P. 1
Alat Peraga Membuat Matematika Mudah

Alat Peraga Membuat Matematika Mudah

|Views: 3,764|Likes:
Published by M_Ghozi

More info:

Published by: M_Ghozi on Nov 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

an peralatan 1. Kumpulkan beberapa gelas kertas/plastik dan sedotan.

Usahakan untuk mengumpulkan sedotan dengan berbagai warna, minimal tiga warna. 2. Potong sedotan menjadi potongan-potongan kecil sekitar 1cm panjang masing-masing. 3. Guntinglah potongan sedotan tadi secara memanjang supaya potongan sedotan tadi dapat dikaitkan ke gelas. Ingat, potongan sedotan ini nanti akan kita jadikan sebagai tanda.

Contoh penggunaan alat peraga sederhana untuk menjelaskan Kaidah Pencacahan (Aturan Pengisian Tempat): 1. Sembunyikan potongan-potongan sedotan selain warna Merah (M) dan Hijau (H). 2. Mulailah dengan pertanyaan “berapa gelas dapat ditandai jika masing-masing gelas hanya boleh diberi diberi tepat 1 (satu) tanda (sedotan)?”. Jawaban normal nya akan 2 (dua) gelas. 1 gelas ditandai merah dan satu gelas bertanda hijau (H) atau kita simbolkan: M dan H. 3. Selanjutnya tingkatkan jumlah tanda, meminta pertanyaan seperti: “bagaimana jika kita ingin menggunakan tepat dua tanda?” . Jawabannya ada 4 (empat) gelas, MM-MH-HMHH (ingat, setiap gelas tidak boleh ada yang bertanda sama persis). 4. Tanyakan lagi “bagaimana kalau tepat tiga tanda-tanda?” dimana jawabannya 8. MMMMHM-HMH-HHM. 5. Generalisasikan dengan mulai menggunakan simbol seperti “bagaimana jika kita menggunakan tanda tepat sejumlah n tanda?”. 6. Petunjuk jawabannya adalah: 7. 2 kali 2 kali 2 ….. n kali 8. 2 pangkat n. 2 dikalikan dengan dirinya sendirinya sejumlah n kali. 9. Ulangi langkah di atas dengan menambah jumlah warna yang dibolehkan misalnya menjadi merah (M), hijau (H) dan biru (B). Contoh populer yang sering digunakan misalnya adalah pasangan baju dan celana yang dapat dipakai, atau berapa kemungkinan membuat tim pengibar bendera yang terdiri dari tiga orang. Untuk menjelaskan contoh ini, dapat digunakan alat peraga sederhana matematika dengan mengasosiasikan baju-celana dengan sedotan, dan orang yang memakai baju-celana dengan gelas. Alat peraga ini juga dapat dipakai untuk menjelaskan permutasi dan kombinasi.

Ide dan gambar diambil dari wikihow.com Tags: alat peraga matematika, alat peraga matematika sma, alat peraga sederhana, tips trik matematika

Alat Peraga Membuat Matematika Mudah
Kamis, 27 November 2008 00:00

SIMPUL - Kres.. kres.. kres... Suara gunting memotong kertas terdengar nyaris serempak di tiga kelas pelatihan diseminasi alat peraga matematika untuk guru SD. Dalam pelatihan yang digelar di SDN Percobaan 2 Kota Malang... Kres.. kres.. kres... Suara gunting memotong kertas terdengar nyaris serempak di tiga kelas pelatihan diseminasi alat peraga matematika untuk guru SD. Dalam pelatihan yang digelar di SDN Percobaan 2 Kota Malang, kemarin pagi, obrolan-obrolan kecil ikut mewarnai kerja sama para guru membuat alat bantu pembelajaran matematika tersebut. Alat peraga yang dibuat para guru bermacam-macam. Kertas yang dipotong digunakan untuk membuat bangun tiga dimensi. Ada segitiga, kubus, jajaran genjang, dan bukur sangkar. Potongan kertas itu dilekatkan dengan lem. Potongan kertas karton sekaligus digunakan untuk membuat bidang-bidang irisan melintang yang menjadi penyusun sebuah bangun tiga dimensi. Kertas yang dipotong kecil-kecil digunakan membuat papan tempel penjumlahan bilangan. Kertas itu digambari bunga, buah, atau bentuk sederhana lainnya. Setelah itu ditempel di stereofoam. Potongan stereofoam lebih banyak lagi fungsinya. Ada yang digunakan untuk membuat muka jam beserta jarum penunjuknya. Stereofoam yang berbentuk lembaran juga dimanfaatkan para peserta pelatihan untuk membuat berbagai bentuk mainan. Mainan-mainan itu digunakan untuk berhitung. Sedotan juga bisa digunakan untuk membuat alat peraga. Dirangkai dengan kawat atau benang, maka sedotan bisa untuk menjelaskan sisi sebuah bangun datar. Juga bisa digunakan untuk jarum jam dan lidi hitung. Lilyana Abibah, salah seorang tentor dari Meqip (Mathematic Education Quality Improvement Program) Kota Malang mengungkapkan, para guru diajak berkreasi secara sederhana.

Diharapkan dengan ajang kreasi alat peraga untuk SD akan memunculkan kebiasaan membuat alat peraga. Dalam proses pembelajaran, kata Lilyana, alat peraga sangat penting membantu siswa mamahami materi. Sebab, siswa akan senang, tidak tegang dan akan selalu ingat dengan apa yang diterangkan guru melalui alat peraga. "Jangan sampai siswa SD takut dengan matematika. Kalau dibiarkan, maka matematika akan jadi momok," kata Lilyana. Alat peraga tak harus terbuat dari bahan lembaran plastik atau mika tebal. Dari bahan-bahan sederhana sejenis kertas dan stereofoam pun bisa tetap bermanfaat. "Harapannya guru bisa membuat yang lebih permanen. Tetapi bahan sederhana pun dimaklumi, yang penting tujuannya tercapai," kata guru SD Laboratorium ini. Yang juga penting dari sebuah alat peraga adalah guru tidak hanya membuat satu alat peraga saja. Melainkan beberapa buah dengan model yang sama. Tujuannya agar semua siswa bisa mencoba sendiri-sendiri. Tidak bergantian. Ini untuk menjawab masalah waktu yang banyak terbuang dalam pembelajaran menggunakan alat peraga. Sedangkan diseminasi diikuti 500 orang guru SD. Lokasinya dibagi tiga, yakni SDN Bandungrejosari 2, SD Percobaan 2, dan SDN Dinoyo 2. (yos/ziz) Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=44817 Unit Media Alat Peraga Matematika (MAPM) merupakan salah satu unit pendukung kegiatan akademis di PPPPTK Matematika. Tugas pokok unit MAPM adalah mengembangkan rancangan prototipe alat peraga matematika, mengembangkan dan membuat alat peraga matematika, mengembangkan dan menyusun manual serta petunjuk penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika, mengembangan model pembelajaran dengan menggunakan alat peraga matematika. Unit MAPM juga memberikan layanan akademik berupa konsultasi pembuatan, penggunaan, atau pemanfaatan alat peraga matematika dalam pembelajaran, layanan peminjaman alat peraga untuk keperluan diklat dan kegiatan pembelajaran, serta layanan pembuatan alat peraga.

(Ki-Ka, Atas: Ruang Pameran, Ruang Kelas; Bawah: Layanan Bimtek di Ruang Lab. Matematika, Pembuatan Alat Perga di Ruang Bengkel)

Untuk mendukung terlaksananya tugas tersebut, unit MAPM dilengkapi dengan fasilitas ruang kelas sebagai model laboratorium matematika yang dapat menampung hingga 100 orang dan dilengkapi dengan LCD projector. Ruang pameran dan penyimpanan alat peraga. Ruang bengkel untuk pembuatan alat peraga. Unit MAPM memiliki koleksi alat peraga kurang lebih 200 macam alat peraga yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran matematika di SD, SMP, atau SMA/SMK, dan alat peraga permainan matematika. Berikut ini beberapa alat peraga yang dikembangkan oleh Unit MAPM PPPPTK Matematika: A. Alat Peraga Konsep 1. AEM (Algebraic Experience Material) 2. Bangun datar luasan dan rangka 3. Bangun ruang masif, transparan dan rangka 4. (a-b)2=a2-2ab+b2 5. (a+b)2=a2+2ab+b2 6. (a+b)(a-b)= a2-b2 7. (a+b)3=a3+3ab2+3a2b+b3 8. Bukti Pythagoras 9. Irisan Bola dan irisan tabung 10. Jumlah bilangan asli dan jumlah bilangan ganjil 11. Jumlah sudut segitiga dan jumlah sudut segiempat 12. Klinometer 13. Kuadrat Lengkap Al Khwarizmi 14. Macam-macam peraga limit deret geometri 15. Dekak-dekak 16. Model Peraga Luas daerah (jajargenjang, segitiga, lingkaran) 17. Papan berpaku, papan berpetak, dan papan flanel 18. Rumus Volum (bola, kerucut, limas, balok dan kubus)

19. Peluang putaran, peluang bangun, dan sesatan hexagon 20. Peraga satuan, kumpulan dan perkalian 21. Timbangan Bilangan 22. Tomahawk 23. Simetri Putar 24. Peraga jam model 1 dan 2 25. Batang Napier B. Alat Peraga Keterampilan, Penalaran dan Problem Solving 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Menara Hanoi Loncat katak Permainan sepakbola Macam –macam kartu domino untuk ketrampilan matematika Aneka tangram Pola Sudut Permainan bilangan (segitiga ajaib, persegi ajaib, lingkaran ajaib, bintang lima ajaib, bintang enam ajaib)

http://pendidikanmasadepan.blogdetik.com/files/2009/06/ab2.jpg Berikut alat peraga matematika yang dapat digunakan dalam pembelajaran:

(a+b)(a-b)=a^2-b^2[/pmath

[pmath](a-b)^2

Konsep Aljabar

Konsep Melengkapkan Kuadrat al-Khowarizmi

Contoh Melengkapkan kuadrat al-khowarizmi

Blok Himpunan

Klinometer

   

Kartu Fungsi Kuadrat Kartu Simetri Bangun Datar Kurvameter Loncat Katak

  

Luas Lingkaran Menukar Letak Bilangan Model Jurusan Tiga Angka

  

Jumlah Sudut-Sudut Segitiga Pemainan Segitiga Ajaib Sesatan Hesagon

Volume Kerucut

source : pendidikanmasadepan
Incoming search terms for the article: alat peraga matematika smp,contoh alat peraga matematika,alat peraga matematika sma,alat peraga matematika,contoh alat peraga matematika sma,alat peraga matematika (a b)3,contoh alat peraga matematika sd,contoh alat peraga matematika smp,jurusan tiga angka,alat peraga matematika untuk smp

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->