P. 1
Merakit Komputer

Merakit Komputer

|Views: 7|Likes:
Published by Bagus Cahya Saputra

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Bagus Cahya Saputra on Nov 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2011

pdf

text

original

Siapkan Bahan & Alat: Mainboard/Motherboard Hardisk Memory/RAM Processor VGA Fan CD-Rom/RW atau DVD-Rom

/RW drive Kabel Data ATA/S-ATA Chasing+power supply Obeng+baut

CARA-KERJA: 1) Siapkan Chasing,bukalah ke dua penutup samping dengan melepas baut2 yang berada di belakang chasing. Simpanlah terlebih dahulu kedua penutup samping itu di tempat yang aman.

2) Pasanglah swicthing power supply unit (PSU) adapter pada tempat yang telah disediakan. Pada model tower dan middle tower, biasanya tempatnya di sisi paling atas. Lalu rekatkan dengan empat buah baut. Anda bisa mengabaikan langkah ini bila casing yang Anda beli telah menyertakan PSU di dalamnya.

3) Pasang processor, Tancapkan chip prosesor pada soket dan pastikan pinnya menancap semuanya. Berhati-hatilah, jangan sampai pinnya bengkok atau patah.( pastikan sudut yang bertanda segitiga berada di dekat pengait).Setelah chip masuk dengan tepat ke dalam soket, turunkan kembali pengait dengan cara menekannya ke bawah. Kaitkan hingga benar-benar terkunci agar chip prosesor tidak lepas. Chip yang tidak terkunci bisa pula menimbulkan error saat computer dijalankan.

4) tempelkan heatsink dan kipas di atasnya. Kuncilah kipas prosesor dengan menekan dua pengaitnya secara bergantian dan hati-hati. Kuncilah kipas prosesor dengan menekan dua pengaitnya secara bergantian dan hati-hati.Jangan sampai Anda menekan terlalu keras pada sisi atas kipas. Lalu tancapkan kabel power untuk kipas ke motherboard. Letak soketnya biasanya berada di sebelah soket prosesor, cari saja yang bertuliskan CPU FAN .

5) Pasang kartu memori (RAM) pada slot DIMM yang telah disediakan. Sesuaikan jenis RAM dengan motherboard yang Anda gunakan.

6) Angkat motherboard dan letakkan ke dalam casing. Posisikan motherboard dengan mengepaskan lubang bautnya di atas bautbaut alas. Lalu pasang baut-baut motherboard yang telah diberi cincin isolator.Setelah terpasang semuanya,kencangkan satu persatu dengan menggunakan obeng.

7) Pasang konektor yang berasal dari lampu LED, spiker, tombol power dan tombol reset PC ke motherboard. Letak pinnya biasanya berada di depan slot PCI. Meski harus berhati-hati, Anda tak perlu merasa khawatir pemasangan konektornya terbolakbalik. Masing-masing pin di motherboard sudah ada namanya. Tinggal sesuaikan saja namanya dengan nama konektor yang akan ditancapkan . 8) hubungkan konektor kabel power yang berasal dari PSU ke port power yang berada di mobo. Tancapkan pula konektor power prosesor pada port power tambahan.

9) Tancapkan kartu VGA ke slotnya dengan perlahan dan tegak lurus. Pastikan lempeng besi pada pangkal kartu VGA masuk pada celah yang ada di chasing.

10) Pasanglah kabel power dari power supply ke hard disk. Port kabel power ini punya 4 pin berukuran besar. Pasang dengan pas hingga seluruh ujung konektornya mentok.masukkan ke tempat HDD yang ada di chasing & baut dengan rapat.(lakukan Hal yang sama terhadal DVDRom)

11) Pasang penutup Chasing.dan coba nyalakan computer Rakitan anda untuk Menguji-nya.

www.csbagus.blogspot.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->