ALIRAN SENI

warna-warna cerah (bahkan banyak sekali pelukis impresionis yang mengharamkan warna hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya). Hal inilah yang kemudian mendorong seniman impresionis untuk . subjek-subjek lukisan yang tidak terlalu menonjol. suasana didapatkan dengan menangkap kesan (impresi) cahaya yang ditangkap sekilas oleh mata. Lukisan ini tidak lagi berkonsentrasi pada bentuk secara mendetail dengan mementingkan kontur. "Impression. soleil levant"). Penjelasan Seniman impresionisme pada awalnya terinspirasi oleh teori-teori Eugene Delacroix yang mulai merasakan ketidakpuasan terhadap perkembangan seni akademis pada masa itu yang terlalu berkonsentrasi kepada mahzab seni lukis klasik. Ia berpendapat bahwa lukisan tidak selamanya dibentuk dengan pengolahan garis secara berlebihan seperti dikembangkan oleh Ingres selama bertahun-tahun. Pada awalnya tidak hanya lukisan still life dan potret saja yang dibuat di dalam ruangan. volume. tetapi juga pemandangan. dan sudut pandang yang tidak biasa. dan garis. penekanan pada kualitas pencahayaan. tidak seperti lukisan naturalisme atau realisme. Sebaliknya. komposisi terbuka. Karakteristik utama lukisan impresionisme adalah kuatnya goresan kuas. Juga meninggalkan pengamatan struktural bentuk suatu objek. Kemudian beberapa pelukis secara radikal melanggar aturan-aturan akademis dalam pembuatan lukisan.IMPRESIONISME Impresionisme adalah suatu gerakan seni dari abad 19 yang dimulai dari Paris pada tahun 1860an. Kritikus Louis Leroy menggunakan kata ini sebagai sindiran dalam artikelnya di Le Charivari. Akibatnya bentuk objek menjadi lebih sederhana. Nama ini awalnya dikutip dari lukisan Claude Monet. Sunrise" ("Impression. Namun Delacroix sendiri bisa dianggap gagal melepaskan diri dari pengaruh pakem seni lukis akademi karena bagaimanapun lukisannya sendiri masih berkonsentrasi pada bentukbentuk secara ideal. Sebaliknya pengolahan bidang-bidang warna dengan penuh perhitungan akan menghasilkan bentuk lukisan yang tidak kalah menariknya.

Mereka memakai goresan warna-warna pendek. and Kubisme. Semua goresan kuas sangat diperhatikan dengan mempertimbangkan bahwa hal tersebut adalah cerminan kepribadian. dan jika bisa mendekati kemiripan fotografis. Académie des beaux-arts juga menginginkan setiap lukisan memperhatikan setiap detail dan finishing yang sempurna. Akademi mengadakan pameran tahunan Salon de Paris. meskipun secara artisitik bukanlah pendekatan yang benar dalam pembuatan karya. pecah. Impresionisme menjadi pelopor berkembangnya aliran-aliran seni modern lain seperti Post-Impresionisme. Impresionisme sebenarnya adalah seni pergerakan. Warna-warna gelap dan suram lebih dihargai. Fauvisme. masyarakat mulai mempercayai bahwa impresionisme adalah cara pandang yang jernih dan jujur terhadap kehidupan. antara lain di Italia dengan pelukis Macchiaioli.menemukan bahwa ada kesan yang berbeda didapatkan jika lukisan dibuat di area terbuka dengan langsung mengamati objek yang dibuat. . Pada akhir abad 19. dan Amerika Serikat dengan pelukis Winslow Homer. Tema historis. dan komposisi dari permainan kesan cahaya yang dituangkan dalam warna-warna cerah dan bervariasi. emosi. Perkembangan selanjutnya dari impresionisme adalah penemuan bahwa yang lebih penting daripada teknik impresionisme sendiri adalah pembedaan dalam sudut pandang. Académie des beaux-arts mendominasi kegiatan seni di abad 19. dan teknik yang dimiliki seorang pelukis. religius. sementara tema pemandangan dan still life hanya dipandang sebelah mata. dan sekaligus murni (dengan arti tidak disengajakan untuk dicampur di atas palet) untuk memberikan nyawa kepada lukisan. dan potret sangat dihargai pada saat itu. hal inilah yang mendorong terbentuknya standarisasi lukisan yang tercermin dari pilihan para juri. Puncak gerakan seni impresionisme di Perancis terjadi hampir bersamaan dengan di negara lain. Sejarah Dalam sejarah perubahan Paris oleh Napoleon III. termasuk dalam hal tema dan gaya. Penekanan lukisan kemudian bergeser kepada kesan keseluruhan daripada detail-detail objek tertentu. Secara tidak langsung. dan pelukis yang terpilih akan memenangkan sejumlah hadiah dan penugasan yang kemudian akan menjamin keberlangsungan karya-karya pelukis tersebut. Akademi ini adalah penguasa standarisasi tradisional lukisan-lukisan Perancis. pose.

. Morisott. sekalipun ia sendiri termasuk orang yang paling berpengaruh di kelompok ini karena berpendapat bahwa perjuangan kaum neoklasikme justru seharusnya dimulai dengan mendobrak tembok penjurian di Salon. Mereka juga lebih memilih tema pemandangan dan kehidupan sehari-hari dibanding cerita sejarah. Alfred Sisley. Namun kaum neoklasikme kemudian tetap tidak mendapatkan kepuasan dengan fasilitas ini. dan mengadakan Salon des Refusés (Salon Penolakan). ia sebenarnya terlibat sebagai pemimpin dalam diskusi di Café Guerbois. Manet merasa sangat kecewa dengan penolakan ini yang sekaligus menimbulkan polemik di kalangan seniman. Namun ide ini ditolak oleh Manet. Pierre Auguste Renoir. Pada tahun 1863. hingga kemudian pada April 1874 seniman-seniman impresionisme mendapatkan kesempatan menggelar pamerannya sendiri. dan Frédéric Bazille yang sebelumnya belajar kepada Charles Gleyre. sekalipun beberapa karyanya sudah siap dipamerkan di Salon. Setelah memperhatikan karya-larya yang ditolak pada tahun 1863. sering melukis bersama. salah satu dari sedikit wanita dari kelompok Café Guerbois memutuskan untuk turut serta dalam pameran. di mana seniman-seniman neoklasik berkumpul. tetapi menampilkannya dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang melanggar norma. Meskipun Manet tidak secara langsung menyebut dirinya sebagai seniman neoklasik. Kaisar Napoleon III memutuskan bahwa masyarakat umum berhak menilai sendiri karya-karya tersebut. dan mengembangkan pengaruh neoklasik. para juri menolak The Luncheon on the Grass (Le déjeuner sur l'herbe) karya Manet yang menampilkan wanita telanjang yang dikelilingi dua pria dalam sebuah piknik. dengan maksud mengembangka gaya Realisme Gustave Courbet dan kemudian mendapat pengaruh Kelompok Barbizon yang berusaha membiaakan diri melukis alam secara jujur di tempat yang dianggap indah. Kelompok pelukis muda ini antara lain Claude Monet. Juri beranggapan bahwa ketelanjangan bisa diterima dalam lukisan historis dan religius. Kegiatan ini berlangsung bertahun-tahun. dan terus menerus ditolak oleh juri. Baik kelompok asli Barbizon maupun calon-calon pelukis neoklasik yang kemudian bergabung ke dalamnya atau terinspirasi olehnya setiap tahun dengan gigih mengirimkan karyanya ke pameran Salon de Paris.Beberapa pelukis muda kemudian semakin cenderung memakai warna-warna cerah dan terang dibanding generasi sebelumnya. dan menjalin persahabatan yang erat. Mereka kemudian merencanakan pameran yang terpisah dengan Salon.

Pelukis menjadi bisa mengeksplorasi hal-hal yang biasanya hanya terjadi sesaat. sebab kevulgaran itu sendiri bukanlah tujuan pelukis impresionisme. Selain itu impresionisme juga mempelopori penerapan kembali teori-teori sains terbaru dalam dunia seni lukis. Leroy menyatakan bahwa [ Sunrise] (soleil levant) oleh Claude Monet tidak lebih dari sekedar sketsa kasar dan belum bisa digolongkan ke dalam karya yang bisa dikategorikan telah diselesaikan. katakanlah untuk membantu komposisi. hanya saja jika ketelanjangan diperlukan. meskipun tidak dicampurkan dengan palet. Hampir seluruh contoh karya impresionisme memperlihatkan kesadaran pelukisnya bahwa warna-warna. pada masa keemasan impresionisme. tetapi bukan berarti hal itu membuat dunia lukis menjadi dunia yang cabul. ditemukan pula penggunaan teknik fotografi. Pada awalnya fotografi dianggap bisa memusnahkan keberadaan seni lukis. bukan pesan yang akan disampaikannya. namun saat didekatkan akan menghasilkan ilusi warna tertentu. Selain itu teori warna juga sangat berkembang dan membantu pengembangan aliran impresionisme. Misalnya kuning yang didekatkan dengan hijau akan membuat warna kuning tersebut seolah mendekati warna hijau. maka hal itu memang harus dilukiskan. Louis Leroy menulis review yang tidak terlalu bersahabat di surat kabar Le Charivari. Antara lain berhasil mendobrak keterpakuan seni terhadap subjek yang akan dilukis. sebab inti dari lukisan adalah lukisan itu sendiri. Sebaliknya warna kuning jika didekatkan dengan warna ungu akan membuat warna tersebut semakin menyala dan memperlihatkan identitas kuningnya secara optis. . seperti langkah kuda saat berlari. Namun tujuan utama impresionisme yang menangkap kesan sesaat justru membuat fotografi menjadi alat bantu utama yang sangat bermanfaat. suasana kota yang dinamis. Hal ini bisa dilihat dari contoh karya Monet yang menganggap moral bukanlah sesuatu yang harus terlalu dipertimbangkan di dalam seni rupa. Pengaruh teknologi dan sains Secara kebetulan. Antara lain pencampuran warna secara optis yang pada masa itu diperkenalkan oleh Chevreul.Setelah menyaksikan pameran tersebut. Pengaruh terhadap seni rupa modern Ada banyak hal yang menyebabkan impresionisme bisa dianggap sebagai pelopor gerakan seni rupa modern lain.

Cat tidak ditunggu kering untuk ditimpa dengan warna berikutnya. Secara visual adalah mustahil bagi seseorang untuk mendapatkan suasana dengan warna hitam. Saat Monet berkunjung ke Paris untuk mengunjungi The Louvre. yang melihat pajangan karya-karya karikaturnya dan kemudian menjadi mentor and mengajarinya memakai cat minyak. Nama baptisnya Oscar-Claude di Nortre-Dame-de-Lorette.1825). Ia kemudian dirawat bibinya Marie-Jeanne. Ayahnya sangat menginginkan ia meneruskan usaha keluarga. Boudin juga mengajarkan Monet teknik en plein air (melukis luar ruangan). Sebab seniman kemudian menyadari bahwa bagaimanapun hitam bukanlah warna. Pada 28 Januari 1857 ibunya meninggal. ia melihat banyak sekali pelukis yang meniru lukisan yang sudah lebih dulu terkenal. Di pantai Normandia. untuk memberikan kemudahan pelukis menangkap esensi subjek daripada detailnya.Impresionisme juga membuat penggunaaan warna hitam di dalam lukisan berkurang jauh. ia bertemu Eugène Boudin. Diharapkan warna tercampur secara optis oleh retina. Bayangan dibuat dengan mencampurkan warna komplementer (Hitam tidak digunakan sebagai bayangan). Pengolahan sifat transparansi cat dihindari. Ia segera terkenal dengan karikatur-karikatur carchoalnya. Monet pertama kali mendapat pelajaran drawing dari Jean-Francois Ochard. Ciri khas • Goresan kuas pendek dan tebal dengan gaya mirip sketsa. yang sering dipajang dan dijual seharga 10 hingga 12 francs. dengan kegigihannya lebih . Meneliti sedetail mungkin sifat pantulan cahaya dari suatu objek untuk kemudian diterapkan di dalam lukisan. Warna didapat dengan sesedikit mungkin pencampuran pigmen cat yang digunakan. Keluarganya kemudian pindah ke Le Havre pada 1845 di Normandia saat ia baru berumur lima tahun. Monet. Dikerjakan di luar ruangan (en plein air) • • • • • • Claude Monet lahir dari pasangan Adolphe dan Louise-Justine Monet di 45 Rue Laffitte. sebelumnya murid dari Jacques-Louis David (1748 . Awal April 1851 Monet memasuki sekolah Le Havre.

Kemudian mereka bersama mengembangkan teknik baru dalam seni rupa dengan melukis berdasarkan efek-efek pantulan cahaya yang ditangkap mata. Pada Juni 1861 Monet bergabung dengan pasukan Resimen I Kavaleri Ringan Afrika di Aljazair untuk dua tahun dari tujuh tahun masa wajib militer.memilih memperhatikan jendela dan melukis pemandangan dengan peralatan dan tekniknya sendiri. sekitar 1872 . soleil levant) yang menggambarkan pemandangan Le Havre. yang menaikkan popularitas dirinya. dan kemudian bertemu Pierre-Auguste Renoir.1871). Di sinilah banyak karya terbaiknya dihasilkan. Karena merasa bertentangan dengan pelajaran klasik yang diajarkan di universitas. Turner. Karya Monet Camille atau La Femme à la Robe Verte pada 1868. desa di Seine di dekat Paris. Sunrise (Impression. adalah salah satu dari sekian banyak dari lukisan dengan objek calon istrinya. Tapi penyakit tipusnya membuat bibinya Madame Lecadre menyarankan untuk keluar dari militer dan menyelesaikan studi seni rupanya di universitas. W. awal dari aliran yang sekarang kita kenal sebagai impresionisme. Camille Doncieux. M. Impression. soleil levant) (1872/1873) Saat kembali ke Paris. Di sana ia belajar kepada John Constable dan J. Sunrise (Impression. yang lukisannya menjadi inspirasi untuk Monet dalam memahami warna. Pada rentang waktu 1871 hingga 1878 Monet tinggal di Argenteuil. lukisan ini ditampilkan dalam pameran Impresionis pertama pada 1874 dan hingga kini menjadi koleksi Musée Marmottan- . Monet mengungsi ke Inggris untuk menghindari konflik. Frederic Bazille. dan Alfred Sisley. ia kemudian bergabung dengan studio Charles Gleyre di Paris. Selama masa Perang Perancis-Prusia (1870 .1873 ia melukis Impression.

Paris. Monet melakukan perjalanan ke Mediterania dan melukis banyak pemandangan darat dan laut seperti Bordighera. Selain itu diduga ia juga terkadang bisa mendeteksi pantulan sinar ultraviolet akibat perlakuan pembedahan katarak. yang kemudian ditatanya dengan halaman kebun yang besar dan berusaha dilukisnya kembali hingga akhir hayatnya. di Haute-Normandie. Dua puluh sudut pandang ini kemudian dipamerkan di Durand-Ruel pada tahun 1895. pada 17 Maret. Mereka tinggal di Poissy. Water Lily Pond (Le bassin aux Nymphéas) (1899) Pada kurun waktu 1883 hingga 1908. Lukisannya pun berubah menjadi mempunyai tonality merah. . Dari judul yang sebenarnya asal pilih ini. Michel. Alice Hoschedé membantu merawat kedua anak Monet. Seri pertamanya adalah Katedral Rouen from dari berbagai sudut pandang dalam waktu berbeda-beda sepanjang hari. Istri Monet kemudian meninggal akibat tuberculosis pada 1879. yang kemudian malah terkenal sebagai identitas utama mereka. Kritikus Louis Leroy memberikan sindiran "Kaum Impresionis". Pada periode 1880-an dan 1890-an. Pada 1870. karya Monet banyak berkutat pada eksperimen lukisan dengan berbagai variasi sudut pandang dan cahaya. Monet and Hoschedé menikah pada 1892. Istrinya Alice meninggal pada 1911 dan anaknya Jean pada 1914. Monet and Doncieux menikah dan pada 1873 pindah ke rumah di Argenteuil di dekat Sungai Seine. Pada April 1883 mereka pindahke rumah di Giverny. suatu hal yang wajar menjadi pemandangan sehari-hari bagi penderita katarak.Monet. Bangunan penting juga menjadi subjek utama Monet di sana. Mereka mendapat anak kedua. Katarak menjangkitinya sehingga harus menjalani dua kali operasi pada1923. Eure. 1878.

bekerja di rumah sakit neurologi dimana dia menggunakan . mereka tergabung dalam gerakan Dada yang percaya bahwa pikiran rasional serta nilai borjuis yang berlebihan akan mengakibatkan konflik mengerikan di dunia. Selama masa perang. Banyak seniman surealis yang menyebut karya mereka—pertama dan utama—sebagai ekspresi gerakan filosofis. ketua gerakan. antara lain di film “Angel’s Egg” dan “El Topo”. surealisme menyebar ke seluruh dunia hingga pada akhirnya muncul di layar lebar. tulisan. Dadaisme masih berlanjut hingga perang usai dan mereka telah kembali ke Paris. Rumah dan tamannya yang sudah menjadi terkenal menjadi daya tarik utama bagi turis di Giverny.Setelah operasi ia banyak menggarap ulang karya-karyanya terdahulu.Di rumah ini juga banyak ditemukan karya-karya grafis Jepang. pertunjukan. Sejak tahun 1920an. Surealisme dibentuk dengan pusat gerakan di Paris. André Breton yang terlatih di bidang pengobatan dan psikiatri. serta karya seni yang menolak seni anti-rasional. Pendanaan Gerakan Perang Dunia I menyebabkan para seniman dan penulis yang semula terkumpul di Paris berpencar. Berawal dari dadaisme di masa Perang Dunia I. SUREALISME Surealisme adalah gerakan budaya yang berawal tahun 1920an dan terkenal karena karya visual serta tulisan dari anggota kelompok tersebut. Bahkan André Breton. secara eksplisit menyebutkan surealisme merupakan gerakan revoulusioner. Selama berada di luar Paris. Para Dadais memprotes pertemuan. Ciri karya surealis ialah adanya kejutan (element of surprise). kombinasi unik dan non sequitur. Monet meninggal pada 5 Desember 1926 pada umur 86 dan dikuburkan di pemakaman gereja Giverny.

Robert Desnos. Aragon dan Soupault. Hans Arp. berkata demikian: “Satu hal yang membedakan saya dan orang gila adalah saya tidak gila. Jacques Vaché.” Ketika kembali ke Paris. Karya Freud mengenai asosiasi bebas. analisis mimpi. Antonin Artaud. Nounveau. sosial dan politik. dengan membebaskan manusia dari apa yang mereka lihat . yaitu tulisan yang dibuat tanpa menyensor pikiran si penulis. Georges Malkine. Max Morise. Breton dan Soupault lebih dalam mengekplorasi otomatisme dan menulis novel berjudul “The Magnetic Fields” (Les Champs Maqnétiques) tahun 1920. saya sukses bekerja sama dengan Rimbaud. André Masson. Jacques Baron. Max Ernst.metode psikoanalisis Sigmund Freud pada para tentara yang mengalami shell-shock. budaya. Breton sangat memuja sikap anti sosial dan ejekan-ejekannya pada tradisi artistik terkenal di masa itu. Selain Breton. Gala Éluard. Mereka terus menggunakan otomatisme serta mengumpulkan lebih banyak seniman dan penulis ke dalam kelompok mereka. Simone Breton. Raymond Queneau. Mereka mulai percaya bahwa otomatisme adalah taktik lebih jitu bagi perubahan sosial jika dibandingkan dengan serangan langsung Dada pada nilai-nilai yang berlaku. seorang idiosinkratik. Mereka juga merujuk dialektika Marxis dan karya pencetus teori lain seperti Walter Benjamin dan Herbert Marcuse. Joan Miró. René Crevel. Surealisme menganggap penting ekspresi ilustratif sederhana—asal pengaturannya harus terbuka pada batas imajinasi sesuai dengan Dialektika Hegel. seniman surealis lain meliputi Paul Éluard. seorang pataphysician. dan Lautréamont. Man Ray. “Dalam sastra. Georges Limbour. Namun pada Jacques Vaché-lah saya paling banyak berterimakasih. Salvador Dalí. mereka menolak ide kegilaan terselubung atau kegelapan pikiran. Breton bahkan menulis. Dia juga bertemu dengan penulis muda. Jacques Prévert dan Yves Tanguy. Sementara Dadaisme menolak kategori dan label. lalu mempublikasikannya berikut tulisan tentang mimpi dalam jurnal mereka. dan kesadaran tersembunyi merupakan aspek terpenting bagi para surealis dalam mengembangkan metode membebaskan imajinasi.” Kelompok surealis bertujuan memperbaharui pengalaman manusia. meliputi aspek individu. Breton bergabung dengan gerakan Dadaisme dan membuat jurnal sastra Littérature bersama dengan Louis Aragon dan Philippe Sopault. Marcel Noll. Apollinaire. Jarry. Marcel Duchamp. Mereka mulai berekperimen dengan tulisan otomatis. Pierre Naville. Roger Vitrac. Benjamin Péret. Michel Leiris. dan merasa bahwa dia adalah “anak” dari Alfred Jarry. Meskipun menerima ketidakbiasaan (idiosyncrasy).

kebiasaan (custom) dan pola (structure) terbatas. karena perilaku "keteaterannya" yang eksentrik kadang-kadang membayangi hasil karyanya di perhatian publik. Dia mengakui bahwa dia mencintai melakukan hal yang tidak biasa untuk menarik perhatian dirinya sendiri. Ia dikenal lewat karya-karyanya yang surealis. b. Hasil karya dikenal karena kombinasi mimpi aneh (bizzare) dengan draftmanship dan keahlian menggambar yang luar biasa dipengaruhi oleh master Renaissance. Di tahun yang sama mereka mendirikan Biro Penelitian Surealis dan mulai mempublikasikan jurnal La Révolution surréaliste. Rene Magritte . Dali seorang artis dengan talenta dan imaginasi yang besar. Breton mengumumkan bahwa tujuan sejati surealisme adalah revolusi sosial.sebagai rasionalitas palsu. surealisme dapat disejajarkan dengan komunisme dan anarkisme. Salvador Dali Salvador Felip Jacint Dalí Domènech (11 Mei 1904 – 23 Januari 1989) adalah salah satu pelukis terpenting dari Spanyol. Beberapa tokoh surealisme: a. Tahun 1924 mereka mengumumkan rencana dan pemikiran mereka dengan dipublikasikannya Manifesto Surealis Pertama. yang kadangkadang mengganggu penggermar yang mencintai lukisannya dan juga para pengkritiknya. Pada batas ini.

Rene Magritte adalah seorang pelukis yang berfokus pada realitas yang berlawanan. Melalui lukisan dan banyak lagi. entah bagaimana lebih nyata dan dpt dinyatakan daripada yang ditentukan oleh trik-trik ruang khas Surrealis lainnya. Realitas itu. sebuah awan besar melayang akan mengisi gelas anggur saja. item dan orang yang Anda bisa berjalan ke pada hari-hari biasa. dan seniman bisa membuat seorang wanita telanjang riil melalui kuas. orang-orang dan item yang rata-rata orang akan langsung menyamakan makna dengan Magritte kemudian bisa pecah. entah. Mungkin ini karena subjek Magritte itu adalah mata pelajaran biasa. dan entah bagaimana. realitas Magritte adalah untuk menentang realitas. Dalam karyanya. . menentang realitas juga mendefinisikannya. pipa sedang melukis sebuah pipa.