P. 1
Sistem Penerangan Dan Klakson1

Sistem Penerangan Dan Klakson1

|Views: 360|Likes:
Published by vertikalfitra

More info:

Published by: vertikalfitra on Oct 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

I. Tujuan 1. Siswa dapat merangkai sistem penerangan pada mobil 2.

Siswa dapat merangkai sistem klakson pada mobil 3. Siswa dapat mengetahui terminal-terminal pada rangkaian tersebut 4. Siswa dapat mengatasi trouble pada sistem tersebut II. Alat dan Bahan 1. Multitester 2. Batteray 3. Kabel 4. Rangkaian untuk bahan praktek 5. Buku pedoman III. Keselamatan Kerja 1. Berdoa sebelum dan sesudah praktek 2. Memakai pakaian kerja ( wearpack ) 3. Menggunakan alat dan bahan sesuai fungsinya 4. Menggunakan buku pedoman/petunjuk praktek IV. Langkah Kerja 1.Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan 2.Merangkai sistem penerangan dan klakson a) Merangkai system lampu kepala • .Adapun cara kerja dari system lampu kepala adalah : Saat saklar lampu diarahkan pada lampu kepala,maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke saklar dim dan diteruskan ke relay. Akibatnya pada kumparan relay akan timbul magnet. Kemagnetan ini menyebabkan terhubungnya kontak pada relay. Dengan demikian arus listrik dari baterai akan mengalir ke lampu kepala melalui sekring,sehingga lampu akan menyala.

c). flasher. Lampu yang di depan disebut lampu kota dan yang di belakang disebut lampu belakang. lalu mengoperasikan saklar lampu kepala dan saklar dim. belakang dan kedua sisi selama berhenti. b) Merangkai system lampu tanda belok dan hazard • Sistem lampu tanda belok berfungsi untuk memberi isyarat pada kendaraan yang lain bahwa pengendara bermaksud untuk belok. • Menguji rangkaian lampu tanda belok dan lampu hazard : Menghubungkan rangkaian dengan baterai kemudian mengoperasikan lampu tanda belok dan hazard. Merangkai lampu kota.parker atau dengan kata lain digunakan kendaraan pada saat darurat. • Cara kerja sistem lampu tanda belok adalah : Arus mengalir dari baterai ke kunci kontak. sekering. saklar lampu dan dari saklar lampu ke lampu tanda belok dan lampu indikator sehingga salah satu lampu tanda belok akan berkedip. • Cara kerja lampu tanda bahaya adalah : Bila saklar lampu tanda bahaya pada posisi ON. belakang dan rem • Lampu kota dan belakang berfungsi sebagai tanda keberadaan dan lebarnya kendaraan baik yang di depan maupun yang di belakang. maka arus akan mengalir ke IG kunci kontak. dan saklar lampu hazard lalu diteruskan ke lampu. maka keduanya akan menyala. flasher. .• Menguji rangkaian lampu kepala : Menghubungkan kabel baterai. Sedangkan sistem lampu hazard berfungsi untuk memberi isyarat keberadaan kendaraan dari bagian depan. Dari hasil praktek lampu belok dan lampu hazard dapat menyala dengan baik. Dari hasil pelaksanaan lampu jauh dan dekat menyala dengan baik.

. Dari hasil praktek klakson dapat bekerja dengan baik. belakang dan rem. Dari hasil praktek lampu kota.• Cara kerja lampu belakang dan rem adalah : Bila arus listrik mengalir dari baterai ke sekering lalu ke saklar lampu kemudian diteruskan ke lampu sehingga lampu menyala. Merangkai system klakson • Cara kerja system klakson : Jika tombol klakson ditekan maka arus dari baterai mengalir ke sekering kemudian ke kumparan relay sehingga kumparan akan timbul kemagnetan dan menghubungkan kontak pada relay. bila pedal rem diinjak maka arus dari baterai akan mengallir ke saklar lampu rem dan diteruskan ke lampu sehingga lampu rem akan menyala. • Menguji rangkaian klakson : Pengujian dilakukan dengan cara menghubungkan system klakson dengan baterai kemudian menekan tombol klakson. • Menguji rangkaian lampu kota. kemudian arus diteruskan ke saklar lalu ke massa. belakang dan lampu rem dapat menyala dengan baik. d). sehingga klakson akan bekerja/berbunyi. Dengan demikian arus dari baterai akan mengalir ke klakson. Demikian juga pada lampu rem. belakang dan rem : Menghubungkan rangkaian dengan baterai kemudian mengoperasikan saklar lampu kota.

.

.

.

.3.Pengujian rangkaian Setelah selesai merangkai. 4. langkah selanjutnya menguji rangkaian keseluruhan. Dari hasil pengujian. semua rangkaian bekerja dengan baik.Mengembalikan dan merapikan alat dan bahan ke tempat semula.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->