CERMIN CEKUNG

Cermin cekung adalah cermin Yng memiliki permukan dalam yang melengkung dimana permukaan bagian dalamnya dapat memantulkan cahaya. Jika suatu berkas sinar sejajar di jauhkan pada permukaan cermin maka sinar yang di pantulkan berpotongan di satu titik yang di sebut titik fokus atau titik api. Titik fokus berada di tengah-tengah antara titik pusat kelengkungan cermin di bidang cermin.Cermin cekung bersifat konvergen yaitu mengumpulkan berkas sinar. Pembentukan pada cermin cekung adalah sebagai berikut ; 1. Sinar sejajar sumbu utama yang meninggalkan benda akan di pantulkan

menuju titik fokus. 2. Sinar yang meninggalkan benda menuju ke titik fokus akan di pantulkan

sejajar sumbu utama.
3. Sinar yang meninggalkan benda menuju ke titik pusat kelengkungan P jatuh normal normal ( tegak lurus ) pada permukaan cermin.

Pembentukan Pada Cermin Cekung A. TUJUAN

1. Menentukan jarak titik fokus cermin cekung 2. Menentukan letak bayangan yang di bentuk cermin cekung B.

Alat dan Bahan Alat: 1. 2. 4. 5. 6. 7. • 1. 1.Lilin Meja optic Rel presesi yaitu rel yang di lengkapi dengan skala Cermin cekung dengan berbagai ukuran Layar / kertas Sumber cahaya (lilin) Pemegang lilin Bahan:

Peganglah cermin cekung menghadap sinar matahari secara langsung. Susunlah sumber cahaya (sebagai benda). Letakkan nyala lilin pada ruang III (dibelakang P) dan amati dan jarak nyala lilin ke cermin. atur-aturlah letak kertas sehingga kertas hangus atau terbakar.2. Korek api C. Geser-geser layar sampai kamu memperoleh gambar bayangan nyala lilin yang paling jelas. Menentukan bayangan benda a. b. 2.5 3 . Jarak benda.75 18. jarak cermin ke kertas yang terbakar adalah titik fokus. c. Pertanyan dan tugas 1. tulis sebagai jarak benda (S) c. layar dan cermin b. Ulangi langkah d dengan nyala lilin diantara P-f (ruang II) f. 1. Bawalah cermin keluar ruangan yang terkena sinar matahari. tulis jarak layar ke cermin sebagai jarak bayangan (S’) d. Ulangi langkah a sampai c untuk jarak benda yang berbeda-beda e. a. dan jarak focus No 1 2 3 4 S 25 28 31 34 SI 50 48 42 40 1/S+1/SI 1/25+1/50 1/28+1/48 1/31+1/42 1/34+1/40 1/f 0. Isilah jarak benda dan babyangan dalam table berikut. d. Ulangi langkah d dengan nyala lilin diantara f-O (ruang I) g. Ukur jarak cermin ke kertas. jarak bayangan. CARA KERJA Menentukan jarak fokus cermin a. Ulangi langkah d dengan nyala lilin tepat dititik f D.06 4. Letakkan kertas di depan cermin.

maka tidak terbentuk bayangan 5. 3. Berbeda. 2. jarak bayangan ke cermin bertambah dan tinggi bayangan juga bertambah. 4. 5. 4. Karrena benda itu letaknya jauh sekali. posisi. Ruang bayangan Besar/ kecil Sifat bayangan Tegak/terba Nyata/maya lik III II Diperbasar Terbalik Nyata II III Diperkecil Terbalik Nyata I IV Diperbesar Terbalik Maya Titik f Tidak terjadi bayangan Tidak terbentuk bayangan Tidak terbentuk bayangan Tidak terbentuk bayangan 2.5 36 39 1/36+1/39 8. 4. 1. 1. Jika jarak benda ke cermin di kurangi. 5. 3.Bila benda berada di titik fokus cermin cekung tidak ada titik perpotongan sinar-sinar. 1. maka So-------00. 2.ndan jenis bayangan (nyata atau maya) dari cermin cekung ini tergantung pada ukuran dan jarak benda terhadap titik fokus. 5. Sifat bayangan Ruang benda No 1. yang besarnya tergantung dari jenis cermin cwkkung bila benda berada di tempat yang jauh. 3. 3. maka sina-sinar jatuh dan dianggap sejajar dengan sumbu utama dan bayangan terletak di f atau S’=f. Kita perlu bahwa ukuran. dan tinggi bendanya 3. 4. karna bayangan mendekati nol. . 4. 5.3 b. KESIMPULAN: 1/S+1/S’=C C= Bilangan tetap. 2. 2. Karna bayangan di belakang cermin merupakan bayangan maya 4.

Bila jarak benda lebih kecil dari jarak fokus bayangan tegak.berada di belakang . Pada saat benda titik fokus.Kedaan ini berlangsung sampai benda mendekati titik fokus kecuali pada saat benda berada di pusat lekung cermin maka jarak dan tinggi benda bayangan. bayangan terbentuk.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful