P. 1
24492415-Gametogenesis-Pada-Tumbuhan

24492415-Gametogenesis-Pada-Tumbuhan

|Views: 504|Likes:

More info:

Published by: Fedra Helmi Pamungkas Bintoro on Nov 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2014

pdf

text

original

Gametogenesis Pada Tumbuhan

Seperti hewan dan manusia, tumbuhan juga membentuk gamet untuk jenisnya pada tumbuhan berbiji, gamet jantan di bentuk didalam gametofit jantan, yaitu kepala sari.

Mikrosporogenesis

Yaitu proses pembentukan gamet jantan pada tumbuhan . gamet jantan diproduksi didalam butir serbuk sari melalui pembagian generatif sel menjadi dua inti sperma. Kepala sari ( anther ) tersusun oleh 4 ruang serbuk sari yang disebut dengan microsporangium.

Dalam microsporangium itu terkandung sel – sel induk mikrospora ( mikrosporosit ) yang diploid ( 2n kromoson ) dan memiliki sitoplasma dan nucleus yang besar.

Secara lengkap proses Mikrosporogenesis adalah sebagai berikut : • Nukleus sel induk mikrospora membelah diri secara miosis. Dari setiap satu nukleus terbentuk 4 nukleus baru yang memiliki • Terbentuk dinding pemisah yang memisahkan tiap2 nukleus sehingga terbentuk 4sel mikrospora itu disebut tetrad. • Tiap2 sel mikrospora memisahkan diri namun tetap berada didalam microsporangium.

Sari satu inti generatik terbentuk 2 inti genetatif yang masing masing haploid. • Sel mikrospora tumbuhmenjadi serbuk sari dan sel vagetatif membentuk buluh serbuk sari. Dengan demikian didalam buluh serbuk sari terkandung 3 inti yaitu satu inti vagetatif ( inti sel tabung ) dan dua inti genetif (inti sperma).pada saat itu sel mikrospora tumbuh menjadi serbuk sari.• Inti dari sel mikrospora kemudian mengalami pembelahan pembelahan ini disebut kariokinesis) sehingga tiap2 sel mikrospora mempunyanyi dua inti satu inti disebut inti sel tabung (inti vagetatif) dan inti lainnya disebut inti genetif. Kedua inti genetif terbentuk 2 inti genetif sperma. • Sel genetatif dalam buluh sebuk sari membelah lagi namun tidak terjadi sitokinesis. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->