http://elektrojiwaku.blogspot.

com/ PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA DISEL (PLTD)

oleh :
1. Dwi Agus Kurniawan (0205031007) 2. Komang Yuri Risna Artha (0205031011) 3. Made Sudarsana (0205031017)

JURUSAND-3 TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN NEGERI SINGARAJA 2003

1

http://elektrojiwaku.blogspot.com/
DAFTAR ISI

Daftar Isi……………………………………………………………………..…ii Pendahuluan…………………………………………………………………...iii A. Pandangan Umum 1. Pengertian Suatu Pembangkit Diesel …………………………………..........1 2. Pengertian PLTD…………………………………………………………….1 3. Kapasitas SPD…………………………………………………………….…1 B. Peralatan Utama Suatu SPD. 1. Mesin Disel……………………………………………………………….....5 2. Generator………………………………………………………………….....5 3. Sistim Pendingin Mesin ………………………………………………..…....5 4. Peralatan Bantu…………………………………………………………..…..6 5. Sistem Kontrol SPD…………………………………………………….……6 C. Perlengkapan Suatu PLTD………………………………………………..6 D. Peralatan Umum Suatu PLTD.....................................................................7 E. Ukuran dan Kapasitas Dari Peralatan Utama………………………...….8 F. Pemilihan Pembangunan Suatu PLTD…………………………………....8 G. Pekerjaan Teknik Sipil Utuk Suatu PLTD……………………………..…9 H. Cara Kerja PLTD…………………………………………………….….…9 1. Cara Kerja Motor Diesel……………………………………………………..9 I. Penyemprotan Bahan Bakar …………………………………………....10 J. Perbandingan Campuran dan Udara yang Diperlukan …………….....11 K. Peralatan atau Komponen Pendukung……………………………….…12 L. Sistem Pendingin Mesin Diesel………………………………………..….13 M. Pertayaan dan jawaban…………………………………………………...15 Lampiran-lampiran Daftar Pustaka

2

diantaranya Pusat Listrik Tenaga Diesel. maka timbullah listrik. yang melakukan konversi energi (kimia) dari bahan bakar minyak menjadi Energi Magnet kemudian menjadi listrik. 3 . Anugerah ini patut disyukuri dan di manfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi kehidupan manusia dan berbagai aspek yang menunjang kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan minyak bumi dalam pembangkit tenaga listrik adalah pada Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Pembangkit tenaga listrik adalah suatu proses yang sederhana.blogspot. diantaranya dalam peenyediaan tenaga listrik. dan pada dasarnya adalah proses konversi energi magnet ke energi listrik. Salah satu kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik adalah minyak bumi. Hal ini yang dilakukan oleh Pembangkit Tenaga Listrik.com/ PENDAHULUAN Kekayaan alam yang berlimpahruah merupakan anugrah tuhan bagi manusia.Bila kumparan diputar dalam medan magnet.http://elektrojiwaku.

Pengertian Satuan Pembangkit Diesel (SPD) SPD adalah singkatan dari satuan pembangkit diesel.Kelas 6 : . tangki persediaan bahan bakar. pemadam kebakaran. tangki harian bahan bakar. transformator penaik tegangan. PLTD terdiri atas satu atau beberapa SPD. serta perumahan dinas karyawan PLTD.Kelas 1 : .Kelas 4 : . 3.http://elektrojiwaku. secara populer disebut juga diesel genset. panel hubungbagi (switch gear) dan bangunan bengkel atau gudang. Pandangan Umum 1. Disamping itu PLTD terdapat peralatan umum antara lain terdiri atas kompresor udara untuk menjalankan mesin.blogspot.Kelas 7 : . pembakar limbah (incinerator). pompa minyak pelumas. Kapasitas SPD PLN membakukan kapasitas SPD sebagai berikut : .Kelas 3 : . 2.com/ PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA DIESEL ( PLTD ) A. Selanjutnya termasuk pula bangunan SPD alat pengangkat (over head crane). tangki atau kolam persediaan air.Kelas 5 : . sistem pendingin mesin maupun sistem pendingin untuk generator dan panel kontrol mesin atau generator.Kelas 2 : . Pengertian PLTD PLTD adalah singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel. termasuk peralatan bantu (auxiliary equipment) seperti pompa air.Kelas 9 : SPD berkapasitas 50 Kw PLTD bakal PLTD kecil SPD berkapasitas 100 Kw SPD berkapasitas 250 Kw SPD berkapasitas 500 Kw SPD berkapasitas 750 Kw SPD berkapasitas 1000 Kw SPD berkapasitas 2500 Kw SPD berkapasitas 4000 Kw SPD berkapasitas 6000 Kw PLTD sedang 4 . SPD terdiri atas mesin diesel yang dikopel dengan generator.Kelas 8 : .

c. PLTD sedang dan PLTD besar. Pembangkit diesel yang dipakai untuk memikul beban dasar. 5 . Kecepatan torak rata-rata (Lm). Putaran mesin (h). PLTD kecil. Pembakuan kapasitas satuan pembangkit diesel didasarkan atas berbagai faktor yang diperoleh dari pengalaman dalam pelaksanaan proyek-proyek pemasangan a.blogspot.com/ . oleh karena dengan putaran yang lebih tinggi ini dapat dibuat mesin yang lebih kecil ukuran fisiknya dengan daya keluaran yang sama. pembangkit diesel maupun pembangunan pembangkitpembangkit listrik tenaga diesel yaitu : Perecanaan untuk proyek – proyek pemasangan pembangkit diesel. dimaksudkan untuk memudahkan dalam perencanaan PLTD. Pembelian pembangkit listrik. Pengelompokan SPD dalam PLTD bakal. Kemajuan teknologi dibidang metallurgi ( logam ) memungkinkan hal ini dan oleh karena itu setiap produksi dari type dan oleh karena itu setiap produksi dari tipe dan peraturan tertentu haruslah dibuktikan keberhasilannya setelah beroprasi yang berhasil baik selama 12. Faktor-faktor yang menentukan umur mesin adalah : a. d. Referensi dari produsen pembangkit diesel.Kelas 11 : SPD berkapasitas 8000 Kw SPD berkapasitas 12000 Kw PLTD besar Kapasitas SPD tersebut diatas mendapatkan toleransi sebesar 10 % sampai 20%. b. Tekanan ( silinder 0 efektif rata-rata (Pe). b. sehingga dapat dipenuhi oleh sebagian besar pabrik pembuatan SPD. c.000 jam atau dua tahun.Kelas 10 : . Pertimbangan dasar yang sangat penting bagi pembakuan kapasitas satuan pembangkit diesel ialah umur ( life time ) mesin diesel. Kecenderungan teknologi modern ialah membuat mesin dengan putaran yang lebih tinggi.http://elektrojiwaku.

736 ………1. putaran ditetapkan maksimum 1500 putaran per menit. Dimensi dari perkalian (Cm x Pe ) adalah 6 . Khusus bagi pembangkit diesel yamg berkapasitas 100 Kw.1 maka : M= D 2 xC m xPe xj x0.blogspot.1 dengan kecepatan torak rata-rata (Cm) dapat diuraikan sebagai berikut : Cm = s = 100.com/ Yang dapat diperoleh dari rumus berikut ini : n D 2 xSx xjxPe 2 M= 4 x0.3 381.736 ………1.1 75 x60 x100 ( berlaku khusus bagi mesin empat langkah = Diesel ) dimana : M D S h j Pe π = kapasitas mesin (Kw) = diameter silinder (cm) = langkah torak (cm) = putaran per menit (ppm) = jumlah silinder = tekanan (silinder) efektif rata-rata (kg/cm2) Hubungan rumus 1. Namun untuk memperoleh umur (life time) yang tinggi bagi mesin-mesin yang dipakai untuk memukul beban dasar (base load) putaran per menit (ppm).97 dari rumus 1.3 terlihat hubungan antara M dan Cm x Pe Putaran mesin yang dikehendaki oleh PLN ialah putaran sedang (medium speed) yaitu antara 300-1200 putaran per menit.t s 100 x 60 2n (m/det ik)………1.2 dimasukkan kerumus 1.http://elektrojiwaku.2 dimana : t adalah waktu yang diperlukan untuk satu langkah torak setelah rumus 1.

( Cm X Pe ) memang merupakan indikataor yang dapat dijadikan pegangan praktis untuk keausan bagi suatu jenis (type) mesin tertentu dari suatu pabrik. transformeter pemakaian sendiri dan step up transformeter. Perencanaan perlengkapan umum. Persyaratan karakteristik antara lain yang penting adalah kapasitas hubung singkat pada ril dan kapasitas peralatan hubung (switch gear ). b. Perencanaan bangunan serta luas tanah yang diperlukan seperti bangunan utama. kantor.blogspot. yaitu : a. bunker bahan bakar. seperti bunker bahan bakar. maka kapasitas pusat listrik tenaga diesel harus pula dibakukan yang didasarkan atas kreteria perencanaan yang menyeluruh menghadapi program pembangunan PLN jangka panjang. Tabel 1. Dengan pembakuan kapasitas satuan pembangkit diesel. bengkel.Oleh karena itu tidak dapat dijadikan dasar sebagai spesifikasi bagi tender yang mengandung berbagai pabrik. kolam air. yang merupakan suatu “thermal t m strain” yang terjadi pada sebuah mesin diesel. penyediaan air. kelas 1* 2** 3** 4** 5** 6 7 8 9 10 kapasitas satuan Kw 50 100 250 500 750 1000 2500 4000 8000 12000 jangkauan + 20% +20% +20% +20% +20% +20% +20% +20% +10% +10% putaran maksimum (ppm) 1500 1500 750 750 750 750 750 750 750 750 Pe maksimum (kg/cm2) 21 21 21 21 21 21 21 21 21 21 Cm maksimum (m/detik) 11 11 10 10 10 10 10 10 10 10 7 .com/ Kg . penampungan minyak bekas.1 kapasitas satuan pembangkit diesel dan kapasitas pembangkit listrik tenaga diesel. bengkel. c. dan sejumlah rumah dinas karyawan PLTD.http://elektrojiwaku. tetapi tidak berlaku bagi jenis (type) dari pabrik lain.m 1 x 2 yang berarti: daya/satuan luas.

dan 1000 Kw yang mempunyai putaran maksimum masing-masing 1500 ppm dan 100 ppmn dapat dipesan dan dipasang dengan persyaratan dan ketentuan sebagai berikut : 1.1). a. ** SPD kelas 250 Kw. f. Disain SPD mamang untuk pembangkit listrik (power generation) dan informasi yang memadai mengenai pengalaman SPD tersebut. Peralatan Utama Suatu SPD Suatu SPD setidaknya harus mempunyai peralatan sebagai berikut : 1. Untuk ibukota kabupaten kota administrasi yang kurang peka terhadap kebisingan dan kelistrikan desa. c. Silinder sebaris atau V. e. B. 2. Sistem pendingin mesin (lihat gambar 1.blogspot.3 Kv atau 11 Kv). Turbo charger dan intercooling. 750 Kw. Mempunyai pendingin sendiri (dengan udara) 3. Generator. b. 2. d. Putaran rendah dan medium. Pendinginan langsung. b. Pendinginan menara. mekanis.Mesin Diesel. c. Tegangan rendah (380 volt) dan tegangan menengah (6. hidrolis. a. d. Mesin dengan dua langkah atau empat langkah. d. Pompa bahan bakar. 8 . Tanpa sikat dan AVR. Pendinginan kolam. 500Kw.com/ catatan : * Kelas ini semata-mata dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan PLN dalam hal-hal tertentu (misalnya kelistrikan desa dan lain-lain) dan tidak termasuk perencanaan pusat listrik tenaga diesel seperti tercantum pada ayat 14. a.http://elektrojiwaku. Pendinginan radiator. SPLN 32< 1980. c. b. elektronik. Governor. Mempunyai bantalan ganda atau bantalan tunggal.

Ruang untuk mesin. Ruangan-ruangan yang diperlukan untuk gedung atau bangunan sentral sedikitnya terdiri atas : a. 9 . Ruang untuk peralatan bantu. dimana satu petak untuk kebutuhan satu SPD. Sistem menjalankan (start mator diesel). f. Sitem kontrol SPD (lihat gambar 1. Dindingnya sebaiknya terbuat dari tembok atau bahan lain yang meredam suara sebagai usaha membatasi kebisingan mesin untuk lingkungan sekitarnya. Panel paralel. e. b. Panel baterai. Sistem gas buang. 5. ruang kontrol. c. 2. Ruang pemeliharaan.3) a. Sistem bahan bakar. b. Ruang untuk peralatan hubung bagi atau swith-gear. c. b. Peralatan bantu (lihat gambar 1.2). e. Peralatan utama pada suatu PLTD sedikitnya ada suatu satuan pembangkit diesel (SPD). Perlengkapan suatu PLTD Yang dimaksud dengan PLTD adalah suatu komplek bangunan sekitarnya. Panel kontrol mesin dan peralatan bantu. Bangunan sentral (building centre) dibuat dalam beberapa petak. C.com/ 4. d. Transformator pemakaian sendiri. Peralatan dan bangunan yang dimaksud terdiri atas : dan peralatan yang dibatasi pagar (tembok) pembatas dengan lingkungan 1. Sistem air pendingin. Gambar kontrol panel. Sistem pelumasan. Ruang untuk kantor.http://elektrojiwaku. Gedung untuk SPD (bangunan sentral) Bangunan sentral dibuat dari konstruksi baja.blogspot. e. c. a. d. d.

5. b. Saluran hidran juga perlu disediskan.3KV/20KV. Kebutuhan kopel yang akan datang. Panel hubung bagi dibuat dengan system cubicle atau lemari hubung (lihat gambar 1. konstruksi pemutus daya atau Circuit Breaker dapat dari jenis OCB. Cubicle untuk pemakaian sendiri.blogspot. Di samping itu ada bangunan untuk bengkel dan gudang yang kadangkadang menjadi satu atap dengan bangunan sentral. 10 . VCB.4). Tangki minyak pelumas juga cukup untuk 15 hari.http://elektrojiwaku. atau SFβ. d. Tegangan step up transformer pada umumnya 380V/20KV. Tangki air untuk pendingin mesin. 2.com/ 3. 4. 3. 4. Tangki bahan bakar yang berkapasitas cukup untuk operasi seluruh PLTD setidaknya dalam 15 hari. Rel atau busbar dapat tunggal atau ganda dengan tegangan 20KV. e. dipasang di samping bangunan sentral bersebelahan dengan ruang hubung bagi. atau 6. Keperluan hubungan atau kopel dengan PLTD lain. konstruksi untuk pasangan luar dan harus dilengkapi dengan sadapan (tap. Transformator penaik tegangan yang menjadi bagian dari peralatan hubung bagi. bis berupa kolam air atau menara air. Jumlah SPD. Peralatan Umum Suatu PLTD Peralatan umum yang di maksud adalah sebagai berikut : 1. tergantung dari frekwensi penyaluran bahan bakar . Banyaknya cubicle tergantung dari : a. Pemadam kebocoran jenis C perlu disediakan dengan kapasitas disesuaikan dengan besarnya SPD dan sesuai petunjuk instansi pemadam kebakaran. c. Banyak jurusan penyaluran atau feeder.5%. D.changer) kurang lebih 5% dan 0% atau ± 2.

Suku cadang banyak tersedia. 2. f. Instalasinya dapat di lakukan dengan cepat dan tidak terlalu rumit. b. 4. 8. Pemeliharaan dan pengoprasiannya lebih mudah. 3.com/ 5. Pemilihan pembangunan suatu PLTD Alasan dipilihnya PLTD sebagai pembangkit listrik sendiri adalah : 1. Harga awal pembangkitannya lebih murah daripada jenis pembangkit listrik yang lain. Alat pengangkat (over head crene) perlu disediakan untuk pemeliharaan berkala dengan kapasitas sesuai dengan kapasitas SPD 7. Daya mesin disel. Kebutuhan air pendingin dan besarnya tandon air. F. Kebutuhan minyak pelumas dan kapasitas tangkinya. jika kapasitas generator yang diinginkan diketahui atau sebaliknya. Kapasitas minimum dari transformator penaik tegangan. 9. Dapat dijalankan dengan segera.http://elektrojiwaku. Ukuran dan Kapasitas dari Peralatan Utama Pengetahuan dasar untuk menentukan kapasitas dan ukuran peralatan ditentukan oleh : a. 6.blogspot. e. Sistem penyaluran air hujan perlu dan air limbah minyak harus berjalan dengan baik E. Peralatan hubung-bagi untuk penyaluran tenaga listrik. Membutuhkan sedikit air pendingin. 11 . c. 5. Lampu penerangan di dalam sentral maupun di komplek PLTD perlu disediakan dengan secukupnya. Sistim pengumpulan limbah bahan bakar dan pelumas perlu di sediakan dan sedapat mungkin disediakan juga pembakar limbah minyak bekas (incinerator) 6. Kebutuhan bahan bakar per bulan dan kapasitas tangkinya. Prasarana jalan dan lingkungan perlu disediakan. d.

Cara kerja PLTD Motor diesel yang digunakan untuk menggerakkan generator di PLTD pada umumnya dari jenis empat langkah. e. d. tangki dan juga untuk mengurangi kebisingan (lihat gambar 1.com/ 7. Kerugian Pembangkit listrik Tenaga Diesel adalah: 1. Sumber air untuk kebutuhan pendinginan. Desain pondasi untuk peralatan bantu SPD dan peralatan umum PLTD.6 12 . c. Bangunan sentral sebaiknya didirikan kira-kira ditengah komplek PLTD. g. Biaya produksi yang diperlukan sangat mahal 2. Diharapkan sebuah PLTD habis. berkaitan dengan syarat kebisingan untuk lingkungan sekitarnya. termasuk desain pondasinya. Pekerjaan Teknik Sipil untuk suatu PLTD Hal-hal pokok pekerjaan teknik sipil yang perlu ditentukan untuk suatu PLTD adalah : a.http://elektrojiwaku. Dapat menyebabkan pencemaran udara G. b. Biaya perawatan yang relatif mahal.5) H. Penentuan bentuk dan ukuran bangunan untuk SPD sesuai dengan kelas SPD. f. biasanya dilaksanakan oleh pabrikan. Tingkat kebisingan yang cukup tinggi. dengan memperhatikan perluasan di kemudian hari. PLN sudah menyiapkan dengan pembangkitan listrik yang lebih efesien. Luas lahan PLTD. 4.blogspot. lahan untuk radiator. 3. Secara sederhana cara kerja mesin diesel empat langkah dapat di lihat pada gambar 1. Penentuan desain pondasi SPD dengan memperhatikan hasil penyelidikan tanah. Penyelidikan tanah perlu dilakukan.

bahan bakar harus disemprotkan dalam jumlah dan waktu yang tepat untuk bemacam-macam 13 . dan ini menyebabkan engkol berputar yang digunakan untuk memutar generator yang posisinya seporos dengan roda gila. terjadilah proses pembakaran. I. maka didalam silinder terjadi kenaikan tekanan dan temperatur. torak didorong keatas lagi sehingga gas buang keluar seluruhnya dari dalam silinder. tekanan pada saat itu ± 30 kg/cm2 dan temperaturnya ± 550 C dan pada saat itu pula bahan bakar disemprotkan kedalam ruang pembakaran. katup buang tertutup sehingga udara terhisap masuk kedalam silinder.http://elektrojiwaku. Pada gambar (c) torak berada pada posisi teratas. Kemudian pada gambar (b) torak bergerak keatas dan kedua katup tertutup sehingga udara dalam silinder ditekan. pada saat itu udara bertekanan dimasukkan kedalam silinder kemudian torak didorong lagi keatas (seperti gambar (a)) sebagai langkah kompresi. pada frekwensi 50 Hz.5-11 KV. sehingga bercampur dengan udara didalamnya. torak dapat bergerak naik turun dalam silinder dan dengan perantaraan batang penghubung. Pada gambar (a) torak bergerak kebawah. torak dihubungkan dengan poros engkolnya.blogspot.com/ Pada gambar diatas. demikian seterusnya proses yang sama terjadi berulang-ulang. Dengan adanya proses pembakaran tersebut. Dengan bantuan momen inertia dari roda gaya . katup isapnya terbuka. Penyemprotan Bahan Bakar Untuk mengadakan pengaturan proses pembakaran. Roda gaya meneruskan geraknya mendorong torak kebawah lagi mengisap udara dan kalau motor diesel itu dilengkapi dengan super charge. Karena temperatur pada keadaan itu tinggi. Gas hasil pembakaran mendorong torak kebawah seperti pada gambar (d) dan pada saat torak hampir mencapai posisi terbawah katup buang membuka sehingga gas buang keluar melalui katup buangnya. yang melalui sistem kopling memutar rotor elektro magnet Generator sehingga medan magnet di dalam kumparan kawat berotasi dan menimbulkan listrik pada kumparan kawat tersebut dengan antara 6.

Filter yang fungsinya menyaring kotoran-kotoran halus agar tidak masuk kedalam system penyemprotan bahan bakar. perbandingan berat minimum udara terhadap berat bahan bakar dinamakan perbandingan campuram teoritis. J. Sedangkan perbandingan campuran terhadap perbandingan campuran teoritis disebut perbandingan kelebihan udara. Katup penyemprot (nozzle) membuka pada tekanan 200 Kg/cm.com/ pembebanan dan kecepatan. Jadi pembuatan pompa penyemprot bahan bakar harus sangat teliti. Pompa penyemprot bahan bakar yang sanggup membangkitkan tekanan yang memungkinkan untuk melawan tekanan dalam silinder pada langkah kompresi. Daya yang dibangkitkan oleh motor diesel diatur dengan mengatur periode lamanya penyemprotan bahan bakar.http://elektrojiwaku. Sedangkan perbandingan antara berat udara dengan bahan bakar dalam campuran itu disebut perbandingan campuran. Sistem bahan bakar meliputi empat unit utama : Pompa tekanan rendah atau pompa transfer yang menarik bahan bakar dari tangki kemotor diesel. Besarnya perbandingan 14 .blogspot. penyemprotan bahan bakar berlangsung selama 25 atau 35 derajad rotasi dari as motor diesel. Perbandingan Campuran dan Udara yang Diperlukan Campuran antara udara dan bahan bakar biasa disebut campuran saja. Pada proses pembakaran sempurna perbandingan campuran teoritis sama dengan berat udara dibagi dengan berat bahan bakar. Nozzle penyemprot bahan bakar yang mengarahkan semprotan bahan bakar. Dalam proses pembakaran sempurna bahan bakar hidro karbon C akan terbakar menjadi CO2 dan H akan menjadi H2O. jadi pompa penyemprot bahan bakar harus mampu menekan lebih tinggi dari 200 Kg/cm. Untuk beban penuh. Tekanan penyemprotan tergantung pada pengaturan katup penyemprotan pada penyemprot bahan bakar.

Misalnya bahan bakar yang dipakai adalah senyawa hidro karbon yang terjadi dari 86% dari berat C dan 14% dari berat H. • Roda Gaya.3. Selain itu roda gaya juga berfungsi : a. sehingga lebih banyak bahan bakar yang dapat terbakar dan daya yang dibangkitkan akan bertambah dengan pemakaian super changer ini daya motor diesel dapat naik 20% sampai 50% untuk volume silinder yang sama. Governor mekanis.68 Kg. Membatasi naik dan turunnya kecepatan beban selama terjadi perubahan beban secara tiba-tiba. Untuk memperoleh daya yang maksimal biasanya motor diesel bekerja dengan perbandingan campuran berat udara dibagi dengan berat bahan bakar = 40 atau 50 dan perbandingan kelebihan udara 3. b. pemakaian bahan bakar = 0. Manfaat roda gaya yang utama adalah untuk meratakan putaran motor diesel dengan menyimpan tenaga pada saat tenaga dihasilkan oleh torak (pada saat terjadi proses pembakaran) dan mengembalikannya pada saat torak tidak menghasilkan tenaga (pada langkah kompresi. lebih banyak udara dapat dimasukkan kedalam silinder. Peralatan atau komponen yang lain : • Super Changer Dengan bantuan super changer.1 sebab jika harganya terlalu kecil hal ini berarti bahwa bahan bakar terlalu banyak atau kekurangan udara. langkah pemasukan udara dan langkah pembuangan gas buang).com/ kelebihan udara tidak lebih rendah dari1. • Governor Pengatur Kecepatan Putaran Motor Diesel.blogspot. Governor hidraulis.http://elektrojiwaku. K. c. Governor kecepatan lebih. 15 . b.2821 /Kwh. a. Untuk menghindarkan variasi kecepatan pada tiap langkah. untuk membakar 1 Kg bahan bakar tersebut diperlukan berat udara minimum 14.

pompa lagi. maka barulah air pendingin didinginkan diluar motor diesel. Untuk pada saat motor diesel masih belum mencapai temperatur kerjanya. Pengaturan air pendingin ini agar mencapai temperatur yang efisien dilakukan dengan pertolongan thermostat. Thermostat ini akan membuka katup saluran air pendingin kearah radiator atau penukar panas yang lain dan menutup saluran yang langsung menuju mesin lagi (by pass) bila temperatur air pendingin sudah melampaui batasnya. Urutan alirannya yaitu dari pompa badan. maka biasanya air pendingin tidak dibuang begitu saja.radiator. Urutan aliran pendingin. yaitu pompa. K. melainkan didinginkan kembali untuk dipakai sebagai air pendingin lagi. Membantu menaikkan kecepatan motor diesel pada saat kecepatan rendah.com/ c. dimana air pendingin akan menyerap sebagian panas yang dihasilkan oleh motor diesel.http://elektrojiwaku. Sistem Pendingin Motor Diesel Tujuan utama dari system pendingin pada motor diesel adalah untuk menjaga agar temperatur kerja motor diesel berada pada temperatur efisien. aliran air pendingin tidak akan didinginkan terlebih dahulu. pompa. d.blogspot. Penukar panas ini bentuknya berupa tabung yang dialiri oleh air pendingin 16 . Pendingin yang berlebihan dapat mengakibatkan temperatur motor diesel telalu rendah dan dapat menimbulkan pengembunan pada ruang bakar yang dapat mengakibatkan korosi pada dinding silinder juga dapat menyebabkan minyak pelumas tercampur oleh air yang terbentuk pada pengembunan. Air pendingin yang sudah keluar dari motor didinginkan kembali dalam penukar panas. Membantu gerakan torak selama langkah kompresi terutama pada kecepatan rendah. motor diesel. Bila sudah melampaui temperatur kerjanya. Pendinginan kembali dapat dilaksanakan dalam beberapa cara antara lain: Menggunakan penukar panas dengan sirkulasi air sekunder. Setelah air pendingin dilewatkan motor diesel.

Air pendingin motor diesel sendiri merupakan aliran sirkulasi tertutup. 17 . radiator. atau menara pendingin.blogspot. Aliran pendingin pada sirkulasi primer dipakai air lunak. sedangkan pertukaran panas pada sirkulasi silinder terjadi pada penukar panas. pompa. penukar panas. sedangkan aliran sirkulasi sekunder juga merupakan aliran sirkulasi tertutup yaitu pompa penukar panas.http://elektrojiwaku. yaitu air yang sudah dihilangkan garam-garam yang dapat menimbulkan pengendapan. yaitu pompa-pompa motor diesel.com/ motor diesel dan didalam tabung itu sendiri terdapat tabung-tabung kecil yang diletakkan sejajar dan dialiri oleh air untuk mendinginkan air pendingin mesin. Pertukaran panas pada sirkulasi primer ini terjadi dalam motor diesel. pompa.

2. Yang dimaksud mesin empat langkah dan dua langkah adalah gerakan torak terhadap putaran generator dimanan pada mesin empat langkah pada saat torak bergerak empat kali maju mundur maka generator akan berputar sekali.http://elektrojiwaku. Alat pendingin pada mesin pada mesin diesel adalah untuk mendingikan mesin itu sendiri karena mesin menggunakan proses pembakaran maka pasti ada panas yang ditimbulkan dan kelebihan panas dapat menyebabkan kerusakan pada mesin itu sendiri. Bagaimana proses dari air pendinginan dan dari empat macam pendinginan yang mana yang paling baik? 3.sedangkan pada mesin dua langkah pada saat torak bergerak maju mundur sebanyak dua kali maka generator baru berputar sekali. Dari kedua mesin ini sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan dimana mesin 18 .com/ PERTANYAAN : 1. 4. Fungsi dari alat pendingin pada motor Diesel? 2. Dapat dilihat pada halaman 9. 3. Berapa kapasitas dari 1liter bahan bakar yang digunakan pada pembangkit ini? Apakah pembangkit listrik tenaga diesel ini ekonomis? JAWABAN : 1. Proses dari air pendingin adalah pertama-tama air dipompa dari tangki air ke dalam saluran pendingin pada mesin kemudian setelah sampai dimesin maka air tersebut akan menjadi panas lalu air ini didinginkan sebelum dibawakembali ke tangki air.proses pendinginan air ini dilakukan di radiator. Pada mesin Diesel ada mesin dua langkah dan empat langkah.kerugian dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel? 4. Apakah pada start awal Generator pada pembangkit ini langsung dapat dibebani? Dan sumber api apa yang digunakan pada mesin diesel ini? 6. Apa yang dimaksud dengan mesin-mesin tersebut? 5. Kerugian.blogspot. Bagaimana sistem dari pembangkit ini? Dan bagaimana posisi dari generatornya? 7.

Kapasitas bahan bakar yang digunakan pada PLTD per Kwh adalah 0.http://elektrojiwaku. 7. 19 . dan proses ini secara terusmenerus.28 .blogspot. Sedangkan mesin empat langkah lebih lambat dalam memutar generator karena menggunakan system transmisi dan tidak terkopel langsung dengan generator. 6. Maka akan terjadi percampuran udara dengan bahan bakar yang menyebabkan ledakan yang cukup besar sehingga piston akan didorong kebawah. Dengan adanya roda gila piston akan didorong keatas lagi dan proses peledakan akan terjadi kembali. Tetapi pada kenyataannya pada PLTD Pesanggaran sistem pengapiannya tidak menggunakan sistem busi tetapi menggunakan sistem combution yaitu proses penyemprotan bahan bakar pada saat piston berada pada posisi paling atas didalam silinder. Dapat dilihat pada halaman 9-10. Tetapi masin ini akan sedikit lebih hemat terhadap bahan bakar karena beban yang diterimanya cukup rendah. Sumber api yang didapakai adalah dari busi.30 liter/Kwh.com/ dua langkah lebih cepat memutar generator karena terkopel langsung tetapi akan lebih boros terhadap bahan bakar karena beban yang diberikan sangat besar. Api ini timbul pada saat mesin distart. Mesin Diesel merupakan salah satu pembangkit yang memerlukan biaya yang paling mahal dari pada pembangkitan yang lain. Mesin yang manapun tidak dapat dibebani secara langsung pada saat start awal karena belum stabil.0. Jika pada saat start mesin dibebeni maka tegangan yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan dan dapat merusak peralatan yang kita miliki karena tegangan dan frekwensinya masih dibawah standar dan dapat naik secara drastic pada saat kecepatan mesin di naikkan. Kalau kita lihat dari system pembangkitan mesin ini bias dibilang cukup ekonomis karena tidak memerlukan tempat yang cukup luas dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat langsung dibebani. 5.

turbo charger. minyak pelumas. serta beroprsinya peralatan separator bahan bakar. Periksa level air pada tangki harian.5.blogspot. 1. VCC water) di dalam tangki harian bila kurang ditambah. 1. 1.3.7.1. Yakinkan bahwa unit siap dioprasikan (personil dan peralatan sudah aman).12. Periksa tekanan udara dalam botol angin udara start. 1. air pendingin mesin (jaket water.6. governor. Periksa level minyak pelumas dalam karter. Selanjutnya roda gaya agar diputar minimum dua kali 20 . Untuk mesin yang jarang dioprasikan (minimum 2 minggu) agar sebelum mesin distart dipriksa tahanan dan isolasi generatornya. 1. Untuk mengetahui/meyakinkan jangan sampai terjadi kebocoran air pendingin ke dalam ruang bakar. Agar mesin bisa distart. 1. Periksa/kuras cairan di bawah generator bila ada. tambah bila kurang. bila tahanan isolasinya rendah dibawah yang diijinkan agar diadakan pemanasan generator (pemanasan hubung singkat) sampai mencapai 2 Megaohm.4. stroge tank. Persiapan Awal Sebelum Start.http://elektrojiwaku. air pendingin yang mana harus dibuka atau ditutup.8. Periksa semua valve pada sistem-sistem: bahan bakar.2. Periksa sekeliling mesin dan peralatanbantu jangan ada benda-benda asing atau ceceran minyak yang dapat menggangu/membahayakan oprasi mesin.10. 1. Periksa level bahan bakar pada tangki harian.11.tekanan udara antara 20 s/d 25 kg/cm2. balance tank. Periksa tegangan battery di DCP (normal tegangan 24 volt lampu indicator battery failure tidak nyala). 1. 1.com/ INTRUKSI KERJA : Intruksi Kerja Pengoprasian mesin diesel MIRRLEES 16 KV MAYOR MK II (PLTD Unit 1 dan 4) pada UBP (Unit Bisnis Pembangkitan) Bali meliputi langkah-langkah sebagai berikut: 1. Perika semua saklar alat-alatbantu (local atau remote pada panel auxiliary) harus pada posisi yang benar. 1. 1. maka bukalah keran indicator (indicator cook). 1.9.

Adakan koordinasi dengan petugas oprator ruang control bahwa unit sudah siap untuk dioprasikan. maka dengan menekan tombol start pump pada engine panel. Fuel oil pump. Extractor pump. Serta radiator-radiator fan. 1. sebagai berikut: • Bila peralatan bantu tersebut di oprasikan pada popsisi switch auto. Adanya air didalam ruang bakar. mesin jangan distart sebelum diadakan perbaikan seperlunya. 2. maka alat alat Bantu harus dijalanakan sendiri sendiri dengan menekan tombol start pada masing masing alat Bantu. maka air keluar melewati keran indicator. 2. sehingga system proteksi mesin sudah mulai bekerja. fan-fan jalan.13. Lub oil priming pump. telah dilaksanakan maka mesin telah siap untuk dioprasikan. MENJALANKAN/ START MESIN SECARA NORMAL. • Bila peralatan bantu tersebut dioprasikan pada psisi switch hand.3 Jalankan semua peralatan bantu: • • • • • Jacket coling water pump. periksa apakah semua system telah bekerja dengan baik dengan memonitor keadaan sekeliling 21 . Yakinkan bahwa barring gear sudah lepas dari flywheel. 2.com/ putaran dengan menggunakan alat pemutar (turning gear) bila ada air karena kebocoran system pendingin di ruang bakar. sesuai dengan petunjuk oprasinya.blogspot.1 Bila semua proses persiapan start unit diatas.http://elektrojiwaku.2 Kontakkan ke posisi ON saklar panel isolator pada panel mesin (Diesel Control Panel). 2. Bila ini terjadi.4 Setelah semua pompa pompa. sangat bebahaya pada waktu mesin distart sebab bias menimbulkan water slag. 2. Vcc cooling water pump. Untuk menjalankan alat alat Bantu ada duacara. maka semua alat bantu akan jalan sesuai dengan urutanya.

ini berarti mesin telah siap untuk di start. mesin akan berputar.5 Tunggu agar tekanan minyak pelumas sampai mencapai 1 Kg/Cm2. dan bila telah mencapai putaran 100rpm. 2. Masukkan exitasi generator dengan jalan memutar Switch Field Circuit Breaker (FCB). 2. 22 .kebocoran. dan juga tekanan minyak pelumas telah cukup ditandai dengan menyalanya lampu indikasi berwarna biru/available lamp.6 Buka kran utama udara start pada saluran udara start. Bila ini tidak di pasang maka KV running pada syncrhonizing trolley tidakakan mau menunjuk. Pasang atau hubungkan syncrhonizing trolley pada socket generator control panel mesin 1 sampai dengan 4.8 Tutup kembali kran utama botol angin udara start. 3. lanjutkan memutar handel hand wheel dari posisi start ke posisi run up. 3 Memparalel atau membebani mesin. 3. 2. adanya getaran/vibrasi dan sebagainya. hal ini dapat dilihat pada alat ukur tekanan minyak pelumas pada engine panel. sehingga udara start dari botol angin siap mengalir ke mesin. adakan koordinasi dengan petugas oprator ruang control. aaadanya getaran/vibrasi dan sebagaainya.http://elektrojiwaku. 2. terdengar kelainan suara. 2. terdengar kelainan suara. 2.10 Jika sudah yakin tidakada hal hal yang mencurigakan.3. kearah posisi close dengan indikasi lampu warna merah menyala. Selanjutnya putar handelhand wheel lagi dari posisi run up keposisi run. tidak terjadi kebocoran-kebocoran. Putaran mesin akan naik berangsur angsur sehingga mencapai putaran nominal 500 rpm.7 Putarlah Handel hand wheel dari posisi start. Pasanglah plug pada running socket generator kotrol panel dari mesin yang sudah beroprasi. dari mesin yang akan diparalel.com/ unit apakah tidak terjadi kebocoran. 3.blogspot.1. Agar diadakan pemeriksaan lagi apakah mesin beroprasi dalam kondisi normal. maka mesin siap untuk di beri beban /di parallel.2.9 Setelah mesin beropraasi pada Full Speed No Lood (FSNL).

3. 3. Dua buah lampu (sincroscope lamp) akan menyala hidup mati. Adakan pengaturan agar KV incoming samadengan KV running (Pengaturan melalui set volt auto switch + atau -).selanjutnya pengaturan tegangan tidak lagi menggunakan hand control.7.blogspot.5. Adakan pengaturan agar syncroscope berputar secara pelan/halus kearah fast (searah dengan putaran jarum jam). Frekwensi generator (Hz running) Jarum sincroscope berputar kearah slow/fast. kontakkan canger over switch dari posisi hand ke posisi auto. Bila pengaturan sudah selesai dan persyaratan sudah terpenuhi maka PMT (52 G).4.http://elektrojiwaku. 3. dilakukan melalui menaikkan 3. 3. Penunjukkan tegangan generator yangakan diparalel (KV incoming). Naikkan tegangan generator perlahann lahan dengancara memutar Hand Field Rheostat searah putaran jarum jam. Adakan pengaturan agar frekwensi incoming samadengan frekwensi running. tetapi memakai AVR( Automatic Voltage Regulator). sehingga generator mencapai tegangan nominal 11 KV. pengaturan putaran jarum syncroscope ini dapat /menurunkan putaran mesin.com/ 3.6.9. yang pengaturanya melalui set volt auto switch. 23 . Kontakkan keposisi ON saklar pada panel syncroscope. siap untuk di masukkan. Sesudah tegangan mencapai nominal 11 KV. Kontakkan change over switch dari posisi off ke posisi hand.8. Selanjutnya adakan pengaturan sebagai berikut: • Adakan pengaturan putaran mesin melalui switch speed adjustment rise /lower sehingga jarum syncroscope berputar scara pelan /halus kearah fast(searah jarum jam). Urutan fasa sudah disamakan pada saat pemasangan mesin. akan terlihat penunjukkan pada syncroscope sebagai berikut : • • • • • • • • • Penunjukkan tegangan Bus Bar (KV running).

Adakan pencatatan data parameter oprasi sesuai dengan log set yang telah disediakan.http://elektrojiwaku. MELEPASKAN BEBAN DAN MENYETOP UNIT DALAM KEADAAN NORMAL. PMT dimasukkan pada saat jarum syncroscope mencapai titik tengah (garis tengah vertikal yang ada pada meter syncroscope). perlu di perhatikan penunjukkan cos V.16. sehingga bila terjadi kelainan segera dapat diketahui untuk mencegah terjadinya kerusaka yang lebih berat. tercium bau hangus dan lain lain pada unit dan alat alat bantunya.10.17.com/ 3. dan harus tidak melebihi batas yang diijinkan. 3. dan ambil langkah langkah bila ada penyimpangan. 3. Bila PMT sudah masuk ON berarti unit sudah ada dalam keadaan parallel bersamasama memikul beban dengan unit yanglain pada system.13.12. Naikkan beban unit perlahan lahan sampai mencapai batas pembebanan yang di inginkan atau batas pembebanan yang diijinkan.1.11. 3. 4. 24 . Dalam menaikkan beban unit. 3. dengan sendirinya beban ini akan diterima oleh mesin yang lain yang masih beroprasi pararel pada sistem.Karakteristik penerimaan beban tergantung dari besar kecilnya setting speed drop unit yang masih beroprasi. OFFkan kembali switch /saklar pada syncroscope. 3.15.18. Adakan evaluasi terhadap hasil pencatatan parameter data oprasi yang dilakukan dengan pencatatan sebelumnya atau batasan data seting. vibrasi.14.blogspot. Turunkan/pindahkan beban mesin yang akan distop secara perlahan-lahan. Lepas syncronising trolley dari socket pada generator control panel. arus (Amper) pada semua unit yang sedang beroprasi dan lakukan pengaturan seperlunya sampai kondisi pembebanan/tegangan normal (20/150KV). Lakukan pemeriksaan setiap saat secara visual dari kemungkinan adanya kelainan suara. Perhatikan gerakan dari jarum syncroscope tersebut dimana. 3. 4. tegangan (KV). 3. 3.

12.11. maka lepas PMT dengan memutar selektor Switch ke arah open sehingga lampu kontrol merah akan mati dan lampu kotrol hijau akan menyala. 4. Oil priming pump. Unit dinyatakan Standby. Pindahkan charge over switch dari posisi hand ke posisi Off. 4. III. pada Generator. dan radiator fan.7. PEMBUATAN LAPORAN. 4. Selanjutnya dengan interval waktu 3 s/d 5 menit mesin bisa di stop. Turunkan tegangan perlahan-lahan hingga mencapai nol dengan jalan memutar hand fild reostart kekiri. Tegangan (KV) Arus (Ampere). 4.2. Pindahkan Exitation charge over swith dari posisi auto ke posisi hand. • Hasil kerja pengoprasian Mesin MIRRELES 16 KV mayor MK II (PLTDUnit 1 dan 4) yang dilakukan dilaporkan sesuai dengan format yang telah ditentukan. VCC. 4.5. VCC water pump. Setelah mesin distop biarkan jaket water pump. 4. • Penyimpangan yang terjadi selama pengoprasian agar dicatat dalam laporan sehingga dapat dikonsultasikan kepada bagian yang terakhir. Bila beban sudah mencapai minimum load.blogspot.6. Lub. pada semua unit yang sedang beroprasi dan lakukan pengaturan agar selalu seimbang (Cos Q<1). lepaskan exitasi dengan memutar swiht FCB kearah open sehingga lampu kontrol merah akan mati dan lampu kontrol hijau akan menyala. 4. Turunkan beban sehingga mencapai minimum load (Spining Recive). J/W. 25 .13. Setelah tegangan generator mencapai Nol.8.radiator fan L/O.9. 4. 4. 4. beroprasi ± 10 menit guna meratakan penurunan tempratur. 4.4. Dalam proses pemindahan beban ini jangan lupa memperhatikan penunjukan Cos . Konmtakan ke posisi ON Switch Heater (alat pemanas). Setelah ± 10 menit mesin di stop.http://elektrojiwaku.com/ 4.10.Q.3. Offkan saklar panel isolator di Disel Kontrol Panel.Ini berarti mesin sudah lepas dari hubungan pararel.

blogspot. Denpasar. 1 Juni 2003. • Tidak Ada DAFTAR PUSTAKA Indonesia Power UBP Bali.V.com/ I.http://elektrojiwaku. PERUBAHAN. 26 . “Data Umum Unit Bisnis Pembangkitan Bali”.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful