DAMPAK NEGATIF MEROKOK

Merokok adalah kebiasaan yang buruk karena rokok sudah terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan. Miris sekali rasanya ketika ada seseorang yang dengan santai menghisap rokok berbahaya ini. Tapi, lebih miris lagi karena perokok manapun pasti tahu apa dampak negatif merokok, tapi ternyata tidak mampu untuk menghentikan kebiasaannya tersebut. Bagi Anda yang tidak suka merokok, mungkin Anda heran kenapa para perokok begitu setia dengan benda kecil dan panjang itu. Perlu Anda ketahui bahwa rokok mengandung zat nikotin, yakni senyawa kimia yang bersifat racun dan mampu menimbulkan rasa ketagihan (candu) pada siapapun yang mengkonsumsinya. Itulah sebabnya mengapa para perokok tak bisa lepas dari barang ini. Mereka merasa harus mengkonsumsi rokok, karena bila tidak, mereka akan merasa ada yang kurang dan tidak enak. Ironisnya, rasa kecanduan ini lebih dipentingkan dan membuat para perokok tidak peduli akan dampak negatif merokok. Zat-Zat Berbahaya dalam Rokok Bahaya rokok tak lain adalah karena kandungan zatnya. Menurut para ahli, rokok mengandung banyak sekali zat berbahaya. Saat rokok terbakar, rokok diklaim lebih berbahaya karena mampu menghasilkan zat racun yang jauh lebih banyak, yaitu sekitar 4000 zat racun. Berikut ini adalah beberapa contoh zat racun dalam rokok yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh siapapun.

Nikotin. Zat kimia beracun ini menyerang saraf dan mampu membuat pengkonsumsinya merasa kecanduan. Tar. Zat ini biasanya merusak paru-paru dan menjadi penyebab kanker karena sifatnya yang sangat beracun. Karbon monoksida. Zat ini jelas-jelas beracun, bisa membuat tubuh kekurangan oksigen. Ammonia. Zat beracun dan dapat membuat pingsan ini biasanya dipakai pada sabun pencuci lantai. Aseton. Zat ini digunakan dalam proses pembuatan cat.

terutama pada gigi dan gusi (misalnya: gigi menjadi kuning/ kecokelatan). Kulit bisa menjadi cepat keriput karena penurunan kinerja sel-selnya yang membutuhkan oksigen. gangguan pernafasan. Penyakit yang disebabkan rokok antara lain bronkhitis. Kandungan karbon monoksida mengganggu peredaran oksigen di tubuh. Perokok akan ketagihan merokok. Sejumlah zat kimia dalam rokok rata-rata bersifat karsinogenik/ beracun yang merupakan zat penyebab kanker. hal ini bisa membuat perokok tidak konsentrasi dalam pekerjaan (di tempat kerja manapun. Rokok juga penyebab penyakit lain. Dampak negatif merokok tak bisa lepas dari ribuan zat berbahaya itu. tapi masih ada ribuan zat racun lain dalam rokok. Hal ini memungkinkan Anda mengalami penurunan kinerja otak karena otak bisa bekerja dengan baik bila mendapat pasokan oksigen yang cukup. yang dibawa oleh darah. pernah digunakan untuk menghukum mati terpidana.• Hydrogen cyanide. kemungkinan besar bayi tersebut akan lahir cacat. Bahaya merokok yang satu ini tentu sangat berpengaruh pada kecerdasan. Bagi wanita yang merokok. Kalau pun bisa hamil dan melahirkan. Arsen/arsenik. Dampak negatif merokok juga mempengaruhi mental dan kejiwaan perokok. seperti impoten pada pria. bisa membuat wanita tidak memiliki anak karena akan mengalami keguguran. stroke. Selain itu juga menyebabkan nafas bau. Perokok umumnya mengalami kerusakan pada mulut. • Itulah beberapa contoh zat berbahaya rokok yang paling banyak dikenali orang. Anda masih tidak peduli dan ingin mencoba merokok? Lihat dulu apa saja dampaknya. Dampak negatif merokok yang lain adalah terganggunya fungsi seksual. Hukuman ini biasa disebut “kamar gas beracun”. Dampak Negatif Merokok • Rokok adalah pemicu kanker yang sangat baik. umunya terdapat larangan merokok). Zat yang bersifat racun dan biasa digunakan sebagai pestisida atau herbisida. Gas ini jelas beracun dan bisa menyebabkan kematian. jantung dan juga gangguan fungsi ginjal. • • • • • • .

Bagi pria. Ia mungkin akan dijauhi teman-temannya yang tidak suka dengan rokok. Dampak negatif merokok yang lain adalah menyebabkan penurunan ekonomi.• Perokok bisa juga mengalahi hal buruk dalam sosialisasinya. . • • Itulah dampak negatif merokok yang harus diwaspadai. Merokok adalah tindakan bodoh karena hanya akan merusak diri sendiri dan mempercepat kematian. Walau harga rokok ada yang murah. bayangkan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk merokok setiap tahunnya bila perokok harus menghabiskan sejumlah rokok dalam satu hari. Anda ingin tahu dampak negatif merokok yang paling fatal? Kematian. Banyak bukti bahwa perokok akan mengalami kematian karena sakit yang disebabkan oleh rokok itu sendiri. bisa saja ia dijauhi oleh para wanita (umumnya wanita tidak suka perokok).

keruh. kolamkebun. Permukaan perairan tidak boleh tertutup rapat oleh sampah atau daundaunan hidup. limbah industri. kesadahan (derajat butiran kasar ) maksimal 100 ppm dan optimal 50 ppm. Elevasi tanah dari permukaan sumber air dan kolam adalah 5-10%.8 mg/liter. PERSYARATAN LOKASI yang baik untuk kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung. Ikan lele dapat hidup pada suhu 20°C. merkuri. dari 0. 4. turbidity (kekeruhan) bukan lumpur antara 30–60 cm. dan blumbang. tidak berporos.29-157. . Ikan lele hidup dengan baik di daerah dataran rendah sampai daerah yang tingginya maksimal 700 m dpl. Sedangkan untuk pertumbuhan larva diperlukan kisaran suhu antara 2630°C dan untuk pemijahan 24-28 ° C. Ikan lele dapat hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup. Lokasi untuk pembuatan kolam hendaknya di tempat yang teduh. 3.3 ppm untuk yang dewasa sampai jenuh untuk burayak. Perairan yang banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan ikan dan bahan makanan alami. 2. Lokasi untuk pembuatan kolam harus berhubungan langsung atau dekat dengan sumber air dan tidak dekat dengan jalan raya. Perairan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia. dengan suhu optimal antara 25-28°C. amonium terikat 147. 9. atau mengandung kadar minyak atau bahan lainnya yang dapat mematikan ikan. 12.MEMBUDIDAYAKAN IKAN LELE 1. kotor dan miskin zat O2 8. berlumpur dan subur. 2. 10. kebutuhan O2 optimal pada range yang cukup lebar.5–9. seperti enceng gondok. Dekat dengan rumah pemeliharaannya. tetapi tidak berada di bawah pohon yang daunnya mudah rontok. Persyaratan untuk pemeliharaan ikan lele di keramba : 1. Lahan yang dapat digunakan untuk budidaya lele dapat berupa: sawah. 11. dan kandungan CO2 kurang dari 12. Perairan tersebut bukan perairan yang rawan banjir. Sungai atau saluran irigasi tidak curam. Mempunyai pH 6. 6. kolam pekarangan. 7. kecomberan. sekalipun kondisi airnya jelek. 5. mudah dikunjungi/dikontrol.56 mg/liter.

Tetapi sebaiknya bagian dasar dan dinding kolam dibuat permanen. Kekeruhan menunjukkan kadar bahan padat yang melayang dalam air (plankton). Sungai atau saluran irigasi tidak berbatu-batu. Bentuk dan ukuran kolam pemeliharaan bervariasi. Hal ini untuk memudahkan pengontrolan dan pengawasan. air dalam batas-batas tertentu masih diperbolehkan. angka secchi = 30-50 o Usia 16-19 minggu. dan warna kemerahan . angka secchi = 30-40 o Usia 20-24 minggu. Kedalaman air 30-60 cm.3. Pada minggu ke 1-6 air harus dalam keadaan jernih kolam. Lebar sungai atau saluran irigasi antara 3-5 meter. Ciri-ciri induk lele jantan:  Kepalanya lebih kecil dari induk ikan lele betina. 6. terletak di belakang anus. Penyiapan Sarana dan Peralatan Dalam pembuatan kolam pemeliharaan ikan lele sebaiknya ukurannya tidak terlalu luas. Penyiapan Bibit 1. 5. Menyiapkan Bibit 1. Pada minggu 10. tergantung selera pemilik dan lokasinya.  Warna kulit dada agak tua bila dibanding induk ikan lele betina. Ikan pada usia 7-9 minggu kejernihan airnya harus dipertahankan. Alat untuk mengukur kekeruhan air disebut secchi. Pemilihan Induk 1. bebas dari pencemaran maupun fitoplankton. 4.  Urogenital papilla (kelamin) agak menonjol.PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA 1. memanjang ke arah belakang. Prakiraan kekeruhan air berdasarkan usia lele (minggu) sesuai angka secchi : o Usia 10-15 minggu. angka secchi = 30 2. sehingga keramba mudah dipasang.

(click on image for a detailed description.terutama Sel T CD4+ dan makrofaga. menunjukkan gejala hipotiroid. komponen vital dari sistem sistem kekebalan tubuh "tuan rumah" .dan menghancurkan atau merusak fungsi mereka.HIV HIV (human immunodeficiency virus) adalah sebuah retrovirus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia .) HIV adalah anggota dari genus lentivirus [1]. Istilah HIV telah digunakan sejak 1986 (Coffin et al. 1983) dan oleh Robert Gallo dari Amerika Serikat. 1986) sebagai nama untuk retrovirus yang diusulkan pertama kali sebagai penyebab AIDS oleh Luc Montagnier dari Perancis. 1984).. HIV merupakan penyebab dasar AIDS... bagian dari keluarga retroviridae [2] yang ditandai dengan periode latensi yang panjang dan sebuah sampul lipid dari sel-host awal . The phylogenetic tree of the SIV and HIV viruses. Dari hasil penelitian. yang awalnya menamakannya HTLV-III (human T lymphotropic virus type III) (Popovic et al. Infeksi dari HIV menyebabkan pengurangan cepat dari sistem kekebalan tubuh. yang menyebabkan kekurangan imun. semua penderita HIV/AIDS yang telah masuk ke dalam fasa seropositif. yang awalnya menamakannya LAV (lymphadenopathy-associated virus) (Barre-Sinoussi et al.

2002). dan merupakan sumber dari kebanyakan infeksi HIV di seluruh dunia.3% berupa subtipe B. sisa 5. A dan D (di Afrika). Pan troglodyte troglodyte. Tiga grup dari HIV-1 telah diidentifikasi berdasarkan ekspresi genom viral yang disebut env. atau melalui anus. diusulkan bahwa penyunatan dapat mengurangi risiko penyebaran virus HIV [3]. Meskipun demikian. 47% infeksi yang terjadi di seluruh belahan dunia merupakan subtipe C. 4% adalah subtipe D dan 4% merupakan CRF AE. antara lain: B (di Amerika dan Eropa). kemudian rekombinan AGI dari Yunani dan Siprus. Belakangan ini. rekombinan AB dari Rusia dan AE dari Asia tenggara. transfusi darah. CRF). Perkiraan jumlah orang yang terinfeksi HIV di seluruh dunia pada tahun 2004 adalah antara 4. HIV-2 kebanyakan masih terkurung di Afrika barat (Reeves and Doms. 25 juta di antaranya adalah penduduk sub-Sahara Afrika. 2002). sedangkn beberapa laboratorium menggunakan subtipe C. Penggunaan pelindung fisik seperti kondom latex dianjurkan untuk mengurangi penularan HIV melalui seks. Riset HIV terakhir 95% terfokus pada subtipe B. ditemukan dalam sooty mangabeys. Bentuk rekombinan yang pertama kali ditemukan adalah rekombinan AG dari Afrika tengah dan barat. Infeksi susulan oleh subtipe yang berbeda. Grup env M merupakan genom yang paling banyak ditemukan dengan 8 perbedaan subtipe yang dipengaruhi faktor geografis.4 juta orang. monyet dunia lama Guinea-Bissau (Reeves and Doms. penggunaan bersama jarum terkontaminasi melalui injeksi obat dan dalam perawatan kesehatan. prekursor CRF AE berupa tipe E masih belum ditemukan. melompat dari primata ke manusia dalam sebuah proses yang dikenal sebagai zoonosis. HIV-1 adalah yang lebih "virulent" dan lebih mudah menular. (AIDS epidemic update December 2004). 27% berupa CRF02_AG. dan antara ibu dan bayinya selama masa hamil. Pada akhir tahun 2004 diperkirakan antara 36 hingga 44 juta orang yang hidup dengan HIV. UNAIDS transmission. menimbulkan bentuk rekombinan sirkulasi[2] (bahasa Inggris: circulating recombinant form.yang mengelilingi sebuah pusat protein/RNA. [sunting] Penularan HIV menular melalui hubungan kelamin dan hubungan seks oral. tetapi banyak ahli percaya bahwa hal ini masih terlalu awal untuk merekomendasikan penyunatan lelaki dalam rangka mencegah HIV [4].7% terdiri dari subtipe dan CRF lain. Dua spesies HIV menginfeksi manusia: HIV-1 dan HIV-2. Kedua spesies berawal di Afrika barat dan tengah. kelahiran dan masa menyusui. 12. HIV-2 merupakan spesies dari sebuah strain SIV yang berbeda.3 juta hingga 6. yaitu: M. HIV-1 telah berevolusi dari sebuah simian immunodeficiency virus (SIVcpz) yang ditemukan dalam subspesies simpanse. C (di Afrika dan Asia). N dan O. .

. [5]. Jumlah orang yang hidup dengan HIV terus meningkat di semua bagian dunia. dan buruknya tingkat kesehatan dan gizi di sana (Bentwich et al. Bahkan pada tingkatan negara pun ada perbedaan tingkatan infeksinya pada daerah-daerah yang berlainan. Ini diduga disebabkan oleh banyaknya penyakit kelamin. serta pasangan seks mereka. Di Asia. 1995). praktek menoreh tubuh.Wabah ini tidak merata di wilayah-wilayan tertentu karena ada negara-negara yang lebih menderita daripada yang lainnya. dan pelanggannya. dan bahwa 10% infeksi HIV di benua itu terjadi lewat darah. WHO memperkirakan bahwa 25% unit darah yang ditransfusikan di Afrika tidak dites untuk HIV. meskipun telah dilakukan berbagai langkah pencegahan yang ketat. Sub-Sahara Afrika tetap merupakan daerah yang paling parah terkena HIV di antara kaum perempuan hamil pada usia 15-24 tahun di sejumlah negara di sana. hubungan seks baik antarpria maupun dengan pekerja seks komersial. transfusi darah. Pencegahannya masih kurang memadai. . Pada tahun 2000. wabah HIV terutama disebabkan oleh para pengguna obat bius lewat jarum suntik.