dari kesengsaraan kesengasaraan Hari Kiamat.‫انقيايح‬ . Dan tiada suatu kaum berkumpul di rumah-rumah Allah(masjid). Dan barangsiapa menutupi kesalahan (cacat) seorang islam .ّ‫ٔ ذكرْى هللا فيًٍ عُدِ ٔ يٍ اتطأ تّ عًهّ نى يسرع تّ َسث‬ ) ‫( رٔاِ يسهى‬ Artinya Dari Abu Hurairah RA. dari Nabi SAW. maka Allah akan memudahkan untuknya dalam kesulitan.

dan jaminan (perlindungan untuk badannya.Dan dalam hadits ini juga terdapat janji allah pada orang yang mau menolong atau membebaskan seorang muslim dari kesulitan.jaminan atas orang ditimpa kesukaran.dan membebaskan orang islam dari kekejaman dan dari penjara. Dalam hadits menunjukkan bahwa hasanah ini dibalas serupa dengannya.Artinya:”Barang siapa yang membebaskan seorang mukmin kesengsaraan (kesusahan) dari kesengsaraan dunia.dengan harta (uang).” Makna hadits diatas adalah terdapat dalil (petunjuk) keharusan bagi seseorang untuk memberikan al-qardh (pertolongan tanpa imbalan) dan keharusan (sunah)membebaskan para tawanan dari tangan-tangan orang kafir.bagi orang yang mampu atasnya/bisa berbuat). Kedua: Bahwa setiap kesengsaraan atau kesukaran-kesukaran pada hari kiamatmeliputi keadaan yang genting dan dasyat serta keadaan yang amat berat.allah akan membebaskan daripadanya kesengsaraan (kesukaran) dari kesengsaraan-kesengsaraan hari kiamat. Maka penjelasan dapat dilihat dari dua arah: Pertama: Dari bab difahaminya bilangan dan okum yang tergantung dengan bilangan (jumlah) tidak akan menunjukkan hilangnya tambahan dan pengurangan. Dalam hadits lain disebutkan: ‫1611 .Dikatakan :sesungguhnya nabi Yusuf setelah keluar dari penjara ia menulis di pintunya :inilah kuburan orang hidup dan caci maki atau cercahan musuh-musuh dan cobaan untuk kawan-kawan yang jujur.dan masuk dalam pintu ini.ّ‫زال جثريم يٕصيُى تانجارحرى طُُد سيٕرث‬ .عٍ اتٍ عًر يقٕل : قال رسٕل هللا صهى هللا عهيّ ٔ سهى يا‬ .karena hasanah tersebut diterima dengan jalan menolong atau membebaskan seorang muslim dari satu kesengsaraan saja dan tidak dengan sepuluh kesengsaraan/kesulitan hari kiamat.dan hal-hal ya ng amat menakutkan dan mencekam dan kegentingan itu bertambah sepuluh kali lipat atau berlipat ganda.

a.maka beliau berkata pada oorang-orang yang sedang duduk bersama beliau katanya kepada mereka:bantulah orang ini.barang kali tetangga kita belum makan dan dalam keadaan kekurangan yang menjadikan tidak bisa membeli makanan.‫إذا طثخد يرقح فأكثر ياءْا ٔ ذعاْد جيراَك‬ (1361).Dari Abu Musa r.katanya:”adalah rasulullah SAW diminta bantuannya oleh seseorang. (1362).Dari rasulullah telah berpesan untuk menolong orang lain dan mendoakan kepada orang yang menolong tadi semoga mendapatkan balasan (ganjaran) dari allah dan nabi juga mendoakan pada orang yang ditolong agar dikabulkan hajatnya.a.Dari Umar r. ‫1611 – عٍ أتى يٕسى قال : كاٌ رسٕل هللا صهى هللا عهيّ ٔ سهى إذا أذاِ طانة‬ ‫حاجح أقثم عهى جهسائّ فقال اشفعٕا فهرؤ جرٔا ٔ نيقض هللا عهى نساٌ َثيّ يا‬ .hingga kusangka tetangga akan mewarisi.semoga kamu mendapatkan ganjaran allah dan semoga allah mengabulkan hajatnya dengan ucapan nabinya.a. Asbabul wurud hadits-hadits diatas adalah: .‫1611 – عٍ اتى ذر قال : قال رسٕل هللا صهى هللا عهيّ ٔ سهى يا أتا ذر‬ .katanya:bersabda rasulullah SAW:wahai Abu Zaar.” Makna hadits tersebut adalah bahwa kita harus selalu berbuat baik kepada tetangga misalnya saja seperti kita memberikan masakan pada tetangga.katanya:bersabda rasulullah SAW malaikat Jibril selalu berpesan kepadaku dengan berbuat baik kepada tetangga.Dari Abu Zarrin r.kalau engkau memasak gulai banyakkan kuahnya dan ingatlah tetanggamu.‫أحة‬ (1364).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful