HAK PASIEN

Pasien berhak untuk : 1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di rumah sakit. 2. Memperoleh pelayanan yang manusiawi, adil, dan jujur. 3. Memperoleh pelayanan medis yang bermutu sesuai dengan standar profesi kedokteran / kedokteran gigi dan tanpa diskriminasi. 4. Memperoleh asuhan keperawatan sesuai dengan standar profesi keperawatan. 5. Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan sesuai dengan peraturan yang berlaku di rumah sakit. 6. Dirawat oleh dokter yang secara bebas menentukan pendapat klinis dan pendapat etisnya tanpa campur tangan dari pihak luar. 7. Meminta konsultasi kepada dokter lain yang terdaftar di rumah sakit tersebut (second opinion) terhadap penyakit yang dideritanya sepengetahuan dokter yang merawat. 8. Atas “privacy” dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya. 9. Mendapatkan informasi yang meliputi : - Penyakit yang diderita - Tindakan medik apa yang hendak dilakukan. - Kemungkinan penyulit sebagai akibat tindakan tersebut dan tindakan untuk mengatasinya. - Alternatif terapi lainnya. - Prognosanya. - Perkiraan biaya pengobatan. 10. Menyetujui/memberikan izin atas tindakan yang akan dilakukan oleh dokter sehubungan penyakit yang dideritanya. 11. Menolak tindakan yang hendak dilakukan terhadap dirinya dan mengakhiri pengobatan serta perawatan atas tanggung jawab sendiri sesudah memperoleh informasi yang jelas tentang penyakitnya. 12. Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis. 13. Menjalankan ibadah sesuai agama/kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya. 14. Atas keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan dirumah sakit. 15. Mengajukan usul ,saran,perbaikan atas perlakuan rumah sakit terhadap dirinya. 16. Menerima atau menolak bimbingan moril maupun spiritual.

KEWAJIBAN PASIEN
Pasien berkewajiban untuk : 1. Mentaati segala peraturan dan tata tertib rumah sakit. 2. Mematuhi segala instruksi dokter dan perawat dalam pengobatannya. 3. Memberikan informasi dengan jujur dan selengkapnya tentang penyakit yang diderita kepada dokter yang merawat. 4. Melunasi semua imbalan atas jasa pelayanan rumah sakit / dokter. 5. Memenuhi hal – hal yang telah disepakati / perjanjian yang telah dibuatnya.

Ditetapkan di : KEDIRI Pada Tanggal : 1 JANUARI 2011 DIREKTUR RUMAH SAKIT BEDAH ARGA HUSADA

Dr.ENDANG HEROWATININGSIH, MARS

Mendapat informasi atau pemberitahuan pertama dalam menghadapi pasien yang tidak puas terhadap pelayanannya. Mengadakan perjanjian tertulis dengan pihak rumah sakit. 10. 6. 12. Merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang seorang penderita bahkan juga setelah penderita itu meninggal dunia. Menuntut apabila nama baiknya dicemarkan oleh pasien dengan ucapan atau tindakan yang melecehkan atau memalukan. Memberikan kesempatan kepada pasien agar senantiasa dapat berhubungan dengan keluarga dan dapat menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya. 2. Menambah ilmu pengetahuan dan mengikuti perkembangan ilmu kedokteran / kedokteran gigi. 4. Bekerjasama dengan profesi dan pihak lain yang terkait secara timbal balik dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Bekerja menurut standar profesi serta berdasarkan hak otonomi. 4. Ditetapkan di : KEDIRI Pada Tanggal : 1 JANUARI 2011 DIREKTUR RUMAH SAKIT BEDAH ARGA HUSADA Dr. 7. 8. 6. 9. kecuali untuk pasien gawat darurat dan wajib menyerahkan pasien kepada dokter lain. Diperlakukan adil dan jujur. MARS . Mendapat imbalan atas jasa profesi yang diberikannya berdasarkan perjanjian dan atau ketentuan / peraturan yang berlaku di rumah sakit tersebut.HAK DOKTER Dokter berhak untuk : 1. Menghentikan jasa profesionalnya kepada pasien apabila misalnya hubungan dengan pasien sudah berkembang begitu buruk sehingga kerjasama yang baik tidak mungkin diteruskan lagi. baik oleh rumah sakit maupun oleh pasien. Merujuk pasien ke dokter lain atau rumah sakit lain yang mempunyai keahlian atau kemampuan yang lebih baik. 7. Mendapat perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya. 9.ENDANG HEROWATININGSIH. KEWAJIBAN DOKTER Dokter berkewajiban untuk : 1. profesi dan etika. 3. 5. Memenuhi hal – hal yang telah disepakati atau perjanjian yang telah dibuatnya. Memberikan pelayanan medis sesuai dengan standar profesi dan menghormati hak – hak pasien. Melakukan pertolongan darurat sebagai suatu tugas peri kemanusiaan kecuali bila ia yakin ada orang lain bersedia dan mampu memberikannya. Membuat rekam medis yang baik secara berkesinambungan berkaitan dengan keadaan pasien. 2. apabila ia tidak mampu melakukan suatu pemeriksaan atau pengobatan. 11. Mematuhi peraturan rumah sakit sesuai dengan hubungan hukum antara dokter tersebut denga rumah sakit. 8. 5. Memberikan informasi yang adekuat tentang perlunya tindakan medik yang bersangkutan serta resiko yang dapat ditimbulkannya. 3. Menolak keinginan pasien yang bertentangan dengan peraturan perundang – undangan. Mendapat informasi lengkap dari pasien yang dirawatnya atau dari keluarganya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful