P. 1
pancasila

pancasila

|Views: 859|Likes:
Published by ajalerbout

More info:

Published by: ajalerbout on Nov 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

Modul I

Landasan dan Tujuan Mata Kuliah Pendidikan Jasmani

1.

2. Mahasiswa perlu mengetahui landasan histories,cultural,yuridis maupun filosofis karena secara obyektif histories telah dimiliki oleh bangsa Indonesia,dalam arti nilai-nilai yang ada pada sila-sila Pancasila di gali dari bumi Indonesia.Oleh karena itu berdasarkan fakta obyektif dan secara histories kehidupan bangsa Indonesia tidak dapat di pisahkan dari nilai-nilai Pancasila.Selain itu pembentukan kepribadian Pancasila harus terus di budayakan secara nasional dan sesuai dengan kultur dan budaya bangsa Indonesia.Secara yuridis Pendidikan Pancasila dirancang untuk memberikan pengertian pada mahasiswa tentang Pancasila sebagai filsafat atau tata nilai bangsa,sebagai dasar Negara dan ideology nasional dengan segala implikasinya.Diharapkan hal ini dapat meningkatkan nilai kecintaan mahasiswa terhadap bangsa dan Negara. 3. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinngi yang mencakup unsure filsafat bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan mampu melaksanakan jiwa Pancasila dalam UUD 1945 dalam kehidupannya sebagai warga Negara Indonesia.Menguasai pengetahuan serta memehami tentang beragam masalah dasar kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara dengan penerapan dan pemikiran yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma Pancasila,sehingga mampu menanggapi perubahan yang terjadi dalam rangka keterpaduan IPTEKS dan pembangunan.Membawa mahasiwa dalam proses belajar,proses berfikir,mampu memecahkan masalah yang terjadi,danmengambil keputusan dengan benar. 4. Pendidikan Pancasila di jadikan mata kuliah wajib karena Pendidikan Pancasila dirancang dengan maksud untuk memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang Pancasila sebagai filsafat atau tata nilai bangsa,sebagai dasar Negara dan ideology nasional dengan segala implikasinya. 5. Tujuan dari mata kuliah Pendidikan Pancasila tentu tidak dapat di pisahkan dengan tujuan Nasional Indonesia(mencerdaskan kehidupan bangsa) dan tujuan Pendidikan Nasional.Untuk dapat mewujudkan bangsa yang cerdas,perlu adanya

berilmu.kreatif.Demi kepentingan diri sendiri mereka mengorbankan kepentingan banyak manusia.menjadi teladan di masyarakat.mandiri dan mejadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pada dasar nya tindakan korupsi tidak sesuai dengan bangsa kita yang memiliki dasar Negara Pancasila. Manfaat Pendidikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat adalah mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 7.dan tidak bersaing untuk banyakbanyak korupsi.sehat.pembangunan dan perbaikan dalam bidang pendidikan dan dalam melaksanakan pembangunan dalam bidang pendidikan haruslah berlandaskan Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. .Selain tidak manusiawi tindakan korupsi yang seolah sudah menjadi trend di kalangan petinggi negeri ini menjadi cerminan agar para petinggi negeri kita harus di ajarkan tentang pendidikan agama dan pendidikan moral Pancasila agar mereka yang nantinya memimpin Negara ini lebih bisa mengemban tugas mereka dengan baik dan memperhatikan hajat hidup masyarakat.Para pelaku korupsi bukanlah manusia yang memiliki budi dan akhlak seperti manusia karena mereka tidak memperhatikan kesejahteraan masyarakat. 8. Menurut saya cara yang terbaik dalam menumbuhkembangkan akhlak yang mulia di kalangan mahasiswa dengan cara memperbanyak kegiatan sosial di luar kampus.berakhlak mulia.tidak hanya mememuhi kebutuhan kantong masing-masing. 6.memperbanyak kegiatan agama dan menanamkan kepada diri masingmasing rasa solidaritas.cakap.sebagaimana di ungkapkan dalam Pancasila sila ke empat.

Dari nilai Peri kemanusiaan yaitu mengenal system barter.dan agama yang rukun.kedaulatan pemimpin pada masa itu.pada tahun 1850.E Maxwell dan S.Nilai persatuan. 5. 4. Nilai-nilai Pancasila di masa kerajaan Sriwijaya.memiliki armada laut yang kuat.bangsa yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945. 6. Berasal dari kata kepulauan Indo(=India) dan nesos(=kepulauan).ras.Bangsa yang terdiri dari banyak kepulauan yang berada dalam satu kesatuan Negara Republik Indonesia.dari nilai perikemanusiaan pada masa ini menganut adanya kasta(golongan masyaraka). 8.Nama Indonesia pertama kali di kemukakan oleh James Richardson Logan dalam Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia(1847-1859) di pulau Penang.Dari nilai musyawarah yaitu adanya musyawarah dalam kelompok.Nilai kemanusiaan :adanya ..Nilai keadilan social sriwijaya berupaya memajukan kehidupan dunia niaga tidak hanya bersifat insulair tetapi juga inter insulair bahkan internasional untuk mensejahterakan rakyatnya.dan dari nilai-nilai keadilan social mereka sudah mengenal pola hidup foodgathering(mengumpulkan makanan) berubah menjadi pola hidup foodproducing(membuat makanan). Nilai-nilai Pancasila pada masa kerajaan Majapahit.sehingga hubungan dengan Negara tetanggadan pengaruh baik politik.Pada masa Sriwijaya menganut agama Budha.suku.Bangsa yang memiliki beragam kebudayaan.ditemukan prasasti yang berisi peraturan untuk menjaga ketentraman dan kesejahteraan dalam negeri. 7.Nilai ke Tuhanan:dibuktikan oleh tulisan Mpu Tantular dalam bukunya Sutasoma yang berisimengambarkan tentang toleransi dalam beragama.Dari nilai Kesatuan adanya kecintaan terhadap tanah air mereka. Bukti adanya nilai-nilai Pancasila sudah ada sejak jaman prasejarah adalah dilihat dari nilai religi.dari nilai musyawarah. Posisi silang ini menyebabkan Indonesia menjadi wilayah yang terbuka.budaya dan agama tidak dapat di hindarkan.juga ditandai dengan adanya kegiatan upacara keagamaan yang di adakan di candi Negara. Puncak kejayaan kerajaan Majapahit adalah pada masa pemerintahan patih Gajamada yang terkenal dengan Sumpah Palapa dan memiliki armada laut yang kuat yang di pimpin oleh laksamana Nala.yaitu di temukannya kerangka mayat pada paleolitichum menggambarkan adanya penguburan. 2.social. Faktor-faktor Sriwijaya menjadi Negara besar dan berkembang karena letaknya yang strategis yaitu di jalur perdagangan dunia.Kata Indonesia juga di gunakan oleh W. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. 3.Raffles dalam karyanya yang terkait dengan bahasa melayu di kemukakan dalam rangkaian karyanya yang berjudul The Island of Indonesia.Modul II Pancasila dalam Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia 1.di jaman ini masyarakatnya sudah menggunakan musyawarah untuk menyeleseikan masalah.

Pada sidang akhir BPUPKI pada tanggal 1 Juni badan penyelidik membuat panitia kecil . 18. 12. Latar belakang pembentukan BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting dan lain-lain yang di butuhkan dalam usaha pembentukan Negara Indonesia. Arti politis bahwa Indonesia Sebagai bangsa harus mempunyai perumahan sendiri yaitu Negara Indonesia sedangkan arti psikologis bahwa persatuan sebagai bangsa Indonesia harus di tumbuhkan sebagai syarat untuk mencapai kemerdekaan bangsa dan tanah air.Nilai musyawarah misalnya dalam pemerintahan desa kerajaan majapahit memberi hak otonomi kepada masing-masing daerah untuk mengatur kehidupan mereka. 9. Politik luar negeri kita sekarang merupakn kelanjutan serta perkembangan dari masa kejayaan majapahit. Pentingnya makna persatuandan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah agar Negara yang terdiri dari bermacam-macam budaya ini tidak mudah terpecah belah. 11.Nilai persatuan tampak saat pemerintahan Hayam Wuruk dan Gajahmada yang berupaya membangun persatuan nusantara dengan adanya sumpah palapa.panitia ini berhasil mencapai kesepakatan dalam bentuk rancangan pembukaan hukum dasar yang di kenal dengan piagam Jakarta.Pada sidang 14 juli 1945 panitia perancang undang-undang memberikan hasil panitia perancang memberikan hasil secara kronologis. 13. 16. 17. .Indonesia masih mempertahankan cara kerja politik luar negeri pada jaman majapahit dan mengembangkannya.serta sporadic tanpa da koordinasi. Proses perumusan pancasila pada tanggal 29 Mei 1945 lahir rumusan yang pertama.perlindungan raja terhadap masyarakatnya.Sidang 11 Juli 1945 panitia perancang Undang-undang menyetujui secara bulat isi preambul yang di ambil dari piagam Jakarta. Perjuangan bangsa Indonesia sebelum abad ke XX dengan perjuangan sesudah abad ke XX. Bhineka tunggal ika pada jaman majapahit berarti toleransi sedangkan pada masa Republik Indonesia berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. 14.gerakan legal yaitu pembentukan badan-badan resmi dalam rangka politik propaganda. Perjuangan bangsa Indonesia sebelum abad ke XX masih belum berhasil mengusir penjajah karena perjuangan yang di lakukan masih bersifat lokal atau kedaerahan.Gerakal illegal. 15.Pertemuan tanggal 22 Juni panitia kecil ini berhasil membentuk panitia sembilan . 10.Nilai keadilan social:upaya keadilan dan kesejahteraan social di bangun melalui pengembangan ekonomi melalui pertanian dan perdagangan.yaitu gerakan yang dilakukan oleh tokoh nasional yang berada di luar badan-badan resmi buatan Jepang atau gerakan bawah tanah yang terorganisir.yaitu jika perjuangan pada Perjuangan bangsa Indonesia sebelum abad ke XX.perjuangan masyarakat Indonesia masih bersifat local atau kedaerahan sedangkan perjuangan sesudah abad ke XX perjuangan masyarakat Indonesia bersifat nasional dan terkoordinasi dengan baik.Dalam pidatonya bung Karno mengusulkan rumusan tersebut di beri nama Pancasila. Strategi Indonesia.

sehingga siap untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah di proklakirkan.Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka ingin berdaulat penuh. . 20.Atas dasar itu bangsa lain tidak boleh mengganggu gugat atau menghalang-halangi.tetapi mengakui dan menghargai sebagai sesame bangsa yang merdeka dan berdaulat. Pada hakekatnya kemerdekaan pada hakekatnya merupakan pemberitahuan kepada bangsa sendiri dan dunia internasional bahwa pada saat itu Indonesia telah bebas dari panjajahan.19. Pancasila dan UUD 1945 di sahkan pada tanggal 28 Agustus 1945.

KMB(konferensi meja bundar).reformasi di harapkan bisa memperbaika keadaan dan membawa perubahan yang signifikan bagi kemakmuran rakyat Indonesia. Ideologi Pancasila telah di salah gunakan oleh rezim penguasa untuk mempertahankan kepemimpinannya.Munculnya konflik sosial budaya yang berkepanjangan.Munculnya konflik sosial budaya yang berkepanjangan.system distribusi informasi sanggup menembus dinding-dinding geologis. Pergolakan antara Indonesia dan Jepang di beberapa wilayah di Indonesia. Kelebihannya adalah masa orde baru adalah tatanan seluruh kehidupan rakyat.Modul III Implementasi Pancasila dalam Sejarah Mengisi Kemerdekaan Indonesia 1.Nilai-nilai agama dan budaya tidak di jadikan sumber etika. 7.Pelaksanaan dwi fungsi ABRI yang di salah gunakan sebagai alat kekuasaan rezim pemerintah.Kelemahan orde baru. Demokrasi liberal. 5. Adanya suatu penyimpangan. 3.Sistem politik otoriter.Penyalah gunaan kekuasaan. 2.Masa reformasi menjadi harapan baru bagi rakyat Indonesia untuk menata ulang kondisi pemerintahan yang amburadul pada saat itu.Hukum telah menjadi alat kekuasaan dan penggunaannya di selewengkan.Penyalah gunaan kekuasaan.Dengan kekuatan teknologi . 9.Ciri khas dari demokrasi terpimpin adalah pemerintaahn berdasar domokrasi terpimpin yang di landasi oleh UUD 1945 dan Pancasila. Globalisasi adlah proses perubahan yang di sebabkan oleh gabungan aktifitas lintas batas antar Negara yang semakin meningkat.pagar-pagar social.bangsa dan Negara Republilk Indonesia yang di letakkan kepada kemurnian Pancasila dan UUD 1945.Terjadinya peristiwa heroic 10 November.Pemerintahan bersifat sentralistik.filter-filter budaya dan tembok-tembok politik antar bangsa.social. 6. .Nilai-nilai agama dan budaya tidak di jadikan sumber etika.Ideologi Pancasila telah di salah gunakan oleh rezim penguasa untuk mempertahankan kepemimpinannya. Makna Reformasi yaitu awal perubahan dari masa orde baru yang mana pada saat itu telah terjadi banyak penyelewengan dan penyalahgunaan kekuasan.Memperbanyak pelatihan tentang perkembangan IPTEK. 4.Pemerintahan bersifat sentralistik.dan teknologi informasi yang memungkinkan komunikasi hamper seketika ke seluruh dunia.Pelaksanaan dwi fungsi ABRI yang di salah gunakan sebagai alat kekuasaan rezim pemerintah.dalam system ini mengasumsukan apabila kestabilan politik tercapai maka ke stabilan ekonomi.Hukum telah menjadi alat kekuasaan dan penggunaannya di selewengkan.Sistem politik otoriter. 8. Menigkatkan mutu dan kualitas SDM agar mampu bersaing dengan tenaga asing.dan keamanan akan tercapai pula.

10.Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan lagu kebangsaan Indonesia raya. .Bendera Merah Putih memberikan motivasi kepada rakyat Indonesia. Lambang-lambang persatuan yaitu lambing burung garuda yang melambangkan kesatuan Negara Republik Indonesia.

“Dan perjuangan pergerakan bangsa Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa meghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka.adil dan makmur”. “Bahwa sesungguhnya kemerekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu penjajahan di atas duinia harus dihapuskan karena tidak seuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”. 6. Nilai-nilai Universal artinya nilai yang di junjung tinggi oleh bangsa-bangsa beradab di seluruh muka bumi sedangkan lestari karena mampu menampung dinamika masyarakat dan akan tetap menjadi landasan perjuangan bangsa dan Negara selama bangsa Indonesi tetap setia pada proklamasi tanggal 17 Agustus 1945.Modul IV Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia Berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar(UUD)1945 1.persatuan Indonesia.Artinya dalam alenia ini mengambarkan kepekaan para pengantar kemerdekaan tentang situasi saat itu. “Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur.bersatu. 2.perdamaian abadi dan keadilaln social bagi seluruh rakyat Indonesia disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia dalam suatu Undang –Undang Dasar Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan nerdasarkan kepada:Ketuhanan Yang Maha Esa.supaya berkehidupan yang bebas.artinya bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia itu atas kekuatan banhsa Indonesia Sendiri dan di dukung oleh seluruh rakyat Indonesia dan karena karunia Tuhan Yang Maha Esa.keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia”.ketiga merupakan pernyataan yang tidak ada hubungannya dengan batang tubuh UUD1945 karena aleniaalenia ini mengenai keadaan dan peritiwa yang mendahului terbentuknya Negara IndonesiaAlenia ke empat mengenai keadaan setelah terbentuknya Negara Indonesia dan mempunyai hubungan kausal dan organis dengan batang tubuh UUD 1945.maka rakyat Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaanya”.artinya:bahwa setiap bangsa berhak atas kemerdekaannya yang merupakan hak public absolute. “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan Negara yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum .kesungguhan bangsa Indonesia untuk berjuang menghapuskan penjajahan di muka bumi 4.berdaulat.mencerdaskan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan . 3. Pembukaan UUD1945 Alenia pertama. 5. .kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.Bagian ke empat inilah yang menjadi pembukaan dalam arti yang murni daripada undang-undang dasar.kemanusiaan yang adil dan beradab.kedua.

kuat. Hukum serta cita-cita moral yang meliputi susunan watak kejiwaan bagi bangsa Indonesia. 10.”Negara hendak mewujudkan keadilan social bagi seluruh rakyat”. 8.rumusan ini berarti bahwa bangsa Indonesia adalah satu tidak dapat di pecah-pecah.”Negara yang berkedaulatan rakyat berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan perwakilan”. ”Negara”.tidak berubah dan tidak boleh dirubah oleh siapapun juga termasuk MPR.Kedaulatan ini berdasrkan demokrasi yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan.7.artinya Undang-undang dasar harus mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain para penyelengara Negara untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan memegang cita-cita moral rakyat yang luhur.pokok pikiran yang ketiga ini menunjukkan bahwa pemilik kedaulatan adalah rakyat. 9.pokok pikiran ini menegaskan bahwa setiap manusia Indonesia berhak sama untuk menikmati keadilan social dan mempunyai kewajiban yang sama untuk mewujudkan keadilan social. . Sumber hukum yang memiliki sifat hakekat tetap.”Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab”.

2. Etis adalah perbuatan yang di lakukan dengan kesadaran penuh dan memiliki kualitas-kualitas atau atribut sebagai perbuatan yang benar. Perbuatan tidak etis adalah perbuatan yang dilakukan dengan kesadaran penuh dan memiliki kualitas-kualitas atau atribut sebagai perbuatan yang tidak benar.Modul V Pancasila Sebagai Sistem Filsafat 1. 3. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->