MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK ONLINE

(REGISTRASI DAN PENJADWALAN)

A. Kalender Akademik
Kalender akademik merupakan kontrol waktu dalam penyelenggaraan akademik setiap tahun akademik. Untuk membuat kalender akademik, dilakukan pada menu Akademik dengan submenu Kalender Akademik (gambar 1). Dengan meng-klik submenu tersebut akan ditampilkan window Batas Waktu KRS, Penilaian dan Pembayaran (gambar 2). Kalender akademik ini dibuat setiap jurusan dan setiap semester.

Gambar 1. Menu Akademik dengan Submenu Kalender Akademik

Penyusunan waktu dalam kalender akademik secara otomatis akan menyesuaikan waktu pada Server Siakad di Kantor UPT. Puskom. Sehingga kegiatan KRS mahasiswa, penilaian dosen yang dilakukan secara online tidak akan dilayani bila melewati waktu dalam kalender akademik. Bagi mahasiswa/dosen yang terlambat dalam kegiatan akademik dapat dilakukan pada

Manual Siakad-Online

1

B. dan Administrator Fakultas. Gambar 2. Pada window ini user akan dibantu dengan Text Box Jurusan dan Text Box Cari Mahasiswa berdasarkan NAMA. Administrator Pusat. dan Pembayaran. Untuk meregistrasi mahasiswa dapat dilakukan pada menu Akademik dengan submenu Status Mahasiswa seperti yang disajikan pada gambar 3. Manual Siakad-Online 2 . Penilaian.menu KaAkademik dengan submenu Dispensasi KRS. Window Batas Waktu KRS. NIM. Dengan meng-klik submenu ini akan ditampilkan window Perubahan Status Mahasiswa (gambar 4). Registrasi Mahasiswa Untuk melaksanakan kegiatan administrasi akademik mahasiswa (perwalian dan penawaran SKS) setiap mahasiswa perlu diregistrasi setiap tahun akademik. Submenu ini hanya dapat dilakukan oleh administrator Super User.

Gambar 4.Gambar 3. dan pilih status mahasiswa. Prosedur registrasi berdasarkan gambar 6. selanjutnya sorot dan klik tambah sesi/semester dan hasilnya disajikan pada gambar 6. Menu Akademik dengan Submenu Status Mahasiswa. adalah menginput sesi/semester yang berjalan. dengan meng-klik tombol NIM akan ditampilkan window seperti pada gambar 4. hasilnya ditampilkan seperti pada gambar 5. Tahun akademik. Window Perubahan Status Mahasiswa Sebagai contoh perubahan status mahasiswa F1B104024 pada Jurusan Fisika. sorot dan klik NIM mahasiswa yang dimaksud. Untuk meregistrasi mahasiswa tersebut. Manual Siakad-Online 3 .

Penjadwalan Kuliah Jadwal kuliah merupakan suatu dokumen yang sangat menentukan dalam proses penawaran SKS mahasiswa. Manual Siakad-Online 4 . Untuk membuat jadwal kuliah dalam sistem Siakad-Online ini dilakukan pada menu Akademik dengan submenu Penjadwalan Kuliah seperti yang disajikan pada gambar 7. Text Box Registrasi Mahasiswa C. Window Tambah Sesi/Semester Gambar 6.Gambar 5.

selanjutnya akan ditampilkan window Jadwal Kuliah (gambar 8). Menu Akademik dengan Submenu Penjadwalan Kuliah Dengan meng-klik submenu penjadwalan kuliah. Window Jadwal Kuliah Manual Siakad-Online 5 . Penjadwalan kuliah ini dibuat setiap semester untuk setiap program studi. sedangkan untuk mengedit jadwal sorot dan klik KodeMK dalam jadwal kuliah.Gambar 7. Untuk membuat jadwal/menambah jadwal sorot dan klik Tambah Jadwal. Gambar 8. Tampilan window untuk tambah jadwal dan edit jadwal disajikan pada gambar 9.

Text Box Tambah Jadwal dan Edit Jadwal Dalam proses pembuatan jadwal mata kuliah harus diperhatikan agar tidak terjadi bentrok penjadwalan dosen.Gambar 9. Manual Siakad-Online 6 . tempat dan waktu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful