Membuat Dokumen Baru Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsungditampilkan dokumen kosong

yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak s e c a r a o t o m a t i s m e n ye d i a k a n d o k u m e n k o s o n g , a d a 2 c a r a ya n g d a p a t m e n j a d i alternatif dalam membuat dokumen baru. 1. Click icon atau tekan Alt+F

New Blank Document 2. Tekan Ctrl+N pada keyboard C.Membuka File yang sudah Tersimpan Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder komputer kalian, antara lain : 1. Click icon atau tekan Alt+F

Open 2. Tekan Ctrl+O pada keyboardDari ketiga cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open File, pilihfile yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.

E.Menutup File Dokumen 1. Click icon atau tekan Alt+F

Close 2. Klik icon pada ribbon F.Menutup Jendela Microsoft Word Pada saat menutup jendela Microsoft word, anda pastikan terlebih dahulu bahwadokumen telah tersimpan dengan benar.

A . 4. tekan tombol Shift+Enter. B. lakukan : 1. M e n g e d i t T e k s Jika anda membuat kesalahan selama penulisan teks. Click pada kanan atas dari jendela Microsoft Word I I I . Tekan Ctrl+Y pada keyboard. Click icon copy pada ribbon 3. Tekan tombol BacksSpace pada keyboard untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip. Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf. ada juga cara lain dengan menggunakan keyboard. u n t u k menghapus teks 5. Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus karakter di kanan titik sisip. M e n g c o p y T e k s Untuk meng-copy teks yang anda pilih ke lokasi lain.Block teks yang akan anda copy 2. untuk melakukan pengualangan teks (repeat). 2.1. Click icon paste pada ribbon Selain cara copy-paste di atas.Untuk mengcopy gunakan Ctrl+C sedangkan untuk paste gunakan Ctrl+V . Click icon atau tekan Alt+F Exit Word 2. 3. Tekan Ctrl+Z p a d a k e yb o a r d a t a u k l i k i c o n U n d o p a d a r i b b o n . Anda dapat m e m p e r b a i k i n ya dengan : 1.Memformat Teks .

Mengatur Perataan Teks Paragraf Perataan teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan posisi rata sisi kiri ( left-align .Anda dapat mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :1. kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.Untuk mengatur teks anda dapat menggunakan grup Font yang ada pada ribbon. Bullets danNumberingIndent A. T e m p a t k a n k u r s o r p a d a p o s i s i a w a l k e m u d i a n m e n g a t u r f o r m a t n y a .2 . Mengatur Paragraf Untuk mengatur paragraph anda dapat menggunakan grup Paragraph pada ribbon.Block teks yang akan anda format. semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi awal akanm e n g i k u t i f o r m a t ya n g A n d a p i l i h s a m p a i A n d a m e l a k u k a n p e r u b a h a n kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain dari dokumen.A t a u d a p a t j u g a d i a t u r d e n g a n m e n g g u n a k a n k o t a k d i a l o g Font dengan hotkey Ctrl+D atau Ctrl+Shift+F Mengubah jenishurufMengubahukuran hurufMewarnai fontMenambahkan efekpada fontMengatur stylefont IV. Dengan cara ini.

Mengatur Jarak Spasi Baris Apabila diperlukan.Latihan:Buatlah paragraf di bawah ini dengan spesifikasi: Spasi = 1. B.Mengatur Indentasi Anda dapat mengatur indentasi paragraf terhadap margin kiri. margin kanan ataukeduanya.5 Tipe huruf = Times New Roman Size huruf = 12 . Anda juga dapat membuat indentasi hanya pada baris pertama.rata sisi kanan ( right-align ). Anda dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. ditengah ( center ) dan rata sisi kiri dan kanan ( justify ).). C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful