STATISTIKA Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisaannya dan

penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan. STATISTIK DESKRIPTIF DAN INFERENSIA Statistika deskriptif adalah metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Sedangkan pengertian statistika inferensia adalah metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan tentang seluruh gus data induknya.

DATA Data merupakan informasi yang diperlukan untuk membantu membuat keputusan

PENYAJIAN DATA Secara garis besar ada dua macam cara penyajian data dalam statistika yaitu: 1. Tabel atau daftar yang dapat berbentuk: a. Daftar baris kolom b. Daftar kontingensi c. Daftar distribusi frekuensi

28 ≈ 7 kelas 3. Aturan umum yang digunakan untuk menentukan titik tengah kelas atau tanda kelas adalah: Tanda kelas = ± ½ (limit bawah + limit atas) CARA MEMBUAT DISTRIBUSI FREKUENSI 1. Tentukan panjang kelas interval 4. Diagram garis atau grafik c. Diagram peta f.3) log n = 1 + (3.2.3) log 80 = 7. Batas kelas yaitu limit kelas ± setengah nilai skala terkecil. 2.35 = 64 2. Grafik atau diagram yang terbagi menjadi: a. Titik tengah kelas atau tanda kelas yaitu nilai yang terletak pada engah setiap kelas interval. 3. Tentukan Rentang R = Nilai terbesar – nilai terkecil. Diagram lingkaran d. Tentukan banyaknya kelas interval. Ada beberapa istilah yang digunakan dalam distribusi frekuensi yaitu: 1. Nilai yang besar disebut batas atas kelas dan nilai yang kecil disebut sebagai batas bawah kelas. Acuan aturan Starges Banyak kelas = 1 + (3. = 99 . Diagram pencar DAFTAR DISTRIBUSI FREKUENSI DAN GRAFIKNYA Dalam distribusi frekuensi data dikelompokkan dalam beberapa kelas interval misalnya a–b. Daftar semua limit keatas . Tentukan limit kelas 5. c-d dan seterusnya. Nilai terbesar disebut sebagai limit atas kelas dan nilai terkecil disebut sebagai limit bawah kelas. Limit kelas atau ujung kelas yaitu nilai-nilai terkecil dan terbesar dalam setiap kelas interval. Diagram lambing e. Diagram batang atau balok b.

Luas area disesuaikan dengan frekuensi kelas. Menentukan frekwensi → bantuan kolom tabulasi GRAFIK HISTOGRAM DAN POLIGON Histogram Histogram terdiri dari sekumpulan segi empat (Spiegel. Sebuah alas horizontal (berimpit sumbu x) dengan pusatnya pada tanda kelas dan lebarnya sama dengan ukuran panjang kelas/interval. 3. Itu dapat dilakukan dengan menghubungkan titik tengah sebelah atas dari segi empat pada histogram. 2. Poligon frekuensi diperoleh dengan cara memplotkan frekuensi tiap kelas terhadap nilai tengah/tanda kelas masingmasing kelas tersebut dan kemudian menghubungkan titik yang berurutan hasil plot tersebut dengan garis lurus. Histogram dengan Frekuensi Absolut Poligon Prekuensi Cara lain yang sangat bermanfaat dalam menyajikan data numerik dalam bentuk gambar/grafik adalah dengan menggunakan poligon frekuensi. Histogram didasarkan pada table distribusi frekuensi baik absolute maupun table distribusi frekuensi persentase.6. 1981) yang memiliki: 1. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful