RANCANGAN MATERI MUSYAWARAH KERJA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

MADRASAH NU RAUDLATUS SHIBYAN
PEGANJARAN BAE KUDUS

Bismillahirrahmanirrahim
Dalam rangka meningkatkan kualitas Madrasah NU Raudlatus Shibyan Pegnjaran Bae Kudus ( RA, MI, MTs ) perlu dilaksanakan kegiatan sebagai berikut : 1. Kepala Madrasah : a. Mengevaluasi dan menata serta mengatur ulang struktur organisasi Sekolah / Madrasah. b. Menyiapkan program kerja tahunan yang pragmatis, operasional sesuai dengan tuntutan LP. Ma’arif NU diikuti program semester, bulanan dan seterusnya . c. Meningkatkan pelaksanaan rapat-rapat : Kordinasi Kepala dan Waka, Wali Kelas ( mingguan ), untuk mengevaluasi tugas-tugas satu minggu yang lalu dan merencanakan tugas-tugas satu minggu yang akan datang.  Kordinasi dan pembinaan guru ( bulanan )  Kordinasi dengan Pengurus Madrasah / Sekolah ( 1 bulan sekali, diisi dengan pembinaan, arisan ) d. Melaksanakan supervisi guru dan pembinaannya. 2. Kurikulum : a. Memantapkan pelaksanaan kurikulum Madrasah dengan mengoptimalkan hasil tetap berpedoman pada LP. Ma’arif NU Cabang Kudus ( menata ulang struktur program kurikulum ) b. Kurikulum Madrasah yang diunggulkan bertujuan :  Berkualitas unggul ditandai dengan lulusan Ujian Negara.  Berkemampuan lebih dalam Bhs. Arab dan Bhs. Inggris.  Menjadi kader / pejuang NU.  Berilmu agama yang cukup dan taat mengamalkannya, serta berakhlak mulia. c. Mengefektifkan jam belajar dengan meningkatkan tertib KBM ( diawali dari tertib mengajar guru ) d. Melaksanakan kegiatan Ulangan umum dan Ujian Mandiri yang dikordinasikan oleh PC LP Ma’arif Nu Kudus. e. Mengikuti kegiatan pertemuan MGBS / guru inti. f. Membuat raport khusus bidang studi khusus. g. melaksanakan KBM sesuai dengan Kalender Pendidikan LP. Ma’arif NU h. Kalender Pendidikan LP. Ma’arif NU adalah : Kalender Pendidikan yang dikeluarkan oleh Dikbud untuk sekolah dan Depag untuk Madrasah dan hari-hari libur atau kegiatan khusus yaitu :  Kegiatan Harlah NU setiap tanggal 16 Rajab  Libur khusus Tarwiyah dan Arofah ( 2 hari ), disunnahkan puasa  Libur khusus Tasyrik ( 1 hari )  Libur khusus Tasyu’a dan ‘Asyura ( 2 hari ), disunnahkan puasa  Libur mingguan adalah hari Jum’at i. Megefektifkan kegiatan hafalan bacaan-bacaan agama dan Al Qur’an dengan sistim setoran j. Mengoptimalkan bimbingan ibadah ( sholat ), kemampuan baca / tulis Al Qur’an dan praktek amalan ahlus sunnah akhlaqul karimah sebagai cirri khusus Madrasah NU. 

Keuangan / Kesejahteraan / Sosial : a. e. d. Membentuk Komisariat IPNU / IPPNU mulai kerlas V. Keguruan / Ketenagaan : a. Memantapkan tertib berpakaian guru Ma’arif NU sebagai berikut :  Hari Sabtu dan Ahad : seragam Ma’arif  Hari Senin dan Selasa : seragam P. VI MI dan MTs dan membimbing aktifitas organisasinya. terbimbing. f. g. Merintis Dana Ta’awun sesame guru / karyawan dan merumuskan kegiatannya. f. Menciptakan situasi 7 K ( Kebersihan.H  Hari Rabu dan Kamis : PSH  ( berpeci hitam dan berjilbab bagi ibu guru dan bersepatu e.3. b. Kerindangan. c. Memantapkan pelaksanaan guru piket. c. Ketertiban.S. Memantapkan pelaksanaan tertib berpakaian siswa :  Hari Sabtu dan Ahad : seragam Ma’arif  Hari Senin dan Selasa : seragam Nasional  Hari Rabu dan Kamis : seragam Pramuka / Sekolah masing-masing  Seragam Olahraga : adalah busana muslim / muslimah ( MI dan MTs )  Seragam Pramuka : adalah seragam muslim / muslimah ( MI dan MTs ) c. Meningkatkan penarikan dan pengelolaan INMA sesuai dengan ketentuan LP Ma’arif NU. Kerapian. e.  Tertib belajar dan tertib bergaul ( dipantau dengan jurnal ). c. Sarana dan Prasarana : a. Memantapkan pelaksanaan Tata Tertib guru LP.  Penciptaan suasana keagamaan dengan mengumandangkan kaset Al Qur’an murottal pagi hari dan lagu-lagu Islami setiap istirahat. Megadministrasikan keuangan sesuai tata administrasi. ( da’awh training dll ) d. b. Menginventarisir sarpras dan meningkatkan perawatan atau pemeliharaan b. Meningkatkan disiplin guru dalam segala hal ( kehadiran. Melengkapi administrasi ketenagaan dan keguruan. Keamanan. 5. 4. b. d. Menyiapkan bibit unggul untuk mengikuti lomba dan lailn-lain untuk meraih prestasi tertinggi bagi siswa / siswi disemua tingkat difasilitasi dengan pelatih. g. Memasang label pemilikan / pengurusan dengan label Ma’arif d. . Menata dan mengatur sesuai dengan ketentuan. Meningkatkan kegiatan seni bela diri Pencak Silat Pagar Nusa . Mendorong kelancaran pembayaran uang I’anah sahriyyah setiap bulan. Menghadiri dan mengikuti setiap kegiatan Madrasah. Ma’arif NU. Merintis peningkatan layanan perpustakaan dan laborat serta alat-alat praktikum yang lain. Keindahan. Memberikan pengawasan yang efektif terhadap perilaku kenakalan anak dan bimbingan dengan mengefektifkan BP dan piket. waktu mengajar dsb ). Memantapkan pelaksanaan tata tertib siswa :  Tertib kehadiran dan do’a terbimbing setiap pagi. Melaksanakan kegiatan arisan. Merintis tabungan hari tua.  Tertib ibadah / akhlaq ( dipantau dengan jurnal ). Meningkatkan kemampuan guru dan karyawan dengan mengikuti work shop / pelatihan. e. Kesiswaan : a.  Sholat berjama’ah terjadwal. Meningkatkan bimbingan praktek ibadah / keagamaan bagi siswa. Kekeluargaan di Madrasah setiap saat ) 6. f.

Ma’arif NU sesuai dengan tutunan. e. Setiap peringatan Isro’ dan Mi’roj Nabi Muhammad SAW harus dirangkaikan dengan kegiatan peringatan Harlah NU secara terpadu dengan Pengurus NU Ranting Peganjaran. Administrasi : a. c. b. b. Meningkatkan pengelolaan dan pengawasan waktu-waktu rawan :  Pagi hari ( sebelum jam pelajaran ) dan siang hari ( saat pulang ). Kepala Madrasah NU bersama-sama Pengurus Korda LP. 8. Ma’arif NU ( gambar jagad ). Meningkatkan hubungan kerja sama dengan berbagai fihak Ulama’ / Kiyahi. d. Mengadakan peringatan Hari Besar Islam : Peringatan Maulid Nabi. c. Setiap akhir sanah ( tahun ) mengadakan Haflah Akhir Sanah untuk meningkatkan simpati masyarakat menjelang PPD ( Penerimaan Peserta Didik ).  Awal tahun pelajaran dan akhir tahun pelajaran. Menggunakan kop surat atau sampul surat dengan label LP. Kudus. Memasang dan memperbaharui papan nama Madrasah NU dengan label LP. Sesama lembaga pendidikan baik negeri / swasta dan tokoh-tokoh masyarakat. Menggunakan cap / stempel Madrasah NU / sesuai dengan ketentuan LP. 17 Sya’ban 1431 H 29 Juli 2010 M Pimpinan Sidang Musyawarah Kerja Guru Tahun Pelajaran 2010 / 2011 Madrasah NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus Ketua Sekretaris __________________ ___________________ . d. Lain – lain : a. Ma’arif NU.  Menjelang ulangan umum atau setelah ulangan. Melengkapi administrasi sesuai ketentuan. Ma’arif NU Kecamatan berusaha meningkatkan fungsi Korda dengan kantor sekretariatnya. Peringatan Tahun Baru Hijriyah disetiap tingkat. f.7.

Ma’arif NU h. Ma’arif NU Cabang Kudus ( menata ulang struktur program kurikulum ) b. Kalender Pendidikan LP. Melaksanakan kegiatan Ulangan umum dan Ujian Mandiri yang dikordinasikan oleh PC LP Ma’arif Nu Kudus. diisi dengan pembinaan. Menyiapkan program kerja tahunan yang pragmatis. c. Ma’arif NU adalah : Kalender Pendidikan yang dikeluarkan oleh Dikbud untuk sekolah dan Depag untuk Madrasah dan hari-hari libur atau kegiatan khusus yaitu :  Kegiatan Harlah NU setiap tanggal 16 Rajab  Libur khusus Tarwiyah dan Arofah ( 2 hari ).  Kordinasi dan pembinaan guru ( bulanan )  Kordinasi dengan Pengurus Madrasah / Sekolah ( 1 bulan sekali. arisan ) d.  Berkemampuan lebih dalam Bhs. disunnahkan puasa  Libur khusus Tasyrik ( 1 hari )  Libur khusus Tasyu’a dan ‘Asyura ( 2 hari ). Arab dan Bhs. 2. Wali Kelas ( mingguan ).  Berilmu agama yang cukup dan taat mengamalkannya. Meningkatkan pelaksanaan rapat-rapat : Kordinasi Kepala dan Waka. g. disunnahkan puasa  Libur mingguan adalah hari Jum’at  . MI. MTs ) perlu dilaksanakan kegiatan sebagai berikut : 1. Kurikulum : a. untuk mengevaluasi tugas-tugas satu minggu yang lalu dan merencanakan tugas-tugas satu minggu yang akan datang. serta berakhlak mulia. Memantapkan pelaksanaan kurikulum Madrasah dengan mengoptimalkan hasil dengan berpedoman pada LP.RANCANGAN MATERI MUSYAWARAH KERJA TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 MADRASAH NU RAUDLATUS SHIBYAN PEGANJARAN BAE KUDUS Bismillahirrahmanirrahim Dalam rangka meningkatkan kualitas Madrasah NU Raudlatus Shibyan Pegnjaran Bae Kudus ( RA. Inggris.  Menjadi kader / pejuang NU. Mengefektifkan jam belajar dengan meningkatkan tertib KBM ( diawali dari tertib mengajar guru ) d. Ma’arif NU diikuti program semester. bulanan dan seterusnya . Melaksanakan supervisi guru dan pembinaannya. Membuat raport khusus bidang studi khusus. Melaksanakan KBM sesuai dengan Kalender Pendidikan LP. c. Kepala Madrasah : a. e. Mengikuti kegiatan pertemuan MGBS / guru inti. operasional sesuai dengan tuntutan LP. Kurikulum Madrasah yang diunggulkan bertujuan :  Berkualitas unggul ditandai dengan lulusan Ujian Negara. b. Mengevaluasi dan menata serta mengatur ulang struktur organisasi Sekolah / Madrasah. f.

Keguruan / Ketenagaan : a. Ketertiban. Kerindangan. Menyiapkan bibit unggul untuk mengikuti lomba dan lain-lain untuk meraih prestasi tertinggi bagi siswa / siswi disemua tingkat difasilitasi dengan pelatih. Penciptaan suasana keagamaan dengan mengumandangkan kaset Al Qur’an murottal pagi hari dan lagu-lagu Islami setiap istirahat. g.   Sholat berjama’ah terjadwal. e.  Tertib belajar dan tertib bergaul ( dipantau dengan jurnal ). Sarana dan Prasarana : a. Menghadiri dan mengikuti setiap kegiatan Madrasah. c. terbimbing. Menata dan mengatur sesuai dengan ketentuan. Memasang label pemilikan / pengurusan dengan label Ma’arif d. Memantapkan pelaksanaan guru piket.i. 5. Memberikan pengawasan yang efektif terhadap perilaku kenakalan anak dan bimbingan dengan mengefektifkan BP dan piket.H  Hari Rabu dan Kamis : PSH  ( berpeci hitam dan berjilbab bagi ibu guru dan bersepatu e. Kesiswaan : a. Memantapkan pelaksanaan tata tertib siswa :  Tertib kehadiran dan do’a terbimbing setiap pagi. Mengoptimalkan bimbingan ibadah ( sholat ). Memantapkan pelaksanaan Tata Tertib guru LP. c. Meningkatkan bimbingan praktek ibadah / keagamaan bagi siswa. VI MI dan MTs dan membimbing aktifitas organisasinya. f. Menciptakan situasi 7 K ( Kebersihan. 3. Memantapkan pelaksanaan tertib berpakaian siswa :  Hari Sabtu dan Ahad : seragam Ma’arif  Hari Senin dan Selasa : seragam Nasional  Hari Rabu dan Kamis : seragam Pramuka / Sekolah masing-masing  Seragam Olahraga : adalah busana muslim / muslimah ( MI dan MTs )  Seragam Pramuka : adalah seragam muslim / muslimah ( MI dan MTs ) c. waktu mengajar dsb ). Kekeluargaan di Madrasah setiap saat ) . e. Menginventarisir sarpras dan meningkatkan perawatan atau pemeliharaan b.S. Keamanan. Melengkapi administrasi ketenagaan dan keguruan. Membentuk Komisariat IPNU / IPPNU mulai kerlas V. Keindahan. b. ( da’awh training dll ) d. Meningkatkan disiplin guru dalam segala hal ( kehadiran. Meningkatkan kemampuan guru dan karyawan dengan mengikuti work shop / pelatihan. 4. Meningkatkan kegiatan seni bela diri Pencak Silat Pagar Nusa . Ma’arif NU. Memantapkan tertib berpakaian guru Ma’arif NU sebagai berikut :  Hari Sabtu dan Ahad : seragam Ma’arif  Hari Senin dan Selasa : seragam P. Kerapian. f. b. d. kemampuan baca / tulis Al Qur’an dan praktek amalan ahlus sunnah akhlaqul karimah sebagai ciri khusus Madrasah NU.  Tertib ibadah / akhlaq ( dipantau dengan jurnal ). Merintis peningkatan layanan perpustakaan dan laborat serta alat-alat praktikum yang lain. g.

 Awal tahun pelajaran dan akhir tahun pelajaran. d. Melaksanakan kegiatan arisan. Ma’arif NU ( gambar jagad ). b. e. Kudus. b. Lain – lain : a. b. Menggunakan kop surat atau sampul surat dengan label LP. Meningkatkan hubungan kerja sama dengan berbagai fihak Ulama’ / Kiyahi. Merintis Dana Ta’awun sesama guru / karyawan dan merumuskan kegiatannya. Ma’arif NU Kecamatan berusaha meningkatkan fungsi Korda dengan kantor sekretariatnya. c. Memasang dan memperbaharui papan nama Madrasah NU dengan label LP. Mendorong kelancaran pembayaran uang i’anah sahriyyah setiap bulan. e. 7. Meningkatkan penarikan dan pengelolaan INMA sesuai dengan ketentuan LP Ma’arif NU. Menggunakan cap / stempel Madrasah NU / sesuai dengan ketentuan LP. Meningkatkan pengelolaan dan pengawasan waktu-waktu rawan :  Pagi hari ( sebelum jam pelajaran ) dan siang hari ( saat pulang ).6. Melengkapi administrasi sesuai ketentuan. Megadministrasikan keuangan sesuai tata administrasi. Kepala Madrasah NU bersama-sama Pengurus Korda LP. Setiap peringatan Isro’ dan Mi’roj Nabi Muhammad SAW harus dirangkaikan dengan kegiatan peringatan Harlah NU secara terpadu dengan Pengurus NU Ranting Peganjaran. Ma’arif NU sesuai dengan tutunan. Administrasi : a. Peringatan Tahun Baru Hijriyah disetiap tingkat. c. Sesama lembaga pendidikan baik negeri / swasta dan tokoh-tokoh masyarakat. d. d. Setiap akhir sanah ( tahun ) mengadakan Haflah Akhir Sanah untuk meningkatkan simpati masyarakat menjelang PPD ( Penerimaan Peserta Didik ). c. 18 Sya’ban 1432 H 21 Juli 2011 M Pimpinan Sidang Musyawarah Kerja Guru Tahun Pelajaran 2011 / 2012 Madrasah NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus Ketua Sekretaris __________________ ___________________ . Keuangan / Kesejahteraan / Sosial : a. Mengadakan peringatan Hari Besar Islam : Peringatan Maulid Nabi.  Menjelang Ujian Akhir f.  Menjelang ulangan umum atau setelah ulangan. Ma’arif NU. 8.