KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayanh dan inayah-Nyasehingga

penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Industri ini. Laporan Praktik Industri ini disusun sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional. Rentang waktu pelaksanaan Praktik Industri SMK Islam Datuk Singaraja Kerso Kedung Tahun Pelajaran 2011/2012 dimulai dari tanggal 23 Juni 2011 sampai dengan tanggal 21 September 2011 dan diikuti oleh semua siswa. Sedangkan untuk tempat Praktik Industri berada di BENGKEL HERY MOTOR Jepara yang memberi kesempatan untuk melaksanakan Praktik Industri. Penulis merasa bahwa dalam penyusunan laporan ini bukanlah jerih payah sendiri, melainkan berkat bimbingan dari berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat: 1. K. H. Abdullah Djawawi sebagai Kepala SMK Islam Datuk Singaraja. 2. Bapak Abdul Rouf, S.Pd sebagai koordinator Praktik Industri. 3. Nurul Huda, S.Pd selaku Ketua Program Keahlian. 4. Hery Priyasa S, E Selaku Pimpinan Perusahaan BENGKEL HERY MOTOR. 5. Aris dan Mas Roni selaku pembimbing di Industri. 6. Nurul Huda selaku pembimbing di Sekolah. 7. Semua pihak yang membantu dalam pelaksanaan Praktik Industri Tiada gading yanng tak retak, penulis menyadari atas keterbatasan kemampuan. Namun demikian penulis berharap agar dengan Prakti Industri ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita. Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini berguna bagi kita semua.

.. B.......................... C....DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL..... Pelaksanaan........................................................................ Saran................................................ BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN A............. C.............. Perencanaan......................................................................................................................................................................................................... Macam Kegiatan dan Uraian............................................................................................................................................... C................ Tujuan Pembuatan Laporan............................... BAB IV PELAPORAN A..................................................................................... C............................................. Penanganan Masalah........... C............ BAB V PENUTUP A............................ Tempat dan Lama Waktu Penugasan.............................. Profil Perusahaan.......................... BAB III AKTIVITAS PRAKTEK INDUSTRI A.... Pembatasan Ruang Lingkup.. Struktur Organisasi..................... D................. Latar Belakang. BABI PENDAHULUAN A......................................... LEMBAR PENGESAHAN............................. Masalah yang Dihadapi............... Lampiran – Lampiran....................................................................................... B.................... B....................................................... B......... KATA PENGANTAR........................... Evaluasi...................................... B.............. DAFTAR ISI.... i ii iii iv 1 1 2 2 2 4 4 4 4 5 5 5 6 6 6 .......................................................... Kegiatan Usaha.............................................. Kesimpulan........

Tujuan Pembuatan Laporan Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri. Hal tersebut dapat di lihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang profesional. berani. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di Lapangan dan di Sekolah. Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain adalah: 1. 3. 2.BAB I PENDAHULUAN A. Sebagai bukti bahwa telah melakukan praktek yang telah dilakukan di DUDI ( Dunia Industri ) . Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan Sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan Praktek Industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ) yaitu dengan melaksanakan Praktek Industri agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah. Latar Belakang Setiap lulusan siswa SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri. Adpun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama Praktek Industri. Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Indusrti. karena keahlian profesional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja. Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat ( arts ) bekerja yang baik. sampai penilaian dan penentuan lelulusan siswa. tanggung jawab serta disiplin. Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan. Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja ( industri/perusahaan atau instansi tertentu ) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas belum secara tegas dapat menhasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. 4. B. Dengan dua pihak seharusnya terlibat dan bertanggung jawwab mulai dari tahap penyelenggaraan.

Knalpot Standar berbagai jenis. Profil Perusahaan BENGKEL HERY di MANTINGAN TAHUNAN JEPARA.870 . Jual onderdil sepeda motor. mulai beroperasi kurang lebih pada Tanggal Agustus 2006. 2. Lalu mencukil ban luar selanjutnya mengeluarkan ban dalam lalu mencari bagian ban yang terkena benda tajam yang berlubang dan di tambal lalu setelah selesai dipasang kembali dan dipompa. Pekerjaan ini diawali dengan membuka dop ban dilanjutkan membuka ring 12. Dan BENGKEL HERY MOTOR menjual barang-barang suku cadang berbagai jenis motor dari yang yang asli sampai yang tengahan. dan hingga saat ini sudah mencapai dua orang. Biasanya kerusakan motor terjadi akibat keteledoran pemilik yang lupa mengecek oli motor dan berakibat motor terjadi keausan meliputi seker atau ring sekernya rusak. Tambal ban. Meliputi : . Struktur Organisasi KETUA & PEMILIK PERUSAHAAN Hery Priyasa KARYAWAN PEMBIMBING I Pak Aris KARYAWAN PEMBIMBING II Saiful C. Kegiatan Usaha Kegiatan usaha yang dilakaukan di BENGKEL HERY meliputi : 1. Yang dipimpin oleh bapak Hery Priyasa dengan jumlah karyawan pertama sekitar satu orang. B. 3.Gear set dan Rantai 108 Supra Fit New MPM 56. Satu sebagai manager dan satu orang lagi sebagai pekerja. . Perbaikan sepeda motor.BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN A.

4. Jual tabung gas. . BENGKEL HERY MOTOR menjual berbagai ukuran tabung gas dari yang terkecil sampai tabung gas ukuran besar.

Macam Kegiatan dan Uraian Kegiatan Praktek Industri di BENGKEL HERY MOTOR meliputi : 1. Masalah yang Dihadapi Permasalahan yang mungkin didapat saat melakukan Praktek Kerja Industri di BENGKEL HERY MOTOR adalah pada saat memperbaiki kelistrikan yang menuntut ketelitian dan ketepatan dan modalyang paling dasar adalah mampu mengetahui jalur-jalur kelistrikan tersebut.Lampu .00 WIB – 16.00 WIB yang terdapat jam istirahat pukul 12. . Praktek Kerja Industri di BENGKEL HERY MOTOR dimulai dari pukul 08.Horn . Memperbaiki kelistrikan yang rusak Dalam perbaikan listrik harus mengetahui jalur kelistrikan dari spul dari dalam mesin yang berguna untuk menghidupkan mesin dan lainlain. masalah yang mungkin dihadapi di atas dapat diselesaikan dengan baik. Tempat dan Lama Waktu Penugasan Adapun waktu untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri adalah mulai tanggal 23 Juni 2011 s/d 21 September 2011. D. B.BAB III AKTIVITAS PRAKTEK INDUSTRI A. Penanganan Masalah Dengan adanya bantuan dari para karyawan di BENGKEL HERY MOTOR. dan para karyawan sangat telaten dan sabar untuk mengajari proses perbaikan tersebut.00 WIB.00 WIB – 13. Contoh : .Dst C. Memperbaiki sepeda motor 2. Karena proses perbaikan sepeda motor membutuhkan ketelitian dan ketepatan pengetahuan jalur kelistrikan.

dan dimulailah kegiatan Praktek Industri kelas XII program TEKNIK OTOMOTIF. Sosialisasi kepada siswa 3.BAB IV PELAPORAN A. . Pelaksanaan Proses pelaksanaan Praktek Industri dimulai pada saat siswa menyerahkan buku ke DU/DI. siswa diharapkan membuat evaluasi selama proses Praktek Industri di Dunia Usaha masing-masing dengan membuat laporan Praktek Industri. Perencanaan Adapun proses perencanaan Praktek Industri meliputi : 1. C. Pembekalan Praktek Indusrti B. Evaluasi Dari kegiatan Praktek Industri tersebut. Rapat koordinasi 2. Pembuatan jadwal dan surat permohonan Industri oleh Ketua Program 4.

Dengan begitu siswa-siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang diperolehnya. sehingga siswa-siswi dapat berlatih untuk mempu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat luar. Lampiran . Kesimpulan Kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya siswa-siswi SMK Islam Datuk Singaraja. Saran Sebagai siswa yang mampu meresap semua ilmu yang diberikan oleh para karyawan di tempat pelaksanaan kerja langsung kita harus berinteraksi dan benarbenar memperhatikan apa yang diberitahukan kepada kita. Dengan adanya kegiatan Praktek Industri siswa dituntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki ketrampilan serta wawasan yang tinggi.BAB V PENUTUP A. B. C. dalam kehidupan sehari-hari. Praktek Industri dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan profesional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Selain itu kita juga harus sering-sering menanyakan apapun yang kita ingin tahu yang berkaitan dengan apapun yang berhubungan dengan pekerjaan yang kita kerjakan. Praktek Industri merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan masyarakat atau instansi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful