PROPOSAL STUDI TOUR KEPALA MTs DI LINGKUNGAN KKM KOTA PALANGKARAYA A.

LATAR BELAKANG SDM guru yang unggul menjadi tuntutan bagi kemajuan lembaga pendidikan, dan keunggulan akan tercapai bila guru mau berkerja keras belajar dan menggali pengalaman dari orang lain yang lebih maju. Banyak cara yang bisa dilakukan antara lain dengan diklat-diklat, training khusus bidang studi dan yang tidak kalah pentingnya adalah dengan menerjunkan langsung guru ke tempat-tempat atau sekolah yang sudah maju. Belajar ke soklah-sekolah yang telah lebih dulu maju, akan banyak memberikan efek positif kepada guru, karena dengan melihat dan mempelajari langsung maka para guru akan lebih terbuka wawasan dan intlektualnya, sehingga ke depan guru tersebut mampu menerapkan konsep ideal yang telah dipelajarinya di lapangan. Lebih jauh lagi, maka pendidikan akan berkembang lebih maju lagi. B. NAMA PROYEK Proyek ini adalah STUDI TOUR KEPALA MTs SEKOTA PALANGKARAYA C. TUJUAN DAN MANFAAT 1. Tujuan Tujuan dari kegiatan ini adalah: a. Membuka wawasan para Kepala MTs sekota Palangkaraya tentang konsep dan penerapan pendidikan bermutu. b. Secara gradual dan terencana Kepala MTs Kota Palangkaraya mampu menerapkan konsep pendidikan bermutu di madrasah-madrasah yang dipimpinya. c. Akan memajukan mutu peserta didik yang bersekolah di MTs khususnya, dan warga pelajar di Kota Palangkaraya umumnya. 2. Manfaat Secara umum proyek ini akan memberikan manfaat secara langsung kepada peningkatan mutu siswa di Kalimantan Tengah, dan secara khusus akan turut membawa citra Kota Palangkaraya sebagai kota pendidikan. D. TEMPAT TUJUAN Direncanakan tujuan studi tour atau wisata belajar ini adalah di SLTP-SLTP (SMP dan Madrasah Tsanawiyah) yang berada dikota Medan. Dipilih Kota Medan karena kultur dan tradisinya memiliki banyak kemiripan dengan warga kota Palangkaraya. E. PESERTA Peserta yang ikut serta dalam studi tour ini adalah : 1. Kepala MTs sekota Palangkaraya = 15 orang 2. Pejabat terkait = 3 orang Seluruhnya berjumlah 18 orang. F. ANGGARAN DANA Anggaran dana bersumber dari masing-masing sekolah peserta dan dari donatur atau bantuan Pemrintah Daerah. Adapun rincian biaya perjalanan (transportasi dan akomodasi) adalah sebagai berikut : - Ticket pesawat P.Raya - Medan (PP) = - Transportasi Darat (di Medan) = - Penginapan ( 3 hari ) = - Makan pagi

Mengingat situasi yang seperti itu kami dari SMP(SLUB) Saraswati 1 denpasar bermaksud untuk mengadakan karya wisata sekaligus studi banding ke beberapa sekolah yang ada di jakarta. Masing-masing peserta Rp.000. 1. .000.. 3. 1.18.000. 200. Diantara pengaruh yang ditimbulkan dalam bidang pendiddikan itu diantaranya menyangkut pola dan prilaku antara guru dan siswa. BIAYA Untuk kegiatan Karya Wisata (study banding) masing masing peserta dikenai biaya sebesar Rp 1..Makan siang dan malam Jumlah = Rp.000.000.000. bla bla bla …………………………………. Saling bertukar pengalaman bagi guru dan siswa dengan para guru dan siswa di sekolah yang dikiunjungi. Saling mempererat rasa persaudaraan sebagai sesama guru dan juga siswa demi tujuan yang lebih besar yaitu persatuan dan kemajuan bangsa indonesia. Bnatuan Pemda = Rp.= Rp. 4. LATAR BELAKANG Kemajuan yang terjadi dalam berbagai bidang kehidupan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam bidang pendidikan.182. juga cara mengajar guru dan belajar siswa yang semakin hari perlu adanya inovasi dan kreasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.300.1.dengan tidak menutup kesempatan bagi siswa kelas lain yang berkeinginan untuk ikut serta . Melakukan pengamatan terhadap situasi sekolah yang dikunjungi untuk selanjutnya melakukan perbaikan yang dianggap perlu.Rincian Sumber Dana : 1.2. bandung dan jogyakarta.000.000. TUJUAN Melalui kegiatan karyawisata dan studi banding ini diharapkan para guru dan siswa 2. 2. WAKTU Kegiatan Karya Wisata (study banding) akan dilaksanakan pada liburan semester pertama pada bulan Desember yaitu tanggal : 1.(Puasss…………!!!!!) Demikian proposal ini kami buat. Mengingat situasi dan kondisi yang seperti tersebut perlu kiranya para guru dan siswa diberikan pengenalan serta wawasan yang berbeda dari situasi yang dihadapi sehari-hari melalui kunjungan ke sekolah – sekolah yang memiliki latar belakang serta kondisi yang berbeda dari sekolah mereka sendiri.00 untuk keperluan sesuai dengan jadwal kegiatan terlampir. 1. 1..000. CONTOH LAINNYA : KOP SURAT PROPOSAL 1. PESERTA Peserta yang ikut dalam Karya wisata kali ini diikuti oleh anak anak dari kelas unggulan dan kelas pilihan. Memberikan suasana baru bagi guru dan siswa sehingga mampu membangkitkan motivasi untuk meningkatkan kinerja mereka. siswa dengan siswa lainnya baik dalam lingkungan sekolah maupun didalam lingkungan masyarakat.

rombongan melanjutkan perjalanan ke Jakarta .rombongan diantar tour mengunjungi obyek wisata : 1.00 Wita 06..ganti pakaian .00 Wib 07. RI II 05. ( Menginap 2 malam di Jakarta + 1 malam di Bandung dan transit 1 x di Yogyakarta ) Hari Jam 01. Shoping di Mega Grosir Cempaka Emas Rombongan kembali ke penginapan – istirahat makan malam – acara bebas Setelah istirahat makan pagi . tour ke : 1. makan pagi) di restaurant Setelah istirahat makan pagi.00 Wib Rogram Tour Rombongan berangkat dari sekolah menuju Jakarta Istirahat makan pagi di perjalanan (Restaurant) Istirahat makan siang di perjalanan (Restaurant) Istirahat makan malam di perjalanan (Restaurant) Rombongan tiba di daerah Pemanukan – transit (mandi..00 Wib Kunjungan ke Gedung MPR /DPR.30 Wib 19.00 Wib IV 12. Dufan – Ancol (tiket terusan / semua permainan ) 2.00 Wib . Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 3. Ketua Panitia ………………………………….. KOP SURAT Study Tour SMP (SLUB) Saraswati I Denpasar Rute : Jakarta – Bogor – bandung – Yogyakarta Denpasar.C/O hotel.00 Wib Setelah acara kunjungan selesai.00 Wib 18. Menonton di Theatre IMAX Keong Emas 4.00 Wib 18. Monas Selanjutnya rombongan diantar ke penginapan Rombongan tiba di penginapan – istirahat makan malam – acara bebas Istirahat makan pagi di Hotel Selanjutnya rombongan mengadakan kunjungan ke salah satu SLTP di Jakarta + makan siang (nasi kotak) III 07.00 Wib 11. Monumen Pancasila Sakti + makan siang (nasi kotak) 2.Mengetahui : Kepala SMP ………………………………….00 Wib 16.30 Wita I 11. tour ke : Taman Safari – Cisarua – Bogor Setelah acara tour selesai rombongan melanjutkan perjalanan ke Bandung Via Puncak Makan siang di daerah Puncak (nasi kotak) Rombongan tiba di Bandung dan diantarkan langsung ke penginapan istirahat makan malam di penginapan – acara bebas 07. ……………….

Penginapan sekelas Wisma PHI. rombongan diantar tour mengunjungi obyek 1.30 Wita Biaya tesebut sudah termasuk : 1. Penyeberangan + Tol + Parkir + Tour Leader disetiap bus KOP SURAT PANITIA Penanggung Jawab : ……………………………………. Museum Geologi + makan siang (nasi kotak) 2. makan pagi) di hotel melati Setelah istirahat makan pagi C/O hotel. tour ke : VI 04. kamar mandi di luar 1.ganti pakaian.Desa wisata ( 1KMR = 4 – 8 orang) bed tingkat. Bus AC (Non Toilet) + video + tape + makan sebanyak 20 kali 2. Malioboro Rombongan melanjutkan perjalanan pulang ke Bali + makan malam di perjalanan (restaurant) Istirahat makan pagi diperjalanan (restaurant) Istirahat makan siang diperjalanan (restaurant) Rombongan tiba di Sekolah – terima kasih VII 06.Setelah istirahat makan pagi C/O penginapan selanjutnya rombongan mengadakan kunjungan ke salah satu SLTP di Bandung V 07.00 Wib 1. Pusat sepatu Cibaduyut – Bandung Rombongan melanjutkan perjalanan pulang ke Bali + makan malam di perjalanan (restaurant) Rombongan tiba di Yogyakarta – transit (mandi.00 Wib 19. Candi Borobudur 4. Tiket masuk ke obyek wisata + asuransi selama tour + obat obatan 2. Keraton Yogyakarta 2. Ketua : ……………………………………… Sekretaris : ……………………………………… Bendahara : ……………………………………… Anggota : ……………………………………… ……………………………………… ……………………………………… ……………………………………… .00 Wib 12.30 Wita 17. Prambanan + makan siang (restaurant) 3.00 Wib 19.00 Wib Setelah acara kunjungan selesai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful