Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

Kelompok 7 MBI 01
Mutiara Novita Hikmah Fujiyati Arif Tri Pramono Ardy Sutrisno Yudha Kurnia Pangestu R. Ramdan Trijaya

Tanda Hubung (-)
 Untuk menyambung suku-suku kata yang terpisah oleh pergantian baris. contoh: Jumlah korban yang hilang dalam bencana tsunami di Mentawai mencapai 74 orang.

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Kini ada cara yang baru untuk mengukur panas. contoh: Senjata ini merupakan sarana pertahanan yang canggih.Untuk menyambung awalan dengan bagian kata yang mengikutinya atau akhiran dengan bagian kata yang mendahuluinya. .

contoh: anak-anak. kekuningkuningan.Untuk menyambung unsur-unsur kata ulang. contoh: 10-11-1992 I-n-d-o-n-e-s-i-a . Untuk menyambung bagian-bagian tanggal dan huruf dalam kata yang dieja satu-satu. buku-buku.

bandingkan kata-kata berikut: ber-evolusi dengan be-revolusi. Istri-perwira yang ramah dengan istri perwira-yang ramah. .Boleh dipakai untuk memperjelas: (a) hubungan bagian-bagian kata atau ungkapan (b) penghilangan bagian frase atau kelompok kata contoh.

dengan angka Contoh: juara ke-3. .Dipakai untuk merangkai: a. d. angka dengan -an Contoh: tahun 2000-an. se. mem-PHK-kan. b. Kata atau imbuhan dengan singkatan berhuruf kapital. ke. Contoh: hari-H. Contoh: se-Eropa. c. se-Indonesia.dengan kata berikutnya yang dimulai dengan huruf kapital. sinar-X.

Gabungan kata yang merupakan kesatuan. Contoh: alat pandang-dengar. f. atas rahmat-Mu.e. . Kata ganti yang berbentuk imbuhan. Contoh: ciptaan-Nya.

di-add. di-charter. .Merangkai unsur bahasa Indonesia dengan unsur bahasa asing. contoh: Di-hack.

Tanda Pisah (—) Membatasi penyisipan kata atau kalimat yang memberi penjelasan di luar bangun utama kalimat contoh: Lelaki itu—berbaju motif garis—sedang membaca koran dengan serius. . Mbah Marijan—juru kunci Gunung Merapi—meninggal dunia dalam keadaan sujud.

Menegaskan adanya keterangan aposisi atau keterangan yang lain sehingga kalimat menjadi lebih jelas. . contoh: Gerakan Pengutamaan Bahasa Indonesia—amanat Sumpah Pemuda— harus terus ditingkatkan.

Dipakai di antara dua bilangan. . tanggal. tempat dengan arti ‗sampai dengan‘ atau ‗sampai ke‘. contoh: Tahun 1992—2010. Sabang—Merauke. Tanggal 1—10 Oktober 2010.

Catatan: 1. 2. Tanda pisah tunggal dapat digunakan untuk memisahkan keterangan tambahan pada akhir kalimat. pensil. dan kertas. contoh: Kita memerlukan alat tulis—pena. . Dalam pengetikan. tanda pisah dinyatakan dengan 2 buah tanda hubung tanpa spasi sebelum dan sesudahnya.

Dia dilahirkan pada tahun 1964 (?). contoh: Di mana kamu menemukan uang itu? Kamu tidak mengambilnya.Tanda Tanya (?)  Digunakan pada akhir kalimat tanya. . bukan?  Digunakan di dalam tanda kurung untuk menyatakan bagian kalimat yang kurang dapat dipastikan kebenarannya. contoh: Ia hanya menyelundupkan sabu-sabu seberat 2 gram (?).

contoh: Lihatlah. ketidakpercayaan. sungguh tragis nasib korban tsunami itu! Serang! Kamu membangkang. ataupun emosi yang kuat.Tanda Seru (!) Untuk mengakhiri ugkapan atau pernyataan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan. hah! .

contoh: Jika saudara setuju dengan harga itu … pembayarannya akan segera kami lakukan. contoh: Pengetahuan dan pengalaman kita … masih sangat terbatas .Tanda Elipsis (…) Dipakai dalam kalimat yang terputus-putus. Menunjukkan bahwa dalam suatu kalimat atau naskah ada bagian yang dihilangkan.

dan 1 tanda titik untuk menandai akhir kalimat. perlu dipakai 4 tanda titik. 2.Catatan: 1. tanda baca harus digunakan dengan cermat…. . 3. Jika bagian yang dihilangkan mengakhiri sebuah kalimat. Tanda elipsis pada akhir kalimat tidak diikuti dengan spasi. contoh: Dalam tulisan. Tanda elipsis itu didahului dan diikuti dengan spasi. untuk menandai penghilangan teks dipakai 3 tanda titik.

‖ . naskah.‖ Pasal 36 UUD 1945 menyatakan. contoh: Ibu berkata. ―Bahasa negara ialah bahasa Indonesia. ―Ayah sudah berangkat ke kantor.Tanda Petik (‖ ‖) Untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan. atau bahan tertulis lain.

Untuk mengapit istilah ilmiah yang kurang dikenal atau kata yang mempunyai arti khusus. atau bab buku yang dipakai dalam kalimat. karangan. Sajak ―Berdiri Aku‖ terdapat pada halaman 17 buku itu. .Untuk mengapit judul puisi. Diana ingin memotong rambutnya dengan model ―layer‖. contoh: Pekerjaan itu dilaksanakan dengan cara ―coba dan ralat‖ saja. contoh: Makalah ―Pembentukan Insan Cerdas Kompetitif‖ menarik perhatian peserta seminar.

‖ 2. Tanda petik penutup mengikuti tanda baca yang mengakhiri petikan langsung. contoh: Kata dia. ―Saya tidak bisa pergi.Catatan: 1. ia sendiri tidak tahu sebabnya. . dia mendapat julukan ―Si Unyil‖. Tanda baca penutup kalimat atau bagian kalimat ditempatkan di belakang tanda petik yang mengapit kata atau ungkapan yang dipakai dengan arti khusus pada ujung kalimat. contoh: Bang Komar sering disebut ―pahlawan‖. Karena ia bertubuh mungil.

3. contoh: zaman bukan jaman. plaza ‖ plasa. asas ‖ azas. jadwal ‖ jadual. Tanda petik (‖) dapat digunakan sebagai pengganti idem atau sda. (sama dengan di atas). .

contoh: Tanya dia. contoh: terkaya ‗paling kaya‘ tinggi hati ‗sombong.Tanda Petik Tunggal (‘ ‘) • Untuk mengapit petikan yang terdapat di dalam petikan lain. angkuh‘ . ―Kau dengar bunyi ‗kring-kring‘ tadi?‖ • Untuk mengapit makna kata atau ungkapan.

• Untuk mengapit makna. atau ungkapan bahasa daerah atau bahasa asing. kata. contoh: tadulako ‗panglima‘ dress rehearsal ‗geladi bersih‘ wilujeng sumping ‗selamat datang‘ .

. contoh: Bagian Keuangan menyusun anggaran tahunan kantor yang kemudian dibahas dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) secara berkala. Dia tidak membawa SIM (Surat Izin Mengemudi).Tanda Kurung (( )) • Untuk mengapit tambahan keterangan atau penjelasan.

contoh: Satelit Palapa (pernyataan sumpah yang dikemukakan Gajah Mada) membentuk sistem satelit domestik di Indonesia.• Untuk mengapit keterangan atau penjelasan yang bukan bagian utama kalimat. . Pertumbuhan penjualan tahun ini (lihat Tabel 9) menunjukkan adanya perkembangan baru dalam pasaran dalam negeri.

.• Untuk mengapit huruf atau kata yang kehadirannya di dalam teks dapat dihilangkan. contoh: Pembalap itu berasal dari (Negara) Jerman. Kata cocaine diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kokain(a).

• Untuk mengapit kata atau huruf yang memerinci urutan keterangan. . contoh: Bauran Pemasaran menyangkut masalah (a) produk. (b) harga. dan (c) promosi. (c) tempat.

. 2) sepatu. Tanda kurung tunggal dapat dipakai untuk mengiringi angka atau huruf yang menyatakan perincian yang disusun ke bawah. dan 3) agenda. Contoh: Kemarin kakak saya membeli: 1) tas.

Ulang tahun [hari kemerdekaan] Republik Indonesia jatuh pada saat bulan puasa. kata. . atau kelompok kata sebagai koreksi atau tambahan pada kalimat atau bagian kalimat yang ditulis orang lain. contoh: Sang Sapurba men[d]engar bunyi gemerisik.Tanda Kurung Siku ([ ]) • Untuk mengapit huruf.

.• Untuk mengapit keterangan dalam kalimat penjelas yang sudah bertanda kurung. contoh: Persamaan kedua proses ini (perbedaannya dibicarakan di dalam Bab II [lihat halaman 35–38]) perlu dibentangkan di sini.

Selesai. semoga bermanfaat ya! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful