P. 1
TPQ AL CHUSNANIYAH2

TPQ AL CHUSNANIYAH2

|Views: 83|Likes:

More info:

Published by: Sholhoe Slalu Begitu on Nov 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2011

pdf

text

original

PROPOSAL PENDIRIAN TPQ AL CHUSNANIYAH

LEMBAGA PENDIDIKAN AL-CHUSNANIYAH
Jalan Nyamplungan 141 Ampel Telp (031) 353-8795 Surabaya Website : http // www. Digitalsch.com

tpqalchusnaniyah@yahoo.com

maka mau tidak mau harus dibangun sebuah sistem pendidikan yang berdasar pada dua pusaka yang ditinggalkan Rasulullah. ternyata membawa efek negatif yang sukar dikendalikan.LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN AL CHUSNANIYAH INDONESIA SURABAYA JAWA TIMUR Sekertariat : Jl. Anak-anak yang tidak tersentuh pengasuhan yang benar. Terutama terabaikannya anak-anak yang membutuhkan pengasuhan serta bantuan untuk menatap masa depannya. Dengan wadah ini. Kemajuan sains dan teknologi tidak menjamin keberhasilan sampai pada titik akhir. yakni Al Quran dan Al Hadits. Telp (031) 353-8795 Website : http // www. yaitu sebuah Taman Pendidikan al Quran (TPQ) Al Chusnaniyah. untuk kemudian dilupakan sama sekali. kita berharap mereka mengenal secara mantap jati dirinya sebagai generasi islam. terseret berbagai gaya hidup hedonis – matrealistik yang dikampanyekan lewat piranti-piranti canggih. PENDAHULUAN : A. Nyamplungan 141 Ampel Surabaya. Sebab pendidikan merupakan kebutuhan masa depan masyarakat dan bangsa. Swadaya masyarakat 2. Digitalsch. Fakta yang ada akhir-akhir ini menunjukkan kecenderungan merebaknya dekadensi moral di segenap lapisan masyarakat. pelan-pelan dipojokkan. Subsidi pemerintah Kemajuan sains – teknologi yang diharapkan mampu membawa keberkahan. Untuk itu pendanaan pendidikan dapat ditopang dari: 1. yang seharusnya menjadi aset ummat di masa depan.com . melambungkan martabat manusia sampai tingkat tinggi. dan ia tergantung pada siapa yang membangun dan menggunakannya sampai pada efektifitas kekuatannya. Nilai-nilai religius dan etika yang dianut generasi terdahulu. seluruh kekhawatiran kita akan dampak kemajuan yang ada.com Surabaya I. Latar Belakang Pada dasarnya penyelenggaraan pendidikan adalah tanggung jawab masyarakat dan pemerintah. sekaligus mengikis keminderan pribadinya yang berada dalam era modern serta menampilkan bakat sekaligus potensinya serta tpqalchusnaniyah@yahoo. Menyadari nilai-nilai strategis anak-anak dan yatim piatu sebagai masa depan diatas. karena dia dapat tapi dapat juga menghancurkan nilai-nilai sosial religius manusia.

Secara sosial kampus ini juga cukup kondusif untuk mengembangkan serta membangun segenap potensi yang dimiliki siswa. sekaligus bertetangga dengan perkampungan masyarakat kota yang mempunyai ciri religius yang ramah. kampus LPPCI berdomisili dikawasan Ampel yang merupakan tempat awal bersemainya Islam khususnya di tanah Jawa. mental spiritual dan life skill sehingga dapat melahirkan generasi muslim bertaqwa. Artinya mereka harus dididik dalam sebuah lembaga yang mengintegrasikan nilai-nilai fundamental islam dengan memberikan wawasan yang komperehensif mengenai tantangan di zamannya. Menyelenggarakan lembaga pendidikan ISLAM dengan sistem integral yang memadu aspek intelektual. Mewujudkan lembaga pendidikan ISLAM yang unggul dan kompetitif hingga dapat melahirkan generasi muslim – muslimah yang memiliki kemampuan memikul amanah ALLAH sebagai hamba dan kholifahnya B. Oleh karenanya kehadiran Lembaga Pendidikan Pesantren Al Chusnaniyah Indonesia (LPPCI) program TPQ Al Chusnaniyah. sehingga melahirkan suasana yang lebih tenang dan damai. Lokasinya cukup jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. MAKSUD DAN TUJUAN : Lokasi Lembaga Pendidikan Pesantren Al Chusnaniyah Indonesia yang terletak di kawasan Ampel kota Surabaya Jawa Timur. merupakan ikhtiar sungguh-sungguh dalam rangka mewujudkan sebuah lingkungaan edukatif yang secara alami berpotensi besar dalam mendukung proses pendidikan Lembaga Pendidikan Pesantren Al Chusnaniyah sudah berdiri sejak 25 tahun yang lalu.memandang secara optimis fenomena mutahir yang kelak dihadapinya.com . II. masalah tpqalchusnaniyah@yahoo. cerdas dan mandiri. Visi – Misi Lembaga Pendidikan Pesantren Al Chusnaniyah Indonesia ( LPPCI ) program TPQ (Taman Pendidikan al Quran) mengemban visi dan misi sebagai berikut: A. berkeinginan kuat memberikan jawaban alternatif terhadap kecemasan para orang tua mengenai masa depan anak-anaknya. sebab dirancang sebagai unit terpadu yang merupakan model boarding school (Sekolah Terpadu) Fenomena yang muncul pada saat ini baik karena padatnya penduduk. B. Mengangkat anak-anak yatim piatu agar tetap bisa meneruskan cita citanya dan terhindarkan dari kedhoifannya. C.

kriminalitas maupun akibat bencana alam yang terjadi seperti : Lahar panas – Sidoarjo/Lapindo. LPPCI menawarkan tiga aspek unggulan yang dirancang untuk mendukung tujuan lembaga dalam melahirkan generasi Islam yang berakhlaq mulia serta mampu berperan maksimal sebagai hamba sekaligus KhalifahNya. Direncanakan dalam penyelenggaraannya nanti. terjemah dan lafdhiyyah serta tafsir.com . secara tidak langsung mendorong Lembaga Pendidikan Pesantren Al Chusnaniyah untuk turut serta memikirkan dengan cara mengembangkan / menambah bangunan yang ada sekarang ini yang lokasinya terletak di jalan Nyamplungan No 141 yang jaraknya ± meter dari lokasi yang lama di jalan Ampel Mulia. Dengan didukung segenap elemen lainnya. sosial maupun budayanya memungkinkan lahirnya sebuah sistem yang kondusif bagi sebuah lembaga pendidikan unggulan. Dan metode pengajaran yang disampaikan adalah tpqalchusnaniyah@yahoo. merawat dan mengasuhnya. OPERASIONAL PELAKSANAAN Sebagaimana telah digambarkan di depan. program TPQ ini akan bersinergi dengan TPQ/TKA di daerah Surabaya dan sekitarnya. Di sisi materi. Hafalan. III. selain kurikulum Diknas/Depag. materi ini mencakup 8 macam mujawwad dan murottal. Dengan dukungan dari para aktifis/ustadzustadzah dari berbagai TPQ/TKA tersebut diharapkan akan meningkatkan kualitas program TPQ Al Chusnaniyah unggulan tersebut. sehingga akan memberikan kenyamanan bagi siswa maupun pembimbingnya karena berada dalam suatu kompleks Sunan Ampel. melahirkan bencana-bencana sosial yang tinggi seperti penderitaan. antara lain : Pertama : kurikulum pendidikan Al Qur’an. kemiskinan dan dekadensi mental yang parah dimasyakat sekitarnya. materi-materi al Qur’an tersebut bagian dari proses pembentukan kepribadian Islam bagi para siswa. sehingga cukup berat beban orang tua untuk mendidik. Bangunan ini berlantai 3 yang luasnya ± 150 m2 yang terletak sangat strategis ditepi jalan raya tersebut bisa dibebaskan (dibeli oleh Lembaga) Insya Allah akan meningkatkan daya tampung anak-anak/anak yatim. letak kampus LPPCI Insya Allah akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi siswa maupun pembimbingnya dalam berproses bersama-sama. Baik lingkungan geografis.

Sedangkan biaya yang dibebankan kepada wali santri sebesar Rp. dalam aspek-aspek ke pesantrenan atau nilai-nilai keagamaan serta keputrian bisa ditekankan secara implisit serta terarah dan yang lebih intens terutama yang berkaitan langsung dengan hukum-hukum ibadah dan mu’amalat.- tpqalchusnaniyah@yahoo. terutama pada persoalan-persoalan praktis ritual dan do’a.000. serta pemahaman isi kandungan teks al Qur’an maupun hadist-hadist Nabi SAW. INFORMASI ADMINISTRASI Program TPQ Al Chusnaniyyah ini telah berjalan selama 2 tahun sejak 2007. Dan hingga saat ini (semester gasal 2009) terdapat 53 santri (terlampir). Kedua : kurikulum terpadu pengembangan bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Pilihan kepada bahasa Arab di latar belakangi statusnya sebagai bahasa resmi kaum muslimin. Seiring berjalannya program ini. pengembangan bahasa Inggris ditujukan untuk dasar landasan ketrampilan siswa dalam berinteraksi dengan sains-teknologi di era modern/internasional. 5. maupun Nasional. Sementara itu.com . provinsi. Sedangkan tenaga pengajar (Ustadz/Ustadzah) yang membantu di TPQ Al Chusnaniyah ini sebanyak 4 orang (terlampir).do’a.menggunakan “Metode Tilawati” (certified: Pesantren Virtual Nurul Falah Surabaya) yang telah diakui baik tingkat daerah. peserta didik mengalami peningkatan baik dari kualitas maupun kuantitas. Komplek ini dirancang sebagai lingkungan pendidikan khusus anak–anak dan remaja. IV.

Sos I M. S. Nyamplungan NO.031-3538795 Surabaya NO 1 NAMA Mochamad Mahir Haqiqi JABATAN Kepala TPQ IJAZAH S1 JURUSAN Bahasa Inggris Dakwah/Syiar Islam - KET 2 3 4 Noer Anisyah .SUSUNAN ASATIDZ/ASATIDZAH NAMA TPQ ALAMAT : TPQ AL-CHUSNANIYAH : Jl.com . Karim Nur Rahmawati Ustadzah Ustadz Ustadzah S1 SMA SMK tpqalchusnaniyah@yahoo.141 Telp.

com .GAMBAR SITUASI DAN DENAH GEDUNG Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Al C Situasi dari denah gedung Sekolah Dasar : AL-CHUSNANIYAH RK RSG / Ruang Serba Guna Kantor Jalan Ampel Madrasah Ruang Kelas K. Mandi WC Tangga Gudang T E R A S RB ( Ruang Belajar ) RB (Ruang Belajar) Keterangan : K RB G KP = Kantor = Ruang Belajar Kelompok Bermain = Gudang = Kamar Penjaga WC KM RBB RK RSG = Kamar Kecil = Kamar Mandi = Ruang Bermain bebas di dalam = Ruang Kesehatan = Ruang serba guna Catatan: Gambar situasi dan denah disesuaikan dengan kondisi kelompok bermain yang bersangkutan tpqalchusnaniyah@yahoo.

com .91 dan Al hadid 29 tpqalchusnaniyah@yahoo. sesuai dengan surat Al Hujurot ayat 37.V. mengharapkan uluran tangan Depag yang peduli akan ihwal yang mulia ini. PENUTUP Mengingat tugas ini adalah tugas kita bersama selaku ummat Islam yang peduli terhadap pendidikan Islam dan anak-anak yang tidak mampu dan terlantar yang orang tuanya sudah tidak mampu lagi untuk mengasuh dan mengurus kehidupan serta pendidikannya.38.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->