Walang sangit dikenal sebagi hama padi.

Hewan ini melindungi diri dari musuh dengan cara mengeluarkann bau yang sangat menyengat, sehingga musuh menjauhinya Bentuk paruh bebek seperti sudu yang cocok untuk mencari makanan di tempat becek, berlumpur dan berair. Kaki bebek berselaput yang sesuai untuk berenang di air dan berjalan di lumpur

Bunglon melindungi diri dari musush dengan cara mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna tempat hewan ini Bentuk parub pendek dan kuat sesuai untuk memakan biji-bijian, kakinya mempunyai cakar dengan kuku pendek yang kuat untuk mengais makanan

Burung elang mempunyai kaki dengan cakar yang kuat . Di saat itulah cumi berenang dengan cepat untuk menghindari musuhnya Siput mempunyai pelindung tubuh yang keras disebut rumah siput.Cumi-cumi melindungi diri dari musuh dengan cara menyemburkan cairan seperti tinta ke dalam air sehingga musuh tidak dapat melihatnya. tajam dan melengkung pada bagian sesuai untuk mencabi-cabik daging mangsanya. karena untuk menghisap madu Bentuk paruh yang kuat . Hewan ini melindungi diri dari musuh dengan cara memasukkan tubuh ke dalam rumahnya Kupu – kupun mempunyai jenis mulut penghisap.

permukaan daun sebelah atas tertutup kutikula dan lingkungannya di padang pasir merangas. mempunyai cirri daun tidak begitu lebar. kutikula tipis.Teratai cirinya: daun lebar. daun lebar dan tipis berguna untuk memudahkan penguapan dan lingkungannya di daerah dengan 2 musin . daun rontok / Kaktus. kutikula tipis dan mempunyai pembukluh udara yang terbuka ke mulut daun dan lingkungannya di air Keladi cirinya: daun lebar. mulut daun berguna untuk memperbesar penguapan dan lingkunagnnya di tempat yang lembab Pohon jati cirinya.

cirinya daun lebar dan tipis berguna untuk memudahkan penguapan dan lingkungannya di daerah dua musim yaitu penghujan dan kemarau . cirinya permukaan daun sebelah atas tertutup kutikula dan mulut daun pada permukaan daun sebelah bawah dan lingkungannya di tempat kering Pohon rotan.Eceng gondok cirinya: daun lebar. kutikula tipis dan mulut daun dipermukaan sebelah atas untuk memperbesar penguapan dan lingkungannya di air Lumut. kelembapan tinggi menghambat penguapan dan lingkungannya di tempat yang lembab Lidah buaya.

GITA LAURA FABELA MATA PELAJARAN : IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) PEMBIMBING : Bu NIKMATUL AFIYAH SDN PANDESARI 04 KELAS V .ADAPTASI HEWAN DAN TUMBUHAN TERHADAP LINGKUNGANNYA KELOMPOK : 1. PRILLA HADIYANTI S. 2.

untuk menjilat nectar pada bunga Gajah. Burung elang mempunyai kaki dengan cakar yang kuat Bunglon melindungi diri dari musush dengan cara mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna tempat hewan ini Lebah. Bentuk paruh yang kuat . mempunyai jenis mulut penjilat.Burung elang. menggunakan belalainya untuk memperoleh makanan . tajam dan melengkung pada bagian sesuai untuk mencabi-cabik daging mangsanya.

mempunyai kulit yang berduri tajam dan panjangm untuk melindungi dirinya dari hewan pemangsanya Cumi-cumi melindungi dairi dari musuh dengan cara menyemburkan cairan seperti tinta ke dalam air sehingga musuh tidak melihatnya Unta tempat hidupnya di padang pasir yang kering dan gersang. Bentuk susunan tubuh sesuai dengan keadaan alam padang pasir .Kupu –kupu mempunyai jenis mulut penghisap karena untuk menghisap madu Landak.

Lumut hidup ditempat yang lembab dan mulut daun banyak berguna untuk memperbesar penguapan Kaktus hidup di padang pasir. daunnya tidak begitu lebar Lidah buaya. penguapan dilakukan pada siang hari. mengambil oksigen dari dalam air . penguapan terjadi pada siang hari Teratai ditempat yang berair. hidup ditempat yang kering.

pada kelembapan tinggi menghambat penguapan Pohon jati. daun lebar dan tipis untuk memudahkan penguapan . hidup ditempat yang lembab. pada musim kering terjadi penguapan tinggi dan pada musim hujan kelembapan tinggi Eceng gondok hidup di air dan mengambil oksigen dari dalam air. daunnya rontok dan merangas. penguapan diperkecil.Pinus. dan kelembapan tinggi menghambat penguapan Keladi.

ADAPTASI HEWAN DAN TUMBUHAN TERHADAP LINGKUNGANNYA KELOMPOK : 1. 2. Hilda Fauziyah Khinanti Noer Hanifah MATA PELAJARAN : IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) PEMBIMBING : Bu NIKMATUL AFIYAH SDN PANDESARI 04 KELAS V .

S. SHOLEH AVENGED SEVENVOLD MATA PELAJARAN : IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) PEMBIMBING : Bu NIKMATUL AFIYAH SDN PANDESARI 04 KELAS V . IBRAHIM AKXEL D. 2.ADAPTASI HEWAN DAN TUMBUHAN TERHADAP LINGKUNGANNYA KELOMPOK : 1.

mengambil oksigen dari dalam air Lumut hidup ditempat yang lembab dan mulut daun banyak berguna untuk memperbesar penguapan Lidah buaya. hidup ditempat yang kering. penguapan dilakukan pada siang hari. daunnya tidak begitu lebar Teratai ditempat yang berair.ADAPTASI TUMBUHAN Kaktus hidup di padang pasir. penguapan terjadi pada siang hari .

Bentuk paruh yang kuat .ADAPTASI HEWAN Bunglon melindungi diri dari musush dengan cara mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna tempat hewan ini Burung elang. Burung elang mempunyai kaki dengan cakar yang kuat Landak. tajam dan melengkung pada bagian sesuai untuk mencabi-cabik daging mangsanya. mempunyai kulit yang berduri tajam dan panjangm untuk melindungi dirinya dari hewan pemangsanya Cumi-cumi melindungi dairi dari musuh dengan cara menyemburkan cairan seperti tinta ke dalam air sehingga musuh tidak melihatnya .

daun rontok / merangas. hidup ditempat yang kering.ADAPTASI TUMBUHAN Pohon jati cirinya. mengambil oksigen dari dalam air Kaktus hidup di padang pasir. penguapan dilakukan pada siang hari. penguapan terjadi pada siang hari . daun lebar dan tipis berguna untuk memudahkan penguapan dan lingkungannya di daerah dengan 2 musin Teratai ditempat yang berair. daunnya tidak begitu lebar Lidah buaya.

kakinya mempunyai cakar dengan kuku pendek yang kuat untuk mengais makanan Bentuk paruh bebek seperti sudu yang cocok untuk mencari makanan di tempat becek. Kaki bebek berselaput yang sesuai untuk berenang di air dan berjalan di lumpur . berlumpur dan berair.ADAPTASI HEWAN Cumi-cumi melindungi dairi dari musuh dengan cara menyemburkan cairan seperti tinta ke dalam air sehingga musuh tidak melihatnya Bunglon melindungi diri dari musush dengan cara mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna tempat hewan ini Bentuk paruh pendek dan kuat sesuai untuk memakan biji-bijian.

ADAPTASI HEWAN DAN TUMBUHAN TERHADAP LINGKUNGANNYA KELOMPOK : VICTOR MATA PELAJARAN : IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) PEMBIMBING : Bu NIKMATUL AFIYAH SDN PANDESARI 04 KELAS V .

9:-:3.3 808:.3 -07.3  .:39:202..808:.90.5:9..3 .9 808:.7:-0-08050798:/: /9025.3/..7.2..-0-0-0780.73.3:.7 /03..3.93...7 2:8:8/03.4:39:203.9-0../03.:39:-0703.33 039:5.0/.7:503/0/.3 039:5.7.203:-.:2203/:3/..7 803.4.3.72:8:/03..72.9025. 20.73.3 -07.3/:25:7   .3.3::503/0.82.0 -07:25:7/.3 805079939.3.3.        . :343203/:3/7/.3.3- -.7.7 /.2:8:9/.3:.3 ..7 .7/.2025:3.. 20302-:7.3.9 :39:203.     !%$ :2 .

!%$%&& %#!&         !  '% #  %!#! &!%&   !:%&  $!$#  $' .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful