TUGAS BAHASA INDONESIA

\

NAMA KELAS& ABSEN PELAJARAN TAHUN

: : : :

************ XI A2/10 Bahasa Indonesia 2011

(ALAMAT SEKOLAH)
1. IDENTITAS BUKU

Martin.” kata Angel pada ibunya. mereka sudah berpacaran cukup lama.” “ Kalau begitu lekaslah kamu pergi dan berganti pakaian terbaikmu. SIPNOSIS Angel adalah seorang gadis berusia 23 tahun. pria berumur 25 tahun. Seorang playboy dan terlahir dari keluarga jutawan. Seperti biasa. sampai akhirnya Ia mendengar kabar bahwa Hendra akan melamarnya di sebuah taman . “ Bagaimana kamu yakin nak?” “ Tentu saja aku yakin.. Hendra akan melamarku malam ini dan kami akan bertemu di taman kota. dan Hendra bilang malam ini iya akan melamarku. “ Bu.Judul : Pengarang : Penerbit : Tahun Terbit Tebal : Harga My Last Love Agnes Davonar Inandra Published : 2010 ( cetakan pertama) 364 halaman : Rp. Angel begitu bergembira saat pulang dan memeluk ibunya. Martin bangun malam hari untuk pergi ke diskotik bersama teman-temannya. Disisi lain. ayah dan adiknya menganggap kerjaannya hanya bersenangsenang saja. Hobinya adalah bermain tennis dan berfoya-foya bersama perempuan serta teman-temannya. tempat dimana pertama kali bertemu.. Ia memiliki seorang kekasih bernama Hendra.000 2. sebab kami sudah merencanakan itu. Hubungan dengan keluarganya pun tidak baik. seorang gadis yang . Bekerja sebagai sekretaris sebuah perusahaan seluler. 35. Angel merasa bahwa Hendra adalah laki-laki yang tepat untuk dirinya.. 3 tahun lamanya.” Angel bergembira malam yang ia tunggu selama mereka berpacaran lebih dari 3 tahun kini menjadi akhir dari kisah cinta mereka. di jalan seorang gadis menelponnya. hanya sang ibu yang masih peduli padanya.

mereka pun pulang kerumah.menjadi incarannya. maka ia pun pergi menjemput bersama supirnya. Ratu tak terima. ia terus menelpon dan membujuk Martin. Martin terpaksa menolak dengan alasan ada urusan penting. ia bingung. Demi mengejar waktu pun ia melewati jalan pintas. Martin bingung. Gadis itu merayu Martin agar mau menginap bersamanya. ia pergi dengan Vespa peninggalan almarhum ayahnya. dengan kehidupan malam Martin. Hendra pun menelpon ibu Angel dan keduanya langsung pergi kerumah sakit dimana Angel dirawat. sebagian dari hatinya mengatakan kalau ia harus bertanggung jawab. Kakek tersebut pun menjelaskan apa yang terjadi. . Di taman. untung amarah sang ayah dapat diredam oleh ibu. Ibunya tahu bahwa ada sesuatu yang tidak beres. termasuk ratu. ia dibawa ke rumah sakit terdekat. Akhirnya Martin pun berjanji kalau masih ada waktu ia akan mendatanginya. Martin yang panik pergi tanpa tujuan. Martin dimarahi habis-habisan oleh sang ayah yang mempunyai sikap keras. Martin tak menyadari bahwa ada motor yang melintas berlawanan arah dengannya. Setelah menceritakan semua yang terjadi. Angel sedang bersiap-siap untuk pergi ke taman sesuai janjinya dengan Hendra. Namun karena ada janji dengan pacarnya yang lain. Sesampainya dirumah. ternyata yang muncul suara seorang kakek. Sambil berkendara ia memuutar musik dengan headset dari hp pemberian kekasihnya itu. ia menelpon kerumah dengan panik. ia sudah tidur dengan banyak wanita. tapi sisi pengecut darinya memaksa ia untuk kabur meniggalkan gadis itu sendiri. lalu ia pun memutuskan untuk meninggalkan gadis itu sendiri. Ratu. Sebenarnya. tabrakan pun tak terelakkan. Tak konsen berkendara. Warga yang melihat kejadian itu langsung berlari menuju tempat kejadian. ia lalu menelpon angel. Sang pengemudi motor yang ternyata Angel terhempas sejauh 10 meter. Sementara itu. Hendra yang sudah menunggu merasa bingung dan cemas.Warga yang datang langsung menolong.

2 bulan berlalu. 6 bulan berlalu. Angel mencoba untuk berdiri untuk pertama kalinya dari kursi roda. Hendra menopang kakinya untuk berjalan. ia masih hidup. Martin semakin gelisah.” “ Syukurlah. ia ingin pulang. Angel pun berusaha menerima kenyataan kini ia cacat. Hendra menemani kekasihnya. tapi karena tidak mempunyai pilihan. Hanya satu yang ingin ia tanyakan “ Ibu bagaimana keadaan korban yang aku tabrak?” “ Dia tidak mati. Ibunya bilang padanya tunggulah hingga 6 bulan ke depan. Ia sadar ia tidak akan pernah menjadi normal kembali.” . Angel masih berada di rumah sakit. tapi kakinya telah dinyatakan lumpuh dan kesempatan untuk sembuh sangat kecil. Walaupun merasa berat di hatinya. Awalnya Martin ragu bahwa rencana ini akan berhasil. ia yakin bahwa polisi tidak akan mudah percaya pada kejadian ini. Martin berada di Australia menghabiskan waktunya dengan minum dan minum dan bermain tenis untuk melepas kegelisahan hatinya. Memberikan dukungan batin dan kekuatan yang tidak bisa Angel bayangkan untuk hidup.Ibu Martin menemukan solusi masalah. ia akan menghadirkan tersangka palsu. ia menyarankan agar martin pergi keluar negeri mengasingkan diri untuk beberapa waktu. tersangka yang dibayar agar martin dapat terbebas dari hukuman. ia pun menuruti perkataan ibunya dan pergi mengasingkan diri ke Australia dan menghabisakan natal disana. bukan sebuah solusi yang bijak. tapi aku tetap ingin tau. Ia mulai sadar.

” “ Ibu kenapa bilang begitu. ia terbayang oleh gadis yang ia tabrak itu. dapat menerima dia apa adanya. Tentu . Hendra menolak. tentu saja dengan alasan untuk belajar bekerja dari bawah. Angel pun pamit pulang. Angel memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Hendra. sesampainya dirumah. tak sanggup mengangkat kepalanya. Martin telah kembali setelah ia mendapatkan kepastian kalau kasusnya telah selesai dengan orang lain yang bersedia mengantikan dirinya di penjara. lebih baik kamu tetap disana hingga kasus ini ditutup. ayahnya hanya bias member senyum iklhas sebagai tanda selamat jalan.. Namun hatinya pun tak dapat tenang. Tetapi Apa yang ia dengar saat ia sedang duduk di sofa ruang tamu sangat menusuk hatinya.” “ Berbeda. kebetulan gadis itu bekerja pada sebuah perusahaan milik ayahnya. karena ia takut kehadirannya hanya akan menambah beban hidup Hendra. Ia pun meminta pada sang ayah agar dipekerjakan di perusahaan tersebut. Suatu hari Hendra mengajaknya untuk bertemu orang tuanya. Ia pun berusaha mencari profil sang gadis.” 1 tahun berlalu. Angel mulai bisa berjalan dengan menggerakan kursi roda lewat tangannya. hadiah dari sang kekasih agar dapat bergerak lebih bebas. tapi akhirnya ia pun menerima keputusan Angel untuk berpisah dengan dirinya. ibu Hendra yang malu. bukan gadis cantik yang dulu kamu pertemukan dengan ibu. Ia gadis cacat. Tanpa sengaja ia mendengar apa yang ibu Hendra katakan. bagaimanapun dia adalah Angel yang sama.” Hendra menyadari bahwa Angel mendengar semua yang ia katakana dengan ibunya.“ Kamu akan tau kelak bila kamu pulang. ia merasa bahwa ia harus bertanggung jawab. ia berkata bahwa ia akan selalu mencintai Angel. “ Ibu tidak ingin punya menantu lumpuh dan cacat seperti itu. Hendra berusaha untuk tetap bertahan pada keputusannya. sama seperti saat aku membawanya pertama kali.

Tak berapa lama setelah kembali ke Indonesia.saja ayahnya setuju. ia bahkan senang mengira anaknya sudah berubah menjadi anak yang mandiri. begitu juga dengan perasaan cinta yang tumbuh antar keduanya. tapi lama-kelamaan ia menepis prasangka buruk itu. sampai ditemukan bahwa Martin adalah anak pemegang perusahaan ditempat ia bekerja. Angel pun mencari tahu tentang siapa Martin sebenarnya. dan sekaligus orang yang menyebabkan ia kehilangan kakinya. tapi tak untuk waktu lama. ia ingin menikahi gadis tersebut. Perlahan kaki Angel mulai membaik. Angel pun sempat curiga dengan sikap perhatian Martin yang tiba-tiba dan bagaimana seorang direktur perusahaan dapat tunduk pada seorang manager baru. bagaimana seorang Martin dapat mempunyai uang yang begitu banyak sampai-sampai ingin membawa dirinya untuk berobat ke Amerika. namun ia berkata bahwa ia butuh waktu untuk memutuskan. disana ia mendapat kabar baik bahwa kakinya mempunyai kesempatan untuk sembuh yang cukup besar. Setelah kaki Angel sembuh sepenuhnya. penyakit yang ia dapat karena sering berhubungan badan dengan teman wanitanya. . mereka pun kembali ke Indonesia. Keduanya pun senang. Akhirnya Angel setuju untuk dibawa berobat ke Amerika. namun Angel belum mengetahui bahwa Martin adalah pria yang menyebabkan ia kehilangan kakinya. hubungan Angel dan Martin pun semakin membaik. awalnya informasi itu membuat ia bimbang. namun ia merahasiakan itu dari Angel. Martin menyatakan cintanya pada Angel. tapi ia tahu bahwa keinginan Angel sesungguhnya adalah untuk sembuh. Martin mendapatkan kenyataan bahwa dirinya terinfeksi penyakit HIV. Martin berusaha keras agar Angel dapat menjalani hidup yang menyenangkan. Hari demi hari.

memutuskan untuk pindah rumah dan hidup sendiri. Namun. karena disaat.Perlahan keadaan tubuh Martin mengalami penurunan. tapi gadis itu dapat menerima Martin apa adanya. sampai akhirnya penyakit yang ia derita itu tak sengaja diketahui oleh keluarga. Andre. namun Angel tidak marah. Sampai suatu hari Martin mengakui siapa dia sebenarnya pada Angel. Mereka pun memutuskan untuk menikah. Namun perlahan mereka dapat menerima keadaan Martin. Akhirnya pada natal tahun 2009 ia meninggalkan istri dan anak yang berusia 6 bulan. . Martin yang tidak ingin merepotkan keluarganya. Mereka menikah dan dan mempunyai anak laki-laki yang diberi nama Martin Junior.karena ia sudah memaafkan kejadian itu semenjak dari lama. bahkan dengan penyakit semacam itu pada dirinya. tapi Martin senang. bahwa dialah yang menyebabkan Angel kehilangan kakinya. Ia tidak dapat lagi melakukan segala sesuatu seperti biasanya. Angel terkejut mendengarnya. mereka menganggap bahwa martin adalah aib bagi keluarga. Martin juga mengaku akan penyakit yang selama ini ia idap. Ayah dan adik Martin. ia tahu bahwa umurnya tidak akan lama lagi. tapi tidak ada yang tertular penyakit tersebut karena mereka mengikuti saran dokter. penyakit HIV yang diidap Martin semakin lama semakin ganas. awalnya tidak bisa menerima penyakit menjijikan yang ada di dalam diri Martin.saat terakhir hidupnya ia dapat membahagiakan Angel sebaik-baiknya. masing-masing keluarga dapet menerima kehadiran mereka dengan baik. penyakit HIV.

Perasaan yang terdapat dalam cerita dapat tersampaikan kepada pembaca.3. sehingga membuat pembaca merasa bosan. . dan juga terkandung nilai moral yang baik. KELEBIHAN & KEKURANGAN Kelebihan : Secara keseluruhan cerita tersebut cukup bagus. yaitu agar mengampuni dan dapat menerima apa seseorang adanya. Kekurangan : Ada bagian dari cerita tersebut yang cukup panjang dimana alurnya terasa datar. gaya bahasa yang digunakan pun menggunakan gaya bahasa sehari-hari sehingga dapet mudah dimengerti.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful