MEMBUAT KRS

Membuat Data Base : Kami merencanakan membuat 5 tabel,yaitu : 1. Tabel Data KRS, dengan Field: nim(DETAIL) dan kode mata kuliah. 2. Tabel Mahasiswa, dengan field: id,nim(MASTER), nama mahasiswa, prodi, dosen pembimbing, jenjang Akademik dan jumlah krs. 3. Tabel Mata Kuliah, dengan Field: Kode mata kuliah, nama mata kuliah, sks dan dosen pengajar 4. Tabel Dosen, dengan Field: kode dosen dan nama dosen. 5. Tabel Waktu Krs, nim(DETAIL), semester, T.A., tgl_kembali, tgl_ambil, tgl_pengisian. Untuk membantu pembuatan database kami menggunakan MySQL Query Browser. Yang langkah-langkahnya sebagai berikut : 1. Membuka Aplikasi MySQL Query Browser,dan memasukkan password. Tekan OK.

2. Klik kanan pada bagian schemata dan pilih create new schema,

FK) semester ta tgl_ambil tgl_kembali tgl_pengisian nim(PK) kd_mk(PK) kd_dosen(PK) dosen integer char(5) varchar(45) enum(‘MI’.hanya contoh .’TK’) char(5) enum(‘D3’. Sebagai berikut : Nama Tabel field Tipe data .mk .3.’2001/2002). klik kanan pada schema yang telah dibuat(‘tugas_kita’). lalu pilih create new table.mahasiswa id(PK) nim(PK) nama prodi kd_dosen(FK) jenjang jumlah_krs kd_mk(PK) mk sks kd_dosen(FK) nim(PK. Setelah jadi schemanya.dosen date date date char(18) char(5) char(5) varchar(45) .’ganjil’) enum(‘2000/2001’.data_krs . 4.waktu_krs .’S1’) integer char(5) varchar(20) integer char(5) char(5) enum(‘genap’. Membuat tabel-tabel yang sudah direncanakan tadi.

mk. Pilih komponen ADO/ADOConnection. Logika dalam pembuatan database ini adalah sebagai berikut mahasiswa (Master tabel) FK(kd_dosenkd_dosen) Dosen Nimnim (Detail tabel) Waktu_krs Data_krs FK(kd_mkkd_mk) Mk FK(kd_dosenkd_dosen) Membuat Aplikasi KRS menggunakan Delphi. Setelah semua ADOQuery terselesaikan. 6. Pilih komponen ADO/ADOQuery. Maka buat aplikasi untuk mengisikan content.5. pilih menu File/New/Data Module. Setelah semua diset. Property yang perlu di set : . d. 3. pilih komponen ADO/DataSource(kami memasukkan komponen data source pada Data Module agar lebih mudah mengoperasikannya). Parameter untuk tabel detail(-. Membuka Delphi. pilih data source name yang telah dihubungkan pada database yang kita buat tadi(kami tidak membahas ODBC dalam makalah ini). Connected  True 4. SQL  select * from “nama table”(pada kasus ini yaitu data_krs. mahasiswa.ADOConnection b. 1. 5. DataSource  hanya di set pada tabel detail(waktu_krs dan data_krs) sebagai rujukan ke tabel Master(mahasiswa) e. waktu krs) [where “nama field”:=”nama_field master”](pada kasus ini yang bertindak sebagai tabel detail. dosen. LoginPrompt  False c. Name(recommended) c. value  oleString) f. Property yang perlu di set: a. b. Connection Sting. yaitu tabel waktu_krs dan data_krs terhadap mahasiswa where nim:=nim .nim. Connection  DataModule.beserta foreign key juga. Pada aplikasi. 2. Active  True. Property yang perlu di set: a.

dalam hal ini kami menggabungkan beberapa tabel dalam satu form. a. Name dan dataset(sesuai dengan ADOQuery masingmasing(sebanyak 5 buah). jumlah KRS dan dosen pembimbing).property name(recommended) diganti. 7. Karena rencangan form KRS kami buat persis seperti bentuk KRS kampu maka komponen-komponennya adalah: i. prodi. Selanjutnya pilih (add all field) semua field pada data module lalu tarik ke form. Klik 2x pada ADOQueMahasiswa. id. Pada kasus ini. tabel mahasiswa(nim. lebih baik untuk data source tabel masternya (mahasiswa) dibuat terlebih dahulu bersamaan dengan ADOQuerynya. setelah muncul data module untuk AdoQueMahasiswa. agar tidak rancu dalam menggeset propertinya. Membuat Form KRS. b. Exs: KRS ii. Berikut ini adalah hasil dari 5 proses diatas dalam data module. 2. 6. cara membuat komponen dosen pembimbing: 1.a. Penjelasan. . jenjang. Menu File/New/Form . Klik kanan pada bidang kosong data module tersebut lalu pilih new field. Diisikan seperti berikut: 3. nama. kami membuat referensi ke tabel ADOQueDosen dengan field acuan kd_dosenkd_dosen dan kami menampilkannya (result field) dalam bentuk nama dosennya.

Buat sesuai dengan aturan krs. procedure TDataModule2. begin Application. tgl_pengisian. Membuat komponen DBNavigator. end.Terminate. . klik kanan pada DBGrid lalu pilih Columns Editor untuk mengatur posisi kolom pada DBGrid.nim Field semester dan ta kami buatkan DBComboBox.Value := now. tgl_kembali. Items  diisikan pilhan-pilihan yang akan di list sesuai dengan yang ada pada database untuk masing-masing field Untuk field “id”. dengan property dataSource = DataModule2. properti yang perlu di set: 1. Untuk setiap komponen DBComboBox. Tabel waktu_krs(nim. Untuk memasukkan data mata kuliah krs Property yang di set: 1. iv. v. iii. Buat DbGrid pada form. untuk menutup aplikasi. Buat Button. ADOQueWktKrstgl_pengisian. saya maksudkan agar bila krs tersebut diisi dengan 2 nim dan nama mahasiswa yang sama tidak terjadi error(Disini belum berfungsi secara optimal). cara seperti pada DBComboBox untuk jenjang dan prodi.ADOQueWktKrsNewRecord(DataSet: TDataSet). DataSource  DataModule2. begin 2. hanya berbeda pada Items(sesuai content masingmasing).ta) Selanjutnya pilih semua field pada data module lalu tarik ke form. end. Nimenable(false) &visible(false).DataSourceMahasiswa 2. DataSource  DataModule2. Agar tidak kelihatan property visiblenya di set FALSE. Event pada form KRS: 1.Agar form mudah untuk diisi kami membuatkan komponen DBComboBox pada field(jenjang dan prodi). tgl_ambil. semester.DataSourceMahasiswa. DataField  jenjang dan prodi 3. Field nim nantinya akan mengacu pada ADOQueMahasiswa. vi. procedure TKRS.Button1Click(Sender: TObject).DataSourceDataKrs 2.

Menu File/New/Form . Hasil form: . Lalu tarik ke form yang dibuat tadi. Klik 2x pada ADOQueDosen c. Klik kanan pada data module yang muncul. a.property name(recommended) diganti. Membuat Form Dosen Untuk mengoperasikan tabel Dosen. Buat komponen DBGrid dan DBNavigator untuk pengoperasian. pilih add all fields.b. 8.DataSourceDosen e. Exs: Dosen b. d. Hasil akhir Form KRS adalah sebagai berikut. masing-masing di set pada property DataSource  DataModule2.

Buat komponen DBGrid dan DBNavigator untuk pengoperasian. Klik 2x pada ADOQueMk c. Cara membuat persis seperti pada cara membuat lookup pada tabel mahasiswa diatas.property name(recommended) diganti. Hasil form: 10. Lebih baik property read only-nya di true semua karena hanya berfungsi untuk melihat data yang sudah masuk. d. masing-masing di set pada property DataSource  DataModule2. klik kanan pada DBGrid lalu pilih Columns Editor untuk mengatur posisi kolom pada DBGrid. . Buat komponen DBGrid dan DBNavigator untuk pengoperasian. pilih add all fields. Klik kanan pada data module yang muncul. a. Menu File/New/Form . Buat field lookup untuk dosen. a.property name(recommended) diganti.9. Membuat Form Mahasiswa Untuk melihat data-data mahasiswa yang sudah mendaftar. Exs: Mhs b. Exs: Mk b. e.DataSourceMataKuliah f. Buat button close seperti pada form KRS. masing-masing di set pada property DataSource  DataModule2. Menu File/New/Form . d. Buat sesuai dengan isi. Lalu tarik ke form yang dibuat tadi. e. Membuat Form Mata Kuliah Untuk mengoperasikan tabel Mata Kuliah.DataSourceMataKuliah c.

c. Hasil : . Diisi link terhadap form-form yang lain. Membuat form Utama. diatur property align. Menu File/New/Form . Hasil form: 11. d. a. Buat komponen MainMenu.f. Exs: Form Utama b. Buat 3 panel.property name(recommended) diganti.

Nama kelompok : Novi Maya De Yeny Tito .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful