MODAL DAN MODAL KERJA

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan semakin pentingnya spesialisasi dalam perusahaan serta semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang yang menjadi besar, maka faktor produksi modal mempunyai arti yang lebih menonjol. Pada hakekatnya masalah modal dalam perusahaan merupakan persoalan yang tidak akan pemah berakhir, mengingat bahwa masalah modal tersebut mengandung begitu banyak aspek, oleh karena itu sebelum berbicara banyak mengenai modal, akan dibicarakan lebih dulu mengenai pengertian modal secara mendasar.

1. PENGERTIAN MODAL
Sampai saat sekarang diantara para ahli ekonomi belum terjadi "communis opinio" tentang apa yang disebut modal. Arti dari modal dalam sejarahnya, berkembang sesuai dengan perkembangn artian modal secara ilmiah. Pada pennulaannya orientasi mengenai pengertian modal adalah "physical oriented" dalam hal ini pengertian modal adalah sebagai hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Tetapi kemudian pengertian modal mengalami perkembangan yaitu berorientasi pada sifat "non physical oriented" di mana pengertian modal ditekankan pad a nilai, daya beli atau kekuasaan memakai yang terkandung dalam barang-barang modal. Untuk lebih jelasnya, maka di bawah ini akan dikemukakan beberapa pengertian modal, yaitu : 11

Sedangkan yang dimaksud dengan aktiva tetap adalah aktiva yang tahan lama yang secara berangsur-angsur habis turut serta dalam proses produksi. mengartikan modal sebagai kekuasaan untuk menggunakan barang-barang modal. yang disebut sebagai modal aktif.sifat sekali dibeli tidak mudah dikurangi atau diperkecil 2. Modal menu rut bentuknya. yaitu modal tersebut meliputi uang maupun barang. Berdasarkan cara dan lamanya perputaran. f. Yang dimaksud dengan pengertian aktiva lancar adalah aktiva yang habis dalam satu kali berputar dalam proses produksi. 12 . modal aktif dapat dibedakan antara aktiva lancar dan aktiva tetap. Prof.a. dapat diambil kesimpulan bahwa ada dua cara pembagian modal yaitu : a. Berdasarkan fungsi bekerjanya aktiva dalam perusahaan. mengartikan modal sebagai barang-barang kongkrit yang masih ada dalam perusahaan yang terdapat di sebelah debet pada neraca. Lutge. Modal tetap (fixed capital). mengartikan modal sebagai "kollektivitas dari baran -barang modal". Yaitu modal yang tertera di sebelah debet darineraca.memberikan pengertian modal lebih luas. memandang modal sebagai kekuasaan menggunakan yang diharapkan atas atas barang-barang modal yang belum digunakan. dan proses perputarannya adalah dalam jangka waktu pendek. c. Baker.sifat jumlahnya fleksibel (mudah diperbesar maupun diperkecil susunanya relatif variabel. Prof. Prof. Polak. A. e. Modal kerja (working capital). mempunyai sifat . Elemen-elemen dari pada modal aktif akan selalu berubah-ubah baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Dan yang dimaksud dengan barang-barang modal adalah barang-barang yang ada dalam perusahaan yang belum digunakan atau bagian debet pada neraca.Amonn dan J. Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut. Schwiedland. maupun berupa daya beli atau nilai tukar dari barang-barang yang tercatat di sebelah kredit. modal aktif dibedakan dalam : l. mempunyai sifat . yaitu elemen-elemen modal kerja akan berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan mengalami proses perputaran dalam jangka waktu yang pendek. d. b.mengartikan modal hanya terbatas pada pengertian uang (geld kapital). Meij.Von Komorzynsky.

dengan demikian modal kerja dalam konsep ini adalah keseluruhan dari pada jumlah aktiva lancar dan sering disebut modal kerja bruto (gros working capital). Ada empat konsep untuk mengetahui pengertian modal kerja yaitu : a. Oleh karena itu modal kerja menurut konsep ini merupakan sebagian dari aktiva lancar yang benar-benar dapat digunakan untuk membiayai operasi perusahaan tanpa mengganggu likuiditasnya yang merupakan kelebihan aktiva lancar di atas hutang lancamya.j. Eiteman . di mana aktiva tersebut merupakan aktiva sekali berputar. Holtz yang memberikan definisi modal kerja sebagai dana yang digunakan selama periode akuntansi dengan maksud untuk menghasilkan "current income" yang sesuai dengan maksud perusahaan. kembali dalam bentuk semula. c. modal asing. dan sering disebut modal kerja neto (net working capital). Berbicara masalah modal kerja tidak bisa lepas dari operasi perusahaan seharihari seperti keluar masuknya uang dalam perusahaan.h. Apabila dilihat dari asalnya. modal pasif itu dapat dibedakan menjadi : 1. Konsep fungsional konsep ini mendasarkan pada fungsi dari pada dana dalam menghasilkan pendapatan (income). atau kalaupun menghasilkan tidak sesuai dengan tujuan perusahaan. yang disebut sebagai "modal pasif' Yaitu modal yang tertera di sebelah kredit dari neraca yang menggambarkan sumber-sumber dari mana dana diperoleh. b. 13 . karena elemen-elemen modal tetap tidak segera mengalami perubahan mengalami proses perputaran dalam jangka waktu yang panjang. Dengan demikian maka dana tersebut akan terus menerus berputar setiap periodenya selama hidupnya perusahaan. Modal menurut sumbernya. Berdasarkan definisi terse but maka pengertian "non working capital" adalah dana yang tidak menghasilkan current income. Konsep kuantitatif konsep ini mendasarkan pada kuantitas dana yang tertanam dalam unsur-unsur aktiva lancar. Uang yang masuk yang berasal dari penjualan produk akan segera dikeluarkan lagi untuk membiayai operasi perusahaan selanjutnya. b.susunanya relatif pennanen. Dalam hubungan ini dapat dikemukakan nama Wilford J. modal sendiri 2. Konsep kualitatif pengertian modal kerja dalam konsep ini di samping dikaitkan dengan besamya jumlah aktiva lancar juga dengan besamya hutang lancar atau hutang yang segera harus dibayar.

atau kebutuhan modal kerja yang hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu saja dalam satu tahun perputaran usahanya. yaitu : a. Macam-macam Jumlah (dIm rupiah) Modal Kerja Variabel Modal Kerja Permanen Waktu 14 -------"------------------- . Modal kerja musiman (seasonal working capital) yaitu modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah disebabkan karena fluktuasi musim. 2. Modal kerja normal (normal working capital) yaitu jumlah modal kerja yang diperlukan untuk menyelenggarakan luas produksi yang normal. Modal kerja primer (primary working capital) yaitu jumlah modal kerja minimum yang harus ada pada perusahaan untuk menjamin kontinuitas usaha. bisa juga diartikan jumlah kebutuhan modal kerja yang harus selalu ada dalam satu tahun. Modal kerja permanen ini dapat dibedakan dalam dua hal yaitu : 1.2. Modal kerja siklis (cyclical capital) yaitu modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah disebabkan fliktuasi konjungtur. 2. Modal kerja darurat (emergency working capital) yaitu modal kerja yang besamya berubah-ubah karena adanya keadaan darurat yang tidak diketahui sebelumnya (kejadian mendadak). PENGERTIAN MODAL KERJA Modal keIja dari suatu perusahaan dapat berbentuk dua macam. modal kerja tersebut dapat digambarkan seperti berikut : b. Modal kerja variabel dapat dibedakan menjadi : 1. Modal kerja permanen (permanent working capital) yaitu modal kerja yang harus tetap ada pada perusahaan untuk dapat menjalankan fungsinya. 3. Modal kerja variabel (variable working capital) Yaitu modal kerja yang jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan perubahan keadaan.

Besar kecilnya modal kerja yang dibutuhkan untuk satu periode (1 tahun) mendatang dapat diperhitungkan sebagai berikut : Kebutuhan modal kerja = Periode perputaran modal kerja x rata-rata pengeluaran perperiode. Volume penjualan. kas Modal kerja selalu dalam keadaan operasi atau berputar dalam perusahaan selama perusahaan tersebut dalam keadaan usaha. Contoh : periode perputaran barang dagangan lebih pendek dari pada barang industri. d. Kemajuan teknologi. hal ini dapat digambarkan sebagai berikut : tarang dagangan : Penjualan Perputaran Kas 1 Kas 2 Pembelian Pembelian > Barang > Kas 2 > Piutang > Kas 2 Penerimaan uang > Barang Penjualan materi : barang Perputaran Kas 1 <~ upah buruh ~ ~ Material Proses Produksi Barang Jadi ---> Penjualan Piutang > Kas 2 Penerimaan uang 15 . dengan perkembangan teknologi dapat mempengaruhi ataupun merubah proses produksi menjadi lebih cepat dan ekonomis. Periode perputaran modal keIja (working capital turnover period) dimulai sejak saat kas diinvestasikan dalam komponen modal kerja sampai dengan saat menjadi kas kembali. masing-masing sangat dibutuhkan dan besar kecilnya kebutuhan itu dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain : a. Beberapa kebijaksanaan dapat pula merubah besarnya modal kerja.Kedua jenis modal itu. Pengaruh musim. b. yang merupakan faktor utama karena merupakan puncak aktivitas. musim akan mempengaruhi permintaan barang atau jasa sehingga akan terjadi fluktuasi penjualan c. Semakin pendek periodenya maka semakin cepat perputarannya. Lamanya periode perputaran modal kerja tergantung pad a berapa lama periode perputaran dari masing-masing komponen modal kerja tersebut.

000 Maka kebutuhan modal kerja sebesar minimal untuk dapat menjamin kontinuitas usahanya. Dengan mempergunakan sumber dana jangka pendek untuk membelanjai kebutuhan modal kerja.000 Rp.000 Modal kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat dibelanjai dari kombinasi sumber dana jangka pendek. maka perusahaan memperoleh kebaikan-kebaikan sebagai berikut : 16 . jangka menengah atau jangka panjang.ooo Rp.000 x 40 = 400. Ke dua macam sumber dana itu. 3. 3. = 10.Tingkat perputaran (turnover rate) modal keIja atau aktiva lancar dapat dihitung dari neraca dan income statement pada suatu saat tertentu dengan cara sebagai berikut· : Current assets turnover = -------=------current sales average current assets Net sales Net sales Average current assets = Current assets + Current assets permulaan akhir tahun 2 Contoh: Periode perputaran : Lamanya proses produksi Lam any a barang disimpan di gudang Jangka waktu penerimaan piutang Periode perputaran / terikatnya modal kerja Pengeluaran setiap hari : Bahan mentah Bahan pembantu Upah buruh Pengeluaran lain-lain Jumlah = 10 hari = 15 hari = 15 hari ----+ = 40 hari. Rp.0oo ----+ Rp.000 Rp. masing-masing mempunyai kebaikan-kebaikan yang antara lain : a.2. 10.2.

2. yaitu bila kebutuhan modal kerja variabel dipenuhi dengan sumber dana jangka pendek. maka perusahaan dapat memelihara hubungan baik dengan bank atau lembaga kredit yang lain. menciptakan stabilitas 3. Menekan biaya. mengurangi resiko 2. Di samping itu biasanya hutang dagang tidak dibebani bunga.1. Memelihara hubungan baik dengan bank. kebaikan- b. Berarti perusahaan dapat menggunakan dana dari supply seeara gratis. 17 . Mempergunakan sumber dana jangka panjang dapat memperoleh kebaikan sebagai berikut : 1. Hubungan baik terse but akan sangat berguna bagi hubungan-hubungan finansial di masa mendatang. maka perusahaan hanya membayar bunga selama beberapa bulan saja pada saat dibutuhkan. sehingga biaya bunganya juga keeil. mempertinggi likuiditas. dengan meminjam uang pada saat-saat penjualan puneak dan mengembalikannya apabila sudah tidak dibutuhkan lagi.

d. Meij mengartikan modal sebagai : a. sosilis oriented Prof. 5. modal kerja c. tiga c. sosialis opinio b. communis logics Pada mulanya orientasi tentang pengertian modal adalah : a. diantaranya 2. terbatas pada pengertian modal Berdasarkan fungsi bekerjanya aktiva dalam perusahaan modal aktif dapat dibedakan menjadi : a. lima b. dua d. konsep kualitatif Yang dimaksud a. dengan modal kerja permanen adalah : yang tetap ada dalam perusahaan untuk menjalankan fungsinya yang berubah-ubah sesuai dengan keadaan sekali dibeli tidak bisa dikurangi maupun ditambah relatif permanen 18 . 7. tidak pernah berakhir d. uang maupun barang c. konsep kuantitatif b. konsep fungsional semua jawaban benar 8. modal tetap d. 4. modal kerja b. communis idea d. penting dalam waktu tertentu Pengertian modal sampai kini belum terjadi apa yang disebut : a. PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT! 1. modal yang untuk mengetahui c. empat Modal menurut sumbemya disebut sebagai : a. modal aktif Ada beberapa konsep adalah : a. phisical oriented b. sementara c. sepele b. communis opinio c. Pada dasarnya masalah modal dalam perusahaan merupakan persoalan : a.PERTANYAAN DAN LATIHAN A. 3. non phisical oriented c. 6. kolektivitas dari barang-barang modal b. terbatas pada pengertian uang d. pengertian modal. communis oriented d. modal pasif b. modal yang d. modal kerja c.

jelaskan dan berikan contohnya ! Besar kecilnya kebutuhan modal kerja terutama tergantung pada beberapa faktor. Apakah yang dimaksud dengan struktur kekayaan dan struktur finansial. sebutkan dan terangkan dengan jelas ! Pengertian modal kerja dapat diterangkan melalui tiga konsep. B. kecuali : a. 19 . net sales urrent sales net assets current assets b. Di bawah ini merupakan modal keIja variabel. modal kerja siklis b. d.9. jelaskan dan gambarkan ! 3. net sales current ratio net sales current assets c. sebutkan konsep tersebut dan terangkan masing-masing ! Mengapa peri ode perputaran barang dagangan lebih pendek dari pada barang industri. PERTANYAAN DI BAWAH IN! DENGAN JELAS DAN Bagaimanakah jelaskan ! perbedaan fungsional antara modal kerja dengan modal tetap. modal keIja normal d. Current assets turnover dapat diperoleh dari : a. 4. JAWABLAH TEPAT! 1. modal keIja musiman c. 2. modal kerja darurat 10. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful