P. 1
Laporan Akhir

Laporan Akhir

|Views: 334|Likes:
Published by Sayya Umi

More info:

Published by: Sayya Umi on Nov 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2014

pdf

text

original

TUGAS MULTIMEDIA

Perancangan Aplikasi Pengenalan Program Studi Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara Menggunakan Flash

Disusun Oleh : Muhammad Zaen Nawawi Umi Hani Berlian Gaus Pangeran David Sitorus Siska Maria Aritonang Franheit (081402022) (081402032) (081402012) (081402066) (081402004) (081402041)

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA 2010

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan Aplikasi Pengenalan Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara sebagai implementasi kami dalam pembelajaran Pengenalan Multimedia:Internet dan Web (TPL-1). Pembuatan Aplikasi ini ditujuakan untuk media pengenalan/promosi Program Studi Teknik Informatika USU kepada dunia pendidikan, terutama para pelajar yang berniat untuk mengikuti program Teknik Informatika di Universitas Sumatera Utara ini. Kami berusaha membuat aplikasi ini sebaik-baiknya. Namun bagaimanapun kami menyadari bahwa dalam pembentukan aplikasi ini masih banyak terdapat kekurangan. Tentu tak ada gading yang tak retak, dari itu kami mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan aplikasi ini. Ucapan Terima Kasih kami ucapkan kepada Orang tua kami yang telah member banyak bantuan dan dukungan baik moril dan material demi terwujudnya aplikasi ini. Dosen Program Studi Pengenalan Multimedia:Internet dan Web (TPL-1) yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan aplikasi ini. Kepada semua pihak yang juga ikut membantu terbentuknya aplikasi ini, baik secara langsung ataupun tidak langsung, Akhir kata, semoga aplikasi ini dapat bermanfaat dan berguna untuk lebih mempromosikan Teknik Informasi USU.

Medan, Desember 2010

1

BAB V PENUTUP…………………………………………………………………. Menutup Aplikasi ……………………………………………………. Sistematika Penulisan Laporan………………………………………. BAB II LANDASAN TEORI. Menjalankan Aplikasi ………………………………………………… 4. Saran………………………………………………………………….5.2.... Kesimpulan…………………………………………………………… 5.1.1. Pembuatan Animasi…………………………………………….. Bagan Alur………….. 3....…………………………………… 3. 1.3. DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………… 1 2 3 3 4 4 4 5 5 5 6 6 7 7 8 7 7 8 8 9 9 9 10 10 12 13 13 13 15 16 16 16 17 2 .2.2. 1..1. 1. 1. Latar Belakang………………………………………………………. Alokasi Waktu Pengerjaan …………………………………………… 3. Pembatasan Masalah………………………………………………….1... Tanggung Jawab perorangan dalam Kelompok …………………….5. 3. ..…………………………. 3.. Pembuatan Audio Video………………………………………..3.3. 3.. 1. Perumusan Masalah………………………………………………….4.…………………………………………………...1 Pengertian Multimedia………………………………………………… 2.6. Metodologi Kerja……………………………………………………. Memilih Menu………………………………………………………… 4...DAFTAR ISI KATA PENGANTAR…………………………………………………………… DAFTAR ISI …………………………………………………………………… DAFTAR TABLE……………………………………………………………….2.5. 1. Maksud dan Tujuan………………………………………………….2. Pembuatan Audio Animasi.2.2.4.. 5.7.2.1. BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………… 1.3.2.2.2 Pengenalan Flash……………………………………………………… BAB III PERANCANGAN DAN DESAIN APLIKASI. Pembuatan Picture ……………………………………………. 2.………………………………………………… 3.2.. 3. Pembuatan Presentasi Video…………………………………… 3. Pembuatan Aplikasi dan Finishing System……………………………. Pembuatan Album Foto………………………………………… BAB IV CARA KERJA APLIKASI……………………………………………… 4. DAFTAR GAMBAR ………………………………………………………….

Tampilan Home………………………………………………………………… Gbr06. Skema Pembuatan Animasi…………………………………………………… Gbr03. Sub Menu Home………………………………………………………………… 10 12 12 15 16 16 16 DAFTAR TABEL Tabel01. Bagan Alur Aplikasi …………………………………………………………… Gbr02. Tahap-tahap pembuatan Animasi……………………………………………… Gbr 04. Memilih Menu Home…………………………………………………………… Gbr07. Alokasi Waktu Pengerjaan ………………………………………………… 11 3 . Gbr 05.Tampilan splash aplikasi……………………………………………………….DAFTAR GAMBAR Gbr01.

1629/D/T/2007 tanggal 6 Juli 2007 (pada saat didirikan bernama “teknik Perangkat lunak”) yang dalam awal pembukaannya dikelola di bawah fakutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara (FMIPA USU). Untuk mencapai harapan dari program studi ini yakni sebagai cikal bakal dari pembukaan satu falkultas.BAB I PENDAHULUAN 1. 4 . kami mencoba memanfaatkan teknologi multimedia untuk membuat suatu tampilan pengenalan Program Studi Teknik Informatika USU yang interaktif dan user friendly dengan dalam tampilan flash. Pemanfaatan teknologi informasi berupa multimedia yang menarik. Bertambahnya pengetahuan dalam bidang multimedia dan perancangan sistem kerja berbasis multimedia. baik itu di dunia hiburan. Pada Tugas ini. interaktif. Teknik Informatika USU termasuk dalam jurusan yang tergolong muda namun dinilai memiliki berpotensi yang sangat besar. dan komunikatif sangat banyak digunakan dan diminati oleh seluruh kalangan. 1.Maksud dan Tujuan Adapun pembuatan aplikasi ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan mengenai program studi Teknik Informatika secara lebih interaktif dan informatif dengan menggunakan teknologi multimedia dan aplikasi yang dapat digunakan dalam akses lokal maupun global. terutama kepada mahasiswa dan calon mahasiswa yang akan mengikuti program perkuliahan ini. maupun bisnis. Program studi ini diharapkan menjadi cikal bakal bagi pembukaan satu fakultas tersendiri yang berkonsentrasi pada bidang ilmu komputer dan teknologi informasi.2. pendidikan.Latar Belakang Teknik Inforamatika USU adalah satu program studi yang baru berdiri pada tahun 2007 melali SK DIKTI No. Tujuan Pembuatan Aplikasi ini sebagai berikut : 1.1. diperlukan suatu media yang mampu memperkenalkannya kepada dunia pendidikan.

Informasi-informasi apa saja yang akan ditampilkan pada aplikasi 2. - Aplikasi ini mampu dijalankan dalam akses format executable (format . Tinjauan pustaka.Metodelogi kerja Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas ini adalah sebagai berikut: 1.Perumusan Masalah Dalam tugas ini akan dilakukan perancangan dan pembuatan aplikasi multimedia pengenalan Teknik Informatika USU. 1.5. 5 . Pimpinan Program studi. Pembuatan aplikasi multimedia pengenalan Teknik informatika yang interaktif dan informatif menggunakan Flash.3.Batasan Masalah Batasan masalah dalam penulisan tugas ini adalah : Pembuatan aplikasi yang mampu menampilkan multimedia berupa tampilan flash. 2. Bagan alur untuk design aplikasi flash 4. daftar dosen. mempelajari buku. sejarah singkat Program studi TI USU. Sebagai salah satu bentuk apresiasi kami sebagai mahasiswa untuk lebih memperkenalkan Program Studi Teknik Informati USU ini dalam dunia pendidikan. perkiraan lapangan pekerjaan lulusan TI. visi dan misi USU dan prodi TI USU. Pengumpulan data. kalender pendidikan serta keorganisasian mahasiswa yang ada di TI USU.exe). 1. 1. Maka rumusan masalah yang terkait dengan hal diatas adalah sebagai berikut: 1. 4. artikel. 3. kurikulum TI. Sebagai bentuk Pengampikalsian dari pelajaran yang diperoleh pada bidang studi Pengenalan Multimedia. dan situs yang terkait dengan program studi Teknik Informatika USU dan penerapan multimedia dalam bentuk flash. mengumpulkan data-data yang terkait dengan proyek pembuatan aplikasi pengenalan program studi Teknik Informatika USU yang sedang dikerjakan. Design dan animasi yang baik dan interaktif yang sesuai dengan kalangan pendidikan khususnya mahasiswa dan calon mahasiswa teknik informatika USU. ketua jurusan dan sekretaris. Tujuan pembukaan Program studi teknik perangkat lunak. Penyesuaian Nama Program Studi TI USU. 3. Penggunaan software-software apa saja yang akan digunakan dalam pembuatan aplikasi flash.4. penjelasan singkat sistem kredit semester. Aplikasi yang dibuat berisi beberapa informasi antara lain: sejarah singkat FMPA USU.2.

Perancangan dan Desain aplikasi Pada bagian ini akan dijelaskan proses perancangan dan desain aplikasi.3. Pendahuluan Berisi tentang latar belakang pembuatan tugas. 1. tujuan pembuatan tugas. mengimplementasikan teknik multimedia dalam pembuatan aplikasi pengenalan program studi Teknik Informatika USU. Bab IV. kesimpulan yang diperoleh dari serangkaian kegiatan. Landasan Teori Berisi tentang penjelasan teoritis dalam berbagai aspek yang akan mendukung ke arah pembuatan aplikasi ini. 6 . Bab II. pembuatan laporan dan Audio pada animasi Flash Umi Hani  Penanggung jawab Ficture Pangeran David  Penanggung Jawab bagian Vidio Presentasi Berlian Gaus  Penanggung Jawab bagian Audio pada Vidio presentasi Siska Maria Aritonang  Penanggung Jawab data pembuatan Album foto pada Aplikasi ini  Franheit 1. Bab III. Implementasi.Tanggung Jawab perorangan dalam Kelompok  Penanggung Jawab Management aplikasi dan bagian animasi Flash  Muhammad Zaen Nawawi  Penanggung Jawab bagian pencarian data. Selain itu saran-saran pengembangan lebih lanjut dari tugas yang telah dibuat dituliskan pada bab ini. pembatasan masalahnya. serta sistematika yang digunakan dalam penulisan laporan tugas ini. Penutup Pada bab ini.6.7.Sistematika Penulisan Penulisan tugas akhir ini akan dibagi dalam beberapa bagian sebagai berikut : Bab I. Cara Kerja Aplikasi Pada bab ini akan dijelaskan secara singkat cara kerja atau manual procedure aplikasi yang dibuat Bab V.

Mengubah cara belanja Mengubah cara bisnis Mengubah cara memperoleh informasi Mengubah cara belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Contoh: video converence dan video broadcast Multimedia dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang periklanan yang efektif dan interaktif.BAB II LANDASAN TEORI 2. Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi dua. VGA dan Soundcard. dan output (speaker. LCD Proyektor). 7 . Kombinasi Media berati system tersebut memakai dua jenis media yakni media continuous dan media discrete. Sistem Multimedia Stand Alone Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk. alat input (keyboard. dan grafik. bidang pendidikan yakni dalam penyampaian bahanpengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara. grafik. monitor. dan merupakan computer-supported integration. contoh media diskrit : teks dan gambar. informatif. scanner. mouse. teks. animasi. dan video.1. mic). dan media kontinu: audio dan video. bersifat independence. Computer-supported Integration yakni sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. animasi. b. Dasar–Dasar Multimedia Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text. Pemanfaatan multimedia dapat memberi banyak perubahan dalam berbagai bidang. CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW). audio. serta bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan yakni Sistem ini harus terhubung melalui jaringan dan Adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. video. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/user. Suatu sistem multimedia disebut sistem Independence jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah. yakni sebagai berikut: • • • • • Mengubah mengubah waktu dan tempat kerja menjadi lebih efesien dan real time. Suatu system dapat dikatakan sebagai suatu sistem multimedia apabila system tersebut merupakan kombinasi media. dan interaktif. yakni: a.

Flash atau Macromedia Flash menjadi sangat populer dan langsung mendapat tempat di hati masyarakat dunia web karena dapat membuat menampilkan animasi dan interaksi di web. 2. 8 . presentasi cantik. animasi kartun. Sejak diperkenalkan pada tahun 1996.. banner di web. 2.2. Kelebihan dan Kemampuan Flash antara lain :  Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak. Televisi. cd-interaktif. 2. VCD. tetapi juga merupakan suatu teknologi pengembangan animasi standalone dan animasi web.2. animasi web.2. Swift 3D.• • Internet Multimedia juga bersaing dengan televisi dan radio dalam bidang informative dan hiburan.  Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web.2. aplikasi web dan handphone. Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe Flash. Vecta 3D. iklan TV. Dan lain sebagainya. Amara. Teknologi Flash Flash sekarang bukan hanya sebagai software saja dengan nama Adobe Flash. untuk digunakan pada halaman Web. DVD. Tetapi sejak bulan Desember 2005. sehingga dapat ditampilkan di Internet dengan bantuan plugin tertentu. membuat permainan (game).1. Kool Moves dan masih banyak lagi teknologi multimedia menggunakan flash lainnya yang dapat dimanfaatkan. perusahaan Macromedia dibeli oleh Adobe dan kini berganti nama menjadi Adobe Flash sejak versi 9 atau CS3. kartu elektronik.    Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi Dapat membuat website. tetapi bisa menggunakan software lain seperti SwishMax. Handphone dan PDA. CD-ROM. Pengenalan Flash Flash merupakan salah satu jenis program animasi vector yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc. Aplikasi ini terus dikembangkan menjadi Adobe Flash CS 4 dan versi terbarunya Adobe Flash C5.

3.2. Versi Macromedia atau Adobe Flash           Macromedia Flash 2 (1997) Macromedia Flash 3 (1998) Macromedia Flash 4 (1999) Macromedia Flash 5 (2000) Macromedia Flash 6 (2002) atau Macromedia Flash MX Macromedia Flash 7 (2003) atau Macromedia Flash MX 2004 Macromedia Flash 8 (2005) Adobe Flash 9 (2007) atau Adobe Flash CS3 Adobe Flash CS4 Adobe Flash CS5 9 .2.

pengaturan jadwal kerja. dan Misi danTujuan Visi dan Misi USU Visi dan Misi Prodi TI Tujuan Pembukaan Prodi TI Start Up Menu Utama Perkiraan Lapangan Pekerjaan Lulusan Kurikulum Daftar mata kuliah Kalender Akademik Staff Program Studi Organisasi Mahasiswa Album Foto Presentasi Vidio Gbr01.BAB III PERANCANGAN DAN DESAIN APLIKASI Perancangan Aplikasi Teknologi Informatika Universitas Sumatera Utara ini dibuat dalam beberapa tahap pengerjaan yakni menentukan pemilihan ide. audio. picture. Bagan Alur Aplikasi 10 . Pengguna aplikasi ini juga tidak harus menginstall flash player terlebih dahulu untuk menjalankan aplikasi ini. Aplikasi ini akan menampilkan informasi dalam bentuk text. dan animasi. Bagan Alur Adapun bagan alur dari Aplikasi Pengenalan Teknik Informatika USU adalah sebagai berikut: Informasi Umum Sejarah singkat FMIPA USU Sejarah Singkat Prodi TI Penyesuaian Nama Program Studi Visi. Adapun secara rinci dari proses pembuatannya adalah sebagai berikut: 3. Format akhir dari aplikasi ini adalah . Sistem Multimedia pada Aplikasi ini dirancang sebagai Standalone system. video.exe dimana aplikasi ini dapat langsung dijalankan tanpa bantuan jaringan ataupun server. membuat bagan alur.1. produsi aplikasi dan finishing project.

2. Pembuatan Aplikasi dan Finishing System Dalam pembuatan aplikasi ini kami membaginya dalam beberapa modul kerja yang saling terikat. 4. video presentasi. Alokasi Waktu Pengerjaan Pengerjaan Aplikasi ini mulai dilaksanakan pada pertengahan bulan September dan di diharapkan selesai tepat pada awal bulan Desember nanti.Aplikasi ini berisi tentang informasi Teknik Informatika USU secara umum yang mana kami berharap pengguna aplikasi ini nantinya dapat mengerti dan memahami gambaran umum tentang Teknik informasi USU . 11 .2.3. 3. Pengolahan Data untuk animasi flash. Alokasi Waktu Pengerjaan 3. dan pembuatan album foto 2. 2. Studi Pustaka Pengumpulan data dan informasi Teknik Informatika USU Tahap Kedua 1. Pembuatan Aplikasi ini kami kerjakan secara bersama-sama namun setiap anggota kelompok memegang tangungjawab atas suatu modul kerja sesuai pembagian tanggungjawab yang telah disepakati (dapat dilihat pada Bab I – Tanggung Jawab Perorangan Dalam Kelompok). Pembuatan Manual prosedur Laporan Akhir Tabel01. Pembuatan animasi flash Pembuatan video presentasi Ujicoba aplikasi Perbaikan dan penyempurnaan seluruh aplikasi Tahap Keempat 1. 2. 3. 3 Pembuatan bagan alur Pembuatan Design Tampilan animasi Flash Tahap Ketiga 1. Adapun Alokasi waktu pengerjaan dapat dilihat pada tabel di bawah ini: No Aktivitas Minggu ke1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 Tahap Pertama 1.

skema pembuatan Animasi  Tahap . Pembuatan Animasi Dalam pembuatan animasi ini.  Software Yang Digunakan: CorelDRAW X5 Adobe Flash CS3 Professional  Skema animasi yang akan didesain Gbr02.2. yaitu: 12 .Adapun Modul-Modil kerja tersebut adalah sebagai berikut: 3.ai dengan dua alasan. Tahap-tahap pembuatan Animasi   Desain dasar menggunakan corel draw sesuai dengan konsep desain yang telah dirancang. kami mengambil tema robotic dimana tampilan hasilnya akan member bernuansa robot.1.ai* Kami memilih format . Eksport desain dengan format *.Tahap Pembuatan Animasi Gbr03.

3. b. button click. applause dan lain sebagainya. dan tools lainnya. CorelDraw. Tahap finishing dan pemaketan data dan aplikasi dalam bentuk CD 3.Tahap Pembuatan Audio a. c.2. foto dan video presentasi Eksport aplikasi dengan format *. Pembuatan Presentasi Video   Software Yang Digunakan: Tahap .jpeg Theme color atau warna dominan untuk picture aplikasi ini adalah biru dan putih. Pembuatan Picture • • • • Picture Tools yang digunakan yakni adobe Photoshop.ai dan .dll untuk ekspot sound ke mp3 FFmpeg Import/Export Library: avformat-52.format . seperti pembuatan button dan latar tampilan animasi.2. dan . dengan tambahan Plug-ins: o o  LAME MP3 encoder: lame_enc..dll untuk vidio Tahap . Menggabungkan audio tersebut ke dalam animasi. Pembuatan gambar didesign untuk melengkapi kebutuhan animasi flash. pembuatan backsound.Tahap Pembuatan Video 13 .ogg. Format Picture: . Mencari data untuk sound efek seperti sound efek opened door. Menyesuaikan konsep desain animasi dengan konsep audio. 3. d.mp3. .4.  Format sound untuk aplikasi ini antara lain: . Pembuatan Audio Animasi  Software Yang Digunakan: Audacity.2.hasil format ini adalah picture dengan kualitas vector Vektor Bitmap .2.exe*.3.ai sangat compatible dengan Adobe flash karena dikembangkan dalam satu perusahaan (Adobe)     Merancang animasi menggunakan adobe flash CS3 Komponen-komponen yang telah dieksport kemudian di import ke library Flash CS3 Menyatukan animasi yang dibuat dengan audio.wav.

Merekam sound untuk video presentasi c. digunakan untuk mengedit ukuran foto yang telah diambil. d. c. dengan tambahan Plug-ins: o  LAME MP3 encoder: lame_enc.2.a. Membuat dan Mencari data untuk tampilan presentasi seperti picture. dan lain sebagainya. Menggabungkan audio yang telah dibentuk dengan tampilan presentasinya.5. Pembuatan Album Foto   Software yang digunakan adalah Paint dan Fotoshop. dan . Menyesuaikan konsep desain Video dengan konsep audio presentasi. o Memasukkan album foto tersebut ke dalam Aplikasi  Format akhir foto . Menggabungkan audio presentasi ke dalam video presentasi . Pembuatan Audio untuk Video Presentasi  Software Yang Digunakan: Audacity.Jpeg Gambar dengan format . rancang bangun.Tahap Pembuatan o Mencari data foto-foto tentang teknik informatia.mp3. o Merubah ukuran gambar. Tahap .5.  Format sound untuk aplikasi ini antara lain: . Menggabungkan antara sound recorded dan backsound e. b. o o o 2 Thn 2008 Thn 2009 Thn 2010 dan album lainnya 14 .Tahap Pembuatan Audio a.ogg.jpeg memiliki kapasitas yang lebih kecil Ukuran Gambar 1024 x 768  Album foto 1 Album foto gd. o Mengelompokkan gambar sesuai dengan jenis kegiatan atau jenis album. Mencari data untuk backsound.flv 3. 3. Menyusun konsep audio.  Format video untuk aplikasi ini antara lain: .2.dll untuk ekspot sound Tahap . b.

1. Memilih Menu Tampilan menu utama aplikasi Pengenalan Teknik Informatika USU adalah sebagai berikut: 15 .Tampilan splash aplikasi Tanpilan splash ini akan berjalan dalam waktu kurang lebih 10 detik dan kemudian aplikasi ini akan masuk pada tampilan menu utama. Menjalankan Aplikasi Aplikasi Pengenalan Teknik Informatika USU ini dapat dijalankan dengan mengklik dua kali BetaV2. 4.exe dan kemudian dilayar pengguna akan muncul tampilan splash dari aplikasi sebagai berikut: Gbr 04.2.BAB IV CARA KERJA APLIKASI 4.

Menu ini terdiri dari 3 sub menu : 1. Gbr07. pengguna kan masuk ke halaman Home ketika aplikasi ini pertama sekali dijalankan. Menu-menu pada aplikasi ini kami susun membentuk lingkaran. Secara default.Tampilan Home Pengguna dapat memilih tujuh menu yang terdapat pada bagian kanan tampilan aplikasi.Gbr 05. berisi informasi umum tentang Prodi Teknik Informatika USU. Gbr06. a. Adapun tampilan menu dan masing-masing sub menunya adalah sebagai berikut:  Menu Home. Apa bila pointer diarahkan pada salah satu menu maka akan muncul nama menu tersebut disamping gambar menu yang di tunjuk. Sub Menu Home Pengguna dapat mengklik salah satu sub menu untuk berpindah dari satu sub menu ke sub menu lainnya. Memilih Menu Home Sub menu dari menu aplikasi ini akan terlihat pada bagian tengah atas layar disampingnya. 16 .

 menu Pegawai.2. merupakan menu yang menampilakan foto-foto lokasi dan kegiatan di Teknik Informatika USU. 17 . Administrasi dan Dosen yang bekerja di Program Studi Teknik Informatika USU. f. Menutup Aplikasi Untuk menutup aplikasi ini pengguna dapat men-clik tombo “x” atau exit yang terdapat pada bagian sudut kanan atas layar aplikasi ini. berisi informasi Keorganisasian Mahasiswa Teknik Informasi e. Pada menu ini terdapat 4 sub menu: 1. 4. b. 2010  menu Organisasi. Menu Visi dan Misi. d.  Menu kurikulum. 2.  menu Gallery. 3. 3. c. Pada menu ini terdapat 2 sub menu: 1.3.  menu Video. 4. g. 2. merupakan presentasi dari pengenalan Teknik Informasi USU yang disajikan dalan tampilan video slide show. berisi Data diri Staff .

terutama masyarakat yang berkecimpung langsung di dunia pendidikan. 18 . Aplikasi ini dibentuk dalam bentuk tampilan Flash dengan software pengolahan animasi berupa adobe flash CS3 dan berbagai software pengolahan multimedia lainnya.5. Aplikasi pengenalan program studi ini nantinya akan dapat diakses secara langsung (dalam format .exe).4. 3. mengenai Program Studi Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara. khususnya para mahasiswa baru Teknik Informatika USU. Saran Aplikasi ini dapat dimasukkan dalam bagian kegiatan penyambutan mahasiswa baru Teknik Informatika USU dimana dengan adanya aplikasi ini mahasiswa baru Teknik Informatika USU dapat mengerti dan memahami gambaran umum Teknik Informatika USU. Aplikasi ini bertujuan untuk menampilkan informasi secara attractive dan creative guna meningkatkan pemahaman dan perhatian masyarakat. Kesimpulan Aplikasi Pengenalan Program Studi Teknik informatika ini merupakan pengimplementasian teknologi Multimedia dalam bidang advertisment atau promosi.BAB V PENUTUP 3. Isi dari aplikasi tentunya perlu mendapat penambahan dan perbaikan sesuai dengan perubahan dan kebijakan-kebijakan baru yang ada di lingkungan Teknik Informatika USU.

Bahan perhuliahan Pengenalan Multimedia:Internet dan Web (TPL-1).com/button.3%20Beta%20%28Unicode%29/help/manual/ index.html Free Audio Effect situs: http://www. http://belajar-flash.DAFTAR PUSTAKA Panduan Perkuliahan Program Studi S-1 Teknik Perangkat Lunak USU. Flash tutorial: Jubilee Enterprise.pacdv.blogspot. Efek-efek pilihan Flash CS3.2007.com/ Manual audacity: file:///C:/Program%20Files/Audacity%201.com/freesound2. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2008.htm 19 .html http://www.prankcallsunlimited. Medan: USUPress.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->