Contoh Proposal PTK PAI SMA: PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMAN

23 BANDUNG PADA TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH
Posted by noer al khosim on 21:57 in PTKproposal | 0 komentar

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. JUDUL PENELITIAN PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMAN 23 BANDUNG PADA TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH. B. BIDANG KAJIAN Materi pengurusan jenazah pada mata pelajaran PAI merupakan suatu materi yang memerlukan praktek atau demonstrasi agar siswa cepat dan mudah megerti. Siswa sulit memahami materi pengurusan jenazah pada mata pelajaran PAI jika hanya mengandalkan penjelasan dari guru saja. Untuk mempelajari tata cara pengurusan jenazah pada mata pelajaran PAI, diperlukan penyajian yang menarik dan mudah difahami oleh siswa dalam bentuk media pembelajaran yang atraktif. C. PENDAHULUAN Pada hakikatnya pembelajaran merupakan sebab akibat antara guru yang mengajar dan siswa yang belajar, penampilan guru di kelas dengan menggunakan berbagai macam pendekatan strategi pembelajaran, metode dan teknik dalam kegiatan-kegiatan belajarmengajar mempengaruhi secara langsung terhadap kualitas penerimaan dan proses belajar siswa. Selain itu proses pembelajaran pun merupakan proses komunikasi. Proses pembelajaran bukan situasi di mana siswa dianggap sebagai individu yang harus menerima materi pelajaran saja, akan tetapi proses pembelajaran harus merupakan wahana untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam berbagai segi, baik fisik maupun mental serta moral. Oleh karena itu harus ada pergaulan atau komunikasi yang baik antara siswa dan guru agar tujuan dari setiap pembelajaran tercapai dengan yang diharapkan. Untuk mengajar yang baik dan dapat diterima oleh siswa, guru perlu memiliki sikap, wawasan dan kemampuan

b. Dengan penayangan video pengurusan jenazah. TUJUAN PENELITIAN Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi kesulitan siswa juga membantu siswa kelas XI SMAN 23 Bandung dalam memahami mata pelajaran PAI. khususnya materi tata cara pengurusan jenazah. Adapun masalah umum tersebut diperinci sebagai berikut : a. karena siswa belum memahami bagaimana praktek mengurusi jenazah. Pemahaman siswa pada materi tata cara pengurusan jenazah. Selain itu penayangan video tentang tata cara pengurusan . Media pembelajaran dengan audio visual merupakan salah satu media yang dihatapkan akan mampu mempermudah siswa untuk memahami tata cara pengurusan jenazah pada mata pelajaran PAI disamping pemaparan materi yang bersifat verbal yang telah disampaikan oleh guru sebelumnya. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMAN 23 Bandung. sekaligus konduktor dalam suatu pembelajaran. mengkafani. Hambatan apa sajakah yang menyebabkan pembelajaran PAI kurang berhasil dengan baik? b. c. c. Sejauh manakah kemampuan siswa memahami tata cara pengurusan jenazah dalam pembelajaran PAI siswa kelas XI SMAN 23 Bandung? 2. Kemampuan siswa mendemonstrasikan tata cara pengurusan jenazah. Perumusan Masalah Secara umum permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh manakah kemempuan siswa memahami tata cara pengurusan jenazah dalam pembelajaran PAI siswa kelas XI SMAN 23 Bandung.prima agar proses belajar siswa optimal. Penayangan video dapat memudahkan siswa memahami dan mampu mempraktekan tata cara pengurusan jenazah. E. Secara khusus tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: a. Hambatan yang menyebabkan pembelajaran PAI. Siswa Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa dalam pemahaman materi yang lebih mendalam. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH 1. siswa dapat dengan mudah menyerap pengetahuan sekaligus dapat mendemonstrasikan ulang karena dapat melihat secara langsung bagaimana tata cara pengurusan jenazah dari mulai memandikan. khususnya materi Tata cara pengurusan jenazah. Pemecahan Masalah Berdasarkan rumusan masalah yang telah dijelaskan di atas maka untuk pemecahan masalah yang harus dilakukkan adalah sebagai berikut : a. b. penulis naskah. D. Tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual pada mata pelajaran PAI F. mensholatkan sampai dengan menguburkan. MANFAAT PENELITIAN 1. Guru harus mampu menempatkan dirinya sebagai sutradara.

3.jenazah dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang berhubungan dan dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat. 2. Guru Penelitian ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kemampuan professional guru terutama dalam penyampaian pembelajaran PAI di dalam kelas dan juga untuk mendorong guru agar dapat menggunakan meida pembelajaran dengan maksimal dan meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan proses belajar-mengajar serta meningkatkan mutu pendidikan. . Sekolah Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada sekolah dalam rangka peningkatan kualitas program pembelajaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.