Kemiskinan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Halaman ini belum atau baru diterjemahkan sebagian dari bahasa Inggris.
Bantulah Wikipedia untuk melanjutkannya. Lihat panduan penerjemahan Wikipedia.

Rumah di pinggir kali di Jakarta. (2004) Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan. Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:

Gambaran kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan seharihari, sandang, perumahan, dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan dasar. Gambaran tentang kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial, ketergantungan, dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi. Keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal ini mencakup masalah-masalah politik dan moral, dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi. Gambaran tentang kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai. Makna "memadai" di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagian politik dan ekonomi di seluruh dunia.

sehingga kita sulit membuat perbandingan. Peta dunia memperlihatkan Tingkat harapan hidup.Peta dunia memperlihatkan persentase manusia yang hidup di bawah batas kemiskinan nasional. Daftar isi [sembunyikan]         1 Mengukur kemiskinan 2 Diskusi tentang kemiskinan 3 Kemiskinan dunia 4 Penyebab kemiskinan 5 Menghilangkan kemiskinan 6 Bacaan lanjutan 7 Lihat pula 8 Referensi . Peta dunia memperlihatkan Indeks Pembangunan Manusia. Peta dunia memperlihatkan Ko-efisien Gini. sebuah ukuran tentang kesenjangan pendapatan. Perhatikan bahwa garis batas ini sangat berbeda-beda menurut masing-masing negara.

tidak terpengaruh oleh waktu dan tempat / negara. 9 Pranala luar [sunting] Mengukur kemiskinan Gambaran kemiskinan di Mumbai. yaitu Kemiskinan absolut dan Kemiskinan relatif.7 miliar orang didunia mengonsumsi kurang dari $2/hari. Sebuah contoh dari pengukuran absolut adalah persentase dari populasi yang makan dibawah jumlah yg cukup menopang kebutuhan tubuh manusia (kira kira 2000-2500 kalori per hari untuk laki laki dewasa). Templat:ImageStackRight Kemiskinan bisa dikelompokan dalam dua kategori . Meskipun kemiskinan yang paling parah terdapat di dunia bekembang."[1] Proporsi penduduk negara berkembang yang hidup dalam Kemiskinan ekstrem telah turun dari 28% pada 1990 menjadi 21% pada 2001. kondisi ini menghadirkan kaum tuna wisma yang berkelana ke sana kemari dan daerah pinggiran kota dan ghetto yang miskin. Tetapi . dg batasan ini maka diperkiraan pada 2001 1. Bank Dunia mendefinisikan Kemiskinan absolut sebagai hidup dg pendapatan dibawah USD $1/hari dan Kemiskinan menengah untuk pendapatan dibawah $2 per hari. Di negara-negara maju.[1] Melihat pada periode 1981-2001. Kemiskinan dapat dilihat sebagai kondisi kolektif masyarakat miskin. nilai dari $1 juga mengalami penurunan dalam kurun waktu tersebut. ada bukti tentang kehadiran kemiskinan di setiap region. atau kelompok orang-orang miskin.1 miliar orang didunia mengonsumsi kurang dari $1/hari dan 2. dan dalam pengertian ini keseluruhan negara kadang-kadang dianggap . Kemiskinan absolut mengacu pada satu set standard yang konsisten . India oleh Antônio Milena/ABr. persentase dari penduduk dunia yang hidup dibawah garis kemiskinan $1 dolar/hari telah berkurang separuh.

air minum yang aman. dan lebih dari setengah penduduk dunia masih disebut "miskin". kebutuhan akan keamanan dan rumah yang stabil. Beberapa ideologi seperti Marxisme menyatakan bahwa para ekonomis dan politisi bekerja aktif untuk menciptakan kemiskinan. tetapi beralih ke kemiskinan pada umumnya) yaitu efek Matthew. [sunting] Diskusi tentang kemiskinan Kemiskinan dipelajari oleh banyak ilmu.miskin. Penanggulangan aktif termasuk rencana perumahan. dan kurangnya kandungan gizi makan mereka membayangi kemampuan murid-murid ini untuk belajar. kesempatan kerja khusus. Dalam hukum. Pekerjaan yang dilakukan oleh badan-badan ini kebanyakan terbatas hanya dalam sensus dan pengidentifikasian tingkat pendapatan di bawah di mana warga negara dianggap miskin. [2] . kesehatan.    Perdebatan yang berhubungan dalam keadaan capital manusia dan capital individual seseorang cenderung untuk memfokuskan kepada akses capital instructional dan capital social yang tersedia hanya bagi mereka yang terdidik dalam sistem formal. seperti ilmu sosial. dan "miskin" dengan pendapatan kurang dari AS$ 2 per hari. kemiskinan memengaruhi kemampuan murid untuk belajar secara efektif dalam sebuah lingkungan belajar. Lebih jauh lagi. 21% dari penduduk dunia berada dalam keadaan "sangat miskin".  Dalam ekonomi. ekonomi. pakaian. perlawanan terhadap kemiskinan biasanya dianggap sebagai tujuan sosial dan banyak pemerintahan telah berupaya mendirikan institusi atau departemen. [sunting] Kemiskinan dunia Deklarasi Copenhagen menjelaskan kemiskinan absolut sebagai "sebuah kondisi yang dicirikan dengan kekurangan parah kebutuhan dasar manusia. Untuk menghindari stigma ini. Berdasarkan standar tersebut." Bank Dunia menggambarkan "sangat miskin" sebagai orang yang hidup dengan pendapatan kurang dari AS$1 per hari. pendidikan. Terutama murid yang lebih kecil yang berasal dari keluarga miskin. dua jenis kemiskinan dipertimbangkan: kemiskinan absolut dan relatif. Dalam pendidikan. fasilitas sanitasi. pensiun sosial. negara-negara ini biasanya disebut sebagai negara berkembang. dan budaya. dalam lingkungan pendidikan ada istilah untuk menggambarkan fenomen "yang kaya akan tambah kaya dan yang miskin bertambah miskin" (karena berhubungan dengan pendidikan. pada 2001. kebutuhan dasar mereka seperti yang dijelaskan oleh Abraham Maslow dalam hirarki kebutuhan Maslow. termasuk makanan. dan informasi. rumah. telah ada gerakan yang mencari pendirian "hak manusia" universal yang bertujuan untuk menghilangkan kemiskinan. Dalam politik. Teori lainnya menganggap kemiskinan sebagai tanda sistem ekonomi yang gagal dan salah satu penyebab utama kejahatan. dll.

pencarian kerja. Ini telah menjadi bagian pendekatan dari masyarakat Eropa sejak zaman pertengahan. termasuk hukuman.Proyek Borgen menunjuk pemimpin Amerika memberikan AS$230 milyar per tahun kepada kontraktor militer. dan hanya AS$19 milyar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Perkembangan Milenium PBB untuk mengakhiri kemiskinan parah sebelum 2025. banyak negara sejahtera menyediakan bantuan untuk orang yang dikategorikan sebagai orang yang lebih mungkin miskin. atau membantu secara langsung kepada orang miskin. yang memberikan alasan bahwa kemiskinan merupakan hasil dari struktur sosial. Meskipun diterima luas bahwa kemiskinan dan pengangguran adalah sebagai akibat dari kemalasan. penyebab sub-budaya (subcultural). penyebab keluarga. seperti orang tua atau orang dengan ketidakmampuan. yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari perilaku. penyebab struktural. dan lain-lain. . pilihan. Bantuan terhadap keadaan individu. dipelajari atau dijalankan dalam lingkungan sekitar. Banyak macam kebijakan yang dijalankan untuk mengubah situasi orang miskin berdasarkan perorangan. dan ekonomi. atau keadaan yang membuat orang miskin. namun masih gagal melewati atas garis kemiskinan. pemerintah. atau kemampuan dari si miskin. penyebab agensi. yang menghubungkan kemiskinan dengan pendidikan keluarga. [sunting] Menghilangkan kemiskinan Tanggapan utama terhadap kemiskinan adalah:    Bantuan kemiskinan. yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari aksi orang lain. termasuk perang. kerja sosial. yang menghubungkan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari. Daripada memberikan bantuan secara langsung kepada orang miskin. [sunting] Penyebab kemiskinan Kemiskinan banyak dihubungkan dengan:      penyebab individual. Persiapan bagi yang lemah. yaitu. pendidikan. namun di Amerika Serikat (negara terkaya per kapita di dunia) misalnya memiliki jutaan masyarakat yang diistilahkan sebagai pekerja miskin. seperti kebutuhan akan perawatan kesehatan. atau patologis. orang yang tidak sejahtera atau rencana bantuan publik.

Setelah ini. 26 Juli 2010. Anggota kelompok kerja terdiri dari unsur kementerian/lembaga. juga ada Kepada Badan Pusat Statistik dan unsur masyarakat dan dunia usaha. Tim ini diketuai langsung oleh Wakil Presiden Boediono.com Share This Article Share on Facebook . Menteri Sosial. Dua lainnya adalah Ketua Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) dan Komite Pendidikan. vivanews. pukul 12. Perpres tersebut merupakan penyempurnaan dari Perpres Nomor 13 Tahun 2009 tentang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta Pusat. dunia usaha. Tim ini adalah tim ketiga yang berada di bawah komando Wakil Presiden. TNP2K ini diketuai langsung oleh Wakil Presiden. antara lain: Menteri Keuangan. sebagai anggota. Tugas tim ini antara lain adalah menyusun kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan. Selain itu. Sebelas menteri dan pejabat setingkat menteri menjadi anggotanya. Dasar hukum pembentukan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) adalah Perpres Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. TNP2K berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. masyarakat. serta mengawasi pelaksanaan program di wilayah ini. Menteri Pendidikan. memastikan sinergi antara kementerian dan lembaga negara. Adapun wakilnya adalah Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.Tim Anti Kemiskinan Boediono Mulai Bekerja Posted by Imamsyah 0 Responses Wakil Presiden Boediono akan meresmikan Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Gedung Grand Kebon Sirih. dan Menteri Kesehatan. yakni Tim Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Nasional sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2010. serta pemangku kepentingan lainnya. kemungkinan Wakil Presiden harus memimpin tim keempat. Senin. Dalam melaksanakan tugasnya Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dibantu oleh kelompok kerja yang bertugas mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan.00.

. Enter Your And then confirm your email subcription Related Article to “Tim Anti Kemiskinan Boediono Mulai Bekerja”        Awali Puasa PNS Bogor 30 % Bolos Masjid Mapolresta Cirebon di Bom Arnanda "Playboy" Belum Ditemukan Sebanyak 500. Get Free email newsletter updates. .000 Guru Absen Tiap Hari SBY Vs Nasdem: Kekanak-kanakan? Kapolri Menilai Antonius Menista Seluruh Agama Dituntut 12 Tahun Bui. Comments are closed.Stumble This Article Digg this Article Bookmark on Delicious Free Email Newsletter Stay Updates with this Blog. Hakim Ibrahim Protes No Comment to “Tim Anti Kemiskinan Boediono Mulai Bekerja” 1.

5 juta orang kurang cocok dengan realita.</p> Jousairi Analis Kepala Hasbullah Sosial BPS-RI Statistik Biro Humas dan Hukum Persoalan kemiskinan di Indonesia senantiasa menjadi perdebatan. tak jauh dari Jakarta. enam bersaudara tewas akibat mengonsumsi tiwul". kesehatan dasar. Di antara banyak definisi yang ada. Penduduk miskin di Indonesia adalah mereka yang nilai konsumsinya kurang dari nilai rupiah 2. Republika | Posted by admin <p>Your browser does not support iframes. Tentang angka kemiskinan Kemiskinan adalah sesuatu yang sangat multidimensional dan memang sulit untuk diukur. dengan menganggapnya sebagai gejala ekonomi (economic poverty).Memahami Angka Kemiskinan di Indonesia 05:06 | Filed under Opini. Bagaimana memahami angka kemiskinan ini dengan proporsional? Ini salah satu tantangan kita. Angka yang disajikan kadang dipandang kurang sesuai dengan realitas yang dihadapi masyarakat. Pendekatan ini sudah sangat umum diaplikasikan di banyak negara Menurunnya angka kemiskinan makro di Indonesia adalah angka keadaan bulan Maret 2010 yang telah diumumkan oleh BPS pada Juli 2010. Walau penurunan angka kemiskinan terjadi. gejala kualitas SDM (human poverty). misalnya. ditambah kemampuan memenuhi kebutuhan dasar nonmakanan (pendidikan. dan sandang). BPS menghitung kemiskinan sebagai gejala economic poverty yaitu ketidakmampuan dari sisi ekonomi yang diukur dengan pendekatan (proxy) pengeluaran makanan (equivalen 2. "Di Bekasi. " Dari Jepara. kita masih menemukan anak-anak yang kekurangan gizi karena orang tua mereka tidak memiliki cukup uang. tetapi di sisi lain masih 31. fasilitas perumahan." demikian tulis Republika.100 kkal per orang per hari). Rabu (5/1) melalui tajuknya yang berjudul "Angka dari Langit" memandang angka kemiskinan yang diklaim oleh pemerintah turun sebesar 1.100 kkal per orang per hari plus kebutuhan primer nonmakanan tersebut. Kompleksitas itu kemudian oleh para ahli statistik disederhanakan. Harian Republika.02 juta penduduk Indonesia yang . atau gejala budaya (cultural poverty). Penurunan itu memang tidak serta-merta sebagai jaminan bahwa tidak akan ada lagi orang yang kurang makan atau anak-anak yang kurang gizi.

Justru kalau Indonesia memedomani angka satu dolar PPP tersebut.75 (untuk orang-orang miskin di daerah perdesaan). masih banyak mereka yang sangat miskin dan membutuhkan pertolongan. Terkait indeks keparahan (PSI: poverty severity index) yang menggambarkan disparitas kemiskinan antarorang miskin itu sendiri menunjukkan angka 0. masih sangat terbuka kemungkinan bahwa di antara mereka yang miskin di daerah perdesaan. Lebih dari itu.21 dan untuk orang miskin di desa sebesar 2. Sangat mungkin bahwa kasus-kasus mengenaskan yang di beritakan Harian Republika ini memang merupakan bagian dari 31.80.02 juta orang yang miskin tesebut. Satu hal yang perlu diperkaya agar pembaca terbantu dalam memahami secara lebih baik persoalan data kemiskinan. Tantangan kita Salah satu tantangan kita bersama yang cukup penting untuk dikaji lebih dalam saat ini adalah bagaimana menelusuri dengan pemahaman yang lebih cermat makna-makna yang ada di balik suatu angka. Nilai satu dolar PPP yang disebutkan Bank Dunia itu equivalen dengan Rp 3. Artinya. Dengan informasi ini semakin menguatkan dugaan bahwa walaupun angka kemiskinan menurun.58 (total) dan 0. masih banyak yang dalam keadaan sangat kekurangan. Ukuran dolar yang digunakan Bank Dunia adalah dolar dalam pengertian Purchasing Power Parity (PPP). antarorang miskin di pedesaan ketimpangan pengeluaran mereka masih cenderung tinggi. tetapi kemungkinan. Angka ini bercerita pada kita bahwa walaupun sama-sama miskin. Statistik selalu memperkaya dirinya dengan metodologi yang terukur dan bentangan makna dari setiap konsep yang diadopsi. angka kemiskinan dibangun dari survei skala besar. selain head count (persentase penduduk miskin) BPS juga mengumumkan Indeks Kedalaman Kemiskinan (poverty gab index/PGI) dan Indeks Keparahan Kemiskinan (poverty severity index/PSI). walaupun telah juga mengalami penurunan ketimpangan dibandingkan tahun sebelumnya (0. Ukuran lain itu. Semakin tinggi nilai indeknya menggambarkan semakin variatif jarak orang miskin tersebut dari rata-rata garis kemiskinan. Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang diselenggarakan setiap tahun dengan cakupan seluruh wilayah Indonesia. maka angka kemiskinan di Indonesia hanya sebesar 7. karena data yang dikeluarkan BPS pada rilis pada Juli 2010 tersebut menyajikan ukuran-ukuran lain yang dapat memperkaya pemahaman kita terkait mereka yang berada di bawah garis kemiskinan. Pernyataan ini agak melenceng.berada di bawah garis kemiskinan (headcount). .240 (tiga ribu dua ratus empat puluh rupiah). Mengapa disebut mungkin. PGI adalah ukuran rata-rata kesenjangan pengeluaran setiap orang miskin dibandingkan besaran nilai dari garis kemiskinan. Tajuk Republika tidak sepenuhnya keliru terkait keberadaan mereka yang dalam kemiskinan. yaitu terkait pernyataan yang mengatakan bahwa angka kemiskinan kita akan lebih tinggi (dua kali lipat) jika menggunakan standar Bank Dunia sebesar satu dolar per hari (Rp 9 100).82 untuk daerah perdesaan).4 persen saja. Keadaan Maret 2010 menunjukkan bahwa PGI Indonesia sebesar 2. tetapi kurang proporsional untuk mengatakan "Angka dari Langit" karena justru data kemiskinan BPS telah memberikan sinyal itu secara jelas.

melainkan bagaimana kita menghindari opini yang keliru dalam menginterpretasikan data statistik itu sendiri. Opini Republika 6 Januari 2011 . Ini juga menggejala di banyak negara. salah satu tantangan besar dunia sekarang ini bukan terletak pada kualitas data statistik saja. kepala Divisi Statistik OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) bahwa di tengah arus informasi (termasuk informasi statistik) yang begitu gencar. Seperti dikatakan oleh Enrico Giovannini.Persoalan interpretasi data statistik memang masih menyisakan tantangan yang tidak kecil.