Bersama Dakwah Blog tentang dakwah, tarbiyah, materi keislaman, info dunia islam, dan lain-lain Home

About Me Another Link Another Link KATEGORI Anis Matta (8) Bedah Buku (9) Dakwah Kampus (1) Download (8) Dunia Islam (44) Hadits (1) Keluarga (1) Khutbah Jum'at (3) Masail Fiqhiyah (1) Materi Tarbiyah (8) Ramadhan (12) Renungan (3) Renungan Harian (30) Serial Haji (3) Sirah Sahabat (12) Siyasah Syar'iyyah (2) Strategi Dakwah (3) Tafsir (1) Taujih Pekanan (17) Tazkiyatun Nafs (3)

POSTING SEBELUMNYA 2009 (161) ► Oktober (24)

zip Subscribe . Madrasah Hasan Al-Banna DOWNLOAD MATERI TARBIYAH (POWERPOINT) Mutiara Surat Al-Anfal..zip...zip.. Ceramah Ramadhan 4 : Hikmah Puasa Kewajiban Lebih Banyak dari Waktu yang Dimiliki Ceramah Ramadhan 3 : Sunnah-sunnah Ramadhan Ceramah Ramadhan 2 : Keutamaan-Keutamaan Puasa Ceramah Ramadhan 1: Perintah Puasa Menyambut Ramadhan 1430 H / 2009 M ► Juli (6) ► Juni (11) ► Mei (21) ► April (14) ► Maret (19) ► Februari (23) ► Januari (26) hit counter <a href="http://www5.zip. Ceramah Ramadhan 8 : Ramadhan dan Kesabaran Ceramah Ramadhan 7 : Optimalisasi Ramadhan sebagai. Majmu'atur Rasail (Risalah Pergerakan).com/?pesankitasemua">View shoutbox</a> ShoutMix chat widget DOWNLOAD E-BOOK Kumpulan Buku Dr. Urgensi Tarbiyah Akhwat. Yusuf Qardhawi.. Ceramah Ramadhan 6 : Puasa yang Berkualitas Ceramah Ramadhan 5 : Orang-orang yang Berhalangan .► September (5) Agustus (12) Banyak yang Hilang dari Diri Kita Ceramah Ramadhan 9 : Memaknai Ramadhan sebagai Sya.zip. Fikih Tamkin Wan Nasr. Tuntutan Iman.shoutmix..

Bahkan sebaliknya. mukminuuna haqqa. Dan inilah yang membedakan antara orang-orang liberal dengan orang-orang beriman yang sesungguhnya. Ada yang sudah jelas bagi manusia dan ada yang masih menjadi rahasia. alhamdulillah. selama ada dalil yang memerintahkan. amal akan dikerjakan. Secara umum. diantaranya adalah: . puasa lebih concern pada dimensi ruhani. ibadah tidak dijalankan sampai diketahui hikmahnya. kalau pun ternyata sampai akhir usia tidak juga diketahui hikmah. hikmah ibadah yang dilakukan manusia juga akan kembali kepada manusia. Tetapi yang perlu digarisbawahi adalah bahwa hikmah bukanlah penentu atau kunci dalam menjalankan amal. Maka. Bukhari dan Muslim) Puasa –khususnya puasa Ramadhan. Demikian pula dalam amal/ibadah. Andaikata seluruh manusia beribadah kepada Allah atau tidak ada satupun yang beribadah. Pengetahuan akan hikmah ini menjadi penting karena dengannya seseorang akan lebih termotivasi dalam menjalankan amal tersebut serta semakin kuat keyakinan karena telah mendapatkan legitimasi akal. Setiap ibadah yang disyariatkan dalam Islam pasti memiliki hikmah.RSS Feed (xml) Powered By Skin Design: Free Blogger Skins Kamis.memiliki sejumlah hikmah dan maslahat bagi manusia. dan haji memiliki dimensi gerak serta harta yang juga besar. manusialah yang sangat membutuhkan Allah SWT. Jika zakat memiliki dimensi harta yang besar. itu tidak berarti memutuskan amal yang telah jelas dalilnya. hikmah medis. Karenanya ada banyak hikmah ruhiyah dalam ibadah puasa ini. hikmah puasa bisa bisa diklasifikasikan menjadi tiga. Sesungguhnya. 20 Agustus 2009 Ceramah Ramadhan 4 : Hikmah Puasa Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah. ada yang sudah diketahui dan ada hikmah yang masih tersembunyi. Tuhan semesta alam yang kekuasaan-Nya tidak akan berkurang. Puasa merupakan ibadah istimewa yang karenanya Allah berfiman dalam hadits qudsi : Puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya (HR. sudah diketahui hikmahnya maupun belum. dalam shalat masih terdapat dimensi gerak. Allah tidak memerlukan ibadah manusia. Hikmah Ruhiyah Puasa merupakan ibadah yang langsung menyentuh dimensi ruhani. Sementara bagi orang beriman. Porsinya bahkan lebih besar dari pada ibadah-ibadah lainnya. Allah tetaplah Rabbul ‘alamin. Allah tidak membutuhkan apapun dari hamba-Nya. ia bisa menguatkan kontinuitas amal. Hikmah bisa dipikirkan/dicari tanpa meninggalkan amal: kalau nantinya hikmah itu terungkap. dan hikmah sosial. hikmah ruhiyah. Bagi orang liberal yang secara ekstrim menempatkan akal melebihi nash syar’i.

pendengaran. tidak minum. Demikian juga saat perut lapar dan ada ajakan kuat unsur tanah untuk makan. 2. (Mutt afaq Alaih) 3. maka kedudukannya akan melambung tinggi ke derajat malaikat. tanah dan ruh. di dalam kamar yang terkunci. Pada saat berpuasa. Puasa membiasakan kesabaran. Puasa dapat membersihkannya karena pada puasa ada paksaan untuk mengerem berbagai hasrat yang dicenderungi oleh manusia. Saat berada di rumah yang tertutup. melatih seseorang untuk menahan nafsu syahwatnya yang merupakan bagian inheren dari kotoran jiwa. Saat manusia menuruti unsur tanah yang cenderung pada dunia maka kedudukannya akan turun bahkan melebihi binatang. At-Tin : 5) [ Mereka itu sebagai binatang ternak. Kemenangan ruhani inilah yang akan membawa kebahagiaan sejati bagi manusia di hadapat Rabb-nya kelak. Al-A’raf : 179) Sebaliknya. Puasa melatih kesabaran Inti dari kesabaran adalah menahan diri. bahkan mereka lebih sesat lagi. karena pada puasa kita menahan diri untuk tidak memenuhi sesuatu yang menjadi kebutuhan pokok manusia sehari-hari yaitu makan dan minum. tidak ada orang lain yang mengetahui jika ia makan atau minum. ketika berbuka dia berbahagia dengan bukanya dan ketika bertemu Tuhannya dia berbahagia dengan puasanya. ketika manusia mengikuti unsur ruh yang cenderung pada akhirat dan mencintai hal-hal bernuansa langit. Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan. Tetapi ia tidak melakukannya karena Allah SWT. Puasa mengangkat unsur ruhani di atas unsur materi pada diri manusia Manusia diciptakan Allah SWT dari unsur materi dan unsur non materi. manusia telah memilih untuk menahan diri dari hal-hal yang sebenarnya halal untuknya. Ia memenangkan unsur ruhani untuk tetap menahan rasa lapar sampai tiba saat berbuka. dan bersetubuh. Lebih dari itu. Padahal seringkali penyakit hati dan kotoran jiwa justru muncul ketika seseorang tanpa kendali menuruti semua keinginannya. Puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan memberinya pahala (HR Bukhari dan Muslim) Di sinilah hikmah puasa. di siang hari yang sangat panas unsur tanah dalam diri manusia mengajak untuk minum. Mereka itulah orang-orang yang lalai. Kalau ia mau ia bisa saja melakukannya. /179]   . Puasa mensucikan jiwa manusia Dengan menjalankan ibadah puasa. ngemil di siang hari. dan pikiran dengan mengajaknya berpuasa pula. Menahan diri dari dorongan untuk segera memiliki atau melakukan sesuatu yang negatif. (QS.1. Menahan dari dari kebiasaan yang tidak boleh dilakukan saat puasa seperti minum kopi atau teh di pagi hari. …dia tidak makan. ia juga memenangkan unsur ruhani pada lisan. [ /5] Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (QS. minum. Tetapi ia lebih memilih untuk memenangkan unsur ruhani untuk tetap berpuasa. dan tidak berhubungan dengan istrinya karena-Ku. Sejak terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari manusia menahan diri dari makan. dan sebagainya. Toh tidak ada yang mengetahuinya.

cara untuk menundukkan musuh Allah. (HR. Rasulullah SAW memerintahkan para pemuda yang belum mampu menikah untuk berpuasa. Itulah mengapa berita selingkuh terlalu sering diberitakan oleh media massa. puasa termasuk amal yang tersembunyi dan amal batin yang tidak bisa dilihat orang lain. Al-Baqarah : 183) Hikmah Medis Kaum muslimin rahimakumullah. Pertama. Sesungguhnya ia lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Puasa berpengaruh menekan gejolak seksual ini. Puasa mempersiapkan manusia menjadi orang-orang yang bertaqwa Ibnu Qudamah menjelaskan dua hal kelebihan puasa dalam kitab Mukhtashar Minhajul Qashidin. Kedua. maka jalan ke sana juga sempit. Ketika seseorang ikhlas dalam menjalankan perintah Allah dan mampu meninggalkan larangan-Nya dengan kemampuan mengendalikan syahwatnya. (QS. puasa juga memiliki hikmah medis yang telah terbukti melalui berbagai penelitian. Dengan peristirahatan yang teratur ini maka alat pencernaan menjadi lebih sehat. Tapi jika syahwat ditinggalkan. maka pada saat itulah ia bisa mencapai derajat taqwa. Wahai para pemuda. . Puasa menekan gejolak seksual Gejolak seksual merupakan salah satu senjata syetan yang paling ampuh dalam menjerumuskan manusia. Selagi lahan syahwat tetap subur. Nabi SAW bersabda. Selain memiliki hikmah ruhiyah yang tinggi. Baghawi. Karena itu. sehingga tidak mudah disusupi riya’. Puasa bulan kesabaran dan tiga hari di setiap bulan dapat melenyapkan kedengkian dalam dada. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. Puasa memberi kesempatan beristirahat bagi alat pencernaan setiap hari. maka syetan bisa bebas berkeliaran di tempat gembalaan yang subur itu. Thabrani. Tidak hanya bagi pemuda yang belum menikah tetapi juga pada orang yang sudah berkeluarga. Karena sarana yang dipergunakan musuh adalah syahwat. agar kamu bertaqwa. Dan betapa banyak penyakit yang berawal dari masalah pencernaan. [ /183] Hai orang-orang yang beriman. barangsiapa diantara kalian telah mampu maka nikahlah. Sedangkan barangsiapa yang tidak mampu maka berpuasalah.Kesabaran ini pada akhirnya juga mengikis kedengkian. antara lain: 1. Sebuah refleksi ketidaksabaran atas apa yang ada pada diri kita dibandingkan dengan apa yang ada pada orang lain. karena sesungguhnya puasa itu benteng baginya. Diantara hikmah itu adalah apa yang ditulis Said Hawa dalam Al-Islam. Betapa banyaknya penyakit medis yang berawal dari pola makan yang tidak sehat. dan Bazzar) 4. Bukhari dan Muslim) 5. Syahwat bisa menjadi kuat karena makanan dan minuman. (HR.

. dan pemenuhan tanggungjawab semua elemen bangsa meningkat sehingga umat Islam mengalami kemajuan yang signifikan.. Oleh karena itu. yang menonjol hikmah puasa yang dirasakan . Maka. Dengan merasakan lapar diharapkan orang yang kaya bisa membayangkan bahwa seperti inilah keadaan kaum dhuafa’.hikmah puasa menekan gejolak seksual .. Hikmah lainnya dari puasa adalah hikmah sosial. .. tahapan berikutnya adalah timbulnya empati kepada kaum dhuafa’ ini sehingga tergeraklah orang-orang kaya untuk menyantuni mereka. 2. korupsi menurun. lapar. Wallaahu a’lam bish shawab.. Oleh karena itu. seperti penyakit rematik. yaitu seperdua belas dari umur si pasien. bahkan berhari-hari dan tidak mendapatkan kepastian berbuka dengan makanan bergizi. Hikmah Sosial Ayyuhal hadirun hafidhakumullah.Dan sudah menjadi hal yang lazim bahwa puasa dipakai untuk mengobati beberapa pasien dan ketika akan melakukan operasi besar. penyebaran jenis-jenis penyakit seperti ini di daerah-daerah yang penduduknya terbiasa menjalankan puasa sangat rendah. karena manusia penuh gejolak nafsu seksualnya. penyakit liver. Rasa lapar ini diperlukan oleh orang-orang yang kesehariannya berkecukupan palagi kaya yang mungkin tidak pernah merasakan rasa lapar semacam ini... [Muchlisin] Diposkan oleh Muchlisin di 07:41 Label: Ramadhan 7 komentar: NURA mengatakan. Dengan puasa seorang muslim dilatih oleh Allah SWT untuk merasakan lapar. dan kencing manis.. salam sobat. Hikmah sosial lainnya adalah puasa yang telah melatih kejujuran pribadi merupakan training bersama kepada seluruh komponen masyarakat untuk hidup jujur. Dengan kejujuran ini maka kehidupan sosial akan berjalan lebih harmonis. tekanan darah tinggi. Semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kita semua. sabar adlh pcapaian kberhasilan puasa yg baik 2009 Agustus 20 17:03 Digital Baca Maman mengatakan. Telah terbukti kebenarannya secara ilmiah bahwa memperbanyak makan bisa menimbulkan penyakit yang munculnya berkaitan erat dengan kebiasaan banyak makan . tidak diragukan lagi bahwa puasa akan bisa memberikan kesempatan istirahat bagi tubuh setiap tahunnya dalam waktu tertentu... 2009 Agustus 20 10:31 Raini Munti mengatakan.

Salam ukhuwah selalu.wallahua lam bi al showab... makasih artikelnya. selamat berjihad melawan hawa nafsu dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan pada kita hambaNya yang beriman.. oh iya met menjalankan ibadah puasa yang mau tiba.....aturan pemerintah longgar lagi dalam memberantas dunia maksiat dan kita mulai permisive lagi dengan dosa-dosa kecil kita. ya manfaat puasa banyak sekali.... 2009 Agustus 22 10:17 narti mengatakan. assalamualaikum akhi. ada ceramah online seperti ini bisa dibaca kapan saja waktu luang.. mohon maap bila ada salah kata dan ucap dalam tulisan saya..Selamat Berpuasa :) 2009 Agustus 20 21:26 risefa mengatakan. pemerintah.bulan berikutnya ghirah itu lenyap tiada bekas.. orang kaya.sayangnya hanya di bulan ini. itu masjid Nabawi? 2009 Agustus 23 13:57 Poskan Komentar Terima kasih atas komentar Anda. baik rakyat miskin. 2009 Agustus 20 21:34 Awal Sholeh mengatakan.. [Muchlisin] Posting Lebih Baru Posting Lama Halaman Muka Langgan: Poskan Komentar (Atom) AKANKAH KITA TETAP DIAM? JEJARING BLOGGER BALANCE Anda Lebih Penting Dari Masalah Anda 1 hari yang lalu ROCHIM BLOG   . bisa jaga diri dan bisa lebih syukur dan sbr. 2009 Agustus 21 03:48 fia al Kurosawa mengatakan. sobat kita semua bahkan kita sendiri tiba-tiba merasa ingin menjadi mahluq suci ....ghirah keislaman baru muncul di bulan puasa...

7 Milyar????? 2 hari yang lalu pemilu 2009 Tifatul Sembiring 3 hari yang lalu Butiran Pasir Inilah Nama-nama Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II 4 hari yang lalu Cahaya Sahabat 5 hari yang lalu Auliya Hari ini Google memperingati BARCODE 2 minggu yang lalu Berbagi Kisah Duka dari tanah Minang 3 minggu yang lalu Faris S GPRS mana yg lebih realistis ?? 5 bulan yang lalu Inilah Politik Hasil Pemilu 2009: Hanya 9 Parpol Dapat Kursi di DPR 5 bulan yang lalu Pena Pembelajar 3 in 1 Otak yang Dahsyat (bagian 1) 6 bulan yang lalu Nurul Hamdi ISLAM DAN RASONALISME 1 tahun yang lalu Arifatus Sholihah Bukan Karena Kita Menang Pemilu (Saja) Maka Kita Memimpin . Tarif Iklan Satu Hari 4....Hah.

1 tahun yang lalu LINK KAWAN-KAWAN Affiliate Marketing Agus Supriatna Dihan Kabasaran Kanigoro Liha MP Muchlisin MP Romi Anshorullah Ronaldo Rozalino Roomen Saung Web Share U Know Wee Wiwin Erna Zhorix Search Engine Submission .co.id on "Bersama Dakwah: Ceramah Ramadhan 2 : Keutamaan-Keutamaan Puasa" Jakarta.co.shoutmix. Jakarta Raya left "Bersama Dakwah: Download Makalah Powerpoint At-Tabar ruj & Ikhtilath" via 4shared.com Mega.shoutmix.co.co. Jawa Timur arrived from topseratus.com on "Bersama Dakwah: Serial Haji & Idul Adha 3: Keutamaan Haji" Jakarta. Jakarta Raya arrived from google.id on "Bersama Dakwah" Surabaya. Jawa Timur arrived from www5.com on "Bersama Dakwah" Malang.co.id on "Bersama Dakwah: Materi Tarbiyah: Syarat Diterimanya Syahadat (1)" Indonesia arrived from www5. Jawa Tengah arrived from google.com on "Bersama Dakwah: Serial Haji & Idul Adha 3: Keutamaan Haji" Jakarta.id on "Bersama Dakwah: Syura sebagai Prinsip dalam Beramal Jama i" Jakarta.AddMe View blog top tags PENGIKUT Live Traffic Feed Indonesia arrived from google.id on "Bersama Dakwah: Inilah   . Jakarta Raya arrived from google.com Jakarta. Jakarta Raya arrived from google. Jakarta Raya left "Bersama Dakwah: Sirah Sahabat" via topseratus.

Produk Penyumbang Israel" Watch in Real-Time Options>> Skin Design: Free Blogger Skins .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful