Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat padat, dapat menyampaikan pesan secara tepat dan dapat dipaami

secara tepat pula. Kalimat efektif dituntut 4 ketepatan, yaitu : 1. 2. 3. 4. Ketepatan pilihan kata. Ketepatan bentuk kata. Ketepatan pola kalimat. Ketepatan makna kalimat.

Contoh Kalimat Efektif • • • • • • • Rani sudah mencari uang sendiri sejak dari usianya baru sembilan tahun. Dosen Bahasa Indonesia mengatakan kalau kalimat yang sempurna harus Semua rumah-rumah yang terletak di Jalan Kedoya terbakar tadi malam. Budi meminjami uangnya kepada Ani tadi malam. Pasangan pengantin itu saling bertatap-tatapan saat mengucapkan janji Presiden berhak menyampuri urusan yang berhubungan dengan negara. Anak-anak itu sangat menyintai orang tuanya. Jenis kalimat efektif adalah gabungan dari beberapa kata yang mengungkapkan maksud. Secara lisan, kalimat diiringi dengan nada bicara, jeda dan intonasi secara tertulis, kalimat ditandai dengan huruf kapital dan tanda baca yang sesuai. Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan suatu pekerjaan. Biasanya memiliki predikatnya berupa kata kerja berawalan me- atau ber-. Contoh : Ani menulis surat untuk nenek. Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Biasanya memiliki predikat berupa kata kerja berawalan di-. Contoh : Surat untuk nenek ditulis Ani.

memiliki subjek, predikat dan objek.

pernikahan.

Kalimat berita bentuk lainnya Contoh : Kami tidak tahu mengapa dia datang terlambat. Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang menceritakan kembali ucapan orang lain. Awalan me. Kalimat langsung adalah kalimat yang secara cermat menirukan ucapan orang. Macam-macam kalimat berita : 1. “Ani. 3. kamu harus belajar”. Tambahkan kata oleh di belakang predikat. Kalimat berita adalah kalimat yang isinya memberitahukan sesuatu. Jika subjek kalimat aktif berupa kata ganti maka awalan me. 4. Subjek pada kalimat aktif dijadikan objek pada kalimat pasif. Bagian dari kalimat langsung dapat berupa kalimat tanya atau kalimat perintah. 3. 4. 2. Kalimat berita kepastian Contoh : Nenek akan datang dari Bandung besok pagi. Kalimat berita kesangsian Contoh : Bapak mungkin akan tiba besok pagi. Kalimat berita pengingkaran Contoh : Saya tidak akan datang pada acara ulang tahunmu. Bagian kutipan pada kalimat langsung berubah menjadi kalimat berita. Contoh : Ibu berkata.Cara mengubah kalimat efektif menjadi kalimat pasif : 1. 2. Umumnya mendorong orang untuk memberikan tanggapan.pada predikat dihapus kemudian subjek dan predikat dirapatkan. jangan bermain-main saja. . Contoh : Ibu berkata bahwa aku harus rajin belajar.diganti dengan di-.

Syarat kalimat efektif : 1. Memberikan penekanan pada bagian-bagian yang penting. Menggunakan kosakata atau frase imbuhan yang memiliki kesamaan. Paragraf induktif 3.Kalimat perintah adalah kalimat yang tujuannya memberikan perintah kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. 2. Paragraf deduktif 2. Ciri-ciri kalimat efektif : 1. 2. 4. 3. Tidak menggunakan kata-kata yang tidak perlu. Jenis-jenis paragraf ada 4 jenis : 1. Secara tepat mewakili gagasan penulis atau pembicaranya. Memiliki kesatuan gagasan atau ide pokok. Paragraf campuran 4. Menimbulkan gambaran yang sama antara penulis dengan pembaca atau pembicara dengan pendengar. Kalimat perintah biasa Kalimat larangan Kalimat ajakan Kalimat tanya adalah kalimat yang isinya menanyakan sesuatu atau seseorang sehingga diperoleh jawaban tentang suatu masalah. 2. Paragraf naratif 1. Macam-macam kalimat perintah : 1. Contoh : . Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian berdasarkan kronologisnya. 3.

3. merupakan salah satu HP terlaris dan terlengkap. Dikarenakan jumlah gol yang dicatat oleh Inter Milan ke gawang Barcelona lebih banyak dibandingkan gol yang dimasukkan Barcelona ke gawang Intermilan. .Kekalahan Inter Milan oleh Barcelona tidak membuat Intermilan tersingkir dari Liga Champion. 5. 2. Contoh : Kecelakaan bus yang terjadi di jalur Pantura itu disebabkan oleh kelalaian pengemudi. Paragraf persuasi adalah paragraf yang isinya berupa ajakan kepada pembaca agar melakukan sesuatu yang diajukan sipenulis. Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang merangsang indra realistis. Paragraf argumentasi adalah suatu paragraf yang isinya membuktikan kebenaran suatu pendapat atau kesimpulan dengan data dan fakta sebagai bukti. Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menguraikan suatu kejadian sejelasjelasnya agar pembaca mudah mengerti. Contoh : Handphone Blancberry Curve 8310. 4.

............... ...............................................................................1 2....................... i ii 1 2 2 3 6 9 10 11 12 KESIMPULAN ............................3 2...................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.................. Karakteristik Obligasi ........................ BAB I BAB II PENDAHULUAN .........................................................................4 2............................................................................................................................ DAFTAR ISI ...... Proses Penerbitan Obligasi ........................................... Harga Obligasi ......................................................................................................................................... PEMBAHASAN ............................................ DAFTAR PUSTAKA .......................... 2................................................. Jenis Obligasi .........5 BAB III Pengertian Obligasi ...................2 2...................................

KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Rabbi. baik di masa kini dan masa yang akan datang. penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk memperbaiki makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat terutama bagi penulis dan bagi pembaca pada umumnya. Cirebon. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas Semester Pendek pada mata kuliah Ekonomi Syariah. Agustus 2011 Penulis . karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan materi “Obligasi Sebagai Salah Satu Instrumen Pasar Modal”. Penulis menyadari masih banyak kekurangan pada makalah ini. Oleh karena itu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful