Komensalisme

:
Komensalisme adalah kondisi yang memungkinkan binatang dan tumbuhan yang bermacam-macam hidup bersama, umumnya dengan makanan yang sama, tanpa banyak saling memberi pengaruh. di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan. Contoh simbiosis komensalisme pada tumbuhan dan binatang : • Ikan hiu dengan ikan remora Ikan remora akan mengikuti ikan hiu pergi kemana pun untuk mendapat perlidungan kepada hiu sehinga ikan remora akan terlindung dari pemangsa. Dalam hal ini ikan hiu tidak terpengaruh/ terganggu dengan adanya ikan remora sehingga dalam simbiosis ini ikan hiu menjadi pihak yang tidak dirugikan/ menguntungkan. Sedangkan ikan remora menjadi pihak yang beruntung. • Tanaman Anggrek dengan tanaman inangnya. Tanaman anggrek tumbuh dan menempel pada tanaman inang yang ditumpanginya. Tanaman anggrek ini mendapatkan rumah baru dari tanaman inangnya, sedangkan tanaman inangnya tidak mendapatkan kerugian yang diakibatkan oleh anggrek yang menempel di tubuhnya.

Ikan Badut dan Anemon laut Di laut, ikan badut pada anemon dapat melindungi dirinya dari seranagn musuh alaminya. Jika ikan badut tidak mendapat perlindungan dari anemon maka ikan tersebut hanya dapat bertahan hidup sebentar sebelum akhirnya dimangsa oleh pemangsa alaminya.

sehingga pohon mangga tidak dirugikan dengan adanya sirih yang menempel pada pohon tersebut. . Sedangkan tumbuhan inangnya tidak terpengaruh dan dirugikan dengan adanya tumbuhan pakis yang menempel di pohonnya. • Tumbuhan Pakis dan inangnya Tumbuhan pakis yang menempel pada tumbuhan inangnya mendapat keuntungan berupa tempat tinggal. Sirih yang menempel pada pohon mangga tidak mempengaruhi kehidupan pohon mangga.• Sirih dengan Pohon Mangga Sirih yang tumbuh didekat pohon mangga lama kelamaan akan menempel / menunggangi pada pohon mangga tersebut untuk menopang tubuhnya dan menumpang tinggal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful