PENGERTIAN DUAL CORE ,CORE 2 DUO , QUAD CORE,CORE 2 QUAD

Mungkin sebagian orang dibuat bingung dengan istilah Dual core,Core Duo,Core 2 Duo, Quad core dan bahkan gak tau akan perbedaan diantaranya untuk itu saya akan coba jelaskan.

Dual Core : Dual Core merupakan sebuah nama teknologi processorberarsitektur dua inti atau juga disebut 2 otak bukan sebuah jenis atau merek dari prosesor,Dual core bisa juga diartikan 2 prosesor yang digabung menjadi satu prosesor. Teknologi Dual Core menghasilkan -Intel : Intel Pentium D, Intel Celeron Dual Core, Intel Pentium dual core (Intel Core Duo), IntelCore 2 Duo. - AMD : AMD turion. Intel Pentium dual core dan Intel Core 2 Duo pada dasarnya sama-sama menggunakan arsitektur dual core namun yang membedakan adalah spesifikasi yang ditawarkan (intel pentium intel core 2 duo lebih tinggi dibanding dengan Dual core segi FSB dan L2 Chace).

Quad Core:Quad Core juga merupakan sebuah teknologi prosesor bila prosesor dual core diibartkan memiliki 2 otak, maka prosesor quad core memiliki 4 otak sekaligus. Teknologi Quad Core menghasilkan -intel=Quad Core,Core 2 Quad(gabungan dari core 2 duo) -amd= Amd Phenom x4

Apa itu Prosesor Core i7
Prosesor Core i7 adalah nama dari prosesor komputer yang diciptakan oleh Intel Corporation. Dirilis pada tahun 2008, model prosesor dalam Core i7 termasuk Bloomfield, Lynnfield, dan model Clarksfield. Core i7 komputer menggunakan apa yang dikenal sebagai Nehalem mikroarsitektur . Dalam istilah dasar, ini mengacu pada cara bahwa mikroprosesor dibuat, khususnya ukuran dan efisiensi energi . Prosesor dibuat dengan teknologi mikroarsitektur Nehalem baru 45 nanometer dalam ukuran dibandingkan dengan prosesor sebelumnya yang diukur 65 nanometer – perbedaan yang sangat meningkatkan efisiensi energi, yang menghasilkan kinerja yang lebih besar dan daya untuk komputer. Keluarga prosesor Core i7 juga memperluas kemampuan komputer berkat penggunaan dari apa yang dikenal sebagai Multi core. Core prosesor independen yang dapat diintegrasikan untuk bekerja sama dalam satu komputer. Prosesor dibuat dengan mikroarsitektur Nehalem yang tersedia dalam model empat atau delapan core. Dengan memiliki banyak core yang terintegrasi, sinyal yang dikirim antara sirkuit bisa pergi lebih cepat. Hal ini menghasilkan kualitas sinyal yang lebih baik dan kemudian memungkinkan lebih banyak data yang akan diproses lebih cepat. Sementara pengolahan data pada kecepatan ini dapat meningkatkan kemampuan komputer untukmultitasking , ada beberapa kerugian untuk komputasi dengan beberapa core. Dengan bekerja lebih cepat dan lebih keras, prosesor multi-core dapat menempatkan beban pada area lain dari komputer, yaitu memori . Prosesor Core i7 yang tersedia di komputer yang dijual oleh banyak produsen komputer atas dan tersedia untuk kedua laptop dan komputer desktop. Ada tujuh varietas prosesor untuk komputer desktop dan tujuh varietas untuk laptop. Nomor prosesor yang berbeda menawarkan varian spesifik sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer, seperti jumlah core, kecepatan clock prosesor, kapasitas cache, ukuran dalam nanometer.

Soket ini mulai dihadirkan pada motherboard dengan chipset Intel X58 Express yang mulai banyak beredar. Prosesor ini diklaim Intel sebagai prosesor tercepat di bumi. Sedangkan merk Core merupakan andalan kami untuk pemasaran PC di masa depan. Nama i7 sendiri tidak memiliki hubungan langsung dengan NetBurst (Pentium 4) yang menjadi arsitektur generasi ke tujuh Intel. Intel Core i7 merupakan salah satu dari sejumlah prosesor buatan Intel yang memiliki arsitektur yang baru dibandingkan generasi sebelumnya. dan kemampuan untuk menghadirkan fitur server di desktop. prosesor Core i7-940 yang berkecepatan 2. material hafnium dioxide (high-K) dapat menekan kebocoran arus. kategori Teknologi Informasi BAB I PENDAHULUAN Saat pertama kali memperkenalkan Nehalem. penghematan energy lebih baik. meningkatkan performa secara signifikan. Executive Vice President dan Chief Sales and Marketing Officer Intel Corporation. Prosesor ini diciptakan masih menggunakan transistor bermaterial hafnium dioxide (high-K) serta bermetal gate dengan fabrikasi 45nm.05. Prosesor dengan kode nama Nehalem dan diberi nama Intel Core i7 ini merupakan penerus Intel Core Microarchitecture. Intel melalui perwakilannya di Indonesia memperkenalkan keluarga prosesor terbarunya. Hafnium dioxide diperkenalkan saat Intel merilis prosesor 45nm. Prosesor Intel Core I7 dibuat dengan desain mikroarsitektur yang baru dan efisien dalam penggunaan energi. dan prosesor i7 i7-920 dengan kecepatan 2. Bahkan Budi Wahyu Jati. soket ini memang berukuran lebih besar disbanding LGA775.Processor Intel Core i7 ditulis oleh admin pada tanggal Nov.2 GHz. Kami menggunakan nama i7 karena simple dan mudah diingat” kata Sean Maloney. Dengan kata lain sama dengan yang digunakan Penryn. sejalan dengan kemampuan Intel untuk memimpin pasar dengan teknologi 45nm”. Tepatnya tanggal 20 November 2008 di Jakarta. “Nama Intel Core i7 akan menjadi merk prosesor PC yang baru dari kami. Sedikit menyegarkan ingatan. Penryn. generasi sebelumnya. Country Manager Intel Indonesia mengatakan . yaitu prosesor Core i7 Extreme Edition i7-965 dengan kecepatan 3. “Nehalem adalah arsitektur yang diharapkan dapat memperkuat jajaran mikroarsitektur Intel Core. Chief Executive Officer Intel Corporation mengatakan. Dari fisiknya. tidak bisa menggunakan heat sink fan LGA775.66 GHz.93 GHz. Paul Otellini. oleh karena itu heat sink fan pendukungnya pun harus sesuai. 2010. Intel Core i7 sudah tidak lagi menggunakan LGA775 dan digantikan dengan LGA1366. Intel baru menghadirkan 3 jenis prosesor Nehalem. Ia ditujukan untuk pangsa pasar desktop kelas high-end. seperti Core 2 Duo “Wolfdale” dan Core 2 Quad “Yorkfield”. Prosesor ini oleh Intel dianggap sebagai perubahan terbesar abad ini dalam bidang arsitektur prosesor.

menonton video.” Karena masih menggunakan material yang telah digunakan pada generasi sebelumnya. selama ini Intel memproduksi prosesor quad core-nya menggunakan teknik menggabungkan dua buah dual core pada satu kemasan. Hal ini jelas menjadi nilai tambah. pemakaian Intel Core I7 akan membuka kesempatan terciptanya aplikasiaplikasi kreatif yang lebih canggih. . namun nantinya ia akan memiliki inti yang lebih banyak lagi. walaupun tetap menggunakan fabrikasi 45nm beserta material yang sama. meski dari segi core clock bisa lebih ditingkatkan. Pemakaian Intel Core i7 sementara ini lebih ditujukan bagi Industri kreatif seperti film. sementara tock berarti mikroarsitektur baru (Nehalem). 325). keempat intinya terletak pada satu die. Tick berarti teknologi proses yang baru (45nm beserta materialnya). dan sebagainya. bila dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat yang lebih cenderung membutuhkan komputernya untuk komunikasi. Dengan arsitektur baru. Dalam hal kinerja per clock. “Bahan ini pernah diusulkan untuk mendapatkan penghargaan Nobel karena menggunakan bahan material baru dalam membuat chip komputer. Hal ini sejalan dengan kebijaksanaan Intel yang menganut “tick-tock”. Intel Core i7 diklaim mampu meningkatkan kemampuan komputasi hingga 40% tanpa memerlukan energy tambahan. Memang prosesor dengan 4 inti alias quad core bukanlah barang baru. Dengan kata lain Nehalem tersebut merupakan native quad core processor atias benar benar 4 inti. serta aplikasi ekstrim lainnya (PCplus. Namun. Meski Penryn mengunakan fabrikasi 45nm. video game. Nehalem yang telah diluncurkan Intel. prosesor ini memang terasa terlalu tinggi. mengingat penghematan energy merupakan salah satu hal penting yang sedang digalakkan. Peningkatan yang ada pada Penryn lebih pada fabrikasi 45nm beserta materialnya.bahwa. Meskipun begitu. Saat ini. Nehalem memiliki 4 inti. Nehalem sendiri merupakan suatu prosesor yang menggunakan desain baru. video editing. Penryn tidak memberikan peningkatan yang jauh. namun desain yang digunakan mirip dengan desain prosesor generasi sebelumnya yang memanfaatkan 65nm. Budi Wahyu Jati menambahkan. dimana letak keunggulan Nehalem?.

yang ditunjukkan antara lain : Mengintegrasikan memory Controller langsung didalam prosesor. maka transfer data antara prosesor dan RAM akan meningkat secara signifikan. Menggunakan teknologi Hyperthreading (HT) yang dulunya dikenal pada Pentium 4. HT merupakan teknologi yang membuat thread (aliran data) pada prosesor meningkat dua kali lipat. Sebelum memory Controller terletak pada chipset Motherboard (MCH). Secara umum sistem akan mengenali Core i7 sebagai prosesor 8 core (4 core riil. Menggunakan sistem Smart Cache dengan share total. Mengadopsi teknologi RAM DDR3 (prosesor sebelumnya menggunakan DDR2 saja). Dengan sistem ini. maka share cache memory akan semakin besar dan efektif karena bisa digunakan dengan kapasitas penuh. Intel® Hyper-Threading Technology (HT) Sebelumnya teknologi HT sudah dikenal pada era Pentium 4. akan menghasilkan prosesor dengan 4 Core 8-threads. Menggunakan teknologi memory 3-channel (Prosesor sebelumnya menggunakan dual-channel). Menggunakan L3 Cache 8 MB (Prosesor sebelumnya menggunakan L2 Cache). Motherboard yang telah beredar adalah tipe DX58SO. tapi Intel merombak total arsitektur prosesor ini. Menambahkan fungsi L3 cache. sehingga membuat pekerjaan multitasking . Persamaan prosesor Core i7 dengan generasi sebelumnya : Sama-sama menggunakan 4 core (Quad Core). Dengan memory controller langsung didalam prosesor. Teknologi HT yang dipadukan dengan Core. Beberapa fitur pada prosesor Core i7 : 1. 4 core virtual dengan HT). Menghilangkan fungsi FSB (Front Side Bus). seperti Core 2 Quad. Fungsi FSB digantikan dengan QPI (Quick Path Interconnect) yang menghubungkan sistem prosesor dan I/O Hub di chipset Motherboard. Intinya. Sama-sama menggunakan manufacture 45-nm. Perbedaan fisik prosesor Core i7 dengan generasi sebelumnya : Menggunakan socket LGA1366 (Prosesor sebelumnya menggunakan LGA775). yang sebelumnya hanya dikenal pada Prosesor Server. Saat ini Intel telah merilis chipset motherboard baru dengan nama X58 (yang mendukung Core i7). prosesor Core i7 sudah tidak bisa menggunakan sistem Motherboard lama.PENJELASAN INTEL CORE i7 Ada beberapa teknologi yang membuatnya sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Walau sama-sama mengusung teknologi Core.

dimana pada saat yang bersamaan Core i5 berada pada posisi yang sama dengan Lynnfield. BAB III SPESIFIKASI Core i7 pertama dirilis dengan kode nama (codename) Bloomfield. 1. . IOH sendiri pengganti MCH pada sistem Coer i7. cache pada Core 2 Quad dipecah menjadi dua (masing-masing melayani 2 core. bukan 4 core secara langsung) sehingga penggunaan kapasitas cache terbatas. maka Turbo Boost akan mengaktifkan fiturnya agar dicapai speed maksimal secara dinamis sehingga aplikasi dapat dijalankan dengan nyaman. Intel® Quick Path Interconnect Pada dasarnya QPI berfungsi sama dengan FSB. dicap sebagai Core i7-9xx bersama dengan produk Xeon 3500-series.5 GT/s dan peralatan lainnya yang menggunakan soket PCI Express terhubung langsung ke soket 1156. sehingga membuat akses data semakin efisien dan cepat. 8M Shared Intel® Smart Cache Menggunakan L3 Cache memory sebesar 8 MB total. Pada FSB. Intel® Turbo Boost Technology Dengan fitur ini maka core prosesor secara otomatis meningkatkan frekuensi clock-speed jika diperlukan.akan semakin ringan. Dengan HT. Sebagai contoh : pada saat user menggunakan satu aplikasi kelas berat yang membutuhkan speed tinggi (seperti Game). sehingga meningkatkan kemampuan transfer data secara signifikan. Integrated Memory Controller Seperti yang telah diterangkan diatas. maka pada QPI yang dihubungkan adalah prosesor dengan IOH (Input/Output Hub). 2. asal masih dibawah limit power. arus dan suhu temperatur yang diizinkan. Pada tahun 2009 high-end Intel Desktop prosesor membagi socket 1366 menjadi dua bagian yaitu prosesor server dan dual-prosesor tunggal. maka setiap core memiliki dua threads (dua aliran data) hingga secara total sebuah prosesor core i7 dikenali sebagai prosesor 8 core. Pada sistem sebelumnya. yang tidak dimiliki oleh prosesor Core i5. Lynnfield tidak memiliki interface QPI tetapi langsung terhubung ke shouthbridge menggunakan interface Direct Media 2. 3. Ini seolah-olah prosesor memiliki core tambahan secara virtual. sistem Core i7 telah mengintegrasikan Memory Controller didalam sistem prosesornya. Tidak seperti Bloomfield. 2. jalur yang dihubungkan adalah transfer data antar prosesor dan Memory Controller Hub (MCH). tapi dengan pendekatan yang lebih baik. Lynnfield adalah prosesor kedua dibawah merk Core i7. Prosesor Core i7 dibangun berdasarkan teknologi Hyper-Threading Lynnfield.

Merk kedua dari prosesor Mobile Core i7 adalah Arrandale. . yang dikeluarkan oleh Intel Developer Forum pada tanggal 23 September 2009. Semua produk diatas sudah memiliki teknologi Intel’s Hyper Threading (HT). dijual bersamaan dengan prosesor Core i76xx tetapi memiliki fitur grafis yang terintegrasi dalam prosesor tersebut tetapi hanya memiliki 2 core setengah dari yang dimiliki Clarksfield. adalah versi desktop dari Arrandale yang tidak dijual seperti Core i7 tetapi seperti Core i3 dan Cire i5.Clarksfield adalah versi mobile dari prosesor Lynnfild yang juga tersedia dalam bentuk Core i7 Mobile yang merupakan bagian dari Calpella platform. Clarkdale.

Intel memperkenalkan 4 Core i3. Intel mengungkapkan. sedangkan jika memproses aplikasi yang bukan single thread. i5.13GHz dan 3. . bukan motherboard. Ketigan processor (Core I3. ketika memproses aplikasi single thread. Core i7 sendiri merupakan processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. yang kesemuanya memiliki tekenologi Hyper-Threading untuk proses multitasking. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner. Berikut deskripsi lebih jelasnya mengenai ketiga produk ini: Intel Core i7   Ditujukan untuk high level.06GHz.   Intel Core i5 Ditujukan untuk mid level. Sedangkan brand core 2 duo dan core 2 quad tidak lagi dipertahankan. Tertarik begitu mendengar kata value ? Tepat ! Core i5 akan dipasarkan dengan harga sekitar US$186. mobile computing. Jika Bloomfield adalah codename untuk Core i7 maka Lynnfield adalah codename untuk Core i5. karena Turbo Boost didesain untuk secara otomatis memberikan akselerasi performance dan menyediakan dukungan ekstra performance ketika dibutuhkan. dan device lainnya. 2010 | Leave Your Comment Intel Core yang berbasis teknologi Intel Arrandale dan Clarkdale tersebut merupakan processor dengan proses manufaktur 32nm pertama dari Intel. Core i5 adalah seri value dari Core i7 yang akan berjalan di socket baru Intel yaitu socket LGA-1156.Perbedaan Intel Core i3. Intel menyiapkan 2 processor Core i3 dan 2 untuk komputer mobile dengan kecepatan clock antara 2. namun menyediakan support grafis HD (High Definition) yang dibangun di dalam processor. sedangkan brand pentium dan celeron masih dipertahankan. core tersebut akan hidup kembali. processor akan mengoverclock aliran thread data yang berjalan di atasnya sehingga pemrosesan lebih cepat. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor. sedangkan core i5 dan i7 mengadopsi fitur “Intel Turbo Mode Technology” dimana fitur ini akan mematikan core yang tidak dipakai ketika memproses aplikasi yang hanya membutuhkan single thread. dan i7 Posted by Mufid on December 14. Processor Core i5 dan i7 dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost untuk performance prima. Brand centrino dipakai di produknya yang berbasis Wifi dan Wimax. Processor Intel Core baru tersebut didesain untk desktop. 8 Core i5 dan 7 buah chip Core i7. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Sedangkan untuk processor pemula Core i3 tidak dilengkapi teknologi Turbo Boost. I5 dan I7) akan ditanam di dekstop maupun notebook. bahwa kini sudah tidak dibutuhkan lagi tambahan grafis baik untuk desktop ataupun laptop yang memiliki processor Core i3.

yaitu Core i5 versi mobile yang ditujukan untuk notebook. Pada Core i5 cache tetap sama. Socket yang akan digunakan adalah mPGA-989 dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55 Watt. inti processor dengan 32nm. maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Intel Core i3   Ditujukan untuk entry level.  Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid. . Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3. Intel juga meluncurkan Clarksfield. yaitu 8 MB L3 cache. Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya.

dan tidak ada pengecekan suhu pada inti kedua. Kelemahan Jenis Pentium D ini adalah Inti kedua tidak maksimal di gunakan. Artinya apa? intel sudah beralih kepada jenis proceesor yang pembuatannya melalui teknologi 65nm bahkan 45nm dimana processor processor tersebut telah ditanamkan 2 inti didalam 1 keping CPU. Dan Intel dengan perkembangan teknologi Pembuatan Chip terbaru (65nm) sudah tidak memakai istilah PENTIUM lagi pada processor keluarannya. Di dalam System operasi Windows XP/Linux processor jenis ini dikenalai sebagai Processor berinti Dua. Jadi PENTIUM D adalah CPU PENTIUM yang Memiliki 2 Buah INTI kelas PENTIUM di produksi dengan teknology 90nm. istilah inilah yang di indonesia dan kebanyakan pedagang Komputer di rancu-kan dengan istileh INTEL CORE DUO (tanpa ada kata PENTIUM) CORE DUO Istilah ini adalah lebih kepada istilah untuk MERK DAGANG INTEL. yang berarti Processor CORE yang dibagun dengan teknologi 2 Core dengan tambahan fungsi dipasangnnya Cache Memmory pada masing masing Core.6GHZ) atau disebut Core Duo E2140. Quad Core . Jadi CORE DUO adalah Istilah dagang dari Intel.Core 2 Quad Banyak pemakai Komputer saat ini dibingungkan dengan istilah Processor keluaran Intel. tapi sudah Mematenkan istilah CORE.Core 2 Duo . maka pada CORE2DUO masing masing inti sudah dipasangkan Cache secara sendiri sendiri. yang masih bekerja sama secara paralel. DUAL CORE Processor Istilah ini adalah istilah teknis untuk merujuk kepada Teknologi Processor atau Arsitektur Processor dimana dalam 1 Keping Processor/CPU terdapat 2 buah Inti processor. Dalam penjualannya intel Tidak Menyebut PENTIUM D sebegai CORE DUO processor TAPI menyebutnya PENTIUM D (Dual). atau Processor Mobile T2XXX. Quad Core.Pengertian Dual Core . atau bahasa umumnya menanamkan 2 mesin kedalam 1 Keping CPU. Teknologi terbaru dariPerkembangan arsitektur Procesor ini adalah menanamkan 2 inti kedalan 1 CPU.� Perkembangan terakhir dari Intel CORE processor adalah di buatnya processor dengan 4 inti atau disebut juga Intel Core2Quad. yang merupakan keluaran awal dari processor dengan 2 buah inti. Perkembangan awal teknologi ini adalah menculnya PENTIUM D. Processor E2140 (Dual Core 1. Makanya semua processor intel saat ini disebut INTEL CORE. CORE2DUO Istileh Processor CORE intel yang lain adalah CORE2DUO. atau muncul tulisan DUAL Proceesor. Processor jenis ini Masih disebut dengan istilah �PENTIUM� karena memang generasinya masih dari perkembangan lanjutan generasi INTEL PENTIUM. Jadi bila CORE DUO masih memakai 1 Cache /L2 untuk Kedua CORE. yaitu dipasangnya 2 core dalam 1 keping CPU. artinya secara teknis tetap sama dengan DUAL CORE. Istilah CORE DUO ini melekat pada processor intel DESKTOP E2XXX . Produksi Processor ini masih menggunakan Teknology �NETBURST�.

Quad Core merupakan sebuah teknologi prosesor bila prosesor dual core diibartkan memiliki 2 otak. maka prosesor quad core memiliki 4 otak sekaligus. Teknologi Quad Core menghasilkan -intel=Quad Core.Core 2 Quad(gabungan dari core 2 duo) -amd= Amd Phenom x4 .

Apakah ini? Jenis? Merk? Fitur? Sebelum dijabarkan. Core2Duo jika diterjemahkan berarti inti (core) dua (duo). Semakin banyak transistor dalam suatu prosesor. maen game 3D. Tentunya ada juga komponen penunjang lainnya yang membuat hal-hal tersebut jadi tidak mustahil dilakukan dalam hitungan menit (biasanya jam). Untuk . Nah. Nah kalau prosesor sudah panas. teori si moore sendiri tadi tentu bukan tanpa cela. Mudah bukan? Untuk gambaran mengenai besarnya transistor seperti apa.dan sebagainya). sampe sini kita belum menyentuh pembahasan mengenai Core2Duo tadi. boro2 kinerja dapat terjadi. Atas dasar itulah lahirlah konsep Core2Duo. Core2Duo sebenarnya adalah nama teknologi hasil dari penelitian perusahaan prosesor Intel. jelas teori moore sudah terbantah secara otentik. Semakin banyak transistor dalam sebuah prosesor. Analoginya sederhananya.Penjelasan Paling Bodoh Mengenai Core2Duo Prosesor adalah salah satu dari sekian banyak komponen terpenting dari komputer. Prosesor adalah kumpulan transistor yang tersusun secara sedemikian rupa. digunakan ukuran nanometer dan sebagainya. akan semakin cepat pula selesainya pembangunan gedung tersebut. ada baiknya kita mengenal karakteristik dari prosesor. Semakin tinggi spesifikasi prosesor. Logika untuk membuat kecepatan prosesor semakin meningkat ialah dengan menambah jumlah transistor. Okeh. akan semakin cepat kemampuannya melakukan berbagai instruksi dan pengelolahan data. Ternyata ada kelemahan pula jika terus dilakukan pertambahan transistor pada prosesor. Ukuran ini masih lebih kecil dari sehelai rambut yang dibelah jadi tujuh sekalipun ( jembatan Shirotul Mustaqim -red :peace: ). semakin banyak pula panas yang akan dikeluarkan oleh prosesor tadi. Ini berdasarkan teori MOORE. semakin banyak pekerja yang disewa untuk membangun gedung. justru hal yang timbul adalah System of a Down. Sampai sini. semakin hebat kemampuannya untuk melakukan berbagai pekerjaan berat (render movie. mengedit image berukuran besar -billboard. Kita sering mendengar istilah Core2Duo di prosesor. Dan dia (moore) lah yang membuat teori perhitungan mekanisme pertambahan transistor.

melainkan ke satu inti yang lainnya lagi. Lebih tepatnya. prosesor ber-inti dua mereka dinamakan AMD Phenom. Ini berarti. terdapat dua buah inti kumpulan transistor. misalnya kernel dan aplikasi background lainnya akan dikerjakan di core 1. ada dua prosesor dalam satu wadah. pasti tetap panas kan? Pertanyaan yang bagus. Sekarang permasalahan sudah jelas. Lho bukannya tetap ada penambahan transistor walau katanya terbagi dua? So. pekerjaan jadi selesai lebih cepat.. Topik mengerucut pada persoalan prosesor inti dua. tidak. Inti dua di sini adalah transistor ber-inti dua. Jadi. Penambahan inti menjadi dua adalah untuk mengatasi kelemahan hukum moore. Jangan dipusingkan oleh soal Intel dan AMD karena mereka hanya sekedar merk. tapi lebih efisien. Ini berarti dalam sebuah keping prosesor. tapi jika core 1 dirasa terlalu berat kerjanya maka sebagian pekerjaan akan dipindahkan atau dialokasikan ke core 2… Kalo dibilang lebih efisien tidak juga mas. Analoginya. Processor dua inti akan lebih efisien jika program yang dipake sudah mendukung multithreading. prosesor ber-inti dua (dual core) tidak berarti cepat. didalam prosesor tersebut terdapat 2 core(atau 2 otak). Nah Gak ngerti kan Okeh ini sedikit tambahan yang mungkin dapat memperjelas dari bro Anggi: Secara garis besar kan Core 2 Duo itu secara fisik masih satu prosesor hanya saja.. ada dua buah tim pekerja yang ditugaskan untuk membangun sebuah gedung berdasarkan jobdesk-nya masing-masing. “lebih cepat” di sini berarti lebih cepat dari sisi yang lain. maka jumlah transistor yang ditambah bukan ke satu inti. Di sini panas berlebih tidak terjadi karena penambahan bukan ke satu inti. Tapi menggunakan sistem pembagian. walau begitu proses kerja bukan berarti 2 kali lipat. jadi bisa memanfaatkan keberadaan dual processor tersebut…  . Karena lebih efisien.prosesor keluaran perusahaan AMD. Tentu saja ini bermanfaat dan sangat efisien untuk melakukan instruksi multitasking dalam perintah berbagai program komputer. Karena kecepatan prosesor sudah tidak dapat ditambah lagi.

Subsistem memori dan hirarki cache telah didesain ulang. Desain Core i7 didasarkan pada prosesor Core 2 tetapi saat ini telah banyak direvisi. Tapi hari ini adalah hari ketika kita harus duduk dan memperhatikan.Intel Core i7 prosesor BAGI KITA YANG fasih dengan teknologi yang lebih atau kurang dikondisikan untuk menerima dan bahkan mengharapkan perubahan sebagai bagian alami dari hal saja. tweaker sepanjang untuk mengakomodasi meningkatnya aliran data dan instruksi melalui empat core. dengan memimpin hampir tak terputus sejak debut Core 2 prosesor pertama lebih dari dua tahun lalu. dan memperkenalkan latency rendah-point-to-point interkoneksi QuickPath disebut untuk menggantikan front-side bus. kode-bernama Nehalem selama pengembangan dan sekarang resmi dibaptis sebagai Core i7. . dan penggantian dengan sebuah interkoneksi. Mari kita roll dengan itu. dari front end untuk memori dan antarmuka I / O dan hampir di mana-mana di antara keduanya. Intel. Hasil akhirnya mengaburkan garis antara produk baru evolusi dan satu revolusioner. baik. seperti yang Anda tahu.Akibatnya. Arsitektur sistem ini telah melayani AMD cukup baik. Core i7 mengintegrasikan empat core dalam satu chip. cepat sempit chip-ke-chip dikenal sebagai HyperTransport. dan lebih baik. Anda orang banyak agak sulit untuk mengesankan. dengan bandwidth jauh lebih dan potensi kinerja dari yang pernah kami lihat dalam soket CPU tunggal. Ya. yang cermin AMD dalam hal-hal kunci tetapi dimaksudkan untuk menjadi lebih baru. lebih cepat. Saya telah meninjau prosesor selama hampir sepuluh tahun sekarang. Hyper-Threading-membuat kembalinya. terutama dalam multi-socket server. telah memimpin saingan AMD yang lebih kecil dalam kinerja menyapu untuk beberapa waktu sekarang. Intel telah dimodifikasi chip untuk mengambil keuntungan dari infrastruktur sistem baru. dimana Opteron menjadi pemain tangguh di urutan yang sangat pendek dan telah mempertahankan pijakan bahkan dengan perjuangan terakhir AMD. Seberapa baik Core i7 memenuhi potensi itu? Mari kita cari tahu. Perubahan-perubahan termasuk integrasi controller memori ke CPU mati. terus terang. penghapusan front-side bus. Meski begitu. aku tak tahu tentang nama. juga. Gadget baru dan debut gizmos teratur. membawa memori onboard controller. Sekarang. berkat perubahan yang diperkenalkan dengan aslinya K8 (Athlon 64 dan Opteron) prosesor lima tahun kembali. dan prosesor Core i7 kami memeriksa di sini merupakan salah satu perubahan yang paling berat di industri selama rentang seluruh. Di jantung dari proyek ini adalah sebuah mikroprosesor baru. Intel bertujuan untuk merampok AMD keuntungan bahwa dengan memperkenalkan sebuah arsitektur sistem baru sendiri. dan simultan multithreading-lebih dikenal dengan nama pemasaran. AMD tetap memiliki keunggulan (dan kadang-kadang praktis) teoritis dalam hal arsitektur sistem dasar seluruh waktu itu. masingmasing menawarkan beberapa set keuntungan atau perbaikan dari generasi sebelumnya. baik.

kebetulan. sebuah 32 kB L1 data cache (itu 8-way set asosiatif). karena merupakan komponen lainnya (Intel menyebut. secara kolektif.Gambaran dari Core i7 Core i7 memodifikasi lanskap cukup sedikit. dan 256 berdedikasi kB L2 cache (juga 8-way set associative ). dengan komponen utama berlabel. Kemudian lagi. ukuran adalah kerabat derajat. Apa yang Anda lihat. diperlukan dua Penryn mati untuk membuat satu produk quad-core. L3 besar. Core i7 mati dan komponen utama. sebagian besar yang pergi ke cache. tetapi banyak dari apa yang Anda perlu tahu tentang hal itu adalah jelas dalam gambar prosesor mati bawah. L3 cache ini adalah tingkat terakhir dari hirarki cache yang fundamental ulang. Nehalem empat core yang mudah terlihat di tengah chip pada gambar di atas. Meskipun tidak ditandai dengan jelas pada gambar di atas. asli AMD Phenom quad-core chip memiliki 463 juta transistor tetapi menempati daerah mati yang lebih besar dari 283 mm ² karena mereka dibuat pada proses 65nm dan memiliki rasio yang lebih tinggi (kurang padat) logika untuk (padat) transistor cache. dalam masing-masing inti adalah 32 kB L1 instruksi cache. adalah cukup baik berukuran chip yang diperkirakan 731 juta transistor disusun menjadi 263 mm ² area melalui proses 45nm yang sama. GeForce GTX 280 GPU adalah dua kali ukuran dari sebuah Intel Core i7 atau Phenom. Penryn memiliki sekitar 410 juta transistor dan daerah mati dari 107 mm ². Sementara itu.Di luar core adalah L3. Sumber: Intel. Uncore menempati sebagian besar dari daerah mati. high-k fabrikasi digunakan untuk menghasilkan "Penryn" Core 2 chip. "Uncore") di sekitar pinggiran. tapi tentu saja. yang .

4 GB / s.8 GB / s. tergantung pada chip. 1600.) i7-965 Extreme beroperasi pada 6. karena ini adalah konfigurasi yang lebih mungkin untuk prosesor seribu dolar. dan karena QPI link bidirectional melibatkan pasangan berdedikasi.4 GT / s.2 GB / s bandwidth. kecepatan memori maksimum yang didukung oleh prosesor Core i7 pertama adalah 1066 MHz. itu meniru isi dari cache-tingkat yang lebih tinggi dan berjalan pada frekuensi clock yang lebih tinggi. di mana perangkat keras meneliti pola akses memori dan upaya untuk mengisi cache spekulasi dengan data yang mungkin akan diminta segera. Dengan saluran ganda pada 1066MHz memori DDR2.6 GB / s bandwidth. berbasis paket. sempit. meskipun L3 cache nya adalah empat kali ukuran. Core i7 berkomunikasi dengan sistem lainnya melalui interkoneksi QuickPath.8 GB / s. 48 GB / s. meskipun. termasuk fakta bahwa itu inklusif-yang. Prosesor Core i7 rendah-end memiliki 4.jauh lebih besar pada 8 MB dan cerdas (16-cara asosiatif) daripada L2S. Untuk CPU. ini adalah kedua titik baru mulai.1 GB / s. Sebagai hasil dari ini dan perbedaan desain lainnya. berkat kontroler memori terintegrasi. dibatasi oleh throughput dari front-side bus 1600MHz. nomor bandwidth yang terlibat di sini cukup besar. dan 2000 MHz yang mungkin dengan Core i7 paling mahal. Salah satu mekanisme Intel menggunakan untuk membuat cache yang lebih efektif adalah prefetching. yang menambahkan sampai 12. Bahkan. Sekali lagi. atau QPI.Susunan dasar mungkin akrab dari asli AMD quad-core Phenom. ukuran Intel mengatakan seharusnya tidak lagi diperlukan-dan lebih agresif. point-to-point interkoneksi antara prosesor dan chip I / O Link QPI di Core (atau CPU lain dalam multi-socket. dan sebagai dengan Phenom. berkecepatan tinggi.6 GB / s. puncak Phenom akan 17. QuickPath adalah jawaban Intel untuk HyperTransport. dan Intel kemungkinan akan meningkat kecepatan QPI dari sini di generasi produk berikutnya. Core i7 hanya di liga lain. bandwidth memori puncak yang efektif pada sistem Core 2 akan 12.Pada 1600 MHz. Core i7 bisa mendapatkan ke memori utama sangat cepat. puncak akan 38. Namun. Setup cache Core i7 berbeda dari Phenom dalam hal-hal kunci. juga. termasuk hirarki TLB dirubah. Sebaliknya. keduanya agak lebih cepat dari HyperTransport 3 interkonek dalam Phenom saat ini. Secara resmi. juga. latency cache Core i7 adalah jauh lebih rendah daripada Phenom. namun Intel telah menaikkan taruhan dengan dukungan untuk menggabungkan tiga saluran dari memori DDR3. Tiga saluran memori pada 1066 MHz dapat mencapai suatu agregat dari 25. ini adalah halaman akrab dari template AMD. . Anda sedang melihat 32 GB / s. kami diuji dengan 1600 MHz memori. yang sedikit konservatif untuk DDR3. bandwidth total 25. tetapi frekuensi dari 1333. Core i7 L3 cache berfungsi sebagai sarana utama melewati data antara core empat. Bahkan. Intel mengklaim algoritma Core i7 prefetching baik lebih efisien daripada Penryn's-beberapa admin server luka menonaktifkan prefetch hardware di Xeons dirugikan karena kinerja dengan beban kerja tertentu. yang menghilangkan chip-ke-chip "hop" diperlukan ketika akan melalui front-side bus ke north bridge eksternal. Core i7-965 kami uji rig Ekstrim dengan memori 1600MHz memiliki lebar bus total yang sama (192 bit) dan bandwidth memori teoritis sebagai kartu grafis GeForce 9600 GSO . Pada 1333 MHz. Dengan memory controller onboard dan front-side bus pergi.8 GT / s QPI link dengan sampai 19. Pada 16 bit per transfer.4 GB / s. Edisi 965 Extreme. dan pada 2000 MHz. Jelas. yang puncak baik di 16 atau 14.

CPU akan berbagi pesan koherensi cache (menggunakan protokol baru) dan data (karena subsistem memori akan NUMA)-lagi. tidak seperti Core 2. Decoder instruksi dapat sekering lebih banyak jenis instruksi x86 bersama dan. tapi di dalam inti itu sendiri. misalnya. sangat mirip ke Opteron. Dalam rangka mengambil keuntungan dari arsitektur sistem secara radikal diubah. Meskipun dasar Core 2 empat-isu-lebar desain dan sumber daya eksekusi kurang lebih tetap tidak berubah. juga. itu dapat dilakukan ketika berjalan di 64-bit mode.Diagram blok arsitektur Core i7 sistem. Di server 2P didasarkan pada arsitektur ini. Buffer beban dan toko telah meningkat dalam ukuran. Sumber: Intel. link QPI kedua adalah tidak terpakai. . dan lebih dari itu. hampir segala sesuatu di sekitar unit eksekusi telah diubah untuk menjaga mereka lebih penuh diduduki. pertama high-end desktop yang pelaksanaan Nehalem merupakan kode-bernama Bloomfield. yang kita sudah dibahas. chip Bloomfield datang dengan dua QPI link onboard. Namun. tim desain tweak core prosesor Nehalem dalam berbagai cara besar dan kecil. sebagai ditembak mati di atas menunjukkan. bahwa interkoneksi kedua akan menghubungkan dua soket. Banyak perubahan melibatkan memori subsistem-bukan hanya cache dan memory controller. Akibatnya.Akurasi prediksi cabang telah ditingkatkan. Ini. dan itu dasarnya silikon yang sama yang harus pergi ke dua socket server akhirnya.

benar-benar.Modifikasi ini masuk akal dalam terang Core i7 jauh lebih tinggi tingkat throughput sistem. Beban Nehalem. dan dilakukan dengan baik. baru-baru. . HyperThreading tidak akan mungkin kinerja ganda. seperti beberapa prosesor Intel lainnya. Karena berbagi sumber daya yang terlibat. Ada terlalu banyak untuk menutupi di sini. sedangkan stasiun reservasi dan cache dibagi secara dinamis berdasarkan permintaan.Intel arsitek Ronak Singhal diuraikan bagaimana implementasi Nehalem Hyper-Threading bekerja di IDF Fall ini terakhir. tetapi mereka juga membantu membuat mekanisme lain yang baru dalam pekerjaan chip yang lebih baik: yang multithreading HyperThreading. misalnya. Intel telah meningkatkan kinerja sinkronisasi primitif yang digunakan oleh aplikasi multithreaded. termasuk versi Pentium 4 dan. harus digandakan untuk setiap thread.Kita akan melihat dampak pada kinerja yang tepat di halaman berikut. Atom. tentu saja. Unit eksekusi itu sendiri tidak perlu diubah sama sekali. Hasil dari semua ini adalah bahwa prosesor Core i7 tunggal mendukung total delapan benang. Perubahan pada core Nehalem tidak berhenti di situ. seperti register. dan menyusun ulang buffer statis dipartisi antara dua benang. SMT mengambil keuntungan dari paralelisme eksplisit dibangun ke dalam perangkat lunak multithreaded untuk menjaga eksekusi CPU unit lebih penuh diduduki.2termasuk beberapa untuk penanganan string. menambahkan beberapa instruksi SSE yang dikenal sebagai 4. Beberapa perangkat keras. tapi banyak yang bisa dibagi. dan popcount-dan tambahan diperkenalkan untuk virtualisasi hardware yang dibantu. bahkan skenario kasus terbaik. saya sarankan Anda memeriksa Singhal yang IDF presentasi atau David Kanter gambaran Nehalem . dapat menjadi kemenangan yang jelas. Jika Anda ingin informasi lebih rinci. menyimpan. yang membuat untuk jendela Task yang cukup jahat mencari Manager. atau simultan dibangkitkan (TPS). baik. Setiap inti dalam Nehalem dapat melacak dua benang hardware independen. cek redundansi siklik. memberikan keuntungan kinerja yang solid dengan biaya yang sangat sedikit dalam hal daerah mati tambahan atau menggunakan kekuatan.

Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid. Multi-core . Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner. Berikut Tabel detail mengenai tiga produk ini : Penjelasan Single core. yaitu Core i5 versi mobile yang ditujukan untuk notebook. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Intel juga meluncurkan Clarksfield. maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Dual core. Pada Core i5 cache tetap sama. Tertarik begitu mendengar kata value ? Tepat ! Core i5 akan dipasarkan dengan harga sekitar US$186. Core i5 adalah seri value dari Core i7 yang akan berjalan di socket baru Intel yaitu socket LGA-1156. sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm.Perbedaan Intel Core i3. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. inti processor dengan 32nm. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor. Intel Core i7 Core i7 sendiri merupakan processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Core 2 duo. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Intel Core i5 Jika Bloomfield adalah codename untuk Core i7 maka Lynnfield adalah codename untuk Core i5. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”. Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. i5 dan i7 Intel Core i3 Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). yaitu 8 MB L3 cache. Socket yang akan digunakan adalah mPGA-989 dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55 Watt. bukan motherboard.

maka akan diambil melalui sistem bus dari random access memory (RAM) atau dari perangkat penyimpana 2. lalu simpan dalam cache secara selektif dan pencarian cepat. Dengan masing-masing core diperkuat 64K L1 intruction cache dan 64 K L1 data cache. . yang lain dapat mengakses sistem bus atau mengeksekusi kode sendiri. sistem operasi harus dapat mengenali multi-threading dan perangkat lunak harus memiliki simultaneous multi-threading technology (SMT) yang ditulis dalam kodenya. Menambahkan skenario ini sangat menguntungkan. Ketika data yang diperlukan di luar cache. Keuntungan dual core terutama pada cache coherency. Adobe ® Photoshop ® merupakan contoh perangkat lunak yang menanggapi SMT dengan sangat baik. komunikasi antara kedua die dapat dilakukan pada clock rate yang lebih tinggi dibandingkan jika memanfaatkan bus di luar chip. AMD pertama kali meluncurkan prosesor dengan nama Athlon 64 X2. SMT memungkinkan paralel multi-threading dimana core melayani instruksi multi-threaded secara paralel. Seperti halnya dua kepala lebih baik dari satu. Single core single core atau tradisional CPU eksekusi instruksi string harus dengan memesan. Dual core Pada prosesor dual core ini akan terjadi pengabungan dua prosesor beserta cache. Dengan dual core. TPS juga digunakan dengan sistem multi-prosesor seperti umumnya diterapkan pada server. # Prosesor ”dual core” AMD Untuk prosesor berbasis deskstop pada model dual core ini. Dalam sebuah prosesor dual core masing-masing inti menangani string data masuk secara bersamaan untuk meningkatkan efisiensi.1. Tanpa SMT software hanya akan mengenali satu inti. Sekarang ketika salah satu mengeksekusi. baik AMD dan Intel sebagaimana terlihat pada dual-core adalah 64bit. namun dalam satu kemasan chip atau integrated circuit (IC). Untuk menggunakan prosesor dual core. jalankan.

walau begitu proses kerja bukan berarti 2 kali lipat.Untuk komunikasi kedua core AMD X2 tersebut akan berkomunikasi secara langsung melalui system request queue dan crossbar yang akan menghubungkannya dengan onchip memory controller dan Hyper-Transport I/O. Chip yang dinamai Pentium D tersebut memiliki kecepatan clock jauh lebih rendah dari CPU core tunggal 3. ini hanya akan tersedia untuk prosesor desktop versi high end dari Intel dan tidak akan menemukannya pada setiap prosesor Smithfield.8 GHz). Intel Pentium D 830 (3. Fungsi hyper-threading tidak ditinggalkan begitu saja untuk prosesor Smithfield ini. seperti katakanlah sistem bus. # Prosesor “dual core” Intel Prosesor dual core dari Intel untuk desktop diluncurkan dengan nama kode Smithfield yang memiliki kecepatan 3.8 GHz.0 GHz). akan membuat prosesor dapat bekerja secara optimal dan memperkecil kemungkinan kesalahan. tidak. Tapi menggunakan sistem pembagian. lebih memungkinkan kedua prosesor pada masing-masing core dapat secara optimal memanfaatkan resource yang tersedia.2 GHz). Core 2 dou Secara garis besar kan Core 2 Duo itu secara fisik masih satu prosesor hanya saja. dan 820 (2. Untuk itu. .2 GHz dengan masing-masing core dilengkapi dengan L2 cache sebesar 1 MB. tapi jika core 1 dirasa terlalu berat kerjanya maka sebagian pekerjaan akan dipindahkan atau dialokasikan ke core 2. Tanpa terhambat oleh batasan. Dengan memperbaiki kinerja branch prediction unit. pada Intel Pentium D juga dilakukan peningkatan branch prediction unit. Dengan desain arsitektur seperti ini. Ini juga akan memperkecil latency karena semua yang disebut tadi masih terletak dalam satu chip. misalnya kernel dan aplikasi background lainnya akan dikerjakan di core 1.. 3. didalam prosesor tersebut terdapat 2 core(atau 2 otak). Namun. yakni Intel Pentium D 840 (3. seperti seri 570 dan 670.

Hal ini dapat digambarkan sebagai sebuah sirkuit terintegrasi ke dua atau lebih individu prosesor (disebut core dalam pengertian ini) telah terpasang. Core dalam perangkat multicore dapat digabungkan bersama-sama dengan erat. # Keuntungan Kedekatan core CPU ganda yang sama memungkinkan koherensi cache sirkuit untuk beroperasi pada clock rate jauh lebih tinggi daripada yang jika harus melakukan perjalanan sinyal off-chip. cincin. Multi-core Multi-core menyediakan 4-arah multitask pengolahan dengan Intel HT Technology dan dua core fisik berdedikasi membantu untuk memberikan performa tambahan di berbagai jenis aplikasi dan beban kerja Sebuah prosesor multi-core adalah sebuah sistem pengolahan yang terdiri dari dua atau lebih inti independen. Inti biasanya terintegrasi ke dalam satu sirkuit terpadu (dikenal sebagai chip multiprosesor atau CMP). SIMD. Menggabungkan setara CPU secara signifikan meningkatkan performa cache snoop (alternatif: Bus mengintai) operasi. . Umum topologi jaringan untuk menghubungkan core termasuk bus. Semua core adalah identik dalam homogen sistem multi-core dan mereka tidak identik dalam heterogen sistem multi-core. 2dimensi mesh. dan karena itu sinyal yang menurunkan kurang. core mungkin atau mungkin tidak berbagi cache. Sebuah prosesor dual-core berisi dua core.4. core dalam sistem multi-core dapat mengimplementasikan arsitektur seperti superscalar . Prosesor dengan banyak-inti adalah salah satu di mana jumlah core yang cukup besar multi-prosesor tradisional teknik tidak lagi efisien – batas ini adalah suatu tempat dalam jangkauan puluhan core – dan mungkin memerlukan jaringan chip. Seperti halnya dengan sistem prosesor tunggal. dan palang. dan quad-core prosesor berisi empat core. Sinyal berkualitas lebih tinggi ini memungkinkan lebih banyak data yang akan dikirim dalam jangka waktu tertentu karena sinyal individu dapat menjadi lebih pendek dan tidak perlu sering diulang. pengolahan vektor . Sebagai contoh. VLIW . atau mereka mungkin diintegrasikan ke beberapa dalam satupaket chip. Secara sederhana. dan mereka dapat mengimplementasikan pesan lewat atau memori bersama antarmetode komunikasi inti. atau multithreading. ini berarti bahwa sinyal antara CPU yang berbeda perjalanan jarak pendek. Sebuah prosesor multi-core mengimplementasikan multiprocessing dalam satu paket fisik.

secara fisik. aplikasi yang berjalan di film jauh lebih cenderung tidak kekurangan daya prosesor. desain CPU tunggal dapat membuat lebih baik menggunakan permukaan silikon dari core multiprocessing. dan Crytek telah mengembangkan teknologi serupa untuk CryEngine 2. maka setiap dua dual-core yang bekerja mati dapat digunakan. Integrasi multi-core chip drive hasil produksi turun dan mereka lebih sulit untuk mengelola termal dari kerapatan rendah desain chip tunggal. Bersaing dalam hal teknologi yang tersedia silikon daerah mati. jika scan virus otomatis memulai sementara film sedang dimainkan. Juga. Dua core berbagi sama bus sistem dan bandwidth memory membatasi kinerja dunia nyata keuntungan.Emergent Game Technologies’ Gamebryo mesin teknologi termasuk pintu air mereka yang menyederhanakan multicore permainan di platform pengembangan. Selanjutnya. seperti L2 cache dan antarmuka ke front side bus (FSB). kemampuan multi-core untuk meningkatkan kinerja aplikasi tergantung pada penggunaan benang dalam beberapa aplikasi. Sebagai contoh. core berbagi beberapa sirkuit. Intel telah sebagian balas Masalah pertama ini dengan menciptakan quad core dengan desain dengan menggabungkan dua dual-core pada satu die dengan cache yang bersatu. Akhirnya. seperti antivirus scan. terutama karena penurunan daya yang diperlukan untuk mengarahkan sinyal luar chip. Crysis . berlawanan dengan memproduksi empat core pada satu mati dan mengharuskan semua empat untuk bekerja untuk menghasilkan sebuah quad-core. seperti program antivirus tersebut akan diarahkan ke core prosesor yang berbeda dari yang menjalankan film. sehingga komitmen pembangunan arsitektur ini dapat membawa risiko keusangan. multi-core CPU desain membutuhkan jauh lebih sedikit Printed Circuit Board (PCB) ruang dari multi-chip SMP desain. Situasi membaik: misalnya Valve Corporation ‘s Sumber mesin. kekuatan pemrosesan mentah bukan satu-satunya kendala pada kinerja sistem. merobek / pembakaran media (yang membutuhkan konversi file). penambahan cache menderita semakin berkurag # Kekurangan Selain sistem operasi (OS) dukungan. Jika satu inti adalah dekat untuk . pada akhirnya.Terbesar dalam kinerja meningkatkan kemungkinan akan melihat dalam waktu respon ditingkatkan saat menjalankan proses CPU-intensif. Asumsi bahwai bisa masuk ke dalam paket. desain multi-core dapat memanfaatkan perpustakaan inti CPU terbukti desain dan menghasilkan produk dengan risiko rendah kesalahan desain daripada merancang sebuah desain inti baru yang lebih luas. Dari sudut pandang arsitektur. sebuah prosesor dual-core menggunakan lebih sedikit daya dari dua ditambah prosesor single-core. Selain itu. Selain itu. atau mencari folder. penyesuaian perangkat lunak yang ada diwajibkan untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya komputasi yang disediakan oleh prosesor multi-core. yang kekuatan permainan mereka. menawarkan dukungan multi-core.

menjadi terbatas bandwidth memory. 90% peningkatan dapat diharapkan rujukan. pergi ke dual-core mungkin hanya memberikan 30% sampai 70% perbaikan. . Akan mungkin untuk suatu aplikasi yang menggunakan dua CPU berakhir berjalan lebih cepat pada satu dualcore jika komunikasi antara CPU adalah faktor pembatas. Jika memori bandwidth bukan masalah. yang akan dihitung sebagai lebih dari 100% peningkatan.

Para 4xx. Dewan di-video dikendalikan oleh CPU dan bukan oleh chipset motherboard . bagaimanapun. Dengan garis Core i prosesor. Kecepatan yang didukung akan tergantung pada model CPU. Ini berarti bahwa dengan menggunakan arsitektur CPU yang lebih tua. dan dikenal sebagai "generasi kedua. Memory controller terintegrasi dalam Core i5 hanya menerima kenangan DDR3. Intel memutuskan untuk menggunakan bus kecepatan rendah yang disebut DMI (Digital Media Interface). chipset (dan karena itu. Motherboard. dan itu adalah prosesor (dan bukan chipset) yang menentukan jenis dan jumlah memori Anda mungkin telah terinstal di sistem anda. Jam dasar default adalah 133 MHz untuk semua generasi pertama model dan 100 MHz untuk semua generasi kedua model. 24xx 25xx model atau) mikroarsitektur . Dalam tutorial ini. 6xx.0 controller terintegrasi di dalam CPU. CPU Core i5 juga memiliki PCI Express 2. karena kami akan hadir di halaman-halaman berikutnya. yang dalam teori dapat meningkatkan bandwidth praktis dicapai. ada dua generasi yang berbeda dari CPU sekitar. karena bus bandwidth tinggi tidak lagi diperlukan mengingat bahwa kartu video dan memori sekarang terhubung langsung ke CPU. mungkin memiliki keterbatasan pada jumlah memori yang Anda dapat menginstal." sedangkan. motherboard) adalah komponen yang menentukan jenis dan jumlah memori Anda dapat menginstal di komputer. mendukung arsitektur dual-channel sekarang standar hingga 1. 23xx 24xx dan 25xx model didasarkan pada arsitektur mikro "Sandy Bridge". kita akan menyajikan serangkaian tabel referensi cepat bagi Anda untuk membandingkan perbedaan utama antara semua model dirilis sejauh ini. dengan pengecualian dari tiga generasi pertama model (7xx model). 6xx dan 7xx) atau Sandy Bridge (23xx. CPU ini dapat mengakses satu kartu video pada transfer rate x16 atau dua pada setiap kecepatan x8. Prosesor Core i5 memiliki teknologi Turbo Boost. Bukan masalah bandwidth rendah. yang diproduksi menggunakan teknologi 45-nm dan tidak memiliki video controller terintegrasi. 5xx. Bus ini digunakan untuk menghubungkan chip north bridge ke south bridge chip pada chipset sebelumnya dari Intel.Semua i5 Model Inti Core i5 seri CPU yang diproduksi oleh Intel yang ditujukan untuk mid-range komputer.6 V. 5xx. Fitur teknis utama dari prosesor Core i5 meliputi:  Nehalem (4xx. kartu video terhubung langsung ke CPU. 7xx dan model didasarkan pada arsitektur mikro "Nehalem" dan juga dikenal sebagai "generasi pertama. prosesor Intel menggunakan kontroler memori eksternal terletak di chip north bridge (juga dikenal sebagai Memory Controller Hub. yang beroperasi pada 1 GB / s (generasi pertama Core i5) atau 2 GB / s (generasi kedua Core i5) di setiap arah. Karena dalam model-model PCI Express 2. KIA). menggunakan mikroarsitektur internal yang sama sekali berbeda. memory controller yang tertanam di CPU." Di masa lalu. CPU Core i5 memiliki clock dasar dari mana semua jam lainnya berasal.0 tertanam controller. CPU meningkatkan clock rate nya di atas angka resmi ketika itu "merasa" bahwa sistem ini memerlukan kekuatan pemrosesan lebih). sehingga dengan prosesor. Modul memori yang membutuhkan tegangan yang lebih tinggi dari ini tidak akan bekerja dan bahkan dapat merusak prosesor. Semua model Core i5 diproduksi menggunakan teknologi 32-nm dan memiliki kontroler video terintegrasi. Saat ini. yang merupakan fitur overclocking otomatis (yaitu. untuk menghubungkan CPU ke chipset.

2 set instruksi AES-NIS set instruksi AVX (Advanced Vector Extensions) set instruksi (model Sandy Bridge saja) Execute Disable Teknologi Peningkatan Teknologi SpeedStep 45-nm (7xx model) atau 32-nm (semua model lain) proses manufaktur . soket 988 atau 1288 di Nehalem berbasis model ponsel. 4 MB (6xx model desktop).1 (Sandy Bridge berbasis model) prosesor video. soket 1155 pada Sandy Bridge berbasis model desktop. 6 MB (23xx. dan 8 MB (7xx model desktop) berbagi L3 cache memori (diubah namanya menjadi "terakhir tingkat cache" atau "LLC" dalam mikroarsitektur Sandy Bridge) Dual-core atau quad-core Socket 1156 Nehalem berbasis pada model desktop. kecuali model 7xx Intel Turbo Boost Technology Teknologi virtualisasi Intel EM64T teknologi Hyper-Threading (HT) teknologi pada model dual-core SSE4.                   64 KB L1 cache (32 KB + 32 KB Data instruksi) per inti 256 KB L2 cache per core (diubah namanya menjadi "menengah tingkat cache" atau "MLC" dalam mikroarsitektur Sandy Bridge) 3 MB (untuk semua model ponsel). 24xx dan 25xx model desktop).0 (x16 satu jalur atau dua jalur x8) Terpadu DirectX 10 (Nehalem berbasis model) atau DirectX 10. soket 988 atau 1023 pada Sandy Bridge berbasis model ponsel DMI bus (1 GB / s per arah pada model berbasis Nehalem atau 2 GB / s per arah pada Sandy Bridge berbasis model) Memori controller terintegrasi mendukung memori DDR3 di arsitektur dual channel (lihat halaman berikutnya untuk kecepatan yang didukung) Terintegrasi kontroler PCI Express 2.

Prosesor Core i5 memiliki teknologi Turbo Boost.1 (Sandy Bridge berbasis model) prosesor video. soket 1155 pada Sandy Bridge berbasis model desktop. soket 988 atau 1023 pada Sandy Bridge berbasis model ponsel DMI bus (1 GB / s per arah pada model berbasis Nehalem atau 2 GB / s per arah pada Sandy Bridge berbasis model) Memori controller terintegrasi mendukung memori DDR3 di arsitektur dual channel (lihat halaman berikutnya untuk kecepatan yang didukung) Terintegrasi kontroler PCI Express 2.0 (x16 satu jalur atau dua jalur x8) Terpadu DirectX 10 (Nehalem berbasis model) atau DirectX 10. yang diproduksi menggunakan teknologi 45-nm dan tidak memiliki video controller terintegrasi. kecuali model 7xx Intel Turbo Boost Technology Teknologi virtualisasi Intel EM64T teknologi Hyper-Threading (HT) teknologi pada model dual-core SSE4. 5xx. dan 8 MB (7xx model desktop) berbagi L3 cache memori (diubah namanya menjadi "terakhir tingkat cache" atau "LLC" dalam mikroarsitektur Sandy Bridge) Dual-core atau quad-core Socket 1156 Nehalem berbasis pada model desktop. CPU Core i5 memiliki clock dasar dari mana semua jam lainnya berasal. 24xx dan 25xx model desktop).2 set instruksi AES-NIS set instruksi AVX (Advanced Vector Extensions) set instruksi (model Sandy Bridge saja) Execute Disable Teknologi Peningkatan Teknologi SpeedStep 45-nm (7xx model) atau 32-nm (semua model lain) proses manufaktur • • • • • • • • • • • • • • • • . Jam dasar default adalah 133 MHz untuk semua generasi pertama model dan 100 MHz untuk semua generasi kedua model. 6xx dan 7xx) atau Sandy Bridge (23xx. CPU meningkatkan clock rate nya di atas angka resmi ketika itu "merasa" bahwa sistem ini memerlukan kekuatan pemrosesan lebih). 6 MB (23xx. 4 MB (6xx model desktop). 24xx 25xx model atau) mikroarsitektur 64 KB L1 cache (32 KB + 32 KB Data instruksi) per inti 256 KB L2 cache per core (diubah namanya menjadi "menengah tingkat cache" atau "MLC" dalam mikroarsitektur Sandy Bridge) 3 MB (untuk semua model ponsel). yang merupakan fitur overclocking otomatis (yaitu. soket 988 atau 1288 di Nehalem berbasis model ponsel.pengecualian dari tiga generasi pertama model (7xx model). Fitur teknis utama dari prosesor Core i5 meliputi: • • • • Nehalem (4xx.